cover
Contact Name
Rinto Alexandro
Contact Email
rintoalexandro76@gmail.com
Phone
+6282141262814
Journal Mail Official
rintoalexandro76@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
ISSN : 23550236     EISSN : 26846985     DOI : 10.37304
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) mencakup bidang ilmu Sosial
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018" : 8 Documents clear
UPAYA MENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MELALUI PENYELENGGARAAN BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) DI GUGUS INTI UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.911 KB)

Abstract

Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kegiatan Belajar Mengajar dan BimtekDalam suatu proses pembelajaran, terjadi proses interaksi antara guru dan siswa. Disinilah sangat diperlukan kedisiplinan baik oleh guru maupun siswa. Terciptanya situasiyang disiplin dapat menimbulkan jalannya pelajaran, yang berpengaruh terhadappencapaian tujuan. Demikian pula bagi guru disiplin mengajar harus ditingkatkan agarsecara efektif dapat dicapai suatu etos kerja yang semaksimal mungkin dalam rangkameningkatkan mutu pengajaran di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa dalam suatukehidupan, orang-orang yang berhasil dalam hidupnya kebanyakan dilandasi olehdisiplin diri yang sangat tinggi. Pendidikan sekolah dasar merupakan salah satu bentukpenyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arahpertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan(daya fikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap danperilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahapperkembangan yang dilalui oleh anak usia dini (Depdiknas, 2004). Sekolah memiliki tugasdan tanggung jawab yang cukup besar dalam mempersiapkan peserta didik yangberkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut kepala sekolah memiliki volume kerja yangsangat besar hal ini sesuai dengan pernyataan Supriadi (Mulyasa, 2003:24) menyatakanbahwa: Erat hubungannya antara mutu kepala sekolah dengan berbagai aspek kehidupansekolah seperti disiplin sekolah, iklim budaya sekolah, dan menurunnya perilaku nakalpeserta didik. Dengan demikan sangat jelas apabila ingin meningkatkan kualitas pesertadidik semenjak dini maka salah satunya ditentukan oleh kinerja menejerial administrasisekolah yakni kepala sekolah.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tentang penyelenggaraanBimbingan Teknis sebagai upaya peningkatan profesionalme guru dalam kegiatan belajarmengajar. (2) Untuk mengetahui peranan Bimtek sebagai upaya peningkatan prfesionalismeguru dalam kegiatan belajar mengajar. (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yangsignifikan tentang profesinalisme guru kegiatan belajar mengajar terkait denganpenyelenggaraan Bimbingan Teknis di Gugus Inti sekolah binaan Kecamatan SelatKabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018.Dari Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan teknis merupakan suatubentuk kegiatan yang merupakan bagian pengembangan staf dalam usaha meningkatkankemampuan profesional personel sekolah terutama guru dengan cara mengubah sikap,meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan. Bimbingan Teknis mempunyai perananpenting bagi upaya peningkatan profesional guru dalam kegiatan belajar mengajar, sebab Sebab menjadikan guru lebih maju, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebihmodern.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK DAN/ATAU BENTUK SUATU BENDA DENGAN METODE PRAKTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNGEI HANYO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.27 KB)

Abstract

ABSTRAKKata Kunci : Hasil Belajar, IPS, PraktikPenelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalampembelajaran IPA materi Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatubenda di kelas (2) Untuk mengetahui persentase ketuntasan hasil pembelajaran IPA materiMemahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda SDN 2 Sungei HanyoTahun Pelajaran 2016/2017. Pembelajaran Praktik adalah sebagai suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atauketerampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah di pelajari. Teknik mengajar ini biasanyadigunakan untuk tujuan agar siswa memiliki kerampilan motorik/gerak, mengembangkankecakapan intelek dan memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu keadaandengan hal lain.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 SungeiHanyo Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 24 orang pesertadidik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitianini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dansecara klasikal.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada peningkatan aktivitas pembelajaran padapembelajaran awal sebelum tindakan adalah 42%, dengan ketuntasan hasil belajar 33% dannilai rata-rata 67,63. Dengan dilakukannya tindakan pembelajaran metode Praktik padasiklus I aktivitas meningkat menjadi 67% ketuntasan hasil belajar 67% dan nilai rata-rata70,58, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pembelajaran memenuhi standarketuntasan efektifitas belajar mencapai 100% dengan nilai rata-rata 75,5. Ada Peningkatanhasil pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 67,83 pra tindakanpembelajaran, setelah dilaksanaan pembelajaran dengan metode praktik meningkat menjadi70,58 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilaimeningkat menjadi 75,50 dengan ketuntasan 100%. Direkomendasikan Bagi guru agar bisamelakukan pembelajaran yang inovatif guna mengatasi masalah pembelajaran dan dapatdigunakan sebagai referensi teknik pembelajaran model praktik karena hasil pembelajaranyang baik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN MUTU KOMPETENSI GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SELAT HILIR KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.988 KB)

Abstract

ABSTRAKKata kunci: Kedisiplinan mengajar, Kompetensi guruDalam suatu proses pembelajaran, terjadi proses interaksi antara guru dan siswa. Disinilah sangat diperlukan kedisiplinan baik oleh guru maupun siswa. Terciptanya situasiyang disiplin dapat menimbulkan jalannya pelajaran, yang berpengaruh terhadappencapaian tujuan. Demikian pula bagi guru disiplin mengajar harus ditingkatkan agarsecara efektif dapat dicapai suatu etos kerja yang semaksimal mungkin dalam rangkameningkatkan mutu pengajaran di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa dalam suatukehidupan, orang-orang yang berhasil dalam hidupnya kebanyakan dilandasi olehdisiplin diri yang sangat tinggi. Dalam usaha apapun juga, keterangan dan disiplin akantetap merupakan kunci untuk memperoleh hasil yang baik, The Liang Gie (1985:60).Sedangkan menurut Nasin Ibnu Suwandi daan Anno D. Sanjari (1997:12) sebagai berikut: ?Disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yangmengharuskan orang tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku?.Berdasarkan uraian di atas dapat dikatakan, bahwa kedisiplinan mengajar di kelas akansangat besar pengaruhnya bagi kompetensi dan kapabilitas serta aseptabilitas bagikinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada tidaknya hubunganantara kedisiplinan mengajar di kelas dengan peningkatan mutu kompetensi diri bagipara guru di Sekolah Dasar Negeri 3 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.Manfaat penelitian bagi Guru adalah Untuk memberi gambaran bahwa arti disiplinmengajar di kelas itu perlu dan sangat penting bagi usaha keberhasilan mengajar yangbermuara pada peningkatan hasil prestasi belajar siswa. Dan manfaat bagi penulis sebagaitindakan supervisi terhadap kinerja guru, dimana aspek disiplin mengajar perlupembinaan tersendiri dan bagian tugas pokok supervisi kependidikan, agar pelaksanaanproses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.Penerapan inspeksi dan kunjungan dinas oleh pengawas Pembina SD sangatlahmembantu para guru di Sekolah Dasar untuk lebih meningkatkan kualitas diri danmanajemen kinerja diri dari rasa kedisiplinan yang terimplementasikan ke dalam prosesbelajar mengajar di kelas.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 4 KAPUAS BARAT SATU ATAP SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.808 KB)

Abstract

ABSTRAKKata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bimbingan BerkelanjutanPenelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Kemampuan Guru Dalam MenyusunRencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan penelitian initergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajarandiantaranya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, PendidikanKewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes.Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP Negeri4 Kapuas Barat Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaantindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1)perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksiDari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan darisiklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%). Kesimpulandari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positifterhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran SMPNegeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu gurudalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran.
PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR DENGAN PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IX B SMP SWASTA MUHAMMADIYAH KUALA KAPUAS SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.505 KB)

Abstract

ABSTRAKKata Kunci: belajar IPS, pembelajaran terstruktur, pemberian tugasSetiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangkamelaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudahterkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahanpelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harusmemahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metodemengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan danmenggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentangalat-alat evaluasi.Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP SwastaMuhammadiyah Kuala Kapuas kelas IX B semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedurpelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1)perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksiDari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan prestasi belajar siswa mengalamipeningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65%), siklus II (85%), Kesimpulandari penelitian ini adalah metode pembelajaran terstruktrur dengan pemberian tugas dapatberpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Muhammadiyah KualaKapuas, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatifpembelajaran IPS.P
PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MELALUI OBSERVASI SUPERVISI KEPENDIDIKAN DI SDN 6 SELAT HILIR KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.35 KB)

Abstract

Kata kunci: Kompetensi dan Kinerja Guru, Observasi Supervisi KependidikanTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam kompetensi guru danmengidentifikasikan faktor-faktor yang terabaikan dalam melaksanakan kegiatan belajarmengajar di SDN 6 Selat Hilir.Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakandalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat KabupatenKapuas Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian 6 (enam) orang guru.Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga)tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Setelah dilaksanakan tindakan penelitian dalam dua siklus, secara empiris diperolehdata bahwa Guru SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas yang memilikikompetensi tinggi dalam penyusunan Rencana Pembelajaran dan mempraktekkannyadengan baik akan mendapatkan hasil proses belajar mengajar yang baik. Dari kondisipada siklus I terhadap penilaian terhadap rencana pembelajaran yang baik yang disusunoleh guru dalam kategori cukup dengan rata-rata 76,67, dan memperhatikan hasil padasiklus II dalam menyusun dan mempraktekkan rencana pembelajaran yang baik adapeningkatan dengan kategori Baik dengan rata-rata 86,6. Jadi dapat disimpulkan bahwamelalui Observasi Supervisi Kependidikan maka kompetensi dan kinerja guru SDN 6Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas dapat ditingkatkan.
UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENGAJAR DALAM PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) PADA SDN 5 SELAT HILIR TAHUN 2017 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.968 KB)

Abstract

ABSTRAKKata kunci : Kompetensi, perangkat pembelajaran, In House Training (IHT)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi tenaga pengajar dengan melakukanpengadaan pembuatan perangkat pembelajaran.Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Yang dilaksanakanpada SDN 5 Selat Hilir tahun 2010 dengan tujuan meningkatkan kompetensi tenaga pengajarmelalui pengadaan pembuatan perangkat pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru-guru padaSDN 5 Selat Hilir yang berjumlah 10 orang dengan teknik penelitian adalah penelitian tindakansekolah dengan pengolahan data secara kualitatif berdasarkan persentase ketercapaian yangdijabarkan secara deskriptif berdasarkan siklus penelitian yang dilaksanakan dalam tiga siklusmeliputi kaedah PTS yaitu Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi disetiap siklusnya.Adapun hasil penelitian diperoleh Motivasi dan efektivitas tenaga Pengajar dalammengikuti kegiatan pengadaan menyusun Perangkat pembelajaran ada peningkatan daripengamatan observasi aktivitas tenaga Pengajar menunjukkan keseriusan dalam memahami danpengadaan kompetensi melalui pengadaan Pengadaan Perangkat pembelajaran bagi tenagaPengajar dilingkunan SDN 5 Selat Hilir dari pra siklus I dari dibawah 50% menjadi 67 % siklus IIdan meningkat lagi dalam menyusun Pengadaan Perangkat pembelajaran dengan persentase 78%pada Siklus III memenuhi tujuan penelitian ? 70% untuk praktik dan kemampuan membuatperangkat pembelajaran. Pelaksanaan pengadaan meningkatkan kompetensi tenaga Pengajardalam menyusun Perangkat pembelajaran. hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi tenaga Pengajar dalammelaksanakan perangkat pembelajarandi kelas dari siklus I sebesar 5,7 meningkat ke siklus IImenjadi 6,7 dan siklus III mencapai sangat signifikan meningkat menjadi 7,8 .
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH KUALA KAPUAS SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.952 KB)

Abstract

ABSTRAKKata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bimbingan BerkelanjutanPenelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Kemampuan Guru Dalam MenyusunRencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan penelitian initergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajarandiantaranya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, PendidikanKewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes.Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP Negeri4 Kapuas Barat Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaantindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1)perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksiDari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan darisiklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%) Kesimpulandari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positifterhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran SMPNegeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu gurudalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 17 Nomor 1 Juni 2025 Vol. 16 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 16 Nomor 2 Desember 2024 Vol. 16 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 16 Nomor 1 Juni 2024 Vol. 15 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 15 Nomor 2 Desember 2023 Vol. 15 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 15 Nomor 1 Juni 2023 Vol. 15 No. No Special - 1 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 15 Nomor Sp Vol. 14 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 2 Desember 2022 Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 1 Juni 2022 Vol. 13 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 13, Nomor 2, Desember, T Vol. 13 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 13, Nomor 1, Juni, Ta Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume, 11 Nomor 01, Juni, T Vol. 12 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 2, Desember Vol. 12 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 1, Juni, Ta Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan IPS volume 11, Nomor 02, Desember, Tahun2019 Vol 11 No 1 (2019): Journal Pendidikan IPS Vol, 11 Nomor 1, Juni 2019 Vol. 11 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 11, Nomor 2, Desember Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018 Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018 Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb Vol. 9 No. 01 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 9, Nomor 01, Juni, Ta Vol. 10 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 2, Desember Vol. 9 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 9, Nomor 1, Juni, Tahu Vol 8 No 02 (2017): Jurnal Pendidikan IPS volume 08, Nomor 02, Desember, Tahun 2017 Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe Vol. 8 No. 2 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 2, Desember, Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 7, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 6 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 6, Nomor 2, Desember, Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 5, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 3 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 2, Desember, Vol. 3 No. 1 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 2, Nomor 2, Desember, Vol. 1 No. 1 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 1, Nomor 1, Juni, Tahu More Issue