cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
timpublikasi@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jl. Margonda Raya 100 Depok, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
UG Journal
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 19784783     EISSN : -     DOI : -
UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai fakultas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 4 (2022)" : 7 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI OLAHRAGA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL Ratri Purwaningtyas
UG Journal Vol 16, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fitnes merupakan aktivitas berolahraga pembentukan otot- otot badan ataupun raga yang dicoba secara teratur serta berkala yang bertujuan buat melindungi vitalitas badan serta berlatih disiplin. Berolahraga ini pula efisien buat membakar kalori serta merendahkan resiko terbentuknya beberapa penyakit. Tetapi banyak anggota pusat kebugaran yang hadapi cidera otot disebabkan tidak memakai jasa personal trainer dengan alibi bayaran sangat mahal. Bersumber pada kasus terebut hingga dibuatlah suatu aplikasi latihan berolahraga fitnes berbasis android. Ada pula macam- macam latihan berolahraga yang ada pada aplikasi ini ialah video-video bimbingan memakai perlengkapan berolahraga, serta video- video olahraga dirumah tanpa memakai alat-alat berolahraga. Tata cara pembuatan aplikasi ini memakai Systems development life cycle( SDLC) dengan model waterfall yang meliputi Requirements analysis and definition, System and aplikasi design, Implementation and unit testing, Integration and system testing, serta Operation and maintenance. Aplikasi ini bisa dijadikan aplikasi alternatif yang bisa digunakan oleh pendatang baru dalam menguasai metode serta dampak dari pemakaian alat- alat berolahraga. Aplikasi ini pula bisa menaikkan pengetahuan mengenai olahraga dirumah tanpa memakai perlengkapan berolahraga.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI FITUR SHOPEE LIVE Desti Dirnaeni; Irfan Ardiansyah; Christera Kuswahyu Indira
UG Journal Vol 16, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penjualan produk bekas pakai (preloved) saat ini semakin banyak digandrungi oleh masyarakat umum, diantaranya dari elektronik, pakaian, mainan anak hingga boneka dengan media live streaming videomelalui digital. Banyaknya minat masyarakat tersebut membuat para pelaku usaha UMKM melakukan kegiatan berjualan barang tersebut, produk bekas pakai berupa boneka yang menjadi fokus objek. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh live streaming video, kualitas produk dan kepercayaan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Data diperoleh melalui kuesioner online kepada 100 responden. Analisis data dilakukan dengan verifikatif untuk mengetahui pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini live streaming video dan kepercayaan berpengaruh parsial sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian melalui fitur shopee live.
STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI ANALISIS SOAR (STUDI KASUS PADA BISNIS CLOTHING SOLID OBJECT) Dwiky Tegar Santoso; Widyatmini Widyatmini
UG Journal Vol 16, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Ekonomi Kreatif melalui Analaisis SOAR. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan clothing Solid Object. Penelitian ini menggunakan sampel karyawan clothing Solid Object dengan menyebar kuesioner dan memperoleh jawaban dari 37 responden karyawan clothing Solid Object. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis SOAR, IFAS (Internal Strategic Factors Analisys Summary), dan EFAS (Eksternal Strategic Factors Analisys Summary). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Kekuatan (Strenghts) dan faktor Hasil (Results) memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingan dengan faktor Peluang (Oportunities) dan faktor Harapan (Aspirations). Pada matriks SOAR dari strategi SR menunjukkan bahwa faktor Kekuatan (Strenghts) dan faktor Hasil (Results) berada pada posisi berkembang(growth). Artinya, Strategi yang relevan untuk diterapkan yaitu Menambah varian produk berupa Sweater dan Jacket, Memberi gift berupa marchendise di setiap pembelian produk, dan Meningkatkan kualitas produk melalui quality control produk.
IMPLEMENTASI MODEL CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT TBC BERBASIS DEKSTOP Suharni Suharni; Eel Susilowati; Taufiq Muldan Hidayat
UG Journal Vol 16, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyakit Tuberkulosis (TBC) merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi masalah utama di negara berkembang seperti Indonesia. Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Tuberkulosis menyerang paru-paru dan dapat mengifneksi orang lain. Penyakit ini bersifat menular.Radiologi termasuk salah satu pemeriksaan diagnosis yang dapat dilakukan pada penyakit TB-paru. Dengan menganalisa citra x-ray hasil rontgen pada dada tubuh seseorang, maka para dokter dapat melakukan proses diagnosa penyakit TBC. Permasalahan yang terjadi adalah diagnosa penyakit TBC masih dilakukan secara manual oleh dokter. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan model Convolutional Neural Network (CNN) untuk klasifikasi penyakit TBC berbasis dektop. Untuk mengoptimalkan model tersebut menggunakan optimizer Stochastic Gradient Descent (SGD). Model CNN optimal yang diimplementasikan bisa membantu dokter dalam proses identifikasi hasil rontgen menggunakan proses komputerisasi. Hasil identifikasi ini dapat mengklasifikasi apakah seseorang mempunyai penyakit tbc atau tidak. Dataset didapat dari website kaggle.com berjumlah 240 data yang terdiri dari 160 data latih dan atau 80 data uji. Citra yang digunakan berukuran 128x128 piksel. Pelatihan model menggunakan 50 epochs dan learning rate 0.01. Hasil pelatihan tersebut mendapatkan nilai akurasi sebesar 98.75%. Implementasi model CNN pada uji coba aplikasi menggunakan 15 citra x-ray yang terdiri dari 8 citra x-ray normal dan 7 citra x-ray TBC menunjukan bahwa semua prediksi berdasarkan sistem dan aktual hasilnya sesuai.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE Anisah Anisah; Lies Handrijaningsih; Septi Mariani T. R.; Bagasadi Syabani Wibisono
UG Journal Vol 16, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pola perilaku masyarakat berbelanja merupakan dampak perkembangan teknologi dan informasi. Masyarakat yang mulai untuk berbelanja melalui daring dibandingkan dengan berbelanja secara langsung. Salah satu marketplace yang ada di Indonesia adalah Shopee. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat, brand ambassador¸ ulasan produk dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Shopee. Populasi pada penelitian merupakan konsumen yang menggunakan Shopee. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling, dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengguna Shopee. Tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Persepsi manfaat, ulasan produk dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa persepsi manfaat, brand ambassador¸ ulasan produk dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, CITA RASA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BREADTALK PADA MALL METROPOLITAN BEKASI Budi Utami
UG Journal Vol 16, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin majunya perekonomian dunia usaha mengalami perkembangan. Produsen harus mampu bersaing, dalam persaingan produsen dituntut untuk melakukan inovasi produk agar bisa menjadi unggulan, perusahaan juga harus bisa memasarkan produk karena pemasaran adalah ujung tombak produksi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, cita rasa dan citra merek secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Pelanggan Breadtalk Mall Metropolitan Bekasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS, alat uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, uji koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden sebagai sampel berjumlah 100 yang pernah mengkonsumsi Breadtalk di Mall Metropolitan Bekasi. Penelitian menghasilkan dan menunjukkan bahwa harga, kualitas produk, cita rasa dan citra merek berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan.
KEPUTUSAN PENGGUNAAN OVO DALAM TRANSAKSI PEMBAYARAN PADA APLIKASI GRAB Irfan Ardiansyah
UG Journal Vol 16, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembayaran non tunai, dimana transaksinya menggunakan jaringan internet dengan perangkat seperti telepon pintar yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi untuk mempermudah transaksi yang dilakukan dalam jumlah banyak secara efisien. Perkembangan pembayaran tersebut, membuat perusahaan besar yang berinovasi menciptakan sistem yang sama, yaitu salah satu contohnya seperti OVO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel manfaat, kemudahan, promosi dan risiko terhadap keputusan penggunaan OVO pada aplikasi Grab. Adapun yang menjadi objek pada penelitian ini adalah OVO pada aplikasi Grab. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pengguna OVO pada Grab. Pada uji pengaruh partial dapat dijelaskan bahwa manfaat dan promosi berpengaruh terhadap keputusan penggunaan OVO, namun kemudahan dan risiko tidak berpengaruh. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan sebesar 68,4% variabel keputusan penggunaan OVO dipengaruhi oleh manfaat, kemudahan, promosi dan risiko.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 5 (2025) Vol 18, No 6 (2024) Vol 18, No 2 (2024) Vol 17, No 7 (2023) Vol 17, No 6 (2023) Vol 17, No 5 (2023) Vol 17, No 4 (2023) Vol 17, No 3 (2023) Vol 17, No 2 (2023) Vol 17, No 1 (2023) Vol 16, No 12 (2022) Vol 16, No 11 (2022) Vol 16, No 10 (2022) Vol 13, No 11 (2019) Vol 12, No 12 (2018) Vol 16, No 9 (2022) Vol 16, No 8 (2022) Vol 16, No 7 (2022) Vol 16, No 6 (2022) Vol 16, No 5 (2022) Vol 16, No 4 (2022) Vol 16, No 3 (2022) Vol 16, No 2 (2022) Vol 16, No 1 (2022) Vol 13, No 4 (2019) Vol 15, No 12 (2021) Vol 15, No 11 (2021) Vol 15, No 10 (2021) Vol 15, No 9 (2021) Vol 15, No 8 (2021) Vol 15, No 7 (2021) Vol 15, No 6 (2021) Vol 15, No 5 (2021) Vol 15, No 4 (2021) Vol 15, No 3 (2021) Vol 15, No 2 (2021) Vol 15, No 1 (2021) Vol 14, No 12 (2020) Vol 14, No 11 (2020) Vol 14, No 10 (2020) Vol 14, No 9 (2020) Vol 14, No 8 (2020) Vol 14, No 7 (2020) Vol 14, No 6 (2020) Vol 14, No 5 (2020) Vol 14, No 4 (2020) Vol 14, No 3 (2020) Vol 14, No 2 (2020) Vol 14, No 1 (2020) Vol 13, No 12 (2019) Vol 13, No 9 (2019) Vol 12, No 8 (2018) Vol 10, No 12 (2016) Vol 10, No 3 (2016) Vol 9, No 9 (2015) Vol 9, No 5 (2015) Vol 8, No 6 (2014) Vol 8, No 5 (2014) Vol 8, No 4 (2014) Vol 8, No 3 (2014) Vol 8, No 2 (2014) Vol 8, No 1 (2014) Vol 7, No 11 (2013) Vol 7, No 9 (2013) Vol 7, No 8 (2013) Vol 7, No 7 (2013) Vol 7, No 6 (2013) Vol 7, No 5 (2013) Vol 7, No 4 (2013) Vol 7, No 3 (2013) Vol 7, No 2 (2013) Vol 7, No 1 (2013) Vol 6, No 12 (2012) Vol 6, No 11 (2012) Vol 6, No 10 (2012) Vol 6, No 9 (2012) Vol 6, No 6 (2012) Vol 6, No 5 (2012) Vol 6, No 4 (2012) Vol 6, No 2 (2012) Vol 6, No 1 (2012) Vol 1, No 1 (2000) More Issue