cover
Contact Name
Marudin
Contact Email
markmarudin88@gmail.com
Phone
+6287762226534
Journal Mail Official
jurnalbadaa@gmail.com
Editorial Address
Jl. TGKH M. Zainuddin Abdul Majid No. 134 Pancor, Kec. Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
ISSN : 23563192     EISSN : 27147711     DOI : -
Core Subject : Education,
Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019)" : 6 Documents clear
Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Kaligrafi Dengan Bakat Seni Rupa Siswa MI Miftahul Huda Tanjunganom Diwek Jombang Andreastya, Vian Hanes; Almuhtadin, Iqbal Fidi
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v1i2.247

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi merupakan serangkaian program kegiatan belajar mengajar yang fokus pada pelatihan dan pengembangan tentang seni kaligrafi. Sedangkan bakat merupakan sebuah potensi tersembunyi bawaan dari lahir yang perlu dilakukan latihan dan pengembangan, dengan adanya bakat maka siswa akan mudah serta lebih cepat dalam memahami apa yang dipelajari. Usia anak sekolah dasar merupakan usia perkembangan, yang mana pihak sekolah harus memperkenalkan suatu kegiatan yang dapat memunculkan minat bakat setiap individu siswa, hal tersebut sesuai dengan pendapat Ulin Nuha yang menyatakan “tidak semua orang mampu menguasai khat/kaligrafi dengan baik, karena kemampuan tersebut sangat erat kaitannya dengan bakat yang dimiliki oleh masing-masing individu”. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi di MI Miftahul Huda Tanjunganom. (2) mendeskripsikan bakat seni rupa siswa MI Miftahul Huda Tanjunganom. (3) mendeskripsikan korelasi kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi dengan bakat seni rupa siswa MI Miftahul Huda Tanjunganom. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Expostfacto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3,4 dan 5 MI Miftahul Huda dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Stratified Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3, 4 dan 5 dimana pada setiap kelas akan diambil sebanyak 10 siswa untuk dijadikan sebagai sampel penelitian, sehingga diharapkan mampu mewakili jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi Spearman Rank. Setelah dilakukan analisis hubungan maka dapat diketahui nilai Sig 0,046 ≤ 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Kemudian dari R (koefisien korelasi) bernilai 0,366 (positif), maka korelasi antara X dengan Y termasuk jenis korelasi positif (sebanding).
Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai-nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara Rifa'i, Ahmad; Hayati, Rosita
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v1i2.249

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang peran pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa kelas IV di MIN 13 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait proses pembelajaran akidah akhlak di MIN 13 Hulu Sungai Utara, meliputi pelaksanaan atau proses pembelajaran akidah akhlak dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa.Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak atau pendidik, siswa atau peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Proses analisis data yakni dengan menelaah seluruh data dari hasil observasi, hasil wawancara, dan dokumenter yang berhubungan dengan pembelajaran akidah akhlak dalam, pengecekan keabsahan temuandilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti. Penelitian yang lakukan dapat disimpulkan bahwasanyaproses pembelajaran akidah akhlak guru menjalankan tugasnya sesuai dengan kurikulumyang berlaku,dimana terlihat ketika siswa mampu membiasakan mengucakan salam dan menjawab salam, serta mampu melafalkan asma’ al husna. Dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor keluarga, lingkungan sekolah dan masyarakat.
Penerapan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Tajwid Di Rumah Qur’an An-nur Banjarmasin Ansari, Muhammad Iqbal
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v1i2.251

Abstract

Salah satu kesulitan peserta didik dalam belajar ilmu tajwid adalah ketidak sesuaian gaya belajarnya dengan metode yang diterapkan. Olehsebabitu guru harus mengajar dengan metode yang mengakomodasi berbagai gaya belajar. Metode yang dianggap sangat representative adalah metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi pada pembelajaran tajwid di Rumah Qur’an An-Nur Banjarmasin serta mengungkap kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisstudi kasus. Data primer yang digunakan ialah narasumber, aktivitas, dan lokasi.Analisis dilakukan melalui proses pengumpulan, reduksi, paparan, verifikasi data,dilanjutkan pengambilan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran terdiri dari:1) perencanaan melalui penunjukkan beberapa guru mengikuti pelatihan pembelajaran tajwid dengan metode bernyanyi Fun Tahsin,2) Pengorganisasian dilakukan dengan memberikan tanggung jawab kepada guru yang diberi pelatihan menjadi Divisi Akademik dan mengajarkan metode bernyanyi kepada guru lainnya, 3) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan metode sam’iyyah syafawiyyah yaitu dengan memperdengarkan materi lagu dan dilanjutkan dengan menyanyikan materi yang didengar oleh peserta didik, dan 4) evaluasi yang dilaksanakan dengan 2 cara, yaitu formatif dan sumatif. Kendala yang dihadapi pada proses pembelajaran dengan metode bernyanyi ialah ketidakhadiran peserta didik dan guru yang masih kurang ekspresif dan malu-malu mengajar dengan cara bernyanyi.
Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV Di MI NW Rumbuk Tahun Pelajaran 2019/2020 Yuliana, Elfa
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v1i2.252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI NW Rumbuk Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV pada pembelajaran Akidah Akhlak MI NW Rumbuk Tahun Pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menentukan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 peserta didik pada siklus I pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture terdapat masih banyak siswa kelas 4 MI NW Rumbuk, yang tidak tuntas secara individual sehingga ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I mencapai 60% dan belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan yaitu 70%. Jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (60%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa (40%) dengan nilai rata-rata 74,75%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal peserta didik belum tuntas sebab peserta didik yang memperoleh nilai 60% jauh lebih kecil dari presentasi ketuntasan klasikal yang dikehendaki yaitu 70%. Pada siklus II diperoleh data ketuntasan klasikal sebesar 85% atau 17 orang siswa memperoleh nilai 85% dengan rata-rata hasil belajar 76,5. Hasil pada siklus II tersebut menunjukkan secara klasikal siswa sudah tuntas, sebab siswa yang memperoleh nilai KKM 70% lebih besar dari ketuntasan klasikal yang dikehendaki yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI NW Rumbuk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Pembelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI NW Dames Fitriani, Siti Nurul
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v1i2.253

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran SAVI terhadap prestasi belajar IPA siswa MI NW Dames. Populasi dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas IV MI NW Dames dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen serta pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling (sampel acak sederhana) yaitu mengacak semua kelas IV yang kemampuannya dianggap setara” dengan hasil kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 22 dan 21 orang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dimana terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Teknik pengambilan sampelnya yaitu simple random sampling, dimana dalam pengambilan sampel dipilih secara acak sederhana.Model desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk memperoleh prestasi belajar siswa. Teknik analisis data berupa data kuantitatif.Uji hipotesisnya menggunakan uji-t untuk mencari perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, artinya terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa.Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test independent dapat disimpulkan adaperbedaan yang positif dan signifikan pada model pembelajaran SAVI dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV MI NW Dames.
Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/ 2020 Aini, Baiq Halimatuz Zuhrotul
BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Tarbiah Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37216/badaa.v1i2.254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Membaca Mengunakan Media Gambar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian dalam penelitian ini Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengumpulkan data hasil kemapuan membaca siswa, digunakan instrument tes kemapuan membaca berdasarkan kriteria dan indikator-indikator yang telah ditentukan.. Hasil penelitian menunjukan : siklus I rata-rata kemampuan membaca siswa adalah 65,85 dan tingkat prosentase ketuntasan mencapai 55% dengan tingkat kemampuan sedang. Pada siklus II rata – rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 76 dan tingkat kemampuan sudah tergolong tinggi dengan tingkat ketuntasan mencapai 85% sesuai dengan target yang telah ditetapkan peneliti yaitu 80%. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas I SDN 1 Suralaga tahun pelajaran 2019/2020

Page 1 of 1 | Total Record : 6