cover
Contact Name
Yurnalis
Contact Email
yurnalis@umsb.ac.id
Phone
+6281374631214
Journal Mail Official
yurnalis@umsb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
ISSN : 19796307     EISSN : 26558475     DOI : https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272
Core Subject : Education,
Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, pendidikan/sosial dan agama islam untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Syarat-syarat dan cara penulisan tulisan dapat dilihat pada halaman pedoman bagi penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023" : 8 Documents clear
IMPROVING READING COMPREHENSION SKILL OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS’ AT MTS MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG BY USING VISUALIZATION STRATEGY Sri Ariani, Rini Hendrita Hafiza Aini
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.4245

Abstract

Thisresearch aimsatexaminingthe effectiveness of using visualization strategyas a medium in teaching reading comprehension. Meanwhile, the purpose of thisresearch is to knowif there is an effect ofof visualization strategytowardstudents’ reading comprehension skill. The modelof this research was pre-experimental research in a design group which is divided into three stages: pre-test, treatment, and post-test in learning process. The sample of this research wasVII Tahfidz grade at MTs Muhammadiyah Padangpanjang. Istruments tocollectthe data were pre-test and post-test through students’ performence with a writtentest and measured using an assessment rubric. Furthermore, the criteria forsuccsessweredeterminedonsixindicators:mainidea,fact,reference,vocabulary, inference, and purpose. As a quantitative research, the researcheranalyzed the data by using the T-test. The result showed that there was asignificant effect of students score by using visualization strategy in the readingcomprehensionoflearning process. The total score of the students in the pre-testwas 875 and the mean was 48,61. Then, the total score of the students in the post-test was 1.525 and the mean was 84,72.Then,Tcountishigher than Ttable (-13,5405 -1,69092). It means there is an improvement in visualization strategytoward reading comprehension in descriptive text. So, the visualization strategyforteachingreadingtoVIITahfidzstudentsofMTsMuhammadiyahPadangpanjang was effective.
KONTRIBUSI INTELIGENSI DAN PERSEPSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TEKNIK KOMPUTER AMIK KOSGORO SOLOK Mafardi, Uun Mulyana
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.4461

Abstract

Intelegensi, persepsi dan prestasi belajar selalu menjadi perhatian banyak pihak baik dari kalangan pendidikan maupun masyarakat luas. Tingkat inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar diduga merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar terhadap prestasi belajar.Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan  tiga hipotesis yang diuji: pertama, inteligensi memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar, kedua, persepsi tentang staf pengajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar, ketiga, secara bersama-sama inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar berkontribusi terhadap prestasi belajar.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Teknik Komputer Diploma III, 30 orang ditetapkan dengan teknik stratified proportional randum sampling.  Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes inteligensi. Uji coba dilakukan kepada 30 orang. pengukuran validitas instrumen dengan menggunakan  Kolerasi Product Moment,  dengan 96 butir dinyatakan  layak digunakan. Untuk mengukur tingkat reliabilitas dilakukan dengan teknik Alpha Cronbach dan dinyatakan memiliki tingkat kehandalan yang tinggi. Analisis uji coba menggunakan bantuan Program Analisis Statistik yang dikemas dalam Software Monas Versi 3.0 @ 1990 (Nasrullah Aziz).Uji persyaratan analisi dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua digunakan teknik kolerasi dah regresi linier sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga digunakan teknik korelasi ganda dan regresi. Kemudian untuk mengukur tingkat pencapaian digunakan teknik korelasi parsial.Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) inteligensi berkonbutribusi terhadap prestasi belajar frekuensi Intelegensi (X1) dikemukakan bahwa intelegensi mahasiswa di Teknik Komputer Diploma III di AMIK Kosgoro termasuk dalam kategori cerdas (118,421­), (2) persepsi mahasiswa tentang staf pengajar tidak memberikan kontribusi yang berarti terhadap prestasi belajar karena  persepsi skor terendah 215, skor tertinggi 389, skor rata-rata (mean) 326.829, simpangan baku 34,951, median 330,000 dan modus 332,750 dan (3) inteligensi dan persepsi mahasiswa tentang staf pengajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap prestasi belajar dalam kategori cukup (2,377).
NEED ANALYSIS IN CURRICULUM MATERIALS DEVELOPMENT(CASE STUDY IN EDUCATION PROGRAM STUDY AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SUMATERA BARAT) Beniario, Beniario
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.4457

Abstract

Pengumpulan informasi kebutuhan menjadi salah satu syarat dalam pengembangan bahan ajar (first step), dan penentu dalam memberikan layanan yang sesuai untuk mempersiapkan pengetahuan global yang bersifat implementatif, pengetahuan itu tidak hanya berupa ilmu tapi muatan nilai yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas bagi seorang peserta didik dan guru yang terukur secara ilmiah dan sistematis dalam pelaksanaanya. Kajian ini lebih dikenal dengan analisis kebutuhan (need analysis) pada lingkaran pengajaran yang sesuai dengan permintaan peserta didik. Brown J.D (1995: 35) Meskipun pembahasan ini sudah lama namun perubahan dan perkembangan informasi teknologi membuat kebutuhan peserta didik bersifat statis, sehingga kajian kajian kebutuhan pengembangan materi kurikulum akan selalu baru karena perbedaan kebutuhan yang cendrung berkembang dan berubah. Objek penelitian ini adalah bagaimana memilih topik-topik pembelajaran yang kekinian (up-to-date) sesuai dengan pilihan mereka dalam pengembangan bahan ajar. Penelitian ini lebih bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data secara kolektif menggunakan google form pada peserta didik. Adapun topik yang menarik untuk dikembangkan dalam bahan ajar sebagai berikut; Muhammadiyah history, Muhammadiyah movement types, Muhammadiyah business, politics, traditional games, and Muhammadiyah figures. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemilihan topik pembelajaran ada enam topik yang akan dikembangkan dalam pembelajaran, sehingga ini menjadi salah satu rekomendasi dalam pegembangan materi kurikulum.
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM KONTEKS ENGLISH FOR SPESIFIC PURPOSE (ESP) DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT Syandri, Gusmaizal
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.4458

Abstract

Pembelajaran bahasa inggris dalam konteks English for Specific Purpose (ESP) untuk mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat adalah menjadi salah satu mata kuliah wajib  yang harus diambil oleh mahasiswa yang bukan berasal dari prodi pendidikan Bahasa Inggris. Bahasa asing tersebut adalah bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan tertentu merupakan bidang pengajaran bahasa Inggris untuk membantu mahasiswa untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan bahasa asing pada jurusan mereka. Dengan pengajaran bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, diharapkan mahasiswa mampu mengkaji keilmuan dalam bidang studi yang berhubungan dengan bahasa Inggris dan mampu mengikuti perkembangan globalisasi dunia yang menuntut seseorang dapat menguasai bahasa asing.
EMOSI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SEGALA YANG DIISAP LANGIT KARYA PINTO ANUGRAH SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Muhammad Aidil Rahman, Megasari Martin
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.4459

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, menganalisis dan menggambarkan emosi tokoh utama  dalam novel Segala yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah. Pendekatan ini yang digunakan adalah Psikologi Sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualilatif dengan analisis struktural. Analisis data yang dilakukan dengan mencari data dinamika emosi melalui dialog, kalimat, paragraf atau narasi dalam novel. Penelitian ini  menggunakan teori klasifikasi emosi oleh Krech (1969). Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang utama Karakter dalam novel Segala yang Diisap Langit memiliki semua klasifikasi emosi, seperti primer emosi yang terdiri dari kegembiraan, kemarahan, ketakutan, kesedihan. Emosi yang berkaitan dengan stimulasi sensorik terdiri dari rasa sakit, jijik, nikmat. Emosi yang berkaitan dengan penilaian diri terdiri dari perasaan keberhasilan dan kegagalan, kebanggaan dan rasa malu, rasa bersalah dan penyesalan. Emosi yang berkaitan dengan orang lain orang terdiri dari cinta dan benci. Emosi ditunjukkan melalui kata-kata, perilaku, percakapan, dan tindakan tokoh utama. Dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA, novel Segala yang Diisap Langit  karya Pinto Anugrah dapat dijadikan bahan ajar materi novel dengan membahas isi, struktur dan kebahasaan dalam novel.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG Indah Wulandari, Mimi Sri Irfadila Megasari Martin, Sarah Samosir
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.4460

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan proses implementasi model pembelajaarn berbasis proyek pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Padangpanjang. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Padangpanjang yang berjumlah 35 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan instrument kuisioner, lembar observasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar. Indikator yang digunakan dalam angket terkait aspek kreativitas, pengetahuan, dan hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif berbantuan SPSS ver.26. Hasil Penelitian  persamaan yang ditafsirkan dari analisis SEM digambarkan bahwa persamaan yang diperoleh terdapat pengaruh positif variabel kreativitas dan pengaruh negatif variabel pengetahuan dan hasil belajar
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERINTEGRASI ISLAM UNTUK SISWA SMP DAN MTS Opi Rahmah Hidayat, N Rahma, Yendrita Sri Nengsi
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.4487

Abstract

Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Pada kenyataannya, belum ada modul yang dikembangkan berintekgrasi nilai isla di SMP Cahaya Islam. Selama ini hanya ada LKS dan buku pendamping.  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Biologi terintekgrasi nilai - nilai Islam pada materi pencemaran untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, define, design, develop dan deseminate. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, maka modul yang dikembangkan ini hanya pada materi pencemaran untuk siswa kelas VII SMP/MTS. Selanjutnya penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap yaitu define,design dan develop. Validasi modul dilakukan oleh 3 orang validator,dengan  menggunakan lembar validasi dan melihat kepraktisan modul menggunakan angket respon guru dan respon siswa. Hasil analisis data untuk validasi modul diperoleh hasil sebesar 87,73% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan modul berdasarkan pengisian angket oleh guru diperoleh rata - rata persentase sebesar 91,25% dengan kriteria sangat praktis. Hasil kepraktisan modul berdasarkan pengisisan angket oleh siswa diperoleh rata- rata persentase sebesar 89,20% dengan kriteria sangat praktis Simpulan dari penelitian ini adalah modul Biologi terintegrasi nilai - nilai Islam yang dikembangkan memiliki kualitas yang valid dan praktis digunakan oleh guru dan siswa, sehingga sangat layak untuk digunakan sebagai modul Biologi pada materi Pencemaran Lingkungan.
English Pronunciation Errors Made By English Department Students Of Muhammadiyah University Of Sumatera Barat Anjelina, Fizi; Syam, Erlinda
Inovasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2023): Volume 10, Nomor 1, Maret 2023
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v10i1.7195

Abstract

This research has several purposes. The first wa to find out and analyze type of errors english pronunciation made by students. The next purpose was to find out the reasons for pronunciation errors. The research was conducted at English Department Students Of Muhammadiyah University Of Sumatera Barat, which involved 15 students including 4th, 6th and 8th semester. This study collected data through tests and interviews, generating qualitative information. The data was analyzed using percentages and frequencies to obtain data results. The results showed that the English department students of muhammadiyah of west sumatera made 149 errors. the types of pronunciation errors were divided into 3 types, namely, substitution, omission and insertion. pronunciation errors were divided into two indicators, namely consonant sounds and vowel sounds. Consonant has the highest frequency of substitution 56 (92%), followed by omission 4 (6%) and the lowest is insertion 1 (2%). Then in vowel sounds, the highest frequency of errors ws omission 50 (57%), followed by substitution 38 (43%) and the lowest was insertion 0 (0%). On the other hand, the reason for making the highest error was interference as many as 6 students, followed by fosizilation as many as 2 students, CA as many as 2 students and finally Markedness differential as many as 2 students.Keyword : analysis errors, pronunciation

Page 1 of 1 | Total Record : 8