cover
Contact Name
Islamiani Safitri
Contact Email
eduscience@ulb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eduscience@ulb.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu Jalan SM. Raja No. 135 Aek Tapa, Rantauprapat Kode Pos 21415
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Eduscience (JES)
ISSN : 2303355x     EISSN : 26852217     DOI : 10.36987/jes
Core Subject : Education,
Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic Education, Biology Education, Civic Education, Science Education, Physics Education, and all about teaching and learning research. Reviewers will review any submitted paper. The review process employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES)" : 4 Documents clear
ANALISIS RPP DAN PELAKSANAANNYA BERDASARKAN KTSP MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA SWASTA DI MEDAN TEMBUNG Risma Delima Harahap
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.433 KB) | DOI: 10.36987/jes.v2i1.981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran dokumen perencanaan RPP guru dan pelaksanaannya, faktor-faktor yang menyebabkan kesesuaian dan ketidaksesuaian dokumen RPP dengan pelaksanaannya pada mata pelajaran biologi SMA Swasta di Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Swasta kelas X yang ada di Medan Tembung dan perangkat pembelajaran dokumen RPP. Data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian dokumen RPP, lembar observasi dan lembar wawancara yang terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil analisis data yang diperoleh dari lembar penilaian dokumen RPP guru dimana pada komponen umum (100%). Pada bagian indikator (93,5%), Tujuan pembelajaran (94%), materi pembelajaran (88,25%), metode pembelajaran (90%), sumber belajar (79,75%), alokasi waktu (73,25%), kegiatan pembelajaran (83,20) dan penilaian hasil belajar (71,16%). Dari hasil penilaian dokumen RPP maka akan diadakan observasi pelaksanaan dengan katagori >80%. Berdasarkan observasi guru-guru SMA Swasta di Medan Tembung pada komponen pra pembelajaran (71,04%), membuka pelajaran (83,12%), penguasaan materi pembelajaran (91,04%), pendekatan/strategi pembelajaran (76,52%), pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran (64,4%), pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa (81,50%), penilaian proses dan hasil belajar (67,50%), penggunaan bahasa (84,02%), dan penutup (73,95%). Faktor yang menyebabkan kesesuaian RPP dan pelaksanaannya yaitu kemampuan guru memotivasi siswanya untuk belajar, metode yang digunakan bervariasi, dan media dan sumber belajar telah tersedia, dan kemampuan guru mencari media alternativf. Faktor yang menyebabkan ketidaksesuaiaan RPP dengan pelaksanaannya yaitu ketidakmampuan guru untuk memotivasi siswa dalam belajar, hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, sumber dan media pembelajaran hanya berasal dari buku pegangan guru, tanpa mencari media alternatif.
PENENTUAN FREKUENSI OSILASI LC DARI KURVA TEGANGAN INDUKTOR DAN KAPASITOR TERHADAP FREKUENSI Islamiani Safitri
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.489 KB) | DOI: 10.36987/jes.v2i1.978

Abstract

Pengetahuan mengenai frekuensi osilasi LC diperlukan dalam kehidupan sehari-hari seperti ketika mencari gelombang stasiun radio, filter lolos-rendah atau filter lolos-tinggi pada speaker, dan detektor logam. Pada RBL (Research-Based Learning) ini, dilakukan eksperimen untuk menentukan frekuensi osilasi LC berdasarkan titik potong antara kurva tegangan induktor dan tegangan kapasitor terhadap frekuensi. Alat yang digunakan dalam eksperimen ini terdiri dari osiloskop analog, audio generator, resistor (R) 100 ohm, kapasitor (C) 10 μF, dan induktor (L) 4,7 mH. Audio generator berfungsi sebagai sumber tegangan bagi rangkaian RC dan RL. Tegangan keluaran masing-masing pada kapasitor dan induktor dibaca melalui osiloskop. Dengan melakukan variasi frekuensi audio generator diperoleh frekuensi osilasi LC sebesar 735 Hz. Hasil ini berbeda 0,07% dari frekuensi osilasi LC yang diperoleh secara teoretik. Kesalahan ini dapat ditoleransi sehingga dapat disimpulkan bahwa eksperimen ini baik digunakan untuk menentukan frekuensi osilasi LC.
PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU (Studi Kasus Kecamatan Bagan Sinembah) Agus Anjar
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.104 KB) | DOI: 10.36987/jes.v2i1.979

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Implementasi Tugas Pembantuan Dalam Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Tugas pembantuan pada prinsipnya adalah sebuah kebijakan pemerintah yang harus dijalankan oleh daerah. Maka berdasarkan karakteristik penelitian, penulis melakukan pendekatan dengan menggunakan metode survey. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah aparatur Kepenghuluan Kecamatan Bagan Sinembah dengan jumlah 74 orang. Sedangkan untuk pengolahan data yang didapat dari lapangan, penulis menggunakan program SPSS For Windows versi 12,0 dengan pengujian menggunakan Uji Chi Square (P = 0,03) ini memberikan indikasi bahwa tugas Pembantuan yang diterapkan Kepenghuluan dalam hal Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah tergolong rendah, hal ini tergambar dengan sedikitnya rapat koordinasi dilingkup Kecamatan Bagan Sinembah dan kurangnya sangsi yang tegas dari Dinaspendapatan Kabupaten Rokan Hilir. Maka demi meningkatkan dan memperbaiki kinerja Kepenghuluan agar tercapai hasil yang maksimal khususnya dalam hal tugas pembantuan maka diharapkan koordinasi yang baik dari tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Bagi daerah Kepenghuluan yang kurang antusias dalam menjalankan tugas tersebut harus ada sangsi yang tegas dari dinas cabang Kecamatan dan Dinas Kabupaten Rokan Hilir.
PENGARUH PEMANFAATAN ALAT VISUALISASI GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MTS AR-RASYID PINANG AWAN Nurhakima Ritonga
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.734 KB) | DOI: 10.36987/jes.v2i1.980

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan mengetahui pengaruh pemanfaatan alat visualisasi terhadap hasil belajar biologi siswa MTs AR-Rasyid Pinang Awan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Juni s/d 15 Juni 2014 di MTs AR-Rasyid Pinang Awan Kec. Torgamba Kab. Labuhanbatu Selatan. Populasi adalah kelas VIII yang terdiri dari 3 lokal dan yang di jadikan sampel adalah kelas VIIIb dan sebagi Kelas control adalah kelas VIIIa. Jumlah sampel 35 orang siswa yang dibelajarkan menggunakan alat visualisasi gambar dan 35 orang siswa dibelajarkan dengan pembalajaran konvensional. Setelah dan sebelum di lakukan proses belajar mengajar siswa diberikan tes yaitu pre-test 10 soal dan pos-test sebayak 5 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan alat visualisasi gambar dengan niai rata-rata=76,57 dengan STDEV=12,71. Dengan demikian hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran Alat visualisasi gambar pengaruhnya sangat tinggi yaitu Ha di tolak dan Ho diterima sehingga terdapat Pengaruh Pemanfaatan Alat Visualisasi Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa MTs AR-Rasyid Pinang Awan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 6 (2025): IN PRESS Vol 12, No 5 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 4 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia, Thailand, and Indonesia) Vol 12, No 3 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from United Kingdom, Nigeria, and Indonesia) Vol 12, No 1 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Philippines, Thailand, and Indonesia) Vol 11, No 3 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Hungary, South Africa, Malaysia, and Ind Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, India, and Indonesia) Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria and Indonesia) Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Turkey, Malaysia, Algeria, Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Algeria and Indonesia) Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Eduscience (JES) More Issue