cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jelt.fbs.unp@gmail.com
Editorial Address
English Department of Faculty of Languages and Arts of Universitas Negeri Padang. Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia, 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of English Language Teaching
ISSN : -     EISSN : 23023198     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or education, research, and professionalism in Indonesia. The journal provides research and paper to increase awareness, consideration and analysis of issues in Teaching English as Foreign Language, and also promotes the interchange of ideas, and comparative studies in this field.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2013): Serie A" : 13 Documents clear
AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE ANXIETY AT SMAN 7 PADANG Fatmala Sari Oktaviani; Desmawati Radjab; Havid Ardi
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.2 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.2367

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk melihat komponen-komponen yang paling berpengaruh terhadap kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris dan juga sumber-sumber kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris di SMAN 7 Padang. Data dari penelitian ini adalah angket dan wawancara. Sumber data penelitian ini ialah 2 kelas X; X9 dan X10, 2 kelas XI; XI IPS 1 dan XI IPA 4, dan 2 kelas XII; XII IPA 1 dan XII IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen yang paling berpengaruh terhadap kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris adalah ketakutan terhadap penilaian negative orang lain, diikuti dengan kecemasan dalam berkomunikasi, kecemasan terhadap ujian, dan yang terakhir adalah kecemasan berada di dalam kelas bahasa Inggris. Melalui interview didapatkan bahwa siswa merasa sumber kecemasan mereka adalah karena faktor mereka sendiri, keyakinan diri mereka yang merasa bahwa bahasa Inggris sulit, koreksi langsung dari guru, kegiatan kelas yaitu berbicara, dan ujian bahasa Inggris.Key words: English, language, anxiety
TEACHING VOCABULARY TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS THROUGH SNAKE -WORD GAME Delmayanti Delmayanti; Muhammad Al-Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.186 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.1758

Abstract

Snake Word Game is a chain word game that teacher writes a letter, after that the firs student must write a word with that letter. The following student writes a word beginning with the last letter of previous word. Snake Word Game expected to help teacher in teaching English vocabulary and make students easier to memorize some vocabularies. ABSTRAK Snake word Game adalah sebuah permainan kata berantai yang mana guru menulis huruf,   kemudian siswa pertama harus menulis kata yang awalnya harus sama dengan kata yang di tulis guru. Siswa selanjutnya menulis kata yang awal katanya dimulai dari huruf akhir kata sebelumnya. Snake word game diharapkan  membantu guru dalam mengajar kosa kata bahasa Inggris dan membuat siswa mengingat kosa kata dengan lebih mudah. Permainan ini membutuhkan kerja sama kelompok.
CREATING MEDIA TO TEACH SPEAKING BY USING MICROSOFT POWER POINT Iwali Kumarega Siregar; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.214 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.2363

Abstract

ABSTRAKPerangkat lunak komputer merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan dalam membuat suatu media pengajaran. Guru dapat menuangkan dan mengaplikasikan ide-ide baru dalam membuat media yang akan meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa dalam pelajaran bahasa Inggris khususnya dalam berbicara. Artikel ini bertujuan untuk membantu guru dalam pembuatan media dengan menggunakan “Microsoft PowerPoint” sebagai media pembelajaran, yang berguna untuk melatih siswa secara audio dan visual. Microsoft PowerPoint adalah sebuah perangkat lunak berbasis Windows, yang merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menciptakan media yang menarik berbentuk multimedia, dan dapat diaplikasikan dalam pengajaran berbicara. Dengan menggunakan Microsoft PowerPoint, guru dapat membentuk media yang terdiri dari slide gambar, video, atau bahkan audio menjadi sebuah media yang sangat menarik, yang dapat mendukung pengajaran berbicara. Dalam makalah ini, terdapat proses dan contoh dari pembuatan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris.Kata kunci: Perangkat lunak, media pembelajaran, Microsoft PowerPoint, journalOnline, speaking
TEACHING ENGLISH INTEGRATIVELY BY USING FISHY STORIES GAME TO YOUNG LEARNERS Elyssa Silvia Harly; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.93 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.2368

Abstract

AbstrakTujuan penulisan makalah ini adalah untuk (1) memberikan alternative pengajaran bahasa inggris kepada anak usia bawah (5-14 tahun) dengan menggunkaan fishy stories game, (2) menjelaskan kepada guru tentang tahap-tahap pengajaran dengan menggunakan technique ini. Diawal pembelajaran guru membuka pengetahuan siswa dengan menjelaskan topik yang akan dibahas dengan bantuan video yang telah disiapkan. Setelah itu siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk bermain dan berlomba mengumpulkan point tertinggi dalam tanya jawab dan menyusun kartu gambar sesuai urutan waktu kejadiannya. Keunggulan dari metode ini adalah kata-kata atau kalimat yang digunakan dalam kegiatan akan lebih melekat pada siswa karena sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, disamping itu juga memberikan motivasi bagi siswa untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.Key words: Picture, Time, Story, Game, Integratively, Young Learers
THE EFFECTIVENESS OF USING E-LEARNING MOODLE FOR HOMEWORK IN IMPROVING READING ABILITY OF GRADE X STUDENTS OF SMAN 4 PADANG Etry Suwandi; Refnaldi Refnaldi; Havid Ardi
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.659 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.1759

Abstract

This study aimed to examine the effectiveness of using e-learning Moodle for homework in improving reading ability of grade X students of SMAN 4 Padang. The study was an experimental research with the population grade X of SMAN 4 Padang in academic year 2012/2013. Sample is class X7 as the experimental group and class X10 as the control group. Post-test was given after treatment in the experimental class. The reading comprehension data of both groups were analyzed using t-test formula. T-test result of the study is 2,833, while the table-t is 1.999. Based on the result of the calculation, it can be concluded that the use of e-learning Moodle for homework is more effective in improving students' reading ability. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penggunaan e-learning Moodle untuk pekerjaan rumah terhadap kemampuan membaca siswa di kelas X SMAN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian siswa kelas X SMAN 4 Padang tahun ajaran 2012/2013. Sampelnya yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dan X10 sebagai kelas kontrol. Pos-tes diberikan setelah perlakuan pada kelas eksperimen. Data berupa nilai tes pemahaman membaca oleh kedua kelompok sampel dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil uji-t penelitian adalah 2,833 sedangkan tabel-t adalah 1,999. Berdasarkan hasil penghitungan ini, disimpulkan bahwa penggunaan e-learning Moodle untuk pekerjaan rumah lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.   Key words: reading ability, homework, E-learning Moodle
TEACHING WRITING A NARRATIVE TEXT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BY USING PROBABLE PASSAGE STRATEGY Masvani Marulafau; Muhammad Al-Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.253 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.2364

Abstract

AbstrakMakalah ini bertujuan untuk memperkenalkan cara pengajaran writing narrative text dengan menggunakan probable passage strategy. Strategi probable passage merupakan cara yang komunikatif dalam pengajaran writing. Seorang guru membimbing siswa untuk memulai menulis teks naratif dengan memperkenalkan beberapa kosa kata inti yang terdiri dari kata kerja, kata sifat, tokoh, latar, masalah, penyelesaian masalah, dan akhir cerita. Guru menjelaskan setiap kata kunci yang diberikan, baik itu arti kata maupun penggunaannya dalam kalimat. Guru juga perlu mengelompokkan beberapa kata yang bisa digunakan dalam satu kalimat, seperti yang ada dalam teks naratif sebenarnya. Berdasarkan kata kunci tesebut, siswa mencoba menulis sebuah teks naratif berdasarkan apa yang mereka pahami dari kata kunci yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan strategi probable passage, siswa akan lebih mudah untuk menulis sebuah teks naratif.
Teaching Reading Narrative Text by Using Directed Inquiry Activity (DIA) Technique at Junior High School Ahmad Hamidi; Aryuliva Adnan
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.805 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.2369

Abstract

AbstractReading is one of the English skills taught at all different levels of education. There are various texts that should be mastered by students. They are transactional dan interactional, monologue, and short functional text. One of monologue texts found at the junior high school level is a narrative text. Students of Junior High School are expected to comprehend this text very well; however, there are still students who do not have good comprehension of this text. This might be caused by the students themselves or by the uninteresting techniques used by teachers to teach this text. Among the techniques applied to teach narrative texts, there is DIA (Directed Inquiry Activity) which is expected to help increase the students’ comprehension of the texts. This technique provides students with activities directing them to develop their own comprehension by using their own efforts. Teachers will explain some difficult vocabularies to the students and through a class discussion, the students are going to answer the questions and do the inquiries to the generic structure of the text. Kata kunci : Teaching Reading, Narrative Text, Directed Inquiry Activity (DIA)
CREATING MEDIA TO TEACH SPEAKING BY USING MICROSOFT POWER POINT Iwali Kumarega Siregar; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.221 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.1760

Abstract

ABSTRAK Perangkat lunak komputer merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan dalam membuat suatu media pengajaran. Guru dapat menuangkan dan mengaplikasikan ide-ide baru dalam membuat media yang akan meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa dalam pelajaran bahasa Inggris khususnya dalam berbicara. Artikel ini bertujuan untuk membantu guru dalam pembuatan media dengan menggunakan “Microsoft PowerPoint” sebagai media pembelajaran, yang berguna untuk melatih siswa secara audio dan visual. Microsoft PowerPoint adalah sebuah perangkat lunak berbasis Windows, yang merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menciptakan media yang menarik berbentuk multimedia, dan dapat diaplikasikan dalam pengajaran berbicara. Dengan menggunakan Microsoft PowerPoint, guru dapat membentuk media yang terdiri dari slide gambar, video, atau bahkan audio menjadi sebuah media yang sangat menarik, yang dapat mendukung pengajaran berbicara. Dalam makalah ini, terdapat proses dan contoh dari pembuatan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris.
THE USE OF CODE SWITCHING UTTERED BY MATH AND NATURAL SCIENCE TEACHERS AND STUDENT’S PERCEPTION TOWARD IT AT RSMABI 3 PADANG Dewi Ayu Wulan Suri; Hamzah Hamzah; Refnaldi Refnaldi
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.789 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.2365

Abstract

ABSTRACTPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai fenomena Code switching di kelas bilingual RSMABI 3 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tipe code switching yang paling sering di pakai guru adalah Situasional code switching, yaitu code switching yang terjadi tanpa adanya perubahan topik pembicaraan. Selanjutnya, alasan utama terjadinya code switching adalah untuk memperkuat pemahaman siswa. Selain itu, persepsi siswa terhadap code switching yang dilakukan guru ketika mengajar adalah siswa tidak merasa terganggu apabila guru melakukan code switching karena bagi siswa yang terpenting adalah isi dan konsep pelajaran.Key words:, Code switching, RSMABI class, Students’ Perception, Math and Natural Science.
TEACHING VOCABULARY TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS THROUGH SNAKE -WORD GAME Delmayanti Delmayanti; Muhammad Al-Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 3 (2013): Serie A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.201 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i3.2361

Abstract

AbstrakSnake word Game adalah sebuah permainan kata berantai yang mana guru menulis huruf, kemudian siswa pertama harus menulis kata yang awalnya harus sama dengan kata yang di tulis guru. Siswa selanjutnya menulis kata yang awal katanya dimulai dari huruf akhir kata sebelumnya. Snake word game diharapkan membantu guru dalam mengajar kosa kata bahasa Inggris dan membuat siswa mengingat kosa kata dengan lebih mudah. Permainan ini membutuhkan kerja sama kelompok.Kata kunci: Snake -Word Game, teaching vocabulary at junior high school.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 3 (2025) Vol 14, No 1 (2025) Vol 13, No 3 (2024) Vol 13, No 2 (2024) Vol 13, No 1 (2024) Vol 12, No 4 (2023) Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 4 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 4 (2018) Vol 7, No 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 1 (2017): Serie C Vol 6, No 1 (2017): Serie A Vol 6, No 1 (2017): Serie E Vol 6, No 1 (2017): Serie D Vol 6, No 1 (2017): Serie B Vol 5, No 1 (2016): Serie D Vol 5, No 1 (2016): Serie B Vol 5, No 1 (2016): Serie A Vol 5, No 1 (2016): Serie E Vol 5, No 1 (2016): Serie C Vol 5, No 1 (2016): Serie F Vol 4, No 2 (2016): Serie A Vol 4, No 1 (2015): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie B Vol 3, No 1 (2014): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie C Vol 3, No 1 (2014): Serie D Vol 2, No 3 (2014): Serie A Vol 2, No 2 (2014): Serie C Vol 2, No 2 (2014): Serie B Vol 2, No 2 (2014): Serie A Vol 2, No 1 (2013): Serie A Vol 2, No 1 (2013): Serie E Vol 2, No 1 (2013): Serie C Vol 2, No 1 (2013): Serie B Vol 2, No 1 (2013): Serie F Vol 2, No 1 (2013): Serie D Vol 1, No 3 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie B Vol 1, No 2 (2013): Serie I Vol 1, No 2 (2013): Serie D Vol 1, No 2 (2013): Serie C Vol 1, No 2 (2013): Serie E Vol 1, No 2 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie F Vol 1, No 2 (2013): Serie H Vol 1, No 2 (2013): Serie G Vol 1, No 1 (2012): Serie A Vol 1, No 1 (2012): Serie B Vol 1, No 1 (2012): Serie D Vol 1, No 1 (2012): Serie C More Issue