cover
Contact Name
Sandi
Contact Email
-
Phone
231605
Journal Mail Official
tarbiyatuwatalim@staisyamsululum.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No. 33 Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 27159507     EISSN : 27159337     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Tarbiyatu wa Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Education, which includes Islamic Education Materials; Educators and Students; Learning methods; Curriculum; Politics of Education; Educational Philosophy; and History of Islamic Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Upaya Menangani Masalah Pembelajaran di Madrasah" : 5 Documents clear
Pemikiran K. H. Ahmad Sanusi tentang Pendidikan Agama Islam dalam Kitab Sirojul Adzkiya fii Tarjamatil Azkiya Mohammad Irfan Surya Solehudin
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2023): Upaya Menangani Masalah Pembelajaran di Madrasah
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ulama yang telah wafat ruh perjuangan dan keberkahannya akan selalu ada dan dirasakan. K. H. Ahmad Sanusi adalah ulama yang selalu memberikan penerangan melalui karya-karyanya, sehingga menjadi sebuah keilmuan yang dapat dirasakan manfaatnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Pendidikan Agama Islam menurut K. H. Ahmad Sanusi dalam Kitab Siroojul Adzkiya fii Tarjamatil Azkiya. Metode yang digunakan ialah penelitian pustaka (Library Research). Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian bahwa kitab Sirojul Adzkiya fii Tarjamatil Azkiyah adalah termasuk ke dalam jenis kitab bidang Tasawuf. Kitab ini merupakan syarh/penjelasan dari kitab Hidayatul Adzkiya karya Syaikh Zainudin Malibari. Kitab ini berisi 187 bait beraksara pegon sunda. Kitab ini menjelaskan tentang trilogi tasawuf, yaitu thariqah, hakikat dan syariat. K. H. Ahmad Sanusi menuturkan bahwa orang yang hendak menelusuri kepada thariqat para wali Allah (Auliya) harus memegang kepada wasiat yang sembilan untuk menempuh ridha-Nya, di antaranya yaitu al-Taubah (taubat), al-Qana’ah (merasa cukup), Ta’allum ‘Ilm (menuntut ilmu), Hifzh al-Waqt (tepat waktu), Muhafazhatu ‘ala al-Sunan (menjaga sunnah), al-Ikhlash (ikhlas), Zuhd (zuhud), al-Istiqamah, dan al-Tawakkal (berserah diri). Sembilan wasiat tersebut akan melatih dan membantu ruhaniah kita menjadi insan yang lebih baik.
Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Atas Pesantren Terpadu Abiyyu Naufal Malik; Mulyawan Safwandy Nugraha; Endin Nasrudin
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2023): Upaya Menangani Masalah Pembelajaran di Madrasah
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesipsikan kepemimpinan transformasional pimpinan yaitu kepala sekolah SMAPT Hayatan Thayyibah pada lembaganya apakah gaya kepemimpinanya tersebut dapat memperngaruhi secara positif kepada bawahanya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitianya adalah: (1) Perhatian emosional dapat mempengaruhi guru dan karyawan secara pribadi, sosial, ekonomi, hubungan dan situasi kerja, kepedulian hal-hal kecil, memberikan kesempatan untuk kuliah dan melanjitkan studi, memberikan apreasiasi dan ucapan selamat menjadikan semangat dan selalu berlomba dalam hal kebaikan. (2) Pimpinan selalu memperhatikan keluhan dan masalah yang dialami oleh bawahan, sehingga dengan kehadiran kepala sekolah menjadi sesuatu yang di tunggu oleh setiap staff dan guru. (3) Berdasarkan temuan pula peneliti melihat bahwa kepala sekolah memberikan kesempatan kerja untuk berekpresi bagi bawahanya. (4) Kepala sekolah memberikan peluang kepada bawahanya untuk berkarya diluar sekolah, ada yang menjadi penceramah, trainer, aktif di tengah-tengah organisasi kemanuasiaan, yayasan, dan tempat lainya.
Penerapan Model Addie untuk Meningkatkan Intensitas Menghafal Peserta Didik pada Pembelajaran Tahfidz Dudun Najmudin; Yasni Alami
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2023): Upaya Menangani Masalah Pembelajaran di Madrasah
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelakasanaan program Tahfidz di MA Mazro’atul Ulum Citiis Pagelaran, penerapan model Addie pada mata pelajaran Tahfidz, perbedaan intensitas menghafal peserta didik pada Mata Pelajaran Tahfidz. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MA Mazro’atul Ulum Citiis. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 orang (30 peserta didik dari kelas eksperimen dan 30 orang dari kelas kontrol). Instumen penelitian yang digunakan adalah angket sebanyak 30 untuk mengetahui intensitas menghafal, dan tes lisan dan tes tulis sebanyak 30 soal untuk mengetahui kemampuan hafalan peserta didik. Data kuantitatif dianalis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Disecovery Laerning masih memiliki kekurangan-kekurangan yang menjadi hambatan kepada peningkatan intensitas menghafal dan kemampuan hafalan peseta didik, sedangkan model Addie relevan diterapkan dalam proses pembelajaran Tahfidz, karena mampu meningkatkan rata-rata intensitas menghafal sebesar 12,7 dan meningkatkan rata-rata kemampuan hafalan sebesar 3,43.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Didin Muhidin; Hilyas Hibatullah Abdul Kudus
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2023): Upaya Menangani Masalah Pembelajaran di Madrasah
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini merupakan salah satu langkah yang menurut peneliti diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sejalan dengan prosedur dan langkah PTK untuk mengukur keberhasilan tindakan, instrumen dibagi menjadi dua bagian, yaitu Tes dan Non Tes. Hasil penelitiannya yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 MAS Syamsul Ulum Kota Sukabumi pada materi Logika Matematika, hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang meningkat pada setiap siklusnya. Suasana belajar siswa juga pada umumnya bersifat positif dilihat dari jurnal harian siswa. Aktifitas siswa dalam pembelajaran baik, terutama dalam aktifitas kelompok siswa bisa bertukar pendapat dengan teman sekelompoknya, lebih berani bertanya tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan dapat mengemukakan pendapatnya dengan cara yang tepat.
Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Yasni Alami; Dudun Najmudin
Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2023): Upaya Menangani Masalah Pembelajaran di Madrasah
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami tentang bagaimana implementasi kurikulum Merdeka di madrasah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka atau studi kepustakaan, oleh karena itu sifat penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (library reseach). Data yang dikumpulkan seluruhnya berasal dari literatur maupun bahan dokumentasi lain, seperti buku, jurnal, maupun media lain yang relevan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yang merupakan langkah-langkah dalam rangka representasi obyektif tentang realitas yang terdapat di dalam masalah yang diteliti. Berdasarkan kajian bahwa madrasah dengan seiringnya waktu mengikuti kurikulum Merdeka, walaupun secara bertahap dimulai pada tahun Pelajaran 2022/2023 berdasarkan perjenjang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5