cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Action Research
ISSN : 25804790     EISSN : 25493272     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2022): August 2022" : 20 Documents clear
Implementasi Pendekatan SAVI (Somatis, Auditorial, Visual, dan Intelektual) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sulistiawati, Ni Made
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i2.45823

Abstract

Penguasaan dan pemahaman siswa terhadap matematika masih rendah dan hal ini berimbas pada hasil  belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan pendekatan SAVI. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui penerapan pendekatan SAVI pada siswa dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1460, rata-rata 66, daya serap 66%, ketuntasan belajar 64%) dan siklus II (jumlah 1630, rata-rata 74, daya serap 74%, ketuntasan belajar 91%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 27%. Kesimpulan penerapan pendekatan SAVI pada siswa kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.
Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Artiasih, Ni Made
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45827

Abstract

Kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran matematika berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus penelitian. Pada masing-masing siklus penelitian terdapat empat tahapan penelitian Perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan perefleksian. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 25 siswa kelas VI Sekolah Dasar. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes dengan instrument penelitian berupa tes hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1555, rata-rata sebesar 62, daya serap sebesar 62%, ketuntasan belajar sebesar 56%) dan siklus II (jumlah 1765, rata-rata sebesar 71, daya serap sebesar 71%, ketuntasan belajar sebesar 88%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 32%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD.
Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Teknik Bimbingan Berkelanjutan Jimat, I Made
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45857

Abstract

Rendahnya kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran cenderung disebabkan karena kurangnya pelatihan serta pengawasan yang diterima. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan Pendekatan Scientifik melalui penerapan kegiatan supervise akademik teknik bimbingan berkelanjutan. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada tiap-tiap siklus penelitian terdapat empat tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni guru mata pelajaran muatan kurikulum kelompok B (Penjasorkes, Seni Budaya dan Prakarya) yang berjumlah 5 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan pengamatan lanjut penilaian kinerja atau unjuk kerja guru dalam proses pembelajaran, menggunakan instrumen penilaian kinerja guru dalam proses pembelajaran berupa pedoman observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan analisis keterampilan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus rata-rata skor keterampilan guru hanya18,00 dengan kategori keterampilannya sangat kurang terampil selanjutnya siklus I meningkat menjadi; 33,33 dengan kategori keterampilannya cukup terampil dan di Siklus II meningkat lagi menjadi; 40,03 dengan kategori keterampilannya terampil dalam menerapkan pendekatan scientifik. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik teknik bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan pendekatan Scientific.
Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan LKS Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Suartika, I Ketut
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i2.45668

Abstract

Hasil belajar Matematika untuk kelas II masih tergolong rendah karena masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement  Division  (STAD) berbantuan LKS kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II berjumlah 36 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan penilaian Lembar Kerja Siswa (LKS), kuis dan tes  kognitif diakhir siklus. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kuntitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari 72,85 dengan ketuntasan 77,78% pada siklus I menjadi  sebesar 80,03 dengan ketuntasan 86,11% pada siklus II. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD. Implikasi penelitian ini diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan LKS Kontekstual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Purniwantini, Ni Ketut
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45819

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang menoton menimbulkan rasa bosan pada siswa, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa yang berjumlah 21 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1425, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 67%) dan siklus II (jumlah 1675, rata-rata 80, daya serap 80%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 12% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 33%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.
Dampak Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar Kertya, I Gede
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45856

Abstract

Pendidikan penjasorkes cenderung dilakukan dengan berpusat pada guru, sehingga aktifitas serta hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar Penjasorkes melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Tiap-tiap siklus penelitian terdiri atas empat tahap yakni rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas VI SD yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi dengan instrument penelitian berupa lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata hasil belajar, tingkat daya serap, serta analisis terhadap tingkat ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Penjasorkes dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara prasiklus ((jumlah 1350, rata-rata 59, daya serap 59%, ketuntasan belajar 13%), siklus I (jumlah 1567, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 48%) dan siklus II (jumlah 1942, rata-rata 84, daya serap 84%, ketuntasan belajar 96%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 16% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 48%.
Implementasi Model Pembelajaran STAD Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Sekarini, Ni Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45863

Abstract

Rendahnya penggunaan model pembelajaran inovatif menyebabkan timbulnya rasa bosan siswa untuk belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Pkn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 16 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar PKn. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1135, rata-rata 71, daya serap 71%, ketuntasan belajar 63%) dan siklus II (jumlah 1235, rata-rata 77, daya serap 77%, ketuntasan belajar 88%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 6% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 25%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar PKn.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Mardiana, I Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45865

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dilatarbelakngi oleh rendahnya penggunaann model pembelajaran pada proses pembelajaran . Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar penjasorkes melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 18 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Penjasorkes. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Penjasorkes melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1275, rata-rata 71, daya serap 71%, ketuntasan belajar 61%) dan siklus II (jumlah 1525, rata-rata 85, daya serap 85%, ketuntasan belajar 94%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 14% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 33%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes.
Model Pembelajaran Students Team Achievement Division Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Marheni, Ni Luh Ayu
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45866

Abstract

Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai pada mata pelajaran IPA menyebabkan hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas III yang berjumlah 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPA. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 2110, rata-rata 66, daya serap 66%, ketuntasan belajar 59%) dan siklus II (jumlah 2405, rata-rata 75, daya serap 75%, ketuntasan belajar 94%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 35%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Armidi, Ni Luh Sri
Journal of Education Action Reseach Vol 6 No 3 (2022): August 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i3.45869

Abstract

Kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VI SD. Penelitian termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Tiap siklus penelitian terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 21 siswa kelas VI SD. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, dengan instrument penelitian berupa tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1435, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 62%) dan siklus II (jumlah 1645, rata-rata 78, daya serap 78%, ketuntasan belajar 95%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): May Vol 9 No 1 (2025): February Vol 8 No 3 (2024): August 2024 Vol 8 No 2 (2024): May 2024 Vol 8 No 1 (2024): February 2024 Vol 8 No 4 (2024): November Vol 7 No 4 (2023): November 2023 Vol 7 No 3 (2023): August 2023 Vol 7 No 2 (2023): May 2023 Vol 7 No 1 (2023): February 2023 Vol 6 No 4 (2022): November 2022 Vol 6 No 3 (2022): August 2022 Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 2 (2020) Vol 4, No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 3 (2019): August 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol 3 No 2 (2019): May 2019 Vol 3 No 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 2 No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): November 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1 No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol 1 No 1 (2017): May 2017 More Issue