cover
Contact Name
Andri Budi Santoso
Contact Email
andribs24@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@lldikti4.or.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Soshum Insentif
ISSN : 2655268X     EISSN : 26552698     DOI : -
Jurnal Soshum Insentif adalah wadah informasi bidang Ilmu Sosial dan Humaniora berupa hasil penelitian yang diterbitkan oleh LLDIKTI Wilayah IV dan frekuensi terbit dua kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif" : 12 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Subkonsep Pencemaran Air Bayu Purnama Galuh
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.512 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap peningkatan keterampilan berpikir rasional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode weak eksperiment, dengan mengambil satu kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas penelitian yang di ambil di SMA Negeri 7 Pandeglang. Data dari penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diberikan pada waktu tes awal (pre test) sebelum proses pembelajaran diberikan dan tes akhir (post tes) setelah proses pembelajaran. Keterampilan berpikir rasional yang digunakan dalam penelitian ini mencakup 7 indikator yaitu mengingat, mengelompokan, menganalisis, mengevaluasi, membandingkan, meramalkan, dan menyimpulkan. Diperoleh rata-rata pre test keterampilan berpikir rasional sebesar 64,3 dan rata-rata post test keterampilan berpikir rasional sebesar 79,86. Dari ke tujuh indikator kemampuan berpikir rasional yang diukur, peningkatan indikator mengingat menempati urutan paling tinggi 86,40 dan peningkatan indikator terendah adalah indikator mengenalsis sebesar 73,40. Setelah diketahui hasil pre test dan post test peneliti melanjutkannya dengan uji t berpasangan, dan diperoleh hasil uji t berpasangan yang signifikan karena thitung >ttabel sebesar 7,74>2,73. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa.
Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Dikhorir Afnan; Fathurrohman Fathurrohman
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.984 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.199

Abstract

Abstract. Common to many organizations, the complexity of the problems faced by organizations requires that public communication activities or mass communication run smoothly without information obstruction. In the context of today's global and massive culture, the most common challenge faced by the public relations division is maintaining communication between the company and its audience so that it can continue to be conducive. Therefore the communication system needs to be built properly in order to maintain harmony between the company and the audience. In this study the authors used a qualitative methodological approach. This research can also be referred to as descriptive research, which is research that prioritizes narration and pictures as illustrations of what is happening in the field. Public relations activities are a combination of arts and other social sciences that can detect symptoms that are happening and what will happen in the future. The conclusion of this research is that marketing public relations (MPR) must maximize services by, among other things, fostering and maintaining the company's image or products and services, both in terms of the quantity and quality of services provided to consumers. Keywords: Marketing Public Relations, Mass Communication, Public Opinion, Audience, Corporate Image.
Implementasi Politik Hukum Kaitannya Dengan Fungsi Pemerintah dalam Penetapan Upah Pekerja dalam Perspektif Asas Keadilan dan Asas Kepastian Hukum Wiwi Yuhaeni
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.248 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.203

Abstract

Sistem pengupahan perlu dikembangkan dengan memperhatikan keseimbangan antara prestasi atau produktivitas kerja, kebutuhan pekerja dan kemampuan perusahaan. Perumusan masalahnya adalah bagaimanakah implementasi politik hukum kaitannya dengan fungsi pemerintah dalam penetapan upah upah pekerja dalam perspektif asas keadilan dan asas kepastian hukum.Metode penelitian menggunakan metode yuridis normatif dan pendekatan secara deskriptif analitis dan dianalisis secara kualitatif. Kesimpulannya berdasarkan UU No. 13 Th 2003 tentang Ketenagakerjaan, bahwa penghasilan yang memenuhi penghasilan yang layak ditujukan bagi pekerja/buruh dan keluarganya, sedangkan dalam Permenakertrans No.PER-13/MEN/VII/2012, kebutuhan hidup layak hanya ditujukan bagi pekerja/buruh saja atau pekerja status lajang saja. Sekarang berlaku PP No.78 Th 2015 tentang Pengupahan, dalam PP ini yang dikatakan hidup layak sama halnya dengan UU No.13 Th 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jadi PP ini bukan semakin baik malah memperparah/ memprihatinkan bagi pekerja seluruh Indonesia.
Studi Fenomenologi Pengalaman Penderita HIV dan AIDS Tanpa Pasangan Hidup dalam Memenuhi Kebutuhan Seksual di Lembaga Kasih Indonesia Tahun 2013 Salamah Thomasita Batubara; Maisaroh Maisaroh
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.228 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.206

Abstract

STUDY ON HIV AND AIDS PATIENTS WHO LIVE AS A SINGLE IN FULFILLING THE SEXUAL NEEDS AS RECORDED IN 2013 BY LEMBAGA KASIH INDONESIA This phenomenology study analyzes the experiences of HIV and AIDS patients who live as a single in fulfilling the sexual needs. The analytical tool used is the phenomenology design. Data sampling is derived from in-depth interviews, and the verbatim result is revealed through the Colaizzi methodology. Subjects of the study focus on past incidents that caused the HIV infection, emotional experience after infection, personal observation when sexual needs arise, ways to fulfill the related needs, common obstructions in the process of fulfillment, and the expectations of HIV and AIDS patients who live as a single. To fulfill the sexual needs, the HIV and AIDS patients who live as a single refer to two different options, which are having sexual intercourse with condom and masturbation. This study recommends the necessity of condom in the sexual intercourse for HIV and AIDS patients.
Manajemen Sekolah Adiwiyata (Green School) Asep Priatna
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.193 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.214

Abstract

The issue of environmental pollution has come to the attention of the world community and has become a strategic issue in sustainable development, so it needs to have the support of all parties, including the government, the private sector and educational institutions. Integrated Junior High School Lampang, Subang Regency West Java Indonesia has been implementing the green school program since 2008 and in 2019 it was entrusted by the West Java Education Office to be proposed as a national level green school program. Some achievements as a green school implementing school are private schools that have obtained "A" (exellent) accreditation with a beautiful environment and are able to fulfil 4 (four) components, namely (1) environmentally sound policies, (2) implementation of environment-based curriculum, (3) participatory-based environmental activities and (4) management of environmentally friendly supporting facilities Keywords : Management, green school Isu pencemaran lingkungan hidup telah menjadi perhatian masyarakat dunia dan menjadi isu strategis dalam pembangunan berkelanjutan, sehingga perlu mendapat dukungan semua pihak baik pemerintah, sector swasta maupun lembaga pendidikan. SMPS Terpadu Lampang Kabupaten Subang telah melaksanakan program adiwiyata sejak tahun 2008 dan pada tahun 2019 diberi kepercayaan oleh Dinas Pandidikan Jawa Barat diusulkan sebagai Sekolah Adiwiyata (green school program) tingkat nasional. Beberapa capaian sebagai sekolah pelaksana green shcool adalah sekolah swasta yang telah memperoleh akreditasi “A” (Unggul) dengan lingkungan asri dan mampu memenuhi 4 (empat) komponen yaitu (1) kebijakan berwawasan lingkungan, (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (3) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan (4) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan Kata Kunci : Manajemen, Sekolah Adiwiyata
Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia Librilianti Kurnia Yuki
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.539 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.215

Abstract

Abstract. Kuda Kosong culture is related to the history of the founding of Cianjur Regency, but there are still many Cianjur people who interpret that the Kuda Kosong is associated with something mystical or magical. This is caused by the low interest of the Cianjur community to read. In addition, there is still a lack of literacy related to the history of the Kuda Kosong. This study examines the implementation of the "Kuda Kosong" cultural literacy in increasing reading interest in Putra Indonesia University students. The purpose of this study is to develop local cultural wisdom and increase reading interest in Putra Indonesia University students. This research uses a qualitative approach with descriptive research methods. Sources of data in this study consisted of students, lecturers, and education staff. Data collection techniques through interviews, observation, questionnaires, and documentation. Data were analyzed interactively consisting of data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions, and verification. Based on the data collected, then described and analyzed. The results showed that, 1) the implementation of the Kuda Kosong cultural literacy can motivate students to like reading activities, 2) the obstacles in the campus in increasing students' interest in reading through the implementation of the Kuda Kosong cultural literacy, namely discipline, student habituation, interests, and methods applied in reading, 3) the efforts of the campus to increase students' interest in reading through the implementation of the Kuda Kosong culture literacy is that the campus always provides information about literacy activities, introduces the importance of reading about the culture of the Kuda Kosong, and holds competitions as a forum for students to actively participate. The implementation of this research is expected to have a positive impact on fostering regional culture, especially in Cianjur Regency as a mirror of a nation. Keywords: Implementation of the "Kuda Kosong", Reading Interest. Abstrak. Budaya Kuda Kosong berhubungan dengan sejarah berdirinya Kabupaten Cianjur, akan tetapi masyarakat Cianjur selama ini masih banyak yang memaknai bahwa Kuda Kosong dihubungkan dengan sesuatu yang mistis ataupun gaib. Hal ini diakibatkan oleh masih rendahnya minat masyarakat Cianjur untuk membaca. Selain itu, masih kurangnya literasi terkait dengan sejarah Kuda Kosong. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi literasi budaya “Kuda Kosong” dalam meningkatkan minat membaca pada mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kearifan budaya lokal dan meningkatkan minat membaca mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) implementasi literasi budaya Kuda Kosong dapat memotivasi mahasiswa untuk menyukai kegiatan membaca, 2) hambatan pihak kampus dalam meningkatkan minat membaca mahasiswa melalui implementasi literasi budaya Kuda Kosong, yaitu kedisiplinan, pembiasaan mahasiswa, minat, dan metode yang diterapkan dalam membaca, 3) upaya pihak kampus untuk meningkatkan minat membaca mahasiswa melalui implementasi literasi budaya Kuda Kosong adalah pihak kampus selalu memberikan sosialisasi mengenai kegiatan literasi, mengenalkan pentingnya membaca tentang budaya Kuda Kosong, dan mengadakan lomba-lomba sebagai wadah mahasiswa untuk berpartisipasi aktif. Dengan dilaksanakannya penelitian ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi pembinaan kebudayaan daerah khususnya Kabupaten Cianjur sebagai cermin suatu bangsa. Kata Kunci: Implementasi Literasi Budaya “Kuda Kosong”, Minat Membaca.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII A SMPN 2 Sindangresmi Asri Hayati Futri; Eman Supriatna
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.2 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.220

Abstract

Abstrak. Penelitian Tindakan Kelas dilaksankan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan metode picture and picture dalam pembelajaran. Penelitian dilaksankan di kelas VII A, semester 1, Tahun Pelajaran 2019/2020, SMP Negeri 2 Sindangresmi. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat, keaktifan serta kemampuan siswa dalam menulis cerita fantasi. Hal ini terjadi karena ketidak tepatan pemilihan media pembelajaran yang digunakan guru. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan kurang menarik dalam pembelajaran menulis cerita fantasi sehingga siswa merasa bosa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangresmi dalam menulis teks cerita fantasi? (2) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangresmi dalam menulis teks cerita fantasi? dan (3) Bagaimana meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangresmi? Penelitian Tindakan Kelas dilaksankan 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Inttrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes hasil belajar yang diberikan sebelum tindakan (pratindakan/prasiklus) dan setelah tindakan, lembar observasi serta lembar kerja kelompok. Pengumpulan data dan penggolahannya berdasarkan data yang didapatkan pada intrumen tersebut. Kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindangresmi meningkat setelah menggunakan metode picture and picture sebesar 22,77. Rata-rata pada siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata pada prasiklus 60,23 menjadi 71,5. Rata-rata yang dicapai pada siklus II 83 , ini menujukan peningkatan sebesar 11,27 dari prasiklus ke siklus I, 11,5 dari siklus I ke siklus II. Perubahan aktivitas dan minat siswa dalam pembelajaran menulis cerita fanntasi dengan menggunakan metode picture and picture telah mengalami perubahan kearah yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan metode picture and picture ternyata dapat meningkatkan keaktifan, minat, dan hasil belajar peserta didik dalam bentuk kemampuan menulis cerita fantasi, dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum melakukan penelitian. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunkan metode picture and picture ada peningkatan.
Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kosasih Kosasih; Vip Paramarta
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.31 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.223

Abstract

Melalui penelitian ini diharapkan mendapatkan data bukti empirik tentang peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pengaruhnya terhadap peningkatan kepuasan pasien dalam rangka mendukung percepatan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Objek penelitian ini dibatasi pada pasien yang menggunakan BPJS kesehatan.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan cara kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik accidental sampling atau teknik incidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel dengan memilih pasien yang sudah menyelesaikan perawatan di Puskesmas Cicangkanggirang. Terbukti secara empiris dan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan kesehatan dengan dimensi: Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Assurance secara simultan mempengaruhi peningkatan kepuasan pasien di Puskesmas Cicangkanggirang di Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Hal ini sangat bermanfaat dan membantu bagi pasien yang berobat dari kalangan masyarakat miskin dan kemampuan ekonomi yang rendah.
Penerapan Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bandung Lilis Yuaningsih
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.625 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.224

Abstract

Dalam meningkat disiplin ASN pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Bandung, salah satunya dengan menerapkan sistem absensi sidik jari. Namun dalam realitasnya masih terjadi pelanggaran disiplin yang dilakukan ASN dan adanya laporan terjaring ASN oleh tim penegakan disiplin ASN Kota Bandung. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan hasil penelitian menyimpulkan bahwa kebijakan disiplin Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bandung, belum maksimal dilaksanakan. Masih lemahnya sisi pengawasan terhadap pelanggaran disiplin pegawai. Perlu dilakukannya evaluasi berkala tim pertimbangan disiplin dan konsistensi penerapan Peraturan Pemerintah No. 53/2010 secara menyeluruh.
Peluang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Mewujudkan Pendidikan Yang Berbasis Multikultural Tri Nurza Rahmawati
Jurnal Soshum Insentif Vol 3 No 1 (April, 2020): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.765 KB) | DOI: 10.36787/jsi.v3i1.225

Abstract

Absract- This article will explain and describe the opportunities for Social Sciences subjects in realizing multicultural-based education. In compiling this article, the authors used the literature study method is data collection techniques are carried out using books, and other literatures such as journals or articles related to the theme discussed. The results showed that multicultural-based education is education that must be realized in formal education in Indonesia, departing from the conditions of people in Indonesia who have a diversity of ethnicities, cultures, and religions. Seeing all subjects in the world of education at the junior high level, Social Sciences subjects have a very strategic position. This is based on aspects of the study in the subject of Social Sciences providing a gap in almost every material. Thus, the availability of the gap is expected to be used as fully as possible and as effectively as possible in incorporating multicultural values, for the creation of multicultural-based education. Keyword: Social Sciences, Education, Multicultural Abstrak- Artikel ini akan menjelaskan dan mendeskripsikan Peluang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam mewujudkan pendidikan yang berbasis multikultural. Dalam menyusun artikel ini, penulis menggunakan metode studi pustaka yaitu teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan buku-buku, dan literatur-literatur lainnya seperti jurnal ataupun artikel yang terkait dengan tema yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis multikultural merupakan pendidikan yang harus diwujudkan dalam pendidikan formal di Indonesia, berangkat dari kondisi masyarakat di Indonesia yang memiliki keragaman suku bangsa, budaya, dan agama. Melihat semua mata pelajaran dalam dunia pendidikan ditingkat SMP, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki kedudukan yang sangat strategis. Hal ini didasari aspek kajian dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menyediakan celah hampir disetiap materi. Dengan demikian, ketersediaan celah tersebut diharapakan mampu digunakan semaksimal mungkin dan seefektif mungkin dalam memasukkan nilai-nilai multikultural, guna terciptanya pendidikan yang berbasis multikultural. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan, Multikultural

Page 1 of 2 | Total Record : 12