cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Published by Universitas Pasundan
ISSN : -     EISSN : 25490486     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari planet bumi mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung, maka artikel yang dimuat didalam jurnal BIOSFER senantiasa mencakup proses kehidupan yang ada di planet bumi. BIOSFER terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi" : 7 Documents clear
The Content of reducing sugar in Siwalan juice (Borassus flabellifer L) before cooking and after cooking James Ngginak
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.063 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v4i1.1805

Abstract

Gula reduksi merupakan salah satu zat gizi makro penting sebagai sumber energi. Kadar gula reduksi yang tinggi dalam suatu bahan pangan ditandai dengan cita rasa yang manis. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium FST Kimia Undana. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kandungan gula reduksi pada nira siwalan (Borassus flabellifer L) sebelum dimasak dan setelah dimasakan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Data penelitian dianalisis menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sampel sebelum dan sesudah pemasakan mengandung gula reduksi. Gula reduksi yang terkandung mempunyai konsentrasi yang berbeda. Sampel sebelum dimasak memiliki kadar gula reduksi 1,49 % dan sesudah dimasak 15.65 %. Variable lain yang diukur dalam penelitian ini adalah kadar air dan suhu. Kadar air pada sampel sebelum pemasakan adalah 51,69 % dan sesudah pemasakan 26,78 % sedangkan suhu sampel sebelum pemasakan yaitu 230C dan 230C setelah pemasakan. Dalam penelitian ini terjadi perubahan fisik pada sampel setelah perebusan atau pemasakan. Perubahan fisik yang bisa diamati sebelum dan sesudah pemasakan yaitu setelah pemasakan sampel terbentuk karamel, warna yang coklat dan aroma gula yang khas. Semua rangkaian perubahan pada sampel ini dipengaruhi oleh perlakuan panas atau suhu. Kata- kata kunci : Gula, Gula reduksi, Pohon lontar, Nira, Pemasakan
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Materi Psikotropika Yulia Rosdiana
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.988 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v4i1.1741

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada sub materi psikotropika di kelas XI MIPA SMA Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak 5 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes sikap ilmiah berupa angket dengan 16 pernyataan dan tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk sebanyak 33 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji ANCOVA (Analysis of Covariance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa dengan ukuran efek 0,470 yang sedang. PBL juga memiliki pengaruh signifikan dan efek sedang terhadap hasil belajar, ukuran efeknya adalah 0,331.
PENGGUNAAN MEDIA FOTONOVELA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN noni Windayani noniwindayani
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.754 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v4i1.1889

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep kerusakan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu true exsperiment dengan populasi seluruh kelas X IPA sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 213 orang. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMA di kabupaten Ciamis. Sample diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan ganda berjumlah 42 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anacova dengan 0,05. Uji anacova menunjukan corrected model sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukan ada pengaruh media fotonovela terhadap hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain pada hasil belajar dikelas eksperimen dalam kategori sedang.
Menyusun Soal Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Biologi Topik Plantae dan Animalia Adib Rifqi Setiawan
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.387 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v4i1.1484

Abstract

Tujuan dari survei lintas bagian ini ialah untuk menemukan keabsahan dan keadanalan tes literasi saintifik untuk pembelajaran biologi di topik plantae dan animalia. Untuk mengungkap keabsahan, diuji berdasarkan penilaian ahli dan keandalan diukur menggunakan konsistensi inernal. Diperoleh bahwa keabsahan dari topik plantae ialah 5 soal sangat layak dan 1 soal cukup layak dengan nilai keandalan sebesar 0,779 serta keabsahan dari topik animalia ialah 4 soal sangat layak dan 2 soal cukup layak dengan nilai keandalan sebesar 0,869. Ini menunjukkan bahwa semua soal dapat digunakan untuk menganalisis kesulitan siswa sebagai bahan merancang rencana pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik di topik plantae dan animalia.
KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PAKU TERESTRIAL DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) BANTEN YUNITA KURNIASIH
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.65 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v4i1.1357

Abstract

Abstract This study aims to determine the types of terrestrial ferns that exist in KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus), the frequency and relative frequency of terrestrial ferns, the relative dominance and dominance of terrestrial ferns, the important value index of terrestrial ferns, and the dominance index of terrestrial ferns. The research method used was descriptive method with purposive sampling technique by looking at the composition of species and number of ferns in a particular area. This study was used to describe the species diversity of ferns in KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus), Pandeglang, Banten. Observations on environmental conditions include light intensity, environmental temperature, environmental humidity, soil pH, and altitude. The results of the research obtained were the discovery of three species of ferns in KHDTK, namely Selaginella plana, Lygodium salicifolium, and Diplazium esculentum. The highest INP is found in Selaginella plana and the lowest is found in Diplazium esculentum. Selaginella plana is more dominant than other species namely Lygodium salicifolium and Diplazium esculentum.
KEANEKARAGAMAN TANAMAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI JALUR CIWALEN TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO, JAWA BARAT Ervina Puspita
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.456 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v4i1.660

Abstract

Abstrak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu zona konservasi di Jawa yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Di taman nasional ini tumbuh berbagai jenis tumbuhan paku. Tumbuhan paku adalah tanaman yang paling tua di bumi, baik dalam bentuk dan habitat, namun menunjukkan keanekaragaman yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies tumbuhan paku yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang dilakukan pada tanggal 3 - 5 November 2017. Metode yang dilakukan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dengan teknik purposive sampling. Spesies yang ditemukan dan dideskripsikan sebanyak sepuluh spesies, yaitu Elaphoglossum sp., Thelypteridaceae, Nephrolepis sp., Cyclosorus sp., 2 jenis Diplazium sp., Diplazium proliferum, Cyathae sp., Stenochlaena sp., Hymenophyllum sp., Athyrium sp..
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS MNEMONIC PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Fauzul Fauzul Iman
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.567 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v4i1.1356

Abstract

ABSTRAK Penggunaan media pembelajaran yang terintegrasi teknologi diharapkan dapat mempermudah dalam menyampaikan informasi. Selain itu juga diharapkan dapat terjadinya proses pembelajaran yang interaktif. Salah satu pembelajaran yang interaktif yaitu media pembelajaran prezi. Media pembelajaran prezi akan lebih interaktif apabila berbasis mnemonic. Materi yang sesuai untuk media pembelajaran yang berbasis mnemonic adalah klasifikasi makhluk hidup, karena materi klasifikasi makhluk hidup membutuhkan media pembelajaran yang dapat mengurutkan tingkatan takson. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran prezi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) media prezi berbasis mnemonic dimodifikasi dari model R & D dari Borg and Gall. Validasi oleh ahli materi mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 88%, validasi oleh ahli media mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 92%, dan validasi oleh ahli bahasa mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 84%. Uji coba produk dilakukan oleh 22 orang peserta didik, mendapat kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 90,98%. Hal ini menunjukan bahwa media prezi berbasis mnemonic valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Page 1 of 1 | Total Record : 7