cover
Contact Name
Nesi Anti Andini
Contact Email
nesiaa@stkipnurulhuda.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jemari@stkipnurulhuda.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : 26220768     EISSN : 26220776     DOI : -
Core Subject : Education,
JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and original research contribution for the benefit of teacher’s and resechers in the field of teaching basic education. Especially for the teacher they are expected be creative to find a suitble media, technique, strategy, approach and model in the process of teaching and learning at the basic educational level. JEMARI has e-ISSN 2622-0776 and p-ISSN 2622-0768. The scope include theory, practice, demontration, observasion. The fields of science studied such as science, sosial, and culture are in line with elementary education.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): July Edition" : 6 Documents clear
Implementasi Teori Kognitif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di Kelas 5 Nila Nila; Siti Nurjanah
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 3 No 2 (2021): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v3i2.825

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya daya serap siswa sekolah dasar pada mata pelajaran matematika, sedangkan daya serap berkaitan dengan Implementasi teori kognitif Kognitif adalah proses mental yang berhubungan dengan kemampuan dalam bentuk pengenalan secara umum yang bersifat mental dan ditandai dengan representasi suatu objek ke dalam gambaran mental seseorang apakah dalam bentuk symbol, penelitian ini bertujaun untuk mengetahui penerapan teori kognitif dalam meningkatkan prestasi belaajar matematiak di kelas v.Metode penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi,dengan Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengmbilan keputusan.hasil penlitain terhadap implementasi teori kognitif dalam mennngkatkan prestasi belajar matematika kelas V memeberikan sumbangsih bagi siswa kelas V dalam prestasi belajar mempunyai peranan penting hal ini dikarenakan sebagian besar aktivitas dalam belajar selalu berhubungan denagn mengingat dan berpikir. Dalam hal ini implementasi teori kognitif secara optimal akan mampu memberikan dampak pada prestasi belajar terutama pada pembelajaran matematika kelas v. Kata Kunci, Teori Kognitif, Prestasi Belajar, Matematika
Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Tema 1 Sub Tema 1 Siswa Kelas Bawah MI Subulussalam 02 Sriwangi Siti Nurjanah; Ahmad Taufiq Yuliantoro; Ahmad Ulin Niam
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 3 No 2 (2021): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v3i2.851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah di MI Subulussalam 02 Sriwangi mulai dari perencanan proses dan evaluasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil analisis implementasi Pendidikan karakter pada proses pembelajaran tema 1 sub tema 1 siswa kelas bawah MI subulussalam 02 Sriwangi yaitu Perencanaan pendidikan karakter yang dilakukan guru pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi perencanaan berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diintegrasikan nilai – nilai pembentuk karakter, perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik siswanya. Metode pembelajaran diserahkan langsung kepada masing-masing guru karena setiap guru mempunyai trik-trik dan strategi yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah dan siswanya. Sistem evaluasi di MI Subulussalam 02 Sriwangi melihat dari ulangan harian, ulangan semester, ulangan tengah semester, dan pengamatan keseharian tingkah laku anak namun untuk masa pandemi ini proses pembelajaran dilakukan daring maka untuk melihat proses pembelajaran itu dapat dilihat dari grup kelas. Selain itu sering juga dilakukan untuk para guru untuk mengetahui aktivitas – aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik serta mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh guru.
Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Syarah Aini; Yayan Carlian; Dede Rohaniawati
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 3 No 2 (2021): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v3i2.900

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan literasi metematika siswa sebelum dan setelah menggunakan model Learning Cycle 5E. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas III MI Matla’ul Atfal Kota Bandung yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan hasil penerapan model Learning Cycle 5E adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hasil aktivitas guru siklus 1 tindakan I, 88%, siklus I tindakan II, 94%, siklus II tindakan I, 100%, siklus II tindakan II, 100%. Hasil aktivitas siswa siklus I tindakan I, 60%, siklus I tindakan II, 71%, siklus II tindakan I, 79%, siklus II tindakan II, 86%. Kemampuan literasi matematika siswa pra siklus hanya memperoleh nilai rata-rata 47 (sangat kurang), pada siklus I tindakan I memperoleh hasil 64 (kurang), pada siklus I tindakan II meningkat dengan hasil 76 (cukup baik), selanjutnya pada siklus II tindakan I mengalami peningkatan dengan hasil 79 (baik) dan tindakan II memperoleh hasil cukup memuaskan yaitu 81(baik). Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
Problematika Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di Kelas III SD Negeri 1 Tugu Harum Puput Riani; Ratih Purnama Pertiwi; Nesi Anti Andini
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 3 No 2 (2021): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v3i2.924

Abstract

Seluruh warga negara berhak mendapatkan pendidikan tanpa membedakan asal – usul, status sosial ekonomi, maupun keadaan fisik seseorang termasuk anak – anak yang memiliki kelainanan sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat 1. . Berdasarkan latar belakang masalah penelitian yang dikemukakan di atas, maka peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana proses pembelajaran anak autis dan problematika apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menangani anak berkebutuha khusus anak autis di SD Negeri 1 Tugu Harum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif pula, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi da dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran di SD Negeri 1 Tugu Harum yaitu guru memberikan materi sesuai dengan kurikulum dari siswa reguler. Akan tetapi, tentu ada penyederhanaan untuk siswa autis seperti pada kemampuan bernalar. Problematika ketika proses pembelajaran siswa autis di SD Negeri 1 Tugu Harum yaitu problem sarana penunjang, ketidak ketercapaian pembelajaran, problem materi, problem motivasi, problem konsentrasi, problem pembelajaran ketika siswa autis tidak siap dalam proses pembelajaran atau menolak pembelajaran.
Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD Dian Nafi Firdhaus; Istiqamah Isti; Nurul Aflah
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 3 No 2 (2021): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v3i2.991

Abstract

Berbagai permasalahan serta problematika pendidikan di Indonesia seiring dengan bertambahnya waktu semakin kompleks. Rendahnya pemahaman nilai-nilai agama Islam menjadi sorotan masyarakat dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran di Indonesia yang saat ini dilakukan secara integrative atau tematik memberikan kebebasan terhadap pendidik dalam mengintegrasikan strategi, media, metode, atau beberapa materi pembelajaran dalam satu pertemuan pembeljaaran. Proses pembelajaran tematik yang saat ini dilaksanakan sangat minim sekali dengan integrasi nilai-nilai agama Islam, hal ini dibuktikan dengan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai agama Islam serta banyak terjadi peyimpangan dan pelanggaran-pelanggaran nilai atau norma di lingkungan Sekolah, oleh sebab itu dalam peneltitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa integrasi nilai-nilai agama islam terhadap proses pembelajaran tematik yang saat ini menjadi permasalahan yang di alami oleh kebanyakan peserta didik dengan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai keagamaan. Peneliti dalam melaksankan kegiatan penelitian menggunkan metode penelitianlibrary research dengan mengambil sumber data dari jurnal atau artikel peneltian. Penelitian yang akan dilakukan oleh penwliti bertujuan 1) Mengetahui nilai-nilai ajaran agama Islam yang diterapkan dalam pembelajaran tematik kelas V SD/MI, 2) Mengetahui cara atau metode yang diintegrasikan oleh pendidik dalam membiasakan nilai-nilai agama Islam terhadap peserta didik melalui pembelajaran tematik, 3) Mengetahui faktor pendukung dan pengehambat dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap peserta didik melalui pembelajaran tematik. nilai-nilai agama mampu menghadirkan suatu kontruksi wacana kegamaan yang kontekstual dengan memperhatikan apa yang ada di lingkungan sekitar dengan tema yang ada. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian studi pustaka (Library Reseaarch) hal ini dikarenakan sumber data yang tidak mudah untuk didapatkan di lapanagan dan mengharuskan mengambil sumber data dari buku, jurnal atau artikel penelitian yang membahas fokus penelitian yang hampir sama dengan fokus penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti “Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembelajaran Tematik. Pendekatan dalam penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif, hal ini dikarenakan peneltian yang dilakukan oleh peneltiti membahas fenomena atau kejadian sosial yang menjadi permaslahan dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.
Keterampilan Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif Sukirman Sukirman; tri ratna dewi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 3 No 2 (2021): July Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v3i2.1031

Abstract

Artikel ini membahas mengenai bagaimana seorang guru memiliki keterampilam dalam menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil penelusuran berbagai sumber pustaka dan pemanfaatan jurnal yang terkait dengan keterampilan guru dalam menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. Proses pembelajaran seharusnya mampu menciptakan suasana kelas atau iklim kelas yang kondusif untuk mendukung terciptanya kualitas proses pembelajaran yang baik. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif adalah soal mengetahui beberapa teknik (strategi) yang dapat dipelajari dan diterapkan setiap guru. Untuk menciptakan lingkungan yang efektiff dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan beberapa hal, yaitu mengelola kelas secara efektif, mengelola aktivitas kelas secara efektif, dan manajemen dalam menghadapi perilaku yang bermasalah. Dalam hal ini menunjukkan seberapa jauh guru mengikuti aktivitas yang sedang berlangsung di kelas, mengatasi situasi tumpang tindih secara efektif, menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran, melibatkan murid dalam berbagai aktivitas yang menantang, menunjukkan sikap tangkap, membagi perhatian, memusatkan perhatian, memberikan petunjuk yang jelas dan menegur dan memberi penguatan

Page 1 of 1 | Total Record : 6