cover
Contact Name
Esra Perangin-angin
Contact Email
esraperanginangin@unprimdn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbip@unprimdn.ac.id
Editorial Address
Jalan Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahasa Indonesia Prima
ISSN : 2088365X     EISSN : 26846780     DOI : https://doi.org/10.34012
Jurnal Bahasa Indonesia Prima: Jurnal Bahasa, Sastra, Pendidikan, Pengajaran, Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan manuskrip penelitian, kajian teori, dan hasil pengabdian masyarakat, di bidang pendidikan, pengajaran, bahasa, sastra, linguistik, dan ilmu sosial. Bahasa Indonesia Prima: Jurnal ini menampilkan kebaruan penelitian, kajian teori, dan pengabdian masyarakat, termasuk naskah yang diterbitkan, dan signifikansi bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun. Jurnal ini menyambut baik kiriman dari seluruh dunia.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): Bahasa Indonesia Prima (BIP)" : 4 Documents clear
ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM CUITAN ATAU MEME DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Nanda Dwi Astri
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 2 No. 2 (2020): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.936 KB) | DOI: 10.34012/bip.v2i2.1187

Abstract

20 Abstrak Kedudukan bahasa dan komunikasi pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Dalam berkomunikasi antara penutur dan petutur bertujuan untuk memaparkan informasi yang ingin disampaikan. Informasi itu berupa pikiran, ide, perasaan ataupun emosi secara langsung. Pada kenyataannya bahasa itu selalu muncul ketika individu melakukan tindakan atau perbuatan. Menurut Chaer (2004:16), tindak tutur merupakan gejala individual bersifat psikologis dan keberlangsungannya ditentukan oleh kemampuan berbahasa si penutur dalam menghadapi situasi tertentu. Dalam tindak tutur lebih dilihat pada makna atau arti tindakan dalam tuturannya. Jenis dari penelitian ini adalah menganalisis beberapa cuitan atau meme yang ada di instagram dan mempunyai maksud tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data berupa cuitan atau meme di instagram. Pengumpulan data dengan menggunakan metode simak dan catat. Pertama, mencari cuitan atau meme yang ada di instagram, kemudian menganalisis maksud dari cuitan atau meme tersebut yang akan dikategorikan kedalam bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. kata kunci: cuitan atau meme, lokusi, ilokusi dan perlokusi, tindak tutur
REVITALISASI LEGENDA PAWANG TERNALEM SUKU KARO SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA Sri Dinanta Ginting; Wahyu Ningsih; Elnira Situmorang
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 2 No. 2 (2020): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.193 KB) | DOI: 10.34012/bip.v2i2.1483

Abstract

ABSTRAK-Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk direvitalisasikan Legenda “Pawang Ternalem” menjadi bahan ajar. Revitalisasi dilakukan dengan cara menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak bebas libat cakap. Data penelitian ini adalah data lisan berupa cerita rakyat legenda Pawang Ternalem. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat Karo. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu: 1) reduksi, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Prosedur dalam penelitian ini, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) peyusunan laporan. Hasil penelitian ini diketahui bentuk legenda “Pawang Ternalem” berasal dari suku Karo sebagai bahan ajar matapelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci: revitalisasi, legenda “Pawang Ternalem”
MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZ PADA MASA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 Maria SIMANJUNTAK
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 2 No. 2 (2020): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.108 KB) | DOI: 10.34012/bip.v2i2.1729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XII IIS 4 SMA Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 36 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajara dilakukan secara terpisah atau siswa berada di rumah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 52,25% dengan katagori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa aktif 73,9 % dengan katagori tinggi. Jadi dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa 17,65%. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa media game edukasi quiziz dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring pada masa pencegahan penyebaran Covid-19 mata pelajaran Bahasa Indonesia.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH(MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA BAKTI 1 MEDAN Hijrah Purnama Sari Ariga; Hijrah Purnama Sari Ariga
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 2 No. 2 (2020): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.754 KB) | DOI: 10.34012/bip.v2i2.1962

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran make a match (mencari pasangan )pada siswa kelas X SMK Dharma Bakti 1 Medan T.P 2018/2019. Peneltian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindak kelas (PTK).Sample yang diteliti ada 29 siswa SMK Dharma Bakti 1 Medan.Untuk memperoleh data dalam penulisan ini, penulis melakukan tes, siklus I, siklus II dan observasi dari hasil penelitian yang menggunakan tes. Dari hasil penelitian yang menggunkan tes, siklus I dan siklus II pada pelajaran menulis teks anekdot memperoleh peningkatan ketuntaan hasil belajar yang signifikan.Ketuntaan hasil belajar pada tes awal (prasiklus) 10,34%, pada siklus I menjadi 31.03 %, selanjutnya diketahui bahwa pada siklus II tuntas dengan hasil 93,10. Berdasarkan data tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan model pembelajaran Make a Match (MencariPasangan) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran menulis teks anekdot kelas X SMK Dharma Bakti 1 Medan. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Anekdot, Make A Match (Mencari Pasangan)

Page 1 of 1 | Total Record : 4