cover
Contact Name
Yurnalis
Contact Email
yurnalis@umsb.ac.id
Phone
+6281374631214
Journal Mail Official
yurnalis@umsb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
ISSN : 19796307     EISSN : 26558475     DOI : https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272
Core Subject : Education,
Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, pendidikan/sosial dan agama islam untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Syarat-syarat dan cara penulisan tulisan dapat dilihat pada halaman pedoman bagi penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022" : 12 Documents clear
MATERI DAKWAH DALAM NOVEL ANTARA CINTA DAN RIDHO UMMI, MANA YANG KAU PILIH? KARYA ASMA NADIA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Mafardi Laila Fitri
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3894

Abstract

Novel adalah salah satu karya sastra yang merupakan tempat untuk menyampaikan pesan moral kepada para pembacanya. Salah satunya adalah religius. Asma Nadia adalah salah satu penulis yang menyampaikan materi Da'wah dalam karya -karyanya. Novel antara Cinta dan Ridho Ummi, mana yang Anda pilih? Pekerjaan Asma Nadia adalah objek penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan materi da'wah yang terkandung dalam novel antara Cinta dan Ridho Ummi, mana yang Anda pilih? Pekerjaan Asma Nadia sebagai alternatif untuk mengajar literatur di sekolah menengah. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian adalah novel antara Cinta dan Ridho Ummi, mana yang Anda pilih? Oleh Asma Nadia. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri plus dokumen dalam bentuk novel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca, mengklasifikasikan data yang terkandung dalam novel, saat menganalisis data dilakukan dengan mengelompokkan data, menggambarkan materi Da'wah, menganalisis data menggunakan pendapat dan ide yang disajikan dalam kutipan, menafsirkan data, dan menggambar kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa materi da'wah dalam novel antara Cinta dan Ridho Ummi, mana yang Anda pilih? Karya -karya Asma Nadia yang meliputi; Iman, Hukum, dan Moral. Keyakinan yang tercermin dalam novel itu dalam bentuk iman dan kepercayaan dari semua karakter dalam Allah SWT sehingga membuat mereka dekat dengan Allah SWT. Seperti tindakan mematuhi perintah Allah, salah satunya menutupi alat kelamin dengan menggunakan jilbab. Syariah tercermin dalam kisah novel ini adalah bagaimana para karakter menjaga dan melaksanakan perintah Allah tentang ibadat dan Muamalah, tindakan karakter yang selalu menjaga layanan doa dan meminjam dan meminjam sesuai dengan ajaran Allah. Lebih jauh, moral yang tercermin dalam novel adalah bagaimana perilaku masing -masing karakter terhadap sesama manusia dan terhadap Allah SWT. Seperti tindakan karakter yang selalu bermanfaat bagi sesama manusia. Kata kunci: Novel, Pembelajaran Sastra
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SDN 01 ANDALEH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Syahelma Biiznillah
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3899

Abstract

Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran IPA kelas V UPTD SDN 01 Andaleh adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan suatu tindakan dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa Kelas V UPTD SDN 01 Andaleh Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan masing-masing siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SDN 01 Andaleh tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 orang. Instrumen dalam penelitian yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 57% siswa tuntas hasil belajar IPA pada prasiklus. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 71% karena belum mencapai indikator keberhasilan penelitian maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 88% dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SDN 01 Andaleh tahun pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Snowball Throwing.
VIRTUAL CLASSROOM: LEARNERS' INSIGHT ON ENGAGING ZOOM AS A PLATFORM FOR LEARNING SPEAKING Deni Abdillah. M Noval Fadli Elviza Yeni Putri
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3890

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan suatu proses yang memerlukan latihan secara berkala. Namun, pandemi Covid-19 mempengaruhi semua aspek khususnya pendidikan. Pemerintah memerintahkan agar belajar mengajar dilakukan secara online atau belajar dan menagajar dari rumah. Zoom adalah media online yang digunakan untuk menunjang pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Zoom sebagai media online dalam belajar bahasa Inggris (kemampuan berbicara). Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sampel penelitan ini adalah mahasiswa keperawatan Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi angkatan 2019 (Kelas A &B), berjumlah 68 orang. Instrumen penelitian adalah kuisioner. Peneliti menggunakan Microsoft Excel dan STATCAL dalam menganalisa hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa setuju dengan beberapa pernyataan bahwa belajar secara virtual dengan menggunakan Zoom sesuai dengan situasi saat ini karena dapat memperlancar proses pembelajaran dan tetap dapat mengikuti proses pembelajaran. Sementara itu, mahasiswa merespon dengan hasil positif atau menyetujui semua komponen yang diberikan terkait persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Zoom sebagai media pembelajaran untuk kelas speaking. Penjelasan lebih rinci dijelaskan dalam hasil dan pembahasan. Kata Kunci: online-learning, zoom, keterampilan berbicara, persepsi mahasiswa
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS XII IPA 2 SMAN 1 LEMBANG JAYA Masyitah Rasyid
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3895

Abstract

Permasalahan yang berhubungan rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi adalah terkait dengan beberapa faktor diantaranya karakteristik materi yang terdapat pada mata pelajaran Biologi, banyak siswa yang mengalami kesulitan terutama untuk memahami konsep-konsep fisologis yang abstrak. Sebagai salah satu solusi guru dapat menvariasikan model pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian Upaya peningkatan aktivitas belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing di Kelas XII IPA 2 SMAN 1 Lembang Jaya. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan 2, siswa aktif bertanya 7 siswa, dengan persentase 36,8% dengan kategori sedikit, sedangkan siklus ke 2 sudah 16 orang dengan persentase 84,2% dengan kategori sangat banyak. Pada pertemuan siklus 2 ini telah terdapat peningkatan jumlah siswa yang aktif dalam bertanya. Sementara itu terdapatnya perubahan aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik dan terjadinya peningkatan. Perubahan aktivitas sebesar 40 item aktivitas dengan peningkatan kategori sangat banyak sebesar 18 persen, hal tersebut juga diikuti dengan penurunan kategori sangat sedikit sebesar 42 persen. Kata kunci: peningkatan, aktivitas belajar, snowball throwing, Lembang Jaya
EKSPLORASI PENGGUNAAN KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI Yendrita Yunita Sabri Jumiati
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3900

Abstract

Keterampilan dasar mengajar (teaching skill) adalah keterampilan yang khusus (most spesific instructional behaviours) yang harus dimiliki oleh guru, agar dapat melaksanakan tugas sebagai pendidik dan mengajar secara efektif, efisien dan professional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi penggunaan keterampilan dasar guru dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging yang berjumlah 126 orang yang terbagi dalam 3 kelas, Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratifeid Random Sampling, untuk masing - masing kelas sampel diambil 25 % dari jumlah siswanya.Data dianalisis dengan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan keterampilan bertanya adalah baik dengan persentase 80,63%, penggunaan keterampilan memberikan penguatan adalah baik dengan persentase 70,45%, penggunaan keterampilan mengadakan variasi adalah baik dengan persentase 74,54%, penggunaan keterampilan menjelaskan adalah sangat baik dengan persentase 85,49%, penggunaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah baik dengan persentase 70,99%, penggunaan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah baik dengan persentase 77,27%, penggunaan keterampilan mengelolaan kelas adalah sangat baik dengan persentase 85,60%, penggunaan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah sangat baik dengan persentase 81,06%, penggunaan keterampilan mengembangkan dan menggunakan media adalah baik dengan persentase 66,28%, penggunaan keterampilan mengembangkan ESQ adalah sangat baik dengan persentase 84,09%. Disimpulkan bahwa keterampilan dasar guru dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Geringging telah digunakan dengan baik Kata Kunci : Keterampilan dasar Guru, Pembelajaran Biologi
THE PRACTICE OF TEACHING ONLINE: THE OPPORTUNITIES AND CHALLENGES Erlinda Syam
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3891

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia telah menghadapi perubahan yang cepat. Sehubungan dengan terjadinya Covid 19, sistem pendidikan mulai menggiatkan metode pembelajaran baru yaitu metode daring. Pendekatan baru diperkenalkan untuk memastikan bahwa proses pembelajaran tetap dilakukan dalam situasi yang luar biasa. Pembelajaran daring tetap dilakukan meski situasi saat ini sudah kembali normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis manfaat dan tantangan pengajaran bahasa Inggris online di tingkat universitas. Analisis dilakukan dengan studi kepustakaan. Penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran online memiliki beberapa manfaat, seperti kenyamanan, penghematan waktu, penghematan uang, dan tersedianya sumber online untuk membantu siswa lebih memahami mata pelajaran. Di sisi lain, pembelajaran daring juga memiliki beberapa keterbatasan, seperti ketidakstabilan koneksi internet. Pembelajaran online juga memiliki peluang gangguan yang tinggi. Terakhir, kurangnya kemampuan dan pengalaman staf pengajar dalam menggunakan teknologi baru menantang pendekatan yang relatif baru. Kata kunci: online, peluang, tantangan
PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING/PjBL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG Mimi Sri Irfadila Megasari Martin
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3905

Abstract

Seiring dengan banyaknya perubahan paradigma dalam pembelajaran setelah Covid-19, kurikulum di Indonesia juga mengalami perubahan. Karakteristik dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang berlaku saat ini adalah memperlihatkan keaktifan siswa daam belajar melalui sejumlah proyek. Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dibasiskan pada model pemebelajaran berbasis proyek atau disebut juga dengan PjBL. Implementasi dari PjBL ini perlu ditinjau apakah sesuai dengan kebutuhan siswa dan pembelajaran. peneltian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi siswa terhadap implementasi PjBL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Muhammadiyah Padangpanjang dengan jumlah 30 orang siswa. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata 38% siswa menyatakan sangat setuju bahwa PjBL memberikan pengaruh dan membantu siswa untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti pembelajaran. Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Persepsi Siswa, Project Based Learning
PROBLEM SOLVING SKILL ANALYSIS OF JUNIOR SCHOOL STUDENTS THROUGH HOTS TYPE MATHEMATICS QUESTIONS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) Yurnalis Beniario
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3901

Abstract

The purpose of this research is to analyze the problem solving ability of junior high school students for high, medium and low ability levels in solving Higher Order Thinking Skill (HOTS) type mathematical problems. This type of research is library research. Some series of research relating to library data collection method or research that objects of research is explored through the number of library information. The data collection technique in this research is documentation. The Researcher uses three literatures as sources of main data for research and three literatures as sources of supporting data for research. The data that has been collected is then analyzed so that conclusion can be taken to solve the topic of the problem in this research. Based on the result of this research shows that : (1) Junior high school students with high level problem solving skill are able to work on and solve HOTS questions very well, (2) Junior high school students with medium level problem solving skill are also able to work on and solve HOTS questions well but still having difficulty in proposing conjectures and finding patterns of mathematical phenomena, (3) Junior high school students with low level problem solving skill still have difficulty working on and solving HOTS questions on indicators device a plan, checked back the plan and looking back in problem solving. Keywords: HOTS, Problem-Solving Skill
THE INFLUENCE OF CLUSTERING TECHNIQUE ON STUDENTS’ DESCRIPTIVE TEXT WRITING ABILITY AT SEVENTH GRADE OF MTS MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG Gusmaizal Syandri Putri Rahayu. M Beniario
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3892

Abstract

The purpose of this research is to investigate whether any significant influence of using clustering technique on students’ descriptive text writing ability at seventh grade of MTs Muhammadiyah Padangpanjang. The population of this research at the seventh grade of MTs Muhammadiyah Padangpanjang. The sample of this research was class seven which consisted of 34 students. The design of this research was pre-experimental research in one group design which divided into two stages consisting of pre-test and post-test in the learning process. Then, the instrument of this research was a writing test, to score the students’ descriptive text writing ability on pre-test and post-test the researcher used rubric assessment from Brown (2003). Furthermore, the success criteria were determined on the five indicators of writing namely content, organization, vocabulary, language use/grammar, and mechanics. The researcher analyzed the data by using statistical formulation and Microsoft Excel 2010 with 0,05 significance level. After analyzed the data, the result of the average post-test score is 80, increased from pre-test score is 60. Next, the value of tcount was higher than ttable. It can be seen from tcount is 12,98 > ttable is 2,035 at the significance level 0,05 and degree of freedom (df) = 33. It means that, the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. It can be concluded that, the use of clustering technique is giving significant influence to students’ descriptive text writing ability at seventh grade of MTs Muhammadiyah Padangpanjang. Key Words: Clustering Technique, Writing, and Descriptive Text.
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMP Prima Yudhi Khoirunnisa Berampu
Inovasi Pendidikan Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31869/ip.v9i2.3897

Abstract

Penelitian untuk mengetahui bagaimana Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan kemampuan geometri siswa SMP, seperti mampu menentukan kedudukan suatu titik dengan lebih spesifik dan gambaran hubungan spasial dengan sistem yang lain, mampu menggunakan visualisasi, penalaran spasial, dan model geometri untuk memecahkan masalah, serta mampu menganalisis karakter dan sifat dari bentuk geometri baik 2D maupun 3D dan mampu membangun argumen-argumen matematika mengenai hubungan geometri dengan yang lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dimana studi kepustakaan adalah proses kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari buku, jurnal-jurnal ilmiah, literatur-literatur dan publikasi-publikasi lain yang layak dijadikan sumber untuk penelitian yang akan di teliti penulis, dengan cara mendeskripsikan dan menguraikan data tersebut adalah melalui beberapa pendapat para ahli. Maka dengan menggunakan pendekatan kualitatif penelitian ini diharapkan bisa memberikan fakta-fakta secara komprehensif tentang pengaruh penggunaan proses dan peranan pendekatan PMR dalam pembelajaran di sekolah terhadap kemampuan geometri yang dimiliki siswa. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan bagi para pembaca mengenai PMR yang secara kooperatif dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengubah pembelajaran matematika di SMP dari teacher centered menjadi pembelajaran student centered. Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Geometri

Page 1 of 2 | Total Record : 12