cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
timpublikasi@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jl. Margonda Raya 100 Depok, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
UG Journal
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 19784783     EISSN : -     DOI : -
UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai fakultas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 7 (2023)" : 6 Documents clear
PERANCANGAN PRODUK KEMASAN CACAO NIBS DI UMKM RSF KOTA TANGERANG SELATAN Fadhilah, Rizka Syifa; Noor, Asep Mohamad
UG Journal Vol 17, No 7 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cacao Nibs merupakan salah satu produk makanan yang dihasilkan oleh UMKM RSF yang terbuat dari biji cokelat yang dipanggang. UMKM RSF membuat kemasan sendiri untuk setiap produk yang dihasilkan. Sampai saat ini Cacao Nibs dikemas dengan menggunakan plastik klip. UMKM RSF dalam melakukan kegiatan penjualan produk Cacao Nibs mengalami permasalahan yang berkaitan dengan kemasan, dimana kemasan Cacao Nibs tersebut masih memiliki kekurangan yaitu secara visual dan struktur kemasan kurang menekankan citra produk yang dihasilkan serta kurang menarik secara estetika karena bahan kemasan yang digunakan berupa plastik klip yang ditempelkan label. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis produk kemasan Cacao Nibs, menentukan spesifikasi target rancangan kemasan Cacao Nibs, serta merancangan detail produk berupa arsitektur produk dan prototipe kemasan Cacao Nibs berdasarkan kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis. Metode dan luaran perancangan dari penelitian ini yaitu Quality Function Deployment (QFD) dengan menggunakan matriks House of Quality (HOQ) untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis dari produk kemasan Cacao Nibs, Analitycal Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk mengetahui spesifikasi target rancangan produk kemasan Cacao Nibs, dan visualisasi dari desain kemasan 2D dan 3D dari produk Cacao Nibs dengan menggunakan software CATIA V5R21 dan Adobe Photoshop CC 2017 digunakan untuk memvisualisasikan kemasan 2D dan 3D, kemudian pembuatan prototipe dari produk kemasan Cacao Nibs yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan karakteritik teknis. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, didapatkan hasil yaitu bentuk kemasan berbentuk balok (kotak), bermaterial karton ivory (20 gram), ukuran kemasan yaitu dengan ukuran panjang x lebar x tinggi (10x18x5) cm, dan fitur tambahan kemasan berupa tali pegangan.
WORD FORMATION OF TERMS RELATED TO COVID-19 AND THEIR EQUIVALENTS IN INDONESIAN Sabrina, Adani Nur
UG Journal Vol 17, No 7 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Along with the spread of the Covid-19 disease, various terms that are closely related to the disease have emerged. Some are pre-existing terms, while others are specific to the disease. To find out more about terms related to Covid-19, this research was carried out with the aim of finding the word-formation of each term and how to change them into Indonesian equivalents. The method used is qualitative with descriptive analysis. The data was obtained purposively from the official web page Padanan Istilah (Pasti) provided by Indonesia's Language Development and Fostering Agency. The results of this study indicate that of the 45 terms related to Covid-19, 11 of them were formed by applying affixation, 25 by compounding, 2 by conversion, 3 by borrowing, 2 by a combination of blends and compounding, and 2 others by a combination of compounding and abbreviations. Furthermore, 15 equivalent terms were obtained using the translation technique, 14 others by the absorption technique, 1 by absorption or translation, and the remaining 15 by combining translation and absorption techniques. This research was conducted with the implication that the equivalent terms related to Covid-19 in Indonesian will be more widely used than the English version, as well as to deepen knowledge about word formation and the process of forming equivalent terms in Indonesian.
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN DI UNIVERSITAS GUNADARMA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASIS WEBSITE Praseptyo, Zhirazzi Dimas; Febriani, Febriani
UG Journal Vol 17, No 7 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan bagian yang selalu terjadi dalam kehidupan manusia. Salah satu kasus pengambilan keputusan yang biasa terjadi dan dialami oleh siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sulitnya menentukan jurusan bagi siswa/i tersebut yang akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Hal ini disebabkan referensi yang dimiliki oleh siswa/i tersebut tidak banyak terkait dengan perguruan tinggi yang akan mereka pilih. Penelitian ini bertujuan untuk membuat website Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan jurusan, yang dapat membantu memberikan rekomendasi kepada calon mahasiswa Universitas Gunadarma untuk memilih jurusan sesuai dengan keinginan dan minat calon mahasiswa tersebut. Metode pendukung keputusan yang diimplementasikan pada website ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), sedangkan pengembangan aplikasinya menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Metode RAD merupakan metode untuk menyediakan pengembangan yang jauh lebih cepat dan mendapatkan hasil dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan hasil yang dicapai melalui siklus tradisional, yang tahapannya terdiri dari requirements planning, RAD Design Workshop, serta implementation. Pembuatan website dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan MySQL untuk databasenya. Berdasarkan hasil uji coba dengan metode black box menunjukkan bahwa seluruh fungsi yang diujikan pada aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya.
MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG WISATAWAN LANSIA DI TMII INDONESIA Akhirson, Armaini; Br. Pareangin-angin, Rosliyana; Apriyanti, Rehulina
UG Journal Vol 17, No 7 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of facilities partially on the satisfaction of TMII elderly visitors, the effect of partial accessibility on the satisfaction of elderly visitors to TMII and the effect of facilities and accessibility simultaneously on visitor satisfaction of elderly visitors to TMII. This research method uses a questionnaire instrument distributed to 100 respondents. The sampling method in this study was purposive sampling technique. The data collected was then processed using the SPSS 22 application with the analysis tools of the Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Analysis, Hypothesis Test, and Determination Coefficient Test. The results showed that the facility variable partially has a positive and significant effect on the satisfaction of elderly visitors to Taman Mini Indonesia Indah. The accessibility variable partially has a positive and significant effect on the satisfaction of elderly visitors to Taman Mini Indonesia Indah. Facilities and accessibility simultaneously affect the satisfaction of elderly visitors to Taman Mini Indonesia Indah.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK PERIODE 2018-2021 Khadijah, Eva; Vernanda, Melisa
UG Journal Vol 17, No 7 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak luas secara ekonomi di Indonesia. Perusahaan Indofood Sukses Makmur Tbk adalah salah satu perusahaan manufaktur yang terdampak pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan laporan keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebelum dan saat pandemi Covid-19 yang diukur dengan rasio likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk periode tahun 2018- 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan penulis adalah data sekunder berupa laporan keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk periode tahun 2018-2021. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan kinerja keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebelum dan saat adanya pandemi Covid-19. Dilihat pada rasio likuiditas sebelum dan saat pandemi Covid-19 rasio likuiditas pada current ratio, quick ratio menunjukan kinerja keuangan yang illikuid, cash ratio menunjukan kinerja keuangan yang likuid. Rasio Solvabilitas pada pada DAR menunjukan kinerja keuangan yang insovable, DER menunjukan kinerja keuangan yang solvable. Rasio Profitabilitas menunjukan kinerja keuangan yang non profit.
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW PADA KONSUMEN PRIA DI KOTA DEPOK Hernama, Hernama; Hermawati, Sri
UG Journal Vol 17, No 7 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare MS Glow pada konsumen pria. Sampel diambil menggunakan pendekatan metode purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian digunakan regresi logistik. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara parsial variabel persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pria dan secara simultan terdapat pengaruh persepsi harga dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 5 (2025) Vol 18, No 6 (2024) Vol 18, No 2 (2024) Vol 17, No 7 (2023) Vol 17, No 6 (2023) Vol 17, No 5 (2023) Vol 17, No 4 (2023) Vol 17, No 3 (2023) Vol 17, No 2 (2023) Vol 17, No 1 (2023) Vol 16, No 12 (2022) Vol 16, No 11 (2022) Vol 16, No 10 (2022) Vol 13, No 11 (2019) Vol 12, No 12 (2018) Vol 16, No 9 (2022) Vol 16, No 8 (2022) Vol 16, No 7 (2022) Vol 16, No 6 (2022) Vol 16, No 5 (2022) Vol 16, No 4 (2022) Vol 16, No 3 (2022) Vol 16, No 2 (2022) Vol 16, No 1 (2022) Vol 13, No 4 (2019) Vol 15, No 12 (2021) Vol 15, No 11 (2021) Vol 15, No 10 (2021) Vol 15, No 9 (2021) Vol 15, No 8 (2021) Vol 15, No 7 (2021) Vol 15, No 6 (2021) Vol 15, No 5 (2021) Vol 15, No 4 (2021) Vol 15, No 3 (2021) Vol 15, No 2 (2021) Vol 15, No 1 (2021) Vol 14, No 12 (2020) Vol 14, No 11 (2020) Vol 14, No 10 (2020) Vol 14, No 9 (2020) Vol 14, No 8 (2020) Vol 14, No 7 (2020) Vol 14, No 6 (2020) Vol 14, No 5 (2020) Vol 14, No 4 (2020) Vol 14, No 3 (2020) Vol 14, No 2 (2020) Vol 14, No 1 (2020) Vol 13, No 12 (2019) Vol 13, No 9 (2019) Vol 12, No 8 (2018) Vol 10, No 12 (2016) Vol 10, No 3 (2016) Vol 9, No 9 (2015) Vol 9, No 5 (2015) Vol 8, No 6 (2014) Vol 8, No 5 (2014) Vol 8, No 4 (2014) Vol 8, No 3 (2014) Vol 8, No 2 (2014) Vol 8, No 1 (2014) Vol 7, No 11 (2013) Vol 7, No 9 (2013) Vol 7, No 8 (2013) Vol 7, No 7 (2013) Vol 7, No 6 (2013) Vol 7, No 5 (2013) Vol 7, No 4 (2013) Vol 7, No 3 (2013) Vol 7, No 2 (2013) Vol 7, No 1 (2013) Vol 6, No 12 (2012) Vol 6, No 11 (2012) Vol 6, No 10 (2012) Vol 6, No 9 (2012) Vol 6, No 6 (2012) Vol 6, No 5 (2012) Vol 6, No 4 (2012) Vol 6, No 2 (2012) Vol 6, No 1 (2012) Vol 1, No 1 (2000) More Issue