cover
Contact Name
Henry Trias Puguh Jatmiko
Contact Email
miko.alabidin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pend.bindo@hikmahuniversity.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
ISSN : 26229420     EISSN : 26225573     DOI : -
Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pendidikan, bahasa, sastra, dan integrasi nilai Islam
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 6 Documents clear
ILOKUSI DAN PERLOKUSI TIDAK LANGSUNG DALAM BAHASA SMS MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KEPADA DOSENNYA SEBAGAI PENANDA KARAKTER SANTUN BERBAHASA Jatmiko, Henry Trias Puguh
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.194 KB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai ilokusi dan perlokusi tidak langsung dalam bahasa sms mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kepada dosen sebagai penenda karakter santu berbahasa. Hal yang dikaji antara lain ilokusi (kesantunan nonmetalinguistik) dan perlokusi dari penutur dan mitra tutur. Hasil analisisnya ialah mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia telah menunjukkan santun berbahasa dalam pesan singkat/SMS mahasiswa dalam penggunaan ilokusi dengan maksud  meminta, memberitahu, dan menyarankan. Dalam hal ini, santun berbahasa dalam SMS ditandai dengan komunikasi fatis dan ilokusi yang jelas. Dengan demikian terjadi kesinkronan antara ilokusi dan perlukosi antara mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret dan dosennya.
CULTURE SHOCK (GEGAR BUDAYA) PENUTUR JAWA DAN JAKARTA: PERBEDAAN MAKNA BAHASA DAN REALITAS SOSIALNYA Mayasari, Ira; Sumadyo, Bambang
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.991 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor apa saja yang menjebabkan penutur mengalami gegar buday yang berkaitan dengan bahasa. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna leksikal dan makna kultural pada penutur Jawa yang berpindah tempat ke Jakarta, serta penutur Jakarta yang berpindah tempat ke Jawa.Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan, menggambarkan, dan merumuskan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya beberapa penyebab gegar budaya pada penutur Jawa yang tinggal di Jakarta, yaitu karena bahasa arbitrer , adanya perbedaan lafal (ucapan), perbedaan intonasi, adanya tingkatan dalam bahasa Jawa, dan adanya pengaruh bahasa gaul. Gegar budaya pada penutur Jakarta yang tinggal di Jawa disebabkan adanya bahasa arbitrer dan adanya makna istilah dalam bahasa Jawa. Makna leksikal dalam penelitian ini tidak terlalu berbeda. Namun, ada perbedaan makna kultural pada tiap daerah karena tiap daerah memiliki norma masing-masing.
KEMAMPUAN MENULIS BAGIAN HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN Arofah, Dina Nurul; Wardhana, Dian Eka Candra; Susetyo, Susetyo
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.151 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis bagian hasil penelitian dan pembahasan artikel hasil penelitian mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia. Data yang dianalisis yaitu lembar kerja mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia berupa artikel hasil penelitian tesis. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil dokumen artikel ilmiah yang terdapat pada program studi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Temuan penelitian tergambar sebagai berikut; kemampuan menulis artikel ilmiah bagian hasil penelitian dan pembahasan mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia berada pada kategori sangat baik yakni dengan nilai rata-rata 88.6. Penilaian setiap tahapan yaitu: (1) tahapan-1 (informasi tentang penelitian) mempunyai kualifikasi 95.5%, (2) tahapan-2 (pernyataan tentang hasil penelitian) mempunyai kualifikasi 100%, (3) tahapan-3 (pernyataan tentang hasil penelitian yang (tak) terduga) mempunyai kualifikasi 83.3%, (4) tahapan-4 (penggunaan referensi dari penelitian sebelumnya) mempunyai kualifikasi 86.7%, (5) tahapan-5 (penjelasan tentang hasil penelitian) mempunyai kualifikasi 100%, (6) tahapan-6 (ilustrasi untuk mendukung penjelasan hasil penelitian) mempunyai kualifikasi 87.5%, (7) tahapan-7 (penafsiran peneliti terhadap temuan penelitian) mempunyai kualifikasi 79.2%, (8) tahapan-8 (saran peneliti sebagai implementasi praktis dari temuan penelitian) mempunyai kualifikasi  62.5%. Maka, kemampuan menulis artikel ilmiah bagian hasil penelitian dan pembahasan mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Indonesia berada pada kategori sangat baik yakni 88.6.
OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Rahayu, Erni; Andayani, Andayani; Sumarwati, Sumarwati
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.364 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan: (1) keaktifan siswa dalam kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Mojolaban; dan (2) keterampilan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Mojolaban.Penelitian ini merupakan penelitian  tindakan  kelas yang terdiri dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan; tahap pelaksanaan; (3) tahap observasi dan interpretasi; dan (4) tahap analisis dan refleksi. Persentase keaktifan siswa pada siklus I adalah sebesar 53% sedangkan pada siklus II menjadi  83%. Persentase peningkatan kemampuan menulis puisi siswa juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang bisa menulis puisi yang mencapai skor ≥ 75 setiap siklus. Pada survei awal, persentase siswa yang dapat mencapai nilai kelulusan 14%. Siklus I adalah 46% dan pada siklus II adalah 89%.
STRATEGI “KETELA PITAK” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS X Ramadhani, Azza Aulia; Prasetya, Ady Dwi Achmad
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.154 KB)

Abstract

Strategi pembelajaran inovatif sangat dibutuhkan untuk membantu keefektifan kegiatan pembelajaran dikelas. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang menerapkan strategi KETELA PITAK meliputi (1) mengamati contoh teks, (2) mengungkapkan perbedaan, (3) menyimpulkan perbedaan, (4) menjelaskan perbedaan, (5) memilih topik, (6) mengembangkan topik menjadi peta konsep, (7) mengembangkan peta konsep menjadi beberapa kalimat, (8) menyusun teks, dan (9) mempresentasikan teks. Kegiatan pembelajaran tersebut disusun berdasarkan pendekatan ilmiah yang ditekankan dalam Kurikulum 2013.
ANALISIS SOSIOLOGI NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI Nanda, Rara Oktaria
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 1 No 2 (2018): Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.57 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan referen fakta sosial yang diacu dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari dan mendeskripsikan struktur fakta sosial dalam novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini berbentuk kata-kata mengenai interaksi sosial yang dibangun tokoh utama dan tokoh lainnya dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari, referen fakta sosial dan kondisi sosial dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari, dan hubungan relasional kenyataan sosial yang diacu dengan peran sosial pada novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Sumber data penelitian ini adalah novel Pasung Jiwa  yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama tahun 2013 dengan tebal buku 321 halaman. Hasil penelitian dan pembahasan, Fakta sosial yang diacu dalam masyarakat Indonesia mengenai 3 aspek sosial, yang pertama Hukum. Hukum Indonesia tidak memberikan jaminan perlindungan bagi setiap pelaku transgender, dari segi agama, transgender adalah perbuatan dosa dan tidak diterima oleh masyarakat beragama, yang terakhir dari segi kebudayaan ada dua golongan masyarakat yaitu yang masih memegang erat kebudayaan timur yang berlandaskan agama yaitu islam menolak transgender sedangkan sebagian masyarakat modernisasi yang telah mengikuti budaya  barat menerima transgender dengan alasan kesetaraan hak azazi manusia. Struktur sosial yang terdapat dalam novel Pasung Jiwa menunjukkan adanya penolakan dari segi hukum dengan terjadinya menyiksaan dan pelecehan yang dilakukan oknum tentara dan tidak mendapatkan keadilan bagi tokoh utama yang merupakan transgender. Struktur sosial selanjutnya menunjukan penolakan dari Agama, yaitu dengan terjadinya diskriminasi terhadap tokoh utama transgender dengan menghakimi dan menyiksa dengan alasan berjihad di jalan Tuhan. Yang terakhir yaitu struktur sosial yang menunjukan sikap berdasarkan kebudayaan, ada dua masyarakat yaitu kaum yang menerima tokoh utama selaku transgender dengan mengapresiasi penampilannya sebagai pekerja seni dan sebagian lagi yang justru menentang dengan perlakuan buruk mencibir dan mentertawakan

Page 1 of 1 | Total Record : 6