cover
Contact Name
Putu Indra Christiawan
Contact Email
indra.christiawan@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
indra.christiawan@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
ISSN : 24074551     EISSN : 24074551     DOI : -
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial" : 13 Documents clear
Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan Lestari, Puji
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.793 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16525

Abstract

Penanaman dan penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawabsangat penting bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)mengingat peran SMK menghadapi tantangan di dunia kerja dengantuntutan kebutuhan pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas.Oleh karenanya, habituasi nilai karakter kemandirian dan tanggungjawabharus dilakukan. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di SMKN 5Semarang dan SMKN 2 Salatiga, menggali penanaman dan penguatankarakter kemandirian dan tanggungjawab melalui wawancara, observasidan data dari dokumen. Hasil penelitian menunjukkan; bahwa habituasinilai karakter kemandirian dan tanggungjawab dilakukan melalui duabentuk kegiatan, yakni melalui pelajaran PPKn dan melalui kegiatan diluarpembelajaran yang saling terintegrasi. Banyaknya mata pelajaran praktikselama ini, muncul persepsi bahwa mata pelajaran PPKn tidak dianggapsebagai mata pelajaran yang penting di SMK. PPKn menjadi mata pelajaranyang menanamkan karakter bagi peserta didik di SMK selain matapelajaran lainnya. Penilaian karanter kemandirian dan tanggungjawab pada mata pelajaran PPKndiintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya, misalnya ketika siswa melaksanakan kegiatan praktikdengan menggunakan “Kartu Kendali Individu”. Dengan demikian, karakter kemandirian dantanggungjawab dapat merembes ke dalam aktifitas peserta didik SMK melalui kegiatan di luar jam kelas.
Strategi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Di Kabupaten Buleleng Citra, I Putu Ananda
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.392 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16530

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di wilayah pesisir Kabupaten Bulelengdengan tujuan 1) mendeskripsikan potensi sumberdaya pesisir, 2)Menganalisis strategi pemberdayaan masyarakat untuk pengelolaansumberdaya pesisir Kabupaten Buleleng. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah survai didukung dengan metode observasi.Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Analisis datadilakukan dengan teknik analisis deskriptifkualitatif dan analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukkan, 1) Sumberdaya pesisir di KabupatenBuleleng yang meliputi: (1) sumberdaya hayati yaitu potensi perikanandan terumbu karang, (2) sumberdaya buatan yaitu dermaga dan (3)sumberdaya jasa-jasa lingkungan yaitu keindahan terumbu karang,atraksi lumba-lumba dan pemandangan sunset sebagai potensiekowisata. 2) Strategi pengembangan sumberdaya pesisiruntukpemberdayaan masyarakat pembudidayaan ikan, pelestarian terumbukarang, pelatihan peningkatan pelayanan wisata, penyediaantempatpelelangan ikan, pengadaan modal dan kerjasama bagi usaha-usahamasyarakat dalam membuat kerajinan tangan, penegakan hukum atauawig-awig beserta sanksi, memberikan batasan masuknya produkperikanan dari luar daerah.
Kedudukan Mediasi Penal Dalam Sistem Peradilan Di Indonesia Purnomo, Beja Suryo Hadi
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.071 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16535

Abstract

Mediasi penal dapat dilakukan jika para pihak yang terlibat dalamperudingan saling menyadari dan menghargai terhadap hasil yangdiperoleh dalam mediasi penal, karena prinsip yang terpenting dalammediasi penal adanya pengakuan kesalahan dan pemberian maaf olehpihak yang dirugikan akibat tindak pidana untuk mencapai penyelesaianberupa win-win solution. Dalam sistem peradilan pidana baik padatingkat penyidikan, penuntutan maupun sidang pengadilandimungkinkan adanya mediasi penal dengan berpegang pada prisipkepastian hukum, kemanfaatan hukum dan keadilan hukum.
Pembelajaran PPKn Dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi Mahendra, Putu Ronny Angga
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.443 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16526

Abstract

Globalisasi menghadirkan tatanan baru dunia yang lebih terbuka akaninformasi dan modernisasi. Globalisasi tidak hanya memberikan nilaipositif bagi kehidupan manusia, tetapi juga tidak lepas dari pengaruhnegatif yang dibawanya dalam berbagai sisi kehidupan manusia.Dihadapkan pada persoalan globalisasi, tulisan ini memberikan potretbagaimana implementasi. Pancasila sebagai sumber nilai bagi adanyahukum dan kepribadian bangsa Indonesia di tengah-tengah pusaranglobalisasi. Pancasila dalam pusaran globalisasi harus tetap menjadiprinsip dan ideologi kebangsaan yang mampu membangkitkankeyakinan dan rasa percaya diri bahwa kita adalah bangsa yang terhormatdi dunia bukan sebaliknya. PPKn dalam tujuannya bagaimana mampumenghasilkan sifat dan perilaku warga yang baik dan bertanggung jawabserta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Salah satu caradalam mencapai tujuan ini adalah dengan memanfaatkan suatu identitasyang ada dalam suatu masyarakat dalam pembelajaran. Keberadaan suatu identitas bangsa akan ditopangoleh kebudayaan daerahnya masing-masing, dan kebudayaan adalah salah satu pembentuk karaktermasyarakat.
Rintisan Desa Tangguh Bencana (Destana) Di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Putra, I Wayan Krisna Eka; Diatmika, I Putu Gede
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.851 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16531

Abstract

Kejadian bencana tanah longsor di daerah yang menjadi arteritransportasi Bali Utara dengan Bali Selatan yaitu Desa Gitgit seakanmenjadi fenomena siklus tahunan dengan risiko dampak yang cenderunglebih tinggi, sehingga memaksa pemerintah harus segera melakukanupaya pengurangan risiko bencana. Salah satu kegiatan yang dilakukanadalah merintis Desa Gitgit menjadi Destana, yaitu suatu kegiatan yangditujukan untuk sebuah desa atau kelurahan agar mampu mengenaliancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber dayamasyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkankapasitas demi mengurangi risiko bencana. Melalui program destana,setidaknya risiko bencana yang sering terjadi di Desa Gitgit dapatdiminimalisir, jika bisa dikendalikan 2 indikator risiko bencana yaitu:menurunkan indeks kerentanan dan meningkatkan kapasitas bencana.Guna merintis program Desa Gitgit Tangguh bencana, pihak yang terlibatadalah tim relawan Desa Gitgit, para Kepala Dusun beserta kelompok suka-duka di Desa Gitgit yangdifasilitasi oleh BPBD Kabupaten Buleleng. Tahapan awal dalam merintis desa tangguh bencana yangdilakukan dalam kegiatan ini yaitu : (1) pengkajian risiko bencana dan (2) pembentukan forum PRB Desa.Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah tersedianya berbagai indikator desa tangguh bencana yangmeliputi perencanaan, kelembagaan, pengembangan kapasitas, dan penyelenggaraan penanggulanganbencana.
Pelayanan Sektor Publik Terkait Pengaturan Administrasi Kependudukan Tentang Identitas Anak Dengan Pemberlakuan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Adnyani, Ni Ketut Sari
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.684 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pelayanan sektorpublik terkait pengaturan administrasi kependudukan tentang KartuIdentitas Anak. Penelitian ini akan dilakukan untuk mengkaji danmenganalisa: (1) Pengaturan Administrasi Kependudukan terkaitpemberlakuan Permendagri Nomor 2 Tahun. (2) Rancangan modelkebijakan sektor publik terkait dengan administrasi kependudukantentang Kartu Identitas Anak dengan pemberlakuan Permendagri Nomor2 Tahun 2016. (3) Pengembangan model kebijakan sektor publik terkaitdengan administrasi kependudukan tentang Kartu Identitas Anak denganpemberlakuan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016; (4) Dampakperubahan dari kebijakan yang diterapkan bagi pelayanan publik dalamhal administrasi kependudukan tentang Kartu Identitas Anak denganpemberlakuan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016;Penelitian inimerupakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan bahanpenelitian yang terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder.. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptifkualitatif.
Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter Rulianto, Rulianto
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.56 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16527

Abstract

Pendidikan tidak hanya diartikan sebagai transfer pengetahuan melainkantransfer nilai, terutama nilai nilai yang terkandung dalam 18 nilai karakteryang ditargetkan dalam pendidikan karakter. Pendidikan adalah upayauntuk membentuk karakter siswa sehingga mereka dapat mengetahui danmembedakan antara yang baik dan buruk dalam kehidupanbermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan karakter saat inisangat diperlukan untuk mengatasi masalah generasi penerus bangsa iniyang semakin sulit dikendalikan. Pembelajaran sejarah sebagai pendukungpendidikan karakter memiliki peran yang sangat sentral karenapembelajaran sejarah memiliki lingkup materi sebagai berikut: (1)mengandung nilai-nilai heroik, teladan, perintis, patriotisme, nasionalisme,dan semangat pantang menyerah yang mendasari proses pembentukankarakter dan kepribadian siswa; (2) berisi repertoar peradaban bangsatermasuk peradaban Indonesia; (3) menanamkan kesadaran persatuan dan persaudaraan dan solidaritasuntuk menjadi bangsa yang bersatu dalam menghadapi ancaman disintegrasi; (4) mengandung ajaran dankebijaksanaan moral yang berguna dalam mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi dalam kehidupansehari-hari; (5) menanamkan dan mengembangkan sikap tanggung jawab dalam menjaga keseimbanganlingkungan dan keberlanjutan. Dilihat dari ruang lingkup, sangat tepat jika pembelajaran sejarahdigunakan untuk mendukung pendidikan karakter.
Peran Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Dalam Menjaga Kedaulatan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Mangku, Dewa Gede Sudika
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.705 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16532

Abstract

Pengelolaan perbatasan merupakan bagian integral dari manajemennegara, yang secara operasional merupakan kegiatan penanganan ataumengelola batas wilayah dan kawasan perbatasan. Sejalan denganreorientasi kebijakan pembangunan di kawasan perbatasan, melaluiUndang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara yangmemberikan mandat kepada pemerintah untuk membentuk BadanPengelolaan Perbatasan di tingkat pusat dan daerah dalam rangkamengelola kawasan perbatasan. Berdasarkan amanat undang-undangtersebut, Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2010membentuk BNPP, namun kemudian dirubah dengan Peraturan PresidenNomor 44 Tahun 2017. Dalam konteks pengelolaan batas wilayah negaradan kawasan perbatasan, BNPP mengedepankan sinergi kebijakan danprogram, sehingga kelemahan dan keterbatasan yang ada selama ini,yakni penanganan perbatasan negara secara ad-hoc dan parsial sertaegosektoral, yang telah mengakibatkan overlapping dan redundanceserta salah sasaran dan inefisiensi dalam pengelolaan perbatasan,diharapkan dapat diperbaiki. BNPP diharapkan dapat mendorong danmemfasilitasi terciptanya kebijakan dan program pengelolaan bataswilayah negara dan pembangunan kawasan perbatasan secaraterintegrasi dan terpadu.
Karakteristik Sosial Ekonomi Dan Tipologi Migrasi Migran Asal Jawa Di Kuta Selatan-Bali Sarmita, I Made; Simamora, Alexander Hamonangan
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.36 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16528

Abstract

Tujuan dan target khusus dilakukannya penelitian ini adalah untukmengungkap karakteristik sosial ekonomi migran asal Jawa, sertaberusaha mengembangkan konsep migrasi melalui analisis tipologimigrasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan denganmenggunakan metode survei. Analisis data menggunakan teknik statistikdeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sosialekonomi migran asal Jawa di Kuta Selatan diantaranya adalah didominasimigran yang berumur sangat produktif dalam bekerja (20-34 tahun),berjenis kelamin laki-laki, berstatus kawin, berpendidikan SMA, memilikiskill yang terkategori setengah terampil, dan memiliki penghasilan yangterkategori tinggi dan sangat rendah. Tipe migrasi bisa dibedakan menjadiempat, yaitu permanen, potensial permanen, sirkuler, dan potensialsirkuler. Untuk migran asal Jawa di Kuta Selatan hampir setengahnyaterkategori migran potensial sirkuler. Pembagian tipe migrasi tersebutsangat bermanfaat dalam analisis migrasi. Hal itu ditunjukkan kenyataanbahwa ada kecenderungan karakteristik migran yang termasuk dalamkategori permanen dan potensial permanen mempunyai pola yang sama dilihat dari umur, jenis kelamin,pendidikan, skill, kondisi ekonomi maupun status kawin. Begitu pula migran kategori sirkuler danpotensial sirkuler memiliki kecenderungan yang sama dalam semua karakteristik.
Solusi Strategis Penangan Masalah Sampah Dengan Mengolah Sampah Dapur Menjadi Pupuk Organik Cair (POC): (Kasus Dua Desa Pinggir Kota di Kota Singaraja Bali) Pageh, I Made; Aryana, I Gusti Made
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.692 KB) | DOI: 10.23887/jiis.v4i2.16533

Abstract

Kajian ini memiliki tujuan untuk memberikan edukasi kepadamasyarakat di Desa Sari Mekar dan Desa Banyuasri di Buleleng Balitentang pentingnya pengelolaan sampah menjadi Pupuk Organik Cair(POC). Bentuk kegiatan berupa pelatihan, pendampingan dan workshoppengelolaan sampah dapur keluarga menjadi POC. Dilaksanakan di desaSari Mekar (2017) dan Desa Banyuasri (2018). Produk kegiatan iniadalah POC yang dapat dipergunakan sebagai penyubur tanaman dariakar maupun daun, termasuk hidroponik. POC hasil komposisasi inidapat dikembangkan dengan menggunakan sistem peragian, denganlimbah air beras dan gula aren. Dampak langsung Kegiatan ini padakeluarga, dengan membiasakan memilah sampah organik dengananorganik, tidak membuang sampah sembarangan, dan tumbuhkesadaran ekonomis bahwa sampah dapat berubah dari masalah menjadiberkah. Sampah organik dapur adalah sampah terbanyak menggunakanpalastik, strofum, dan kemasan makanan fastfood. Dengan melakukan pemilahan sampah dari rumahtangga dapat berdampak langsung pada lingkungan paling hulu dalam siklus sampah di dua desa ini.Sedangkan sampah anorganik dapat dilola menjadi barang berguna lainnya, atau dijual langsung padabank sampah yang sudah tersedia di Buleleng. Dengan demikian pengabdian ini menjadi sangat strategisdalam menangani masalah sampah perkotaan dan pedesaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 9 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 6 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 3 No. 1 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 2 No. 2 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 2 No. 1 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial More Issue