cover
Contact Name
Islamiani Safitri
Contact Email
eduscience@ulb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eduscience@ulb.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu Jalan SM. Raja No. 135 Aek Tapa, Rantauprapat Kode Pos 21415
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Eduscience (JES)
ISSN : 2303355x     EISSN : 26852217     DOI : 10.36987/jes
Core Subject : Education,
Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic Education, Biology Education, Civic Education, Science Education, Physics Education, and all about teaching and learning research. Reviewers will review any submitted paper. The review process employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)" : 9 Documents clear
ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PERTANYAAN GURU DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA Nurhaty Purnama Sari; Wilda Fasim Hasibuan
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.103 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.934

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa
TINJAUAN ADMINISTRASI ANAK DILUAR PERKAWINAN GUNA MEMPEROLEH PENGAKUAN SECARA HUKUM BERUPA AKTA KELAHIRAN DI DESA PERBAUNGAN KECAMATAN BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU TONI TONI TONI
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.973 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.922

Abstract

Bahwa Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi guna memecahkan persoalan
STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA VIII SMP NEGERI 3 KAMPUNG RAKYAT Eva Julyanti
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.872 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.930

Abstract

Penelitian ini bertujuan apakah ada pengaruh penggunaan peningkatan kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write. Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam representasi menyelesaian soal setelah menggunakan pembelajaran dengan strategi Think-Talk-Write. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Kampung Rakyat. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas. Uji normalitas.
UJI STRESS TEST MELALUI PENURUNAN SALINITAS BERBEDA UNTUK MENENTUKAN KUALITAS BENUR UDANG WINDU (Penaeus monodon Fabricius,1979) Khairul Khairul Khairul
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.974 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.924

Abstract

Benur udang windu yang berkualitas baik tentunya akan meningkatkan kelulusan hidup udang yang akan dipelihara di dalam media budidaya dan tentunya akan meningkatkan hasil produksi. Namun pada saat sekarang ini sangat sulit mendapatkan benur udang yang kualitas baik. Udang yang dipelihara pembudidaya sangat tinggi tingkat kematiannya. Perlu dilakukan suatu cara yang paling sederhana untuk menentukan kualitas benur udang windu itu baik atau tidak, oleh sebab itu perlu dilakukaan uji stress test sebelum membeli benur. Melalui hasil penelitian ini nantinya para pembudidaya pembesaran udang windu bisa mengaplikasikan cara tersebut sebelum membeli benur yang akan mereka pelihara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas benur udang windu melalui uji stress test dengan melakukan penurunan salinitas secara mendadak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan 4 taraf perlakuan dan diberi masing-masing 3 ulangan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan kelulusan hidup tertinggi pada perlakuan A sebesar 93%, diikuti perlakuan B sebesar 81%, dan perlakuan C sebesar 71% sedangkan yang terendah pada perlakuan A sebesar 55%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka perlakuan A layak dijadikan pedoman untuk melakukan uji stres test sebelum membeli benur. Tingkat kelulusan hidup di atas 55% pada perlakuan A dikatakan cukup tinggi, hal ini menunjukan bahwa benur udang yang telah diuji mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap tekanan osmotik yang terjadi di lingkungannya tersebut.
PEMANFAATAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS INTERNET PADA MATERI PEMBELAHAN SEL UNTUK MENIGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP, MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR Riswanto Riswanto
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.534 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.936

Abstract

Demografi pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi muda, dimana sebanyak 35,6 juta atau 26,9% dari total 132,7 juta pengguna internet di Indonesia berusia 10 hingga 24 tahun (APJII, 2016). Literasi digital bermakna kemampuan berhubungan dengan informasi hipertekstual, dalam arti membaca non-sekuensial berbasis sistem komputer atau platform digital (Davis & Shaw, 2011). Dengan demikian, kemampuan membaca, memahami dan analisa berbagai sumber digital sangat penting. Mengingat proses belajar yang dilakukan di sekolah memiliki keterbatasan waktu, maka kemandirian belajar dipandang sebagai suatu hal yang mutlak harus dilakukan oleh peserta didik. Kemandirian belajar peserta didik ini perlu dikembangkan, ditingkatkan dan dibiasakan serta dilatih kepada setiap peserta didik. Karakteristik obyek Pembelahan Sel sulit untuk bisa ditemukan atau dihadirkan secara nyata pada peserta didik, sehingga untuk mempelajari proses Pembelahan Sel, selama ini guru lebih banyak menggunakan media gambar, charta atau model.
PENGARUH HANDS ON MINDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SMPS METHODIST TANJUNG MORAWA Juliana Naftali Sitompul
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.616 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hands on minds on activity terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMPS Methodist Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX-3 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hands on minds on activity terhadap hasil belajar fisika siswa dalam ranah kognitif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Besarnya pengaruh hands on minds on activity terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 68,2 %
PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI SMP DI TINJAU DARI PEMBELAJARAN MATERI BERHITUNG DENGAN PENDEKATAN PMR Rahma Muti'ah; Irmayanti Ritonga
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.622 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.932

Abstract

Siswa yang memiliki kecemasan belajar matematika tinggi umumnya disebabkan karena ketidak mampuan mereka mengerjakan matematika bagaimanapun usaha mereka. Semakin mereka berusaha untuk menjawab pertanyaan guru atau soal yang diberikan mereka semakin merasakan pusing, mual dan berkeringat. Sehingga ketika menghadapi soal mereka lebih memilih untuk melihat pekerjaan teman, atau bahkan tidak mengerjakan soal tersebut sama sekali dan mempersiapkan diri untuk menerima hukuman atau sanksi dari guru. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kemampuan awal matematika siswa terhadap kecemasan matematika siswa SMP di Kecamatan NA IX X Kabupaten Labuhanbatu Utara Propinsi Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 NA IX X dan SMP Negeri 2 NA IX X yang diperoleh dengan teknik random. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan Tes kemampuan awal, angket kecemasan matematika dan observasi di kelas.
ANALISIS YANG MEMPENGARUHI KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA PADA TAHUN 2018. Susi Nurlianti; Rohana Rohana Rohana
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.368 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis yang mempengaruhi kedisiplinan Terhadap minat belajar siswa, dan untuk mengetahui faktor
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP N 1 SILANGKITANG Risma Delima Harahap
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.041 KB) | DOI: 10.36987/jes.v5i2.938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang. Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan berjumlah 30 orang siswa SMP N 1 Silangkitang. Temuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang, terlihat pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 61,50, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 79.83. Model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP N 1 Silangkitang dan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2018 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 6 (2025): IN PRESS Vol 12, No 5 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 4 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia, Thailand, and Indonesia) Vol 12, No 3 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from United Kingdom, Nigeria, and Indonesia) Vol 12, No 1 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Philippines, Thailand, and Indonesia) Vol 11, No 3 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Hungary, South Africa, Malaysia, and Ind Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, India, and Indonesia) Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria and Indonesia) Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Turkey, Malaysia, Algeria, Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Algeria and Indonesia) Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Eduscience (JES) More Issue