cover
Contact Name
Atika Dini Savitri
Contact Email
-
Phone
+6285232734788
Journal Mail Official
ubthumaniora@gmail.com
Editorial Address
Gedung Rektorat Lantai 3 Jl. Lama No. 01, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Borneo Humaniora
Jurnal Borneo Humaniora adalah jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dosen. Yang tergolong dalam rumpun ilmu humaniora yaitu: Ekonomi, Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, dan Psikologi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal BORNEO HUMANIORA (p-ISSN 2615-4331 dan e-ISSN 2599-3305) yang diterbitkan oleh LPPM UBT setahun 2 kali terbit pada bulan Februari dan Agustus. Untuk menunjang kelangsungan eksistensi Jurnal Borneo Humaniora redaksi mengundang para peneliti untuk menyumbangkan artikel hasil penelitian di bidang Ilmu-ilmu Humaniora.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Februari" : 7 Documents clear
KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN BERDASARKAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Suriata, Suriata; Sasmita, Sari
Jurnal Borneo Humaniora Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2452

Abstract

Salah satu tantangan perguruan tinggi ditengah pandemi ini adalah dengan memfasilitasi mahasiswa agar dapat memiliki kemandirian dalam belajar dan mencari sumber belajar sesuai dengan target pembelajaran yang ingin dicapai, sehingga perlu dilakukan sebuah penelitian tentang kemandirian belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Borneo Tarakan berdasarkan ketersediaan sumber belajar di tengah pandemi Covid-19. Tujuan untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa dan mengetahui  sumber belajar apa saja yang digunakan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran ditengah pandemi.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis kemandirian mahasiswa Bimbingan dan Konseling berdasarkan ketersediaan sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. Pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2020. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data yang diperoleh melalui kuesioner/angket dan wawancara dimana yang menjadi responden inti yaitu mahasiswa dan responden verifikasi adalah dosen. Kemandirian belajar mahasiswa  Jurusan Bimbingan dan Konseling tingkat kemandirian belajar berada pada tingkat tinggi dengan persentase 32,5% dan pada tingkat sedang dengan persentase 67,5%. Sumber belajar yang digunakan mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Borneo Tarakan berupa materi-materi yang dapat diakses oleh mahasiswa melalui moddle universitas dan juga dari hasil browsing dari berbagai sumber di internet. 
Edmodo Based Blended Learning Model Employed In Comprehending Reading Text Wibowo, Amiruddin Hadi; Ulfaika, Romlah
Jurnal Borneo Humaniora Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2471

Abstract

The use of Edmodo-based blended learning in reading comprehension at Surabaya Merchant Marine Polytechnic. This study used both online and offline lectures. Edmodo was used by students and lecturers in online lectures. Students and lecturers discussed the topics they have seen and studied at homes. This learning model is preferred by students. This study used three instruments: participant observation, in-depth interview, and questionnaire. The study's subjects were lecturers and students at Merchant Marine Polytechnic of Surabaya. The results showed an intensity and quality of student to student and student-lecturer interactions. The students preferred the Edmodo-based blended learning model. The workload for students is moderate. Thus, the Blended Learning model operates well in reading comprehension classes. Keyword; Edmodo, Blended Learning, Reading Comprehension
PENERAPAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Pamuji, Siti Sulistyani
Jurnal Borneo Humaniora Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2260

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan penerapan literasi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia yang dilaksanakan oleh dosen selama masa pandemi Covid-19 di Universitas Borneo Tarakan. Mahasiswa harus terus diberikan motivasi dan penerapan gerakan literasi dalam pembelajaran. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut melaksanakan tahapan dari Miles dan Huberman dalam menganalisis data. Tahap yang pertama yang dilakukan yaitu (1) reduksi data (2) menyuguhkan data (Data Collection), (3) Kesimpulan (Data Display) dan (4) verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis literasi yang dilakukan dosen dan mahasiswa terkait keterampilan berbahasa meliputi menyimak, berbiara, menulis dan membaca pada mata kuliah bahasa Indonesia. penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis literasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. 
BENTUK TUTURAN DIREKTIF DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT Fathonah, Siti
Jurnal Borneo Humaniora Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2708

Abstract

Direktif merupakan tindak tutur yang dipakai oleh penutur untuk menyuruh atau membuat orang lain melakukan sesuatu yang ia inginkan baik itu dalam melakukan sesuatu atau menyatakan sesuatu. Layanan masyarakat merupakan iklan layanan yang memberikan gambaran terhadap kejadian yang berlaku untuk saat ini dengan iklan layanan masyarakat diharapkan masyarakat mengetahui berita terkini. Bahasa yang digunakan dalam iklan layanan masyakarat banyak menggunakan tuturan jenis direktif yaitu ingin supaya yang membacanya melalukan hal yang disampaikan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melihat tuturan direktif. Data berupa bentuk tuturan yang ada di dalam iklan layanan masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk tuturan yang dinyatakan dalam tuturan direktif dalam iklan layanan masyarakat.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VIA SDN 015 TARAKAN Puspitasari, Dewi
Jurnal Borneo Humaniora Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2709

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas VIA SDN 015 Tarakan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas VIA SDN 015 Tarakan.Subjek dalam penelitian ini  adalah siswa kelas VIA semester 2 SDN 015 Tarakan yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 bulan mulai bulan Januari 2020 sampai bulan April 2020. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara statistic deskriptif  menggunakan rumus persentase.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas VIA SDN 015 Tarakan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan klasikal pada siklus I pertemuan 1 yang tuntas hanya 13 orang siswa atau 59,09%, sedangkan pada pertemuan berikutnya terjadi peningkatan yang signifikan hingga pada siklus III pertemuan 6 terdapat 20 siswa atau 90,91% mencapai ketuntasan dalam pembelajaran, demikian juga terjadi aktivitas siswa dan guru sangat aktif sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD materi matematika bangun ruang siswa kelas VIA SD Negeri 015 Tarakan.
PENGARUH MEDIA LITERASI VISUAL DALAM MENULIS TEKS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BUNGASUNGGU KECAMATAN BIRING BULU KABUPATEN GOWA Rahayu, Sri; Saputra, Ady
Jurnal Borneo Humaniora Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2710

Abstract

Literasi visual menjadi hal penting dalam pemahaman suatu teks bahasa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jenis Penelitian Eksperimen ini mendeskripsikan bagaimana pengaruh media literasi visual dalam menulis teks siswa Kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa dan bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media literasi visual terhadap menulis teks siswa Kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa. Sampel dan populasi adalah murid kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa yang masing-masing berjumlah 10 murid. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media literasi visual terhadap siswa. Hasil penelitian adalah pembelajaran dengan media literasi visual telah terlaksana dengan baik, murid yang termasuk dalam kriteria minat belajar tinggi mencapai 90%, diperoleh t Hitung = 1,811 dan t Tabel = 2,262 maka diperoleh t Hitung t Tabel atau 1,811 2,262 Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media literai visual dalam pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks  siswa kelas V SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa.
Faktor Pendorong dan Peran Isteri dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga Nelayan Pesisir di Kota Tarakan Sidik, Jafar
Jurnal Borneo Humaniora Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v5i1.3094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran isteri dalam memenuhi kebutuhan rumah rangga, dan berapa besar kontribusi pendapatan isteri terhadap pendapatan keluarga, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendorong isteri nelayan melakukan pekerjaan sebagai upaya memenuhi kebutuhan rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Peran isteri pada pekerjaan sektor perikanan 46% dengan kontribusi pendapatan 38,57% meliputi; pengeringan dan pengolahan ikan, penjemur rumput laut, dan non perikanan 56% umumnya sektor perdagangan sebagai penjual sembako, penjual es dan kuliner lainnya. Rata-rata Pendapatan Isteri nelayan Rp. 2.094.000 per bulan sedangkan pendapatan suami Rp. 2.334.667, dengan kontribusi pendapat isteri sebesar 47,28% dari pendapatan keluarga. Pekerjaan yang dilakukan isteri juga didorong oleh memanfaatkan waktu luang, pemenuhan kebutuhan keluarga, kebutuhan usaha sendiri dan usaha suami dan biaya pendidikan anak. Terkait dengan perasaan melakukan pekerjaan dan ketercukupan penghasilan, 90% isteri merasa penghasilan yang diterima cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan 97 % merasa bahagia dengan peran yang dilakukan.  Meningkatkan partisipasi isteri dalam bekerja dan berusaha  guna memenuhi kebutuhan rumah tangga, merupakan stategi sangat penting pada keluarga nelayan, khususnya pada sektor non perikanan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7