cover
Contact Name
Amiruddin Akbar Fisu
Contact Email
penateknik.unanda@gmail.com
Phone
+6285299044928
Journal Mail Official
penateknik.unanda@gmail.com
Editorial Address
Engineering Faculty, Universitas Andi Djemma, Jl. Tandipau No. 5 Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pena Teknik : Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik
ISSN : 25028952     EISSN : 26232197     DOI : -
The editorial team will only accept a manuscript that meets the specified formatting requirements. Journal Pena Teknik has an area of expertise consisting of Civil Engineering Information System, Computer and Network Engineering Architecture & Urban-Regional Planning Mechanical & Electrical Engineering Transportation Engineering Geological & Mining Engineering Ocean & Naval Engineering
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOLUME 6 NOMOR 2 SEPTEMBER 2021" : 5 Documents clear
Analisa Deformasi pada Campuran Aspal Beton Menggunakan Derbo dan Wetfix Asma Massara; Winarno Arifin; Andi Alifuddin; Muhammad Fahrul Ramadhan; Muhammad Taufiq
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 6 NOMOR 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v6i2.681

Abstract

Padadasarnya jalan akan mengalami penurunan fungsi strukturalnya sesuai dengan bertambahnya umur. Jalan Raya saat ini mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif sangat pendek (keruskan dini) baik jalan yang baru dibangun maupun jalan yang baru diperbaiki. (Fadhilah,2012). Banyak hal yang menyebabkan kerusakan pada konstruksi jalan, anatara lain akibat pengaruh beban lalu lintas kendaraan yang berlebihan (over loading), temperatur, air (genangan), dan konstruksi perkerasan yang kurang memenuhi persyaratan teknis. Faktor lain seperti perencanaan, pengawasan, pelaksanaan dan lingkungan juga memberikan konstribusi pada kerusakan jalan.Deformasi pada perkerasan jalan lentur, yang biasa disebut (rutting dan geser), Alur biasanya terdiri dari lendutan memanjang yang terjadi pada jalur roda kendaraan, merupakan akumulasi dalam jumlah kecil terjadi deformasi disebabkan oleh adanya peningkatan beban. Kerusakan bisa berkembang lebih parah karena permukaan jalan tidak kedap air lagi sehingga air bisa melemahkan ikatan antara batuan dan aspalBahan tambah Derbo dan Wetfix dapat memperhambat laju deformasi pada campurn aspal beton.Basically, the road will experience a decrease in its structural function in accordance with increasing age. Roads are currently experiencing damage in a relatively very short time (early roll out) both newly built roads and newly repaired roads. (Fadhilah, 2012). Many things cause damage to road construction, among others due to the influence of excessive vehicle traffic loads (over loading), temperature, water (inundation), and pavement construction that does not meet technical requirements. Other factors such as planning, supervision, implementation, and the environment also contribute to road damage. Information on flexible pavement, commonly referred to as (rutting and sliding), Grooves usually consist of longitudinal deflections that occur in the lanes of vehicle wheels, constituting small amounts of accumulation deformation occurs due to an increase in load. Damage can develop more severely because the road surface is not waterproof anymore so water can weaken the bond between rocks and asphalt Derbo and Wetfix added materials can slow down the rate of deformation in the concrete asphalt mix
Pengaruh Pergerakan Putar Balik Arah terhadap Kinerja Ruas Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar Rani Bastari Alkam; Muhammad Ilham Marhabang; Muhammad Ikhwan
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 6 NOMOR 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v6i2.805

Abstract

Aktivitas putar balik arah pada beberapa bukaan median yang tersedia di sepanjang ruas Jalan Letjen Hertasning disinyalir sebagai pemicu kemacetan lalu lintas sebab pergerakan ini dapat menghambat pergerakan kendaraan pada kedua arah lalu lintas saat kendaraan memerlukan ruang manuver tambahan untuk menyelesaikan gerakan putar balik arah secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pergerakan putar balik arah terhadap kinerja ruas jalan pada Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar. Survei lalu lintas dilakukan pada lima pos pengamatan yang dipilih pada lima bukaan median pertama Jalan Letjen Hertasning yang berbatasan langsung dengan Jl. AP Pettarani selama tiga hari untuk segmen jam puncak pagi, siang, dan sore hari. Kinerja ruas jalan dianalisis mengikuti prosedur pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antrian kendaraan saat bermanuver untuk memutar arah khususnya pada jam puncak setara dengan panjang 9 kendaraan atau sepanjang 36 m. Antrian ini menyebabkan kapasitas ruas jalan berkurang sebesar 2,5-10% dari kapasitas sesungguhnya yang menyebabkan terjadinya penurunan kecepatan, peningkatan derajat kejenuhan, dan penurunan tingkat pelayanan ruas jalan Letjen Hertasning. The U-turn movement activities at several median openings available along the Letjen Hertasning road arguably is one of the triggering factors for the occurrence of traffic congestion on that road section because this movement creates hindrances to traffic flow in the same lane and the contra flow when the vehicle requires additional space to complete the movement. The purpose of this study is to reveal the consequence caused by the U-turn movement to the traffic performance of Letjen Hertasning road in Makassar City. The traffic surveys were conducted at five selected observation points at the first five median openings of Jalan Letjen Hertasning which is directly adjacent to Jl. AP Pettarani for three days at three peak hours segment which are in the morning, afternoon, and evening. The analysis of road performance follows the procedures in the Indonesian Road Capacity Manual. Research result shown that the length of vehicles queuing to finish the U-turn movement during the peak hours reached 9 vehicles with a queue length of 36 m. This queue causes the capacity of the road to decrease by 2.5-10% of the actual capacity which causes a decrease in speed, an increase in the degree of saturation, and a reduction in the level of service of the road.
Persepsi Perubahan Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan Terhadap Keberadaan Jalan Tol Layang AP Pettarani Lambang Basri Said; Ilham Syafei; Watono Watono; Fadel Muhammad Anis; Muhammad Yusuf Al Makassari
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 6 NOMOR 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v6i2.658

Abstract

Keberadaan Jalan Tol Layang AP Pettarani sebagai bagian dari Jalan Tol Ujung Pandang, sangat diharapkan menjadi salah satu solusi transportasi darat sebagai angkutan logistik penunjang pertumbuhan ekonomi secara nasional, khususnya dalam rangka mengatasi kemacetan serta mendukung mobilitas barang dan jasa di Kota Makassar. Perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan tersebut merupakan pengaruh yang ditimbulkan atau kemungkinan besar akan terjadi, yang menyangkut keadaan sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat pengguna jalan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar persepsi perubahan aspek sosial, ekonomi, dan lingkunganmasyarakat pengguna jalanterhadap keberadaan jalan tol layang AP Pettarani. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data subyek. Data kuesioner yang digunakan adalah dari hasil jawaban responden atas pertanyaan yang diajukan penulis kepada responden dalam bentuk tulisan. Adapun untuk mengetahui hubungan variabel-variabel yang mempunyai hubungan, maka dilakukan pengujian hipotesis dengan perhitungan statistik. Untuk penganalisisan data digunakan SPSS versi 21.00 dalam model dan pengkajian hipotesis. Berdasarkan dari hasil kuesioner maka didapatkan variabel-variabel mana saja yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keberadaan jalan tol layang AP Pettarani.The existence of the AP Pettarani Flyover Toll Road as part of the Ujung Pandang Toll Road, is expected to be one of the land transportation solutions as a logistical transportation to support national economic growth, especially in the context of overcoming congestion and supporting the mobility of goods and services in Makassar City. These social, economic, and environmental changes are the effects that are caused or will most likely occur, which involve the social, economic, and environmental conditions of road user communities. This study aims to analyze how much the perception of changes in social, economic, and environmental aspects of the road user community to the existence of the AP Pettarani flyover. The type of data used in this study is subject data. Questionnaire data used are the results of respondents' answers to questions raised by the author to respondents in written form. As for knowing the relationship of the variables that have a relationship, then testing the hypothesis with statistical calculations. For analyzing data SPSS version 21.00 is used in the model and hypothesis assessment. Based on the results of the questionnaire, it is obtained which variables have a significant influence on the existence of the AP Pettarani flyover.
Pemanfaatan Limbah Carsul Sebagai Koagulan untuk Menurunkan Konsentrasi Chrome Hexavalent Dalam Air Limbah Industri Nikel Muhammad Muzammil Ikmal; Mery Selintung; Rosalinda Ibrahim
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 6 NOMOR 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v6i2.820

Abstract

Pertambangan merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan. Pertambangan nikel di Sorowako yang saat dipegang oleh PT. Vale Indonesia, Tbk, Salah satu limbah yang dihasilkan pada kegiatan penambangan bijih nikel berupa Carsulyang berasal dari sulphur melteryang merupakan sumber mineral yang dapat diolah kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar kandungan Chrome Hexavalent dalam air limbah hasil produksi tambang nikel PT. Vale Indonesia, Tbk. dan menganalisis pengaruh massa koagulan (Carsul)serta lama waktu pengadukan terhadap efisiensi penyisihan Chrome Hexavalent dalam air limbah tambang nikep PT. Vale Indonesia. Tbk. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan kandungan air limbah hasil produksi PT. Vale Indonesia, Tbk 0,2 ppm, adapun massa koagulan yang paling efektif adalah 5gram dengan rata-rata efisiensi penyisihan Chrome Hexavalent sebesar 98,5%, dan lama waktu pengadukan optimum adalah 20 detik dengan rata-rata efisiensi penyisihan Chrome Hexavalent sebesar 97,2%. Berdasarkan nilai penyisihan kadarChrome Hexavalent oleh Carsul sebagai koagulan cukup memberikan pengaruh positif dan cukup efektif.Mining is an activity related to the environment. Nickel mining in Sorowako, which was currently held by PT. Vale Indonesia, Tbk, One of the wastes generated in nickel ore mining activities is Carsul which comes from sulfur melter which is a mineral source that can be reprocessed. The purpose of this study was to determine the content of Chrome Hexavalent in the waste water produced by the nickel mine of PT. Vale Indonesia, Tbk. and to analyze the effect of coagulant mass (Carsul) and the length of time of stirring on the removal efficiency of Chrome Hexavalent in PT. Vale Indonesia. Tbk. The methodology used is quantitative experiment. The results showed that the content of waste water produced by PT. Vale Indonesia, Tbk 0.2ppm, while the most effective coagulant mass is 5 grams with an averageremoval efficiency Chrome Hexavalent of 98.5%, and the optimum stirring time is 20 seconds with an averageremoval efficiency Chrome Hexavalent of 97.2. %. Based on the removal value oflevels Chrome Hexavalent by Carsul as a coagulant, it was quite positive and quite effective.
Penerapan Metode Silhouette Coefficient untuk Evaluasi Clustering Obat Solmin Paembonan; Hisma Abduh
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 6 NOMOR 2 SEPTEMBER 2021
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v6i2.659

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan metode k-means, metode ini dapat digunakan untuk menjadikan beberapa obat yang mirip menjadi suatu kelompok data tertentu. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kemiripan data adalah melalui perhitungan jarak antar data. Semakain kecil jarak antar data semakin tinggi tingkat kemiripan data tersebut dan sebaliknya semakin besar jarak antar data maka semakin rendah tingkat kemiripannya. Tujuan akhir clustering adalah untuk menentukan kelompok dalam sekumpulan data yang tidak berlabel, karena clustering merupakan suatu metode unsupervised dan tidak terdapat suatu kondisi awal untuk sejumlah cluster yang mungkin terbentuk dalam sekumpulan data, maka dibutuhkan suatu evaluasi hasil clustering. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap hasil clustering dengan nilai dari silhouette coeficient = 0,4854. In this study using the k-means method, this method can be used to make several similar drugs into a certain data group. One way to determine the level of similarity of the data is through the calculation of the distance between the data. The smaller the distance between the data, the higher the level of similarity between the data and vice versa, the greater the distance between the data, the lower the similarity level. For a number of clusters that may be formed in a data set, an evaluation of the results of clustering is needed. Based on the evaluation carried out on the results of clustering with the value of the silhouette coefficient = 0.4854.

Page 1 of 1 | Total Record : 5