cover
Contact Name
Novita Eka Muliawati
Contact Email
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Phone
+6282232308788
Journal Mail Official
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Editorial Address
STKIP PGRI Tulungagung Jl. Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang, Tulungagung, Jawa Timur, Kode Pos 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : 24607800     EISSN : 25803263     DOI : 29100
Core Subject : Education,
JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics education and their applications in learning by researchers, academicians, professional, practitioners and students from all over the world. Start from this year (September 2015), this journal will be published two times a year, in March and September.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
PROFIL METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER Dinar Aulia Wahyuningtyas; Titik Sugiarti; Randi Pratama Murtikusuma
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i1.1731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil matakognisi siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan matematika dan gender. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa, dan data penelitian yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan matematika, hasil tes soal cerita,  dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dan siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi mampu melakukan kegiatan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dengan lengkap. Siswa perempuan dan siswa laki-laki berkemampuan sedang melakukan kegiatan perencanaan dan pemantauan tetapi kurang lengkap namun lengkap dalam kegiatan evaluasi. Siswa perempuan berkemampuan matematika rendah melakukan kegiatan perencanaan, pemantauan dan evaluasi namun kurang lengkap. Siswa laki-laki berkemampuan matematika rendah melakukan kegiatan perencanaan dengan lengkap namun tidak melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi dengan lengkap.
Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaian soal matematika ditinjau dari tingkat berpikir kreatif Hanik Mufidah
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i1.1732

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi persamaan kuadrat ditinjau dari tingkat berpikir kreatif siswa dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa pada aspek tingkat berpikir kreatif baik dari siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian meliputi, observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan siswa dari tingkat berpikir kreatif rendah bahwa siswa tidak mampu memenuhi tiga komponen kreativitas yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Kesulitan siswa dari tingkat berpikir kreatif sedang yaitu siswa mampu memenuhi satu komponen kreativitas yaitu kefasihan tetapi tidak mampu dalam merespon atau memberi tanggapan secara lancar. Kesulitan siswa dari tingkat berpikir kreatif tinggi yaitu siswa mampu memenuhi satu komponen kreativitas yaitu kefasihan dan mampu menyelesaikan masalah dengan respon atau tanggapan yang lancar dan benar.
Pengembangan buku panduan guru berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika siswa SMP Ahmad Nasir; Zuhrotun Nazihah
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i1.1733

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk  pengembangan buku panduan guru berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika untuk siswa kelas VII SMPN 1 Grati, yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D, dengan modivikasi 3-D, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan) tanpa tahapan dessiminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII-D dan kelas VII-G SMPN 1 Grati. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar validasi buku panduan guru dan RPP untuk mengukur kevalidan produk, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengukur kepraktisan, dan soal tes pembelajaran untuk mengukur keefektifan. Hasil validitas dari buku panduan guru yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 4,7. Hasil kepraktisan dari buku panduan guru ditunjukkan dengan nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 4,9 dan nilai rata-rata aktivitas siswa 4,8. Sedangkan hasil keefektifan produk sebesar 93%. 
Analisis metakognisi dalam penyelesaian masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika Siti Aufa Rizqiani; Diesty Hayuhantika
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i1.1734

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metakognisi siswa kelas XI IPA dalam penyelesaian masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif , sedangkan metode untuk mengumpulkan data antara lain: tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa berkemampuan tinggi termasuk dalam tingkat metakognisi semi-reflective use. Ia mampu melaksanakan aktivitas metakognisi (perencanaan, memantauan dan penilaian) dalam empat langkah Polya. Siswa berkemampuan sedang termasuk dalam tingkat metakognisi strategic use, sedangkan siswa berkemampuan rendah termasuk dalam tingkat metakognisi aware use.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS XII SMAN 1 PAKEL Adi Waluyo
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v5i1.1729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional ini dilaksanakan di  SMA Negeri 1 Pakel dengan populasi 134 dan sampel diambil secara Cluster Random Sampling sehingga didapat 1 kelas yaitu kelas XII MIPA 2  +dengan jumlah siswa 34. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes yang telah .diuji cobakan di kelas XII IPA-3 dan memenuhi syarat validitas, tingkat kesukaran dan realibilitas.  Analisis data menggunakan analisis variansi korelasi linear sederhana dengan uji F. Dari hasil perhitungan analisis variansi korelasi linear sederhana dengan  uji F dengan taraf signifikan ? = 0,05 didapat Fhitung = 24,42 dan Ftabel = 4,15. Karena hasil Fhitung Ftabel maka Ho ditolak. Kesimpulan adalah Ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019

Page 1 of 1 | Total Record : 5