cover
Contact Name
Anita Dyah Juniarti
Contact Email
anitadyahjuniarti@unbaja.ac.id
Phone
+6281514061796
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Ciwaru Raya II No. 73, Kel. Cipare, Kec. Serang, Kota Serang 42117
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal InTent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu
ISSN : 26549557     EISSN : 2654914X     DOI : -
Jurnal InTent menerbitkan artikel yang mencangkup bidang informasi dan teknologi terpadu yang dimaksudkan sebagai media dokumentasi dan informasi ilmiah yang sekiranya dapat membantu para dosen, staf dan mahasiswa dalam menginformasikan dan mempublikasikan hasil penelitian, opini, tulisan dan kajian ilmiah lainnya kepada masyarakat ilmiah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Industrial" : 6 Documents clear
ANALISA RISIKO KEGAGALAN KOMPONEN PADA EXCAVATOR KOMATSU 150LC DENGAN METODE FTA DAN FMEA DI PT. XY Achmad Syarifudin Syarifudin; Jeki Tri Putra
Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu Vol 4 No 2 (2021): Industrial
Publisher : Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan produktivitas mesin yang tinggi menjadi sebuah tuntutan bagi perusahaan. PT. XY mempunyai permasalahan, yaitu pada proses operasi mesin-mesin yang ada. Walaupun sebagian mesin-mesin yang digunakan sudah terbilang baru, Namun juga ada mesin yang dapat dikategorikan sebagai mesin tua yang masih digunakan ketika proses operasi. Objek penelitian adalah alat berat Excavator Komatsu PC 150LC-6 karena merupakan alat berat sudah tua dan paling rentan mengalami kerusakan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa perbaikan. Dengan metode FTA dan FMEA. Analisa perbaikan metode FTA dapat mendeteksi faktor penyebab terjadinya kerusakan hose hidrolik bocor karena faktor manusia, mesin, metode dan material. FMEA yang menghasilkan failure mode dengan nilai RPN sebesar 504, dengan presentase yaitu hose hidrolik 80,40 %, dinamo starter 8,93 %, radiator 5,71 %, dan injektor 4,96 %.
ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Anita Dyah Juniarti; Tatan Zakaria Zakaria; Halimatus Sadiyah Sadiyah
Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu Vol 4 No 2 (2021): Industrial
Publisher : Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Surya Makmur Suplindo adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan barang umum dan jual-beli, yang fokus pada usaha di daerah perindustrian, seperti di kota Cilegon dan Kabupaten Serang. Namun usaha sejenis di daerah ini sudah banyak sekali, dengan menawarkan berbagai pelayanan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor meningkatnya pesaing dari PT. Surya Makmur Suplindo. Maka dari itu PT. Surya Makmur Suplindo harus meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat bersaing dalam pengadaan barang umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan di PT. Surya Makmur Suplindo dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Pengembangan matrik house of quality menghasilkan atribut persyaratan pelanggan dan persyaratan teknik yang perlu diprioritaskan dalam perbaikan pelayanan adalah atribut kelengkapan produk yang dimiliki perusahaan dari persyaratan pelanggan dan atribut pelayanan dari persyaratan teknik.
ANALISIS PERAWATAN ROTARY CEMENT PACKER LINE 1206D DI PT. VINYSEA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) Arif Budi Sulistyo; Hasymi Afif Afif
Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu Vol 4 No 2 (2021): Industrial
Publisher : Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perawatan adalah suatu hal yang paling penting dalam meningkatkan kehandalan pada mesin proses produksi pada sebuah perusahaan. Rotary cement packer adalah alat yang digunakan untuk mengemas produk material dengan berat kemasan yang telah, 40 kg dan 50 kg. Selama periode bulan Mei 2020 hingga April 2021 diperoleh nilai OEE dengan rata-rata 84,11 %, nilai faktor six big losses tersebut adalah faktor Equipment Failure Losses 52 % dan Idle and Minor Stoppage 99 %. Menentukan faktor penyebab dengan mengunakan metode diagram Ishikawa, why-why analysis, dan Total Productive Maintenance (TPM). Lingkungan yang panas dan berdebu juga mempengaruhi kontrol panel dan komponen lainnya. Implementasi pencegahan kerusakan yang sesuai dengan metode TPM untuk edukasi semua karyawan yang bekerja di PT. Vinysea.
PERANCANGAN ULANG MESIN LAS DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI CV. PRIMA MITRA MANDIRI Firdanis Setyaning Handika; Ahmad Nalhadi Nalhadi; Muhamad Kevin Panigara
Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu Vol 4 No 2 (2021): Industrial
Publisher : Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mitra Prima Mandiri merupakan perusahaan di bidang industri jasa maintenance yang terletak di Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten. Perusahaan ini menerima pekerjaan pembubutan dan pengelasan. Pada proses pengelasan terdapat permasalahan yaitu mesin las yang digunakan masih berupa mesin las manual sehingga operator kesulitan menjangkau pada pengerjaan las tertentu, membutuhkan waktu pengelasan yang cukup lama, serta elektroda banyak yang terbuang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang ulang mesin las yang digunakan oleh operator. Pada penelitian ini digunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil perancangan ulang mesin las berupa mesin las otomatis yang sesuai dengan kebutuhan operator, yaitu mesin las mudah digunakan dalam proses pengelasan, dapat menghemat waktu kerja, dapat menghemat bahan baku, dapat digunakan untuk pengelasan dalam skala kecil dan besar, desain alat yang portable, dan mesin las yang multifungsi.
PENGUKURAN KINERJA PT. KRAKATAU POSCO ENERGY DENGAN PENDEKATAN MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENCE Nuzuluddin Romadoni Romadoni; Huswatun Hasanah Hasanah; Hartadi Wijaya Wijaya
Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu Vol 4 No 2 (2021): Industrial
Publisher : Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Krakatau Posco Energy merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak sebagai penyedia energi listrik dan uap untuk beberapa perusahaan di wilayah Cilegon. Hampir seluruh alat penunjang kebutuhan manusia baik industri atau kehidupan sehari-hari menggunakan alat elektronik yang membutuhkan energi listrik sehingga semakin tinggi kebutuhan energi terhadap keberlangsungan kehidupan manusia, maka akan semakin tinggi pula permintaan pelanggan atau konsumen terhadap konsumsi energi yang dibutuhkan. Hal ini memicu bertambahnya perusahaan-perusahaan energi yang lain (kompetitor) sehingga perusahaan PT. Krakatau Posco Energy harus siap meningkatkan kualitasnya agar mampu berkembang, bertahan, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, diperlukan kajian untuk mengukur, menilai, serta mengevaluasi kinerja. PT. Krakatau Posco Energy perlu melakukan pengukuran kinerja untuk bahan pertimbangan mengenai apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar mencapai kinerja yang unggul. Selama ini, perusahaan hanya mengukur kinerjanya dari sisi keuangan dan produksi saja. Belum ada pengukuran secara menyeluruh. Untuk melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh menggunakan metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Berdasarkan dari penilaian kinerja menggunakan kriteria pendekatan Malcolm Baldrige, PT. Krakatau Posco Energy memperoleh skor total 554,69 poin dari nilai maksimal 1000 poin dengan predikat Good Performance.
USULAN TATA LETAK FASILITAS KAMPUS 1 UNIVERSITAS BANTEN JAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARC DAN ARD Wawan Gunawan Gunawan; Hendra Haerulloh Haerulloh
Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu Vol 4 No 2 (2021): Industrial
Publisher : Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tata letak fasilitas merupakan bagian perancangan fasilitas yang lebih fokus pada pengaturan unsur-unsur fisik berupa mesin, peralatan, meja, bangunan dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini mengetahui kekurangan tata letak fasilitas kampus 1 Universitas Banten Jaya, memberikan usulan rancangan tata letak fasilitas yang baik dengan metode ARC dan ARD, mengemukakan manfaat dari usulan rancangan tata letak baru Hasil dari penelitian usulan tata letak fasilitas di Kampus 1 Universitas Banten Jaya dapat disimpulkan yaitu kekurangan pada tata letak parkir motor dan mobil belum kondusif dan tidak beraturan, dan ruang Dekan dengan Prodi seharusnya tidak ada pada ruangan yang sama, agar mahasiswa lebih efektif untuk berkonsultasi, Berdasarkan hasil perhitungan tata letak diusulkan penambahan bangunan Kampus 1 Universitas Banten Jaya dengan menggunakan analisa Metode Activity Relationship Chart (ARC) dan Activity Relationship Diagram (ARD) yang baik yaitu luas area penambahan dan perubahan bangunan pada lantai 1 seluas 664.5 m², pada lantai 2 seluas 336 m², pada lantai 3 seluas 81 m², dan pada lantai 4 seluas 759 m². Manfaat dari usulan rancangan tata letak baru Kampus 1 Universitas Banten Jaya yaitu perubahan tata letak parkir motor dan mobil sudah ditetapkan di area/lapangan agar lebih efektif dan efisien, ruang Auditorium ada pada lantai 4, digedung 4, agar memudakan mahasiswa menyelenggarakan seminar/kegiatan dengan lancar tanpa hambatan apapun, penambahan dan perubahan ruangan Rektor, Dekan, Prodi, dan jajarannya yaitu agar mempermudah mahasiswa untuk berkonsultasi agar lebih efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6