cover
Contact Name
Juniarto Rojo Prasetyo
Contact Email
-
Phone
+6281293805765
Journal Mail Official
jurnalmanajemenkewirausahaan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
ISSN : 18581408     EISSN : 26549247     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, human resources, and strategic management. This journal did not give limitation on research methods, both quantitative and qualitative can be accepted and the data from primary, secondary, and literature review.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019" : 10 Documents clear
NILAI KEPUASAN PELANGGAN : KESESUAIAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN YANG DIRASAKAN KONSUMEN Surya Bintarti
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.315

Abstract

Kecenderungan peningkatan jumlah pengguna jasa kereta api adalah suatu perkembangan yang  yang sangat pesat, namun sebagaimana diketahui bahwa kualitas yang ditawarkan oleh jasa kereta Api  juga semakin baik, sehingga tingginya  peningkatan pengguna jasa kereta api ini juga diibangi oleh  adanya perkembangan kuliatas yang diberikan dengan dibarengi pula oleh adanya kenaikan harga yang diterapkan, namun demikian  hal ini juga dibarengi oleh adanya peningkatan pelayanan yang diberikan dengan diiringi oleh adanya kenaikan harga yang ditetapkan, adalah salah satu kebijakan yang diambiloleh perusahaan Perkeretapian Indonesia untuk meningkatkan kepuasan konsumen sebagai pengguna jasa ini. Penetapan dan kesesuain harga yang ditetapkan dari pihak kereta api dan kualitas pelayanan yang diberikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa kereta commuter linesebesar 30,6%,sehingga dapat dikatakan bahwa harga dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang positif, walupun relative rendah,  hal ini dikarenakan adanya ketidak sesuaian antara harga yang ditetapkan atau dicantumkan dengan kesesuaian dalam realisasi harga, dan sisanya sebesar 60,6 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain.
PENGARUH NET FOREIGN FUND DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM Adrianna Syariefur Rakhmat
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.308

Abstract

Pasar modal merupakan sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi. Instrumen investasi yang banyak dipilih oleh para investor adalah saham. Salah satu keuntungan dan kerugian yang dapat diperoleh dari saham adalah capital gain/loss yang disebabkan karena naik turunnya harga saham.Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari net foreign fund dan inflasi terhadap harga saham PT Gudang Garam Tbk tahun 2015 – 2017, baik secara parsial ataupun simultan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari hasil publikasi Bank Indonesia pada website resmi BI (www.bi.go.id) untuk inflasi dan hasil publikasi Bursa Efek Indonesia pada website resmi BEI (www.idx.co.id) untuk net foreign fund dan harga saham. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sampel dari penelitian ini yaitu perusahaan dengan harga saham tertinggi di BEI. Metode analisis yang digunakan didalam penelitian ini adalah model analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji regresi serta uji hipotesis.Hasil penelitian yang didapat setelah melakukan pengujian yaitu bahwa net foreign fund berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Secara simultan net foreign fund dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Kata Kunci: pasar modal, harga saham, net foreign fund, inflasi
PENGARUH SYSTEMIC FAIRNESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI TRUST DAN PERVEICED VALUE SABAR PARDAMEAN TOBING
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.273

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini untuk menjelaskan secara empiris keadilan di dalam menciptakan kepuasan pelanggan yang menggunakan internet pada konteks penggunkaan internet banking. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mekanisme pembentukan keadilan yang menentukan kepuasan pelanggan yang menggunakan internet. Rancangan di  dalam penelitian melalui survei digunakan untuk meneliti model penelitian berdasarkan teori hubungan pemasaran yang meneliti keadilan, kepercayaan, nilai yang dirasakan oleh pelanggan, dan kepuasan pelanggan. Total jumlah responden sebanyak 110 responden yang dianalisis menggunakan software AMOS version 7 (Analyses of Moment Structures) melalui teknik Model Persamaan Struktural (SEM). Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan di dalam penggunaan internet banking, keadilan mencakup keadailan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan informasional yang memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kepercayaan diidentifikasikan sebagai variabel perantara di dalam pembentukan keadilan sehingga tercapainya kepuasaan pelanggan. Hasil dari penelitian ini menyimpulan bahwa pada konteks penggunaan internet, dimana interaksi manusia terjadi dengan teknologi, keadilan berperan penting di dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Secara lebih jauh, perbandingan antara konteks penggunaan internet juga dijelaskan. Implikasi menajerial bagi manajer layanan jasa, keadilan penting di dalam pembentukan operasional melibatkan aktivitas pemasaran, konsisten didalam menjalankan prosedur, dan menyampaikan informasi kepada pelanggan. Keterbatasan di dalam penelitian ini merupakan salah satu usaha untuk menjelaskan konsep keadilan di dalam penggunaan internet banking, yang merupakan variabel perantara di dalam menciptakan kepuasan pelanggan yang menggunakan internet. Kata Kunci: internet banking, layanan jasa, perceived value, kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan
PENGARUH KEPUASAN KERJA, STRES KERJA DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP TURNOVER INTENTION Joni Heruwanto; Heri Priyana; Rasipan Rasipan
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.307

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, stress kerja, dan budaya perusahaan terhadap turnover intention pada PT. Lion Mentari Airlines di Bandara Soekarno - Hatta.Penelitian dilakukan pada PT. Lion Mentari Airlines di Bandara Soekarno - Hatta. Dengan mengambil 100 responden sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik unprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling.Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap turnover intention; 2) Hasil penelitian ini membuktikan bahwa stress kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention; 3) Hasil penelitian ini membuktikan bahwa budaya perusahaan berpengaruh signifikan terhadap turnover intention. Kata Kunci: kepuasan kerja, stres kerja, budaya perusahaan, turnover intention
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRODUK TERHADAP TINGKAT PENJUALAN Esti Handayani
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.313

Abstract

ABSTRAK Selain untuk meningkatkan penjualan, bank perlu melakukan strategi bauran pemasaran yaitu salah satunya melalui strategi produk yang handal dalam usaha meningkatkan kualitas tingkat penjualan suatu produk.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana dan sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dan strategi produk dalam meningkatkan penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat.Peneliti menentukan banyaknya populasi penelitian yang diambil secara acak adalah berjumlah 100 orang nasabah dan sampel diambil berdasarkan jawaban yang diserahkan kembali yaitu 50 responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Kategori jawaban responden penelitian terhadap angket terdiri atas lima skala berdasarkan skala Likert. Dalam pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS. Pengujian statistik yang digunakan adalah dengan perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa dan analisa regresi.Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil analisa data, ditemukan bahwa koefisien korelasi antara kualitas pelayanan terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang kuat yaitu sebesar 0,829 dan setelah diuji hipotesa dengan uji t korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.Koefisien korelasi antara strategi produk terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang sangat kuat, yaitu sebesar 0,776 dan setelah diuji hipotesa dengan uji t korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.Begitu pula koefisien korelasi antara kualitas pelayanan dan strategi produk secara bersama-sama terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat, adalah positif dengan tingkat hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 0,886 dan setelah diuji hipotesa dengan uji F korelasi tersebut memiliki hubungan yang signifikan.Kemudian didapat hasil uji koefisien regresinya pun menunjukkan hubungan lurus dan positif dilihat dari kontribusi variabel kualitas pelayanan dan strategi produk terhadap tingkat penjualan pada Bank CIMB Niaga Bekasi Barat dengan persamaan regresi berganda, yaitu: Y = 4,731 + 0,934 X1 + 1,281 X2. Kata Kunci: kualitas pelayanan, strategi produk, tingkat penjualan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MEDIS DAN INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN Yoyo Indah Gunawan; Martono Saragih
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.301

Abstract

Pada penelitian ini ada dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan medis terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor dan tujuan kedua adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi layanan administrasi terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor.Penelitian dilakukan di Klinik Gracia Bogor dengan mengambil 100 pasien sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus Slovin dari total populasi 5000 pasien pada margin error 10%. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Metode penarikan sampel dengan teknik non-probability sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan sebagai alat analisis dan uji-F sebagai uji kelayakan model sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t.Penelitian menghasilkan dua temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kualitas pelayanan medis memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor; 2) Inovasi layanan administrasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor.Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan pasien disarankan agar terus meningkatkan kualitas pelayanan medis dan membuat inovasi pada layanan administrasi pada Klinik Gracia Bogor. Kata Kunci: kualitas pelayanan medis, inovasi layanan administrasi, kepuasan pasien
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK NEGARA INDONESIA siti laela; hafish sadiq
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.304

Abstract

ABSTRAKKualitas pelayanan dan brand image faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi loyalitas. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah; 2) Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas nasabah.Penelitian ini dilakukan di Bank Negara Indonesia KCP DPR RI Senayan Jakarta dengan mengambil nasabah sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus proporsi untuk populasi besar atau tidak terhingga. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi sederhana dan ganda sebagai analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan uji t dan uji F.Penelitian menghasilkan dua temuan sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki tingkat signifikan sebesar (0,000) < α (0,05); 2) Brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel brand image memiliki tingkat signifikan sebesar (0,000) < α (0,05); 3) Dalam penelitian ini setelah dilakukan pengujian terhadap kedua variabel independen secara simultan ternyata dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan brand image berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah.Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan loyalitas nasabah disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki kualitas pelayanan dan brand image. Kata Kunci: kualitas pelayanan, brand image, loyalitas nasabah.                                                                                                                                           
KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI SAMSUNG EXPERIENCE STORE LOTTE SHOPPING AVENUE Yuli Triastuti; JAYADI JAYADI; rivat sutarto
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.311

Abstract

ABSTRAKKinerja karyawan di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kompetensi dan kompensasi. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk  mengetahui pengaruh kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue.Penelitian dilakukan di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 30 responden atau merupakan sampel jenuh karena jumlah populasi yang ada di Samsung Experience Store Lotte Shopping Avenue 30 karyawan. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F dengan bantuan program SPSS ν.24.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kompetensi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan; (2) Kompensasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.  Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kinerja karyawan disarankan  meningkatkan  kompetensi karyawan terus menerus karena  kompetensi memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan kompensasi dalam mempengaruhi kinerja. Kata Kunci: kompetensi, kompensasi, kinerja
PENGARUH PENGENDALIAN STRES KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA PEGAWAI Merryati Santoso
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.312

Abstract

Pengelolaan stres kerja dan pengembangan karier pegawai merupakan dua faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja pegawai PT. Woori Bio Corpora, Jakarta Selatan. Untuk mengetahui pengaruh keduanya dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui pengaruh pengelolaan stres kerja dan pengembangan karier pegawai terhadap kinerja pegawai PT. Woori Bio Corpora.Penelitian ini melibatkan 75 responden yang dipilih sebagai sampel dari populasi sejumlah 150 orang pegawai pada kantor PT. Woori Bio Copora, dan kemudian digunakan teknik penarikan sampel dengan menggunakan model rumus Slovin sehingga diperoleh 75 responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan angket/kuesioner. Kategori jawaban responden penelitian terhadap angket terdiri atas empat skala berdasarkan skala Likert. Dalam pengelolaan data dibantu dengan menggunakan program SPSS, Pengujian statistik yang digunakan adalah dengan perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, koefiesien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa, dan analisa regresi. Pengelolaan stres kerja dan pengembangan karier terhadap kinerja pegawai PT. Woori Bio Corpora berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dengan persamaan regresi berganda sebagai berikut: Y = 23,921 + 1,459 X1 + 0,323 X2. Kata Kunci: pengelolaan stres kerja, pengembangan karier, kinerja pegawai
PENGARUH PERENCANAAN, EFEKTIVITAS DAN OPTIMALISASI DAYA SERAP ANGGARAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI KEMENTERIAN PERTAHANA leo sugoto; I Gusti Ayu Arminiati
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 16, No 1 (2019): JMK EDISI JUNI 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v16i1.268

Abstract

Perencanaan, efektivitas, dan optimalisasi daya serap anggaran merupakan tiga dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja pegawai pada Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan. Untuk membuktikan pengaruh ketiganya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan, efektivitas dan optimalisasi daya serap anggaran pada Direktorat Jenderal Strategi Kementerian Pertahanan.Penelitian dilakukan di Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan dengan mengambil 50 responden, sebagai sampel penelitian waktu penelitian selama 3 bulan. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi linier ganda dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F yang diolah dengan software SPSS 22. Dari data-data yang telah mempengaruhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 7,078 + 0,306X1 + 0,406 X2 + 0.490X3.Penelitian menghasilkan empat temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Perencanaan memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan arah positif yang mempunyai nila sebesar 0,306 atau 30,6%; 2) Efektivitas memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan arah positif yang mempunyai nilai sebesar 0,406 atau 40,6%; 3) Optimalisasi daya serap anggaran memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan arah positif yang mempunyai nilai sebesar 0,490 atau 40,9%. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kinerja pegawai disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki percanaan, efektivitas dan optimalisasi daya serap anggaran Kata Kunci: perencanaan, efektivitas, optimalisasi daya serap anggaran

Page 1 of 1 | Total Record : 10