KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya"
:
12 Documents
clear
ANALISIS KEPUASAN KERJA GURU FISIKA DI SMKN 5 BANTAENG
Napsawati Napsawati
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (242.497 KB)
Abstrak: Analisis kepuasan Kerja Guru Fisika di SMKN 5 Bantaeng. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif . Adapun lokasi penelitian ini yaitu pada SMKN 5 Bantaeng Sulawesi Selatan. Fokus dalam penelitian ini yaitu kepuasan Kerja Guru fisika di SMKN 5 Bantaeng dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Informan dalam penelitian ini yaitu guru fisika SMKN 5 Bantaeng dan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, maka Kepala sekolah juga menjadi informan terakhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang mengacu pada masalah penelitian yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja guru fisika yang berstatus Non PNS tidak setinggi kepuasan kerja guru fisika yang berstatus PNS yang disebabkan oleh faktor imbalan atau pemenuhan kebutuhan yang kurang sesuai dengan beban kerja, namun dari kedisiplinan dan kreatifitas antar keduanya senantiasa dikembangkan demi kemajuan SMKN 5 Bantaeng. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja guru fisika SMKN 5 Bantaeng antara lain yaitu, tanggung jawab, kemajuan, pengakuan dan imbalan yang diperoleh.
PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO
Yusdarina Yusdarina
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (257.246 KB)
Abstrak: Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development) yang menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Siswa (BS), (3) Lembar kerja siswa (LKS), dan (4) tes pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan desain pra eksprimen untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep fisika siswa dalam pokok bahasan getaran dan gelombang setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah. Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, minat belajar dan mendeskripsikan pemahaman konsep fisika. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes pemahaman konsep fisika setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Demikian juga dengan minat belajar siswa setelah diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori berminat. Sedangkan hasil pemahaman konsep fisika siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dimana sebelum diterapkan pembelajaran berbasis masalah pemahaman konsepnya belum mencapai ketuntasan klasikal.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE BERVARIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GALESONG UTARA
Muhammad Taqwin;
Mutahharah Hasyim
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (469.523 KB)
Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Langsung dengan Metode Bervariasi terhadap Kemampuan Berpikir Logis Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galesong Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen, (2) seberapa besar kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point, dan (3) perbedaan kemampuan berpikir logis fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik, Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain adaptasi Static-group comparison design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media power point. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galesong Utara terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 304 orang peserta didik. Kelas yang terpilih sebagai sampel ada dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah sampel masing-masing 47 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen berada pada kategori tinggi, (2) kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point berada pada kategori tinggi, dan (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 TAKALAR
Mutahharah Hasyim;
Muhammad Taqwin
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (464.083 KB)
Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen, (2) seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point, dan (3) perbedaan pemahaman konsep fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain adaptasi Static-group comparison design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media power point. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Takalar terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 304 orang peserta didik. Kelas yang terpilih sebagai sampel ada dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah sampel masing-masing 47 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen berada pada kategori tinggi, (2) pemahaman konsep fisika peserta yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point berada pada kategori tinggi, , dan (3) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODIFIED FREE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 3 TAKALAR
Rosita Hasanuddin;
Nurhayati -;
Mutahharah Hasyim
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (465.482 KB)
Abstrak: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Modified Free Inquiry pada Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 3 Takalar. Telah dilakukan penelitian pengembangan LKPD berbasis modified free inquiry pada pembelajaran Fisika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan LKPD Fisika yang telah dikembangkan pada umumnya berbasis inkuiri terbimbing, sementara yang dituntut dalam kurikulum 2013 mengarah pada pembelajaran yang berbasis inkuiri bebas. Sebelum melangkah ke inkuiri bebas, peneliti bermaksud untuk mengembangkan LKPD yang berbasis inkuiri bebas yang dimodifikasi atau modified free inquiry. Berdasarkan hasil analisis diperoleh gambaran bahwa LKPD berbasis modified free inquiry pada pembelajaran fisika kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Takalar yang layak digunakan adalah LKPD yang valid dengan nilai validity content sebesar 1,00; dan keterlaksanaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berada dalam kategori terlaksana seluruhnya walaupun masih ada bagian yang belum terlaksana secara maksimal, yaitu pada tahap menganalisis data dan menarik kesimpulan.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PESERTA DIDIK KELAS XII IPA3 SMA NEGERI 4 SINJAI
Darwis Darwis
Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (168.637 KB)
Abstrak: Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Peserta Didik Kelas XII IPA3 SMA Negeri 4 Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik serta untuk mengetahui respon peserta didik dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw.Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA3 SMA Negeri 4 Sinjai sebanyak 26 orang.Hasil ini menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,42,aktivitas peserta didik mengalami kenaikan,aktivitas guru dlam proses pembelajaran telah terlaksana dengan baik,serta peserta didik memberikan respon
ANALISIS KEPUASAN KERJA GURU FISIKA DI SMKN 5 BANTAENG
Napsawati, Napsawati
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46918/karst.v2i1.254
Abstrak: Analisis kepuasan Kerja Guru Fisika di SMKN 5 Bantaeng. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif . Adapun lokasi penelitian ini yaitu pada SMKN 5 Bantaeng Sulawesi Selatan. Fokus dalam penelitian ini yaitu kepuasan Kerja Guru fisika di SMKN 5 Bantaeng dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Informan dalam penelitian ini yaitu guru fisika SMKN 5 Bantaeng dan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, maka Kepala sekolah juga menjadi informan terakhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang mengacu pada masalah penelitian yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja guru fisika yang berstatus Non PNS tidak setinggi kepuasan kerja guru fisika yang berstatus PNS yang disebabkan oleh faktor imbalan atau pemenuhan kebutuhan yang kurang sesuai dengan beban kerja, namun dari kedisiplinan dan kreatifitas antar keduanya senantiasa dikembangkan demi kemajuan SMKN 5 Bantaeng. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja guru fisika SMKN 5 Bantaeng antara lain yaitu, tanggung jawab, kemajuan, pengakuan dan imbalan yang diperoleh.
PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO
Yusdarina, Yusdarina
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46918/karst.v2i1.255
Abstrak: Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development) yang menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Siswa (BS), (3) Lembar kerja siswa (LKS), dan (4) tes pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan desain pra eksprimen untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep fisika siswa dalam pokok bahasan getaran dan gelombang setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah. Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, minat belajar dan mendeskripsikan pemahaman konsep fisika. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes pemahaman konsep fisika setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Demikian juga dengan minat belajar siswa setelah diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori berminat. Sedangkan hasil pemahaman konsep fisika siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dimana sebelum diterapkan pembelajaran berbasis masalah pemahaman konsepnya belum mencapai ketuntasan klasikal.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE BERVARIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GALESONG UTARA
Taqwin, Muhammad;
Hasyim, Mutahharah
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46918/karst.v2i1.257
Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Langsung dengan Metode Bervariasi terhadap Kemampuan Berpikir Logis Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galesong Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen, (2) seberapa besar kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point, dan (3) perbedaan kemampuan berpikir logis fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik, Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain adaptasi Static-group comparison design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media power point. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galesong Utara terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 304 orang peserta didik. Kelas yang terpilih sebagai sampel ada dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah sampel masing-masing 47 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen berada pada kategori tinggi, (2) kemampuan berpikir logis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point berada pada kategori tinggi, dan (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir logis fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 TAKALAR
Hasyim, Mutahharah;
Taqwin, Muhammad
Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 2 No 1 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muslim Maros
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46918/karst.v2i1.258
Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen, (2) seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point, dan (3) perbedaan pemahaman konsep fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain adaptasi Static-group comparison design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan media power point. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Takalar terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 304 orang peserta didik. Kelas yang terpilih sebagai sampel ada dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah sampel masing-masing 47 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen berada pada kategori tinggi, (2) pemahaman konsep fisika peserta yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point berada pada kategori tinggi, , dan (3) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika untuk peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode eksperimen dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah menggunakan media power point pada peserta didik.