cover
Contact Name
Farid Helmi Setyawan
Contact Email
faridhelmi@stkipmodernngawi.ac.id
Phone
+6282244602919
Journal Mail Official
jpm@stkipmodernngawi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. Soekarno No. 4 Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63214
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
ISSN : 24601225     EISSN : 2580099X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education. The journal publishes a broad range of papers from all branches of education and individual or group learning relating to education.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei" : 15 Documents clear
Budaya Sekolah Menghafal Perkalian dan Membaca Buku Non Pelajaran Sebagai Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar Shiti Khairunisa; Rodhiyah Dwi Agustin
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.89

Abstract

Budaya sekolah di maknai dengan tradisi sekolah yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan spirit dan nilai-nilai yang dianut di sekolah, artinya budaya sekolah ini berisi kebiasaan-kebiasaan yang disepakati bersama untuk di jalankan dalam waktu yang lama. Jika kebiasaan positif ini sudah membudaya, maka nilai-nilai karakter yang diharapkan akan terbentuk.Pada penelitian ini kami menggunakan jenis penelitian deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai budaya sekolah di SDN Mangunharjo 4. Sumber data yang kami peroleh yang pertama dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan tenaga kependidikan, dan siswa. Kedua hasil pengamatan di lapangan dengan keadaan lingkungan dan budaya yang ada di SDN Mangunharjo 4. Dari hasil pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan tenaga kependidikan, dan siswa kami dapat mengetahui implementasi budaya sekolah menghafal perkalian dan membaca buku non pelajaran di SDN Mangunharjo 4, sikap dan nilai-nilai setelah menerapkan budaya sekolah tersebut, manfaat dan tujuan, serta permasalahan atau pun kendala yang sering terjadi saat implementasi budaya sekolah tersebut. Sehingga kami berharap budaya ini dapat menjadi inprirasi untuk diterapkan di sekolah lain.
Budaya Sekolah Menghafal Perkalian dan Membaca Buku Non Pelajaran Sebagai Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar Khairunisa, Shiti; Agustin, Rodhiyah Dwi
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.89

Abstract

Budaya sekolah di maknai dengan tradisi sekolah yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan spirit dan nilai-nilai yang dianut di sekolah, artinya budaya sekolah ini berisi kebiasaan-kebiasaan yang disepakati bersama untuk di jalankan dalam waktu yang lama. Jika kebiasaan positif ini sudah membudaya, maka nilai-nilai karakter yang diharapkan akan terbentuk.Pada penelitian ini kami menggunakan jenis penelitian deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai budaya sekolah di SDN Mangunharjo 4. Sumber data yang kami peroleh yang pertama dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan tenaga kependidikan, dan siswa. Kedua hasil pengamatan di lapangan dengan keadaan lingkungan dan budaya yang ada di SDN Mangunharjo 4. Dari hasil pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan tenaga kependidikan, dan siswa kami dapat mengetahui implementasi budaya sekolah menghafal perkalian dan membaca buku non pelajaran di SDN Mangunharjo 4, sikap dan nilai-nilai setelah menerapkan budaya sekolah tersebut, manfaat dan tujuan, serta permasalahan atau pun kendala yang sering terjadi saat implementasi budaya sekolah tersebut. Sehingga kami berharap budaya ini dapat menjadi inprirasi untuk diterapkan di sekolah lain.
SARKASME PADA POST-LITERASI DAN PRA-LITERASI DALAM MEDIA YOUTUBE (KANAL GAME ONLINE) Nur Dwi Sukmono
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.90

Abstract

Kesantunan berbahasa merupakan aspek terpenting dalam berkomunikasi, terutama dalam komunikasi visual. Popularitas ujaran teridentifikasi mampu mengubah skala komunikasi peserta tutur pada kehidupan bermasyarakat secara langsung. Salah satu bentuk pembelajaran ujaran kebahasaan adalah melalui media praliterasi dan postliterasi. Salah satu media yang berjalan secara bersamaan adalah Youtube. Pergeseran budaya praliterasi dan postliterasi mengubah ketertarikan bahan bacaan mereka. Artikel ini menggambarkan tentang pelanggaran-pelanggaran kesantunan berbahasa pada praliterasi (lisan) dan postliterasi (pascatulis). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil data sebanyak mungkin dari video Youtube yang terdapat pada kanal gaming yang selalu menjadi tranding. Ditemukan enam akun pemilik kanal gaming yang terbukti melakukan enam jenis pelanggaran kesantunan berbahasa.
SARKASME PADA POST-LITERASI DAN PRA-LITERASI DALAM MEDIA YOUTUBE (KANAL GAME ONLINE) Sukmono, Nur Dwi
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.90

Abstract

Kesantunan berbahasa merupakan aspek terpenting dalam berkomunikasi, terutama dalam komunikasi visual. Popularitas ujaran teridentifikasi mampu mengubah skala komunikasi peserta tutur pada kehidupan bermasyarakat secara langsung. Salah satu bentuk pembelajaran ujaran kebahasaan adalah melalui media praliterasi dan postliterasi. Salah satu media yang berjalan secara bersamaan adalah Youtube. Pergeseran budaya praliterasi dan postliterasi mengubah ketertarikan bahan bacaan mereka. Artikel ini menggambarkan tentang pelanggaran-pelanggaran kesantunan berbahasa pada praliterasi (lisan) dan postliterasi (pascatulis). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil data sebanyak mungkin dari video Youtube yang terdapat pada kanal gaming yang selalu menjadi tranding. Ditemukan enam akun pemilik kanal gaming yang terbukti melakukan enam jenis pelanggaran kesantunan berbahasa.
PENGARUH RIWAYAT PELATIHAN TERHADAP KREATIVITAS GURU DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN sumiatun sumiatun
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.91

Abstract

Riwayat pelatihan yang diikuti oleh pendidik mempengaruhi kreativitas dalam merancang media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti oleh pendidik dapat mempengaruhi kreativitas dalam merancang media pembelajaran yang ada di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Statistik Inferensial dengan jumlah sampel 30 orang pendidik yang diinterview.Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan angket yang diperoleh dari kuisioner kepada responden (pendidik diKecamatan Ngraho,Kabupaten Bojonegoro).Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa riwayat pelatihan mempengaruhi kreatiivitas dalam merancang media pembelajaran di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro termasuk dalam kategori baik dengan hasil presentase 87% dari 30 orang pendidik.
PENGARUH RIWAYAT PELATIHAN TERHADAP KREATIVITAS GURU DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN sumiatun, sumiatun
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.91

Abstract

Riwayat pelatihan yang diikuti oleh pendidik mempengaruhi kreativitas dalam merancang media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti oleh pendidik dapat mempengaruhi kreativitas dalam merancang media pembelajaran yang ada di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Statistik Inferensial dengan jumlah sampel 30 orang pendidik yang diinterview.Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan angket yang diperoleh dari kuisioner kepada responden (pendidik diKecamatan Ngraho,Kabupaten Bojonegoro).Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa riwayat pelatihan mempengaruhi kreatiivitas dalam merancang media pembelajaran di Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro termasuk dalam kategori baik dengan hasil presentase 87% dari 30 orang pendidik.
Pemahaman Orang Tua Mengenai Gizi Anak Aida Ayu Fitriana
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.92

Abstract

Orang tua memiliki peranan penting dalam pemenuhan asupan gizi anak, sehingga harus paham kebutuhan nutrisi anak makanan yang baik dan makanan yang tidak baik tidak terpengaruh gaya hidup yang serba instan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Klempun Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Jumlah orang yang diwawancara adalah 20 orang dengan ketentuan memiliki anak usia PAUD. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan analisis data angket maka secara umum dapat disimpulkan bahwa pemahaman gizi oleh orang tua di Pos PAUD Tangkas Desa Klempun Kecamatan Ngeraho Kabupaten Bojonegoro bervariasi tergantung sub variabel yang ditanyakan. Diharapkan kepada orang tua untuk selalu belajar dalam memahami gizi
Pemahaman Orang Tua Mengenai Gizi Anak Fitriana, Aida Ayu
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.92

Abstract

Orang tua memiliki peranan penting dalam pemenuhan asupan gizi anak, sehingga harus paham kebutuhan nutrisi anak makanan yang baik dan makanan yang tidak baik tidak terpengaruh gaya hidup yang serba instan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Klempun Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Jumlah orang yang diwawancara adalah 20 orang dengan ketentuan memiliki anak usia PAUD. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan analisis data angket maka secara umum dapat disimpulkan bahwa pemahaman gizi oleh orang tua di Pos PAUD Tangkas Desa Klempun Kecamatan Ngeraho Kabupaten Bojonegoro bervariasi tergantung sub variabel yang ditanyakan. Diharapkan kepada orang tua untuk selalu belajar dalam memahami gizi
Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok B1 Melalui Kegiatan Menghias Menggunakan Teknik Kolase Payet Anggita Yola Prastika; Usep Kustiawan; Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.93

Abstract

The research objective was to find out (1) the implementation of teacher learning in the application to enhance creativity through decorating activities using sequin collage techniques, (2) increasing creativity through decorating activities using sequin collage techniques. Data is collected by observation, interview and documentation techniques. Data analysis was carried out in a qualitative descriptive manner about child and teacher activities, interviews, field notes and documents and quantitatively about improving children's creativity. Researcher's results are: (1) implementation of teacher learning in application to enhance creativity through decorating activities using sequin collage techniques, (2) decorating activities using sequin collage techniques can increase creativity
Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok B1 Melalui Kegiatan Menghias Menggunakan Teknik Kolase Payet Prastika, Anggita Yola; Kustiawan, Usep; Maningtyas, Rosyi Damayani Twinsari
Jurnal Pendidikan Modern Vol 5 No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v5i3.93

Abstract

The research objective was to find out (1) the implementation of teacher learning in the application to enhance creativity through decorating activities using sequin collage techniques, (2) increasing creativity through decorating activities using sequin collage techniques. Data is collected by observation, interview and documentation techniques. Data analysis was carried out in a qualitative descriptive manner about child and teacher activities, interviews, field notes and documents and quantitatively about improving children's creativity. Researcher's results are: (1) implementation of teacher learning in application to enhance creativity through decorating activities using sequin collage techniques, (2) decorating activities using sequin collage techniques can increase creativity

Page 1 of 2 | Total Record : 15