cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 10 Documents clear
Marketing Strategy for Culinary MSMEs in Magelang City During the Covid-19 Pandemic Nining Yulia Putri; Ivo Novitaningtyas
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10685

Abstract

The Covid-19 pandemic had an impact on MSMEs sectors in Magelang City, one of them is culinary sector. The purpose of this study was to identify and describe the business condition of culinary MSMEs in Magelang City during the Covid-19 Pandemic, and also propose marketing strategy based on a SWOT analysis and marketing mix. This study used descriptive qualitative approach. Primary data were obtained from 30 samples of culinary MSMEs through interview and observation. Data were analyzed based on statistic descriptive to describe the business condition and SWOT to propose the marketing strategy. The results recommend culinary MSMEs in Magelang city to improve product quality and product innovation, provide discounted prices, promote products through social media, and provide venues that comply with health protocol standards. By implementing this marketing strategy, it is hoped that culinary MSMEs in Magelang city business will survive and can develop during the Covid-19 pandemic.
Rekomendasi Pedoman Komunikasi Pemasaran Berbasis Pertimbangan Etika Key Opinion Leaders Industri e-Commerce Louise Angelita; Andika Putra Pratama
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10445

Abstract

Dengan semakin bertumbuhnya penetrasi internet di Indonesia, ditambah dengan efek dari COVID-19 di tahun 2020 lalu, industri e-commerce menjadi bertumbuh pesat. Selain itu, pertumbuhan influencer juga menjadi salah satu strategi yang menjadi mulai dikenal dan diadopsi oleh beberapa perusahaan. Penggunaan influencer sebagai strategi pemasaran  sering dikenal juga sebagai sebagai influencer marketing, yaitu penggunaan beberapa orang yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan konsumen terhadap suatu brand. Sekelompok orang ini yang dikenal sebagai Key Opinion Leaders ini menjadi banyak juga digunakan, salah satunya di industri e-commerce. Melalui penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan cara observasi terhadap salah satu perusahaan e-commerce selama 3.5 bulan secara langsung, melakukan wawancara mendalam terhadap 3 Key Opinion Leaders (KOL) dan 3 karyawan yang bekerja erat dengan para KOL, sehingga dapat memahami isu bisnis yang terjadi, lalu juga dapat menyusun strategi pemasaran dalam bentuk pedoman sebagai solusi isu yang terjadi dan mencegah adanya persoalan-persoalan etika di kemudian hari.
Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Café Patroli Kopi Karawang) Febby Febriani; Dadan Ahmad Fadili
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10100

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji serta menganalisis tentang Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Patroli Kopi Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis verifikatif yakni mengumpulkan, mengemukakan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, dan membuat kesimpulan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 265 dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Sampel Insidental. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitas data yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi, analisis jalur, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, koefisien korelasi antara variabel store atmosphere dengan kualitas produk diperoleh nilai sebesar 0,744 yang berarti mempunyai tingkat korelasi yang kuat, positif dan signifikan. Pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Café Patroli Kopi sebesar 39,6% lebih besar dari pengaruh parsial store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan Café Patroli Kopi yaitu sebesar 25,8% maka bisa dinyatakan bahwa kualitas produk lebih banyak memberikan kontribusi terhadap kepuasan pelanggan dibandingkan store atmosphere. Pengaruh secara simultan store atmosphere dan kualitas produk tehadap kepuasan pelanggan sebesar 65,5% sedangkan sisanya 34,5% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan kriteria uji nilai sig. (0,000) < (0,05) dan f hitung > f tabel (248,772 > 3,030), maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Produk (X2) bersama-sama berkontribusi secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).Kata Kunci: Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Unit Usaha Retail Kobantitar Mart Reza Khairul Hadi
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10322

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Kobantitar Mart, mengetahui kepuasan konsumen Kobantitar Mart, dan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kobantitar Mart, Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan terdapat hubungan positif antara kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan, dengan nilai regresi sebesar 0,687. “Koefisien korelasi (r) 0,583 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, nilai yang ditentukan (Kd) 0,340 . Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t hitung sehingga diperoleh t hitung> t tabel (7,112> 1,660), yang dapat dikatakan signifikan
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pelanggan Di Kota Batam Dalam Membeli Skincare Merek Korea. Hengky Hengky; Novianto Novianto; Amalia Putri Yulandi; Dandhytya Andrea Puspa; Henly Henly
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10434

Abstract

Produk merek Korea menjadi salah satu produk yang sangat banyak digunakan pada saat ini karena budaya Korea yang sedang naik daun. Skincare merek Korea menjadi salah satu produk yang diburu oleh masyarakat Batam. Penelitian ini dibuat untuk mencari tahu pengaruh antara citra merek, promosi online, dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian skincare merek Korea. Sampel dan objek yang digunakan untuk penelitian ini adalah masyarakat di Kota Batam. Metode yang kami gunakan pada penelitian ini adalah disproportionate random sampling. Jumlah sampel responden yang kami uji sebanyak 432 data dengan menggunakan metode regresi berganda. Aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah IBM SPSS Statistics 24. Hasil yang kami dapatkan dalam uji hipotesis adalah terdapat pengaruh signifikan antara citra merek, kualitas produk, dan promosi online terhadap keputusan pembelian skincare merek Korea di Kota Batam. Penelitian ini bermanfaat bagi para manajer pemasaran dalam menentukan strategi dalam melakukan penjualan skincare merek Korea di Kota Batam.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Experiential Marketing Terharap Purchase Intention Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening Lalu Rahman Hakim; Suharno Suharno; Johanes Kuleh
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara electronic word of mouth dan experiential marketing terhadap purchase intention dengan brand equity sebagai variabel intervening (studi pada gerai kopi Starbucks Big Mall Samarinda). Penelitian kuantitatif ini yang mengukur pengaruh antar variabel denagn data dari kuesioner sebanyak 100 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SmartPls 3.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth, experiential marketing dan brand equity masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa Brand equity memediasi pengaruh tidak langsung antara electronic word of mouth dan experiential marketing terhadap purchase intention dengan sifat mediasi parsial. semakin baik electronic word of mouth dan semakin tinggi experiential marketing pelanggan gerai kopi Starbucks maka semakin tinggi brand equity yang akan meningkatkan keinginan konsumen untuk berkunjung dan melakukan pembelian makanan dan minuman di gerai kopi Starbucks Big Mall Samarinda.
E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 Berpengaruh Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Restoran Gokana Cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan Kris Dipayanti; Bunga Astra Gracia; Nufzatut saniah
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Commerce terhadap Volume Penjualan. Penelitian ini dilakukan pada  Restoran Gokana cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan.              Metode yang digunakan metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Polulasi dalam penelitian ini berjumlah 1000 orang yang merupakan konsumen Restoran Gokana cabang Bintaro Plaza Tangerang Selatan dan dengan teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% maka didapatkan sampel penelitian 91 responden. Lamanya waktu untuk penelitian adalah selama 3 bulan yaitu dari bulan Februari - April 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pembagian kuesioner kepada responden. Metode Analisis Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, Uji Hipotesis (uji t ) mengunakan hitungan SPSS 21.              Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-commerce terhadap  volume penjualan  dengan diperoleh persamaan regresi Y = 18,729+ 0,506X  dapat diartikan bahwa apabila nanti e-commerce bertambah 1, maka nilai rata – rata volume penjualan tiap bulan akan bertambah sebesar 0,506 atau setiap nilai e-commerce bertambah 10, maka nilai rata – rata volume penjualan tiap bulan bertambah pula sebesar 5,06. nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,580 dan sesuai dengan ketentuan maka dapat disimpulkan bahwa e-commerce (X) memiliki tingkat kekuatan pengaruh yang sedang terhadap volume penjualan (Y) dan koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 0.336. Hal ini berarti 33,6% pengaruh e-commerce terhadap volume penjualan sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis atas diperoleh memperoleh t hitung > t tabel yaitu sebesar 6,493 > 1,662,  maka dapat dikatakan positif, hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 . Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara e-commerce terhadap volume penjualan Kata kunci :  E-Commerce, volume penjualan.
Bauran Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Kota Bogor Di Masa Pandemi Covid 19 Isnurrini Hidayat Susilowati
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.9416

Abstract

Dampak pandemi covid 19 terhadap perekonomian dunia menyebabkan ketidakstabilan. Begitu juga dengan Indonesia 19 menimbulkan dampak diberbagai sektor yaitu terutama pada sektor usaha kecil, menengah maupun besar. Salah satunya adalah sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Salah satu kesulitan yang dialami pelaku usaha UMKM adalah dalam memasarkan produknya. Dengan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan di lanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarajat (PPKM) di tahun 2021membuat pelaku usaha berusaha berbagai cara untuk memasarkan produk untuk bisa mempertahankan usahanya terutama pada sektor kuliner. Deskriptif kualitatif merupakan metode kualitatif yang dipakai dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di kota Bogor dimana merupakan kota penunjang ibukota yang memiliki sentra kuliner. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian dengan menggunakan strategi bauran pemasaran dimana strategi produk dengan inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dimasa pandemi, harga ditentukan dengan inovasi grosir dan pembayaran nontunai bekerja sama dengan mitra usaha. Strategi promosi dilakukan melalui media sosial seperti facebook, whatsapp dan Instagram dan strategi tempat dengan bekerja sama antara pemerintah kota Bogor dengan mitra usaha misalnya go-Food, grab dan pemilik perusahaan besar seperti hotel dan mall.
Strategi Pemasaran bisnis makanan tradisional Tiwul sebagai Destinasi wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja nadila ayuning putri; Erwin Permana; M. Nuruddin Subhan
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.10102

Abstract

Penelitian tentang strategi pemasaran pada usaha skala besar sudah sangat banyak dilakukan, sedangkan penelitian tentang strategi pada usaha makanan tradisional masih sangat sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran bisnis makanan tradisional Tiwul sebagai destinasi wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran makanan tradisional Tiwul sebagai destinasi wisata kuliner di Daerah Gunung Kidul terdiri dari empat strategi, yaitu strategi produk, strategi harga, strategi kebersihan dan kenyamanan serta strategi promosi. Strategi produk yang digunakan pada Toko Oleh-Oleh Tiwul Kukus yaitu dengan menyediakan produk makanan tradisional yang ada di Daerah Gunung Kidul berkualitas cita rasa yang terjaga. Strategi harga yang digunakan yaitu dengan menerapkan harga yang terjangkau bagi masyarakat pada umumnya. Strategi kebersihan dan kenyamanan yang diterapkan yaitu menerapkan kebersihan pada area produksi dan kualitas makanan serta kenyamanan fasilitas toko. Karena dengan adanya kebersihan, pelanggan tidak akan khawatir lagi dalam menikmati produk yang ditawarkan. Strategi promosi yang digunakan pada Toko Oleh-Oleh Tiwul  Kukus yaitu dengan cara pemasaran di semua media baik online maupun offline. Pemasaran online dilakukan dengan memanfaatkan media social sedangkan offline dilakukan dengan “jemput bola” yakni penjemputan bis ke lokasi destinasi wisata agar wisatawan tertarik untuk membeli.
Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Penyelenggaraan Cathay Pacific Travel Fair 2020 Anisatul Auliya; Yosephine Mariela
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v4i3.9955

Abstract

Strategi bauran pemasaran memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai suatu target dan hasil yang baik dari suatu kegiatan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran apa saja yang digunakan oleh Cathay Pacific dalam menyelenggarakan Cathay Pacific Travel Fair yang ditinjau dari aspek produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai- April 2020 di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah dilakukannya penelitian, didapatkan bahwa strategi bauran pemasaran Cathay Pacific travel fair sudah tepat dalam memasarkan produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan, dimana sangat didukung dengan produk pelayanan yang berkualitas,penawaran harga yang menarik, kerja sama yang melibatkan banyak pihak, dan yang tidak kalah penting kegiatan promosi yang digunakan dalam menyebarluaskan informasi terkait dengan event tersebut. Chatay Pacific diharapkan dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu dan melakukan inovasi terbaik dalam mengadakan kegiatan travel fair baik di Indonesia dan luar negeri. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10