cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2m@umpalangkaraya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Pedagogik: Jurnal Pendidikan
ISSN : 16937856     EISSN : 23553537     DOI : -
Core Subject : Education,
The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting of Education topics
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan" : 12 Documents clear
Strategi Pengajaran Kosakata Nopita Kristina Panjaitan; Erikson Saragih; Friska Naomi Sirait
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.2988

Abstract

Kosakata sangat dibutuhkan oleh siswa dalam mempelajari bahasa inggris. Banyak siswa yang kesulitan dalam meningkatkan kosakata pada saat mempelajari bahasa inggris oleh karena itu para pengajar harus memikirkan strategi belajar yang dapat meningkatkan kosakata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan vocabulary siswa dengan berbagai strategi yang digunakan oleh guru. Strategi mengajar adalah upaya dan rencana yang dilakukan oleh untuk meningkatkan pengetahuan kosakata siswa. Asep Jihad dan Abdul Haris (2013:11) mendefinisikan “ belajar adalah suatu proses yang terdiri dari kombinasi dua aspek, yaitu: pembelajaran difokuskan pada apa yang harus dilakukan siswa, pengajaran berorientasi pada apa yang harus dilakukan guru sebagai penyedia pembelajaran”. Kosakata adalah salah satu pengetahuan dasar dalam belajar bahasa inggris kosakata adalah kumpulan kata yang memiliki makna sesuai dengan konteksnya. Ada banyak strategi mengajar yang dapat digunakan oleh guru dalam mempelajari kosakata seperti: Memori, Pembelajaran Kooperatif, Suggestopedia, dinding kata, Clustering dan Drilling. Banyak strategi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran kosakata tetapi, tidak semuanya efektif untuk siswa. Strategy pembelajaran yang dipilih berdasarkan dengan kebutuhan siswa saat belajar untuk meningkatkan kosakata siswa yaitu word wall. Word wall adalah sebuah media yang digunakan untuk menulis kata baru yang dapat meningkatkan kosakata siswa.. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris tingkat SMP di kota Medan. Guru bahasa inggris tingkat SMP lebih sering menggunakan wordwall pada proses pembelajaran di lakukan dimasa online learning. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode kualitatif berupa kuesioner dengan menggunakan google form. Hasil dari penelitian ini guru banyak menggunakan media dinding kata. Maghfiroh (2018) dalam penelitiannya, media wodwall dapat menciptakan interaksi yang bermanfaat bagi media dalam menciptakan interaksi yang bermanfaat interkasi yang bermanfaat bagi siswa sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan vocabulary siswa.
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 6 Baamang Tengah Dengan Metode Penugasan Dan Latihan 2021/2022 Karlimansyah Karlimansyah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3247

Abstract

This research was motivated by students who have good achievement in learning only 12 students out of 21 students who scored above 60 at SDN 6 Baamang Tengah, Baamang District. This is caused by the lack of active students and the lack of student interest in learning which results in low student achievement results. The purpose of this research is to increase students' learning creativity in the material of Multiplication Count Operation with assignments to students. The research was carried out in three cycles, the planning stage, the implementation and observation stage, the reflection stage and the revision stage. From the observations of colleagues, it was obtained that there was an increase in data with a significant increase in the learning process in the second cycle using the Assignment and Exercise method compared to the learning process in the first cycle which only used the lecture method, namely in the initial cycle the average value of learning reached 53, 20. Meanwhile in the first cycle the average value of learning reached 65.23. In the second cycle, the learning average reached 77.38. In the third cycle, the learning average reached 92.38.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Smp Negeri 13 Banjarmasin Noor Miyati
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3343

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa Kelas IX B SMP Negeri 13 Banjarmasin pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Jujur dan Menepati Janji melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil Belajar Siswa Kelas IX B SMP Negeri 13 Banjarmasin pada Siklus II mengalami peningkatan dari hasil belajar pada Siklus I yang dibuktikan dengan perolehan nilai atau hasil tes yang diperoleh siswa. Nilai rata-rata pada siklus I hanya 74,86 dengan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 85 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,97 dengan nilai terendah 74 dan nilai tertinggi 88. Ketuntasan Belajar Secara Klasik menunjukkan signifikansi meningkat, walaupun belum mencapai kriteria ideal yang menunjukkan tingkat keberhasilan belajar. Siswa yang berhasil mencapai nilai KKM meningkat menjadi 25 orang atau 86,21%.
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas IX D Smp Negeri 5 Banjarmasin Mariyana Mariyana
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3344

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita inspiratif siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write di kelas IX D SMP Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi kemudian dianalisis secara deskriptif persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada siswa kelas IXD SMP Negeri 5 Banjarmasin terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita inspiratif yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas per Siklus. Pada Pra Siklus rata-rata kelas adalah sebesar 55,2, pada Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 68,6, dan pada pelaksanaan Siklus II rata-rata kelas menjadi 86,7. Selain itu, terjadi peningkatan nilai antar siswa pada pratindakan ke siklus I dan ke siklus II. Dari hasil tersebut diketahui pula siswa yang telah tuntas pada tahap pratindakan berjumlah 4 siswa, pada siklus I berjumlah 8 siswa dan pada siklus II berjumlah 29 siswa.
Upaya Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Sulaiman Sulaiman
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3346

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif siswa kelas IX B pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Meyakini Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi pokok Meyakini Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk pada kelas IX B SMP Negeri 14 Banjarmasin sudah dilaksanakan sesuai prosedur, dilihatdari aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe jigsaw masuk kategori baik. Mengembangkan kognitif dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi iman kepada hari secara keseluruhan untuk indikator kognitif yaitu untuk mengingat (C1), memahami (C2) dan menerapkan (C3) masuk kualifikasi “baik”, hal ini disebabkan karena dengan siswa menjelaskan materi kepada teman sekelompok menumbukan rasa tanggung jawab untuk siswa lebih memamahami materi dan hal ini berdampak positif dengan berkembangnya kognitif siswa.
Faktor Penghambat Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sd Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya Lanna Musna Sananta; Rita Rahmaniati; Fathul Zannah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat peserta didik dalam pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah Pahandut. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, guru kelas IV dan kepala sekolah di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya. Pembelajaran yang diteliti adalah pembelajaran IPA secara daring. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan tiga alur meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) sinyal yang tidak lancar ataupun gangguan jaringan internet, 2) kuota yang terbatas juga merupakan faktor utama yang menghambat peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik 3) kurang memahami materi yang disampaikan dan sulit untuk mengerjakan tugas yang diberikan. 4) Keterlibatan orang tua juga merupakan hal yang penting, karena jika peserta didik sulit untuk mengerjakan tugas orang tua peserta didik dapat membantu dalam pengerjaan tugas yang tidak dipahami peserta didik.
Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Buah Terong Apel Pada Siswa Kelas V Sdn Tumbang Jiga Katingan Maswati Maswati
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3348

Abstract

Fungsi media buah terong apel sebagai media untuk mempermudah atau mengaktualisasikan bentuk pecahan dalam bentuk nyata. Buah terong apel mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangan pecahan biasa dengan menggunakan media buah terong apel. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Skor rata-rata kelas pada tes pratindakan hanya mencapai 42,22 sedangkan pada akhir pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 68,89 Ada peningkatan sebesar 26,67%. Secara keseluruhan presentase peningkatan hasil penelitian dari tes pratindakan ke siklus I adalah 7,78% dan siklus I ke siklus II adalah 18,89 %. Secara keseluruhan, hasil penelitian meningkat menjadi 26,67%. Di samping itu juga ditunjukan dengan keseriusan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Situasi kegiatan pembelajaran berlangsung efektif dan efesien sehingga mengakibatkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi Ristinae Ristinae
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3349

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru pada pembelajaran menulis dan baca dengan menggunakan model pembelajaran menyanyi.Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Perlakuan untuk 2 siklus disamakan hanya perbedaan pada penanaman konsep awal. Pada siklus 1 siswa diminta untuk melantunkan kata dalam bentuk syair yang tepat dan melakukan gerakan pada siklus 2 siswa melakukan permainan dalam bentuk nyanyian Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi presentase peningkatan yaitu Pada siklus I, rata-rata skor menulis permulaan siswa sebesar 69 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 22,6 dari hasil pratindakan sebesar 46,6. Kemudian pada siklus II, kemampuan menulis dan baca siswa semakin meningkat, yaitu sebesar 12,6 yang terhitung dari siklus I 69 menjadi 81,6 pada siklus II. Sedangkan dibandingkan dengan hasil skor pratindakan, pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 35 terhitung dari skor hasil siklus II dikurangi skor hasil pratindakan, yaitu 81,6 dikurangi 46,4. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat sesuai KKM 70. Pada tes pratindakan 10,34% meningkat menjadi 56,62% pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II menjadi 100%.
Meningkatkan Kemampuan Perkalian Dengan Teknik Bermain Jari Tangan Siswa Suryadie Suryadie
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik bermain jari tangan dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN-1 Tumbang Labehu dalam perkalian, dan juga mengetahui letak kesulitan siswa kelas V SDN-1 Tumbang Labehu dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal perkalian, sehingga dapat menemukan cara pemecahannya. Model penelitian tindakan yang digunakan adalah model siklus. Langkah-langkah penelitian terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data sebelum menggunakan teknik bermain jari tangan, secara umum, (1) kesungguhan siswa menyimak penjelasan guru termasuk dalam kategori cukup, (2) siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori cukup, (3) siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru termasuk dalam kategori cukup. Sesudah menggunakan teknik bermain menggunakan jari tangan dalam perkalian, secara umum, (1) kesungguhan siswa menyimak penjelasan guru termasuk dalam kategori Sangat baik, (2) siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori Sangat baik, (3) siswa yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan guru termasuk dalam kategori Sangat baik, (4) kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan/memperagakan teknik bermain menggunakan jari tangan yang diajarkan termasuk dalam kategori baik, (6) hasil test kognitlf termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berupaya meningkatkan pemahaman konsep dan juga prestasi akademik siswa, dengan cara memberikan pembelajaran kepada siswa menggunakan teknik bermain Jari Tangan dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN-1 Tumbang Labehu khususnya, dan seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar pada umumnya.
Analisis Konsep Pendidikan Islam Parenting Dalam Surah Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Ibnu Katsir Andriansyah Andriansyah; Ade Salahudin Permadi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan Vol 17 No 1 (2022): Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Publisher : Institute For Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/pedagogik.v17i1.3354

Abstract

Konsep pendidikan Islam dalam keluarga sesuai yang digambarkan QS. Luqman ayat 12-19, tentang keistimewaan Luqman dicerminkan sebagai sosok yang arif dan penuh hikmah dalam mendidik anak yang bisa dijadikan landasan orang tua dalam mendidik anaknya agar sukses dan selamat duni dan akhirat. Tujuan penulisan untuk menganalisis konsep-konsep pendidikan Islam dalam keluarga yang terdapat dalam QS. Luqman ayat 12-19. Fokus pembahasan penelitian ini yaitu tentang konsep pendidikan Islam Parenting, bagaimana seorang Luqman mendidik anaknya sehingga namanya diabadikan dalam QS. Luqman ayat 12-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil Penelitian ini menemukan bahwa, pendidikan yang terkandung dalam QS. Luqman menurut Tafsir Ibnu Katsir meliputi: (1) sikap syukur terhadap Allah SWT yang telah memberikan keistimewaan berupa hikmah, (2) pendidikan tauhid, (3) berbakti kepada kedua orang tua, (4), beramal shalih, (5) beribada dan amar ma’ruf nahi munkar, dan (6) berakhlak mulia terhadap orang lain.

Page 1 of 2 | Total Record : 12