cover
Contact Name
Lalu Nurul Yaqiin
Contact Email
jir@ugr.ac.id
Phone
+6287851923313
Journal Mail Official
jir@ugr.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Mataram Lb. Lombok KM 50 Gapuk Suralaga Lombok Timur
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
ISSN : 24423416     EISSN : 27146049     DOI : -
Jurnal Ilmiah Rinjani diterbitkan mulai tahun 2015 dengan frekuensi 2 kali setahun, yaitu bulan Januari dan Juli oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), Universitas Gunung Rinjani, berisi hasil penelitian dan ulasan ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu sosial, hukum, agribisnis, perikanan, pendidikan dan humaniora
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani" : 22 Documents clear
KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT BADUY DI DESA KANEKES BANTEN Moch. Ali Bin Dachlan
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.801 KB) | DOI: 10.12345/jir.v7i2.93

Abstract

Masyarakat Baduy, pada dasarnya telah menyandarkan kehidupannya pada produksi pertanianpemula dan berburu, Sistem petanian di lahan kering (Samawa, Oma) dengan jenis pertanianhanya tergantung pada padi ladang. Berburu juga dilakukan dalam wilayah yang sempit, hanyadi areal hutan adat. Jenis binatang buruannya, rusa, lutung dan madu. Sampai sekarangkeahlian orang Baduy masih terpusat pada sektor pertanian, berburu dan mulai melakukandiversifikasi jenis tanaman perkebunan, buah buahan dan sayur untuk keperluan rumah tanggasaja. Dengan pertumbuhan penduduk yang demikian pesatnya, tidak sebanding dengan luaslahan pertanian tradisional Baduy, ekonomi Baduy mendapat tekanan yang sangat besar.Walaupun usaha pemerintah diatas, bertujuan sebagai jalan keluar dari segala keterbatasansumber daya ekonomi Baduy, namun belum berhasil secara signifikan memberi dampakpeningkatan kesejahteraan bagi sebagian besar masyarakat Baduy. Sistim perekonomianmasyarakat Baduy sejak sekitar tahun 1970 telah sepenuhnya mengenal ekonomi pasardengan mengenakan mata uang sebagai alat tukar, Sistim barter telah ditinggalkan, kecualiuntuk keperluan terbatas dalam lingkungan kekerabatan saja. Walaupun sejumlah orang Baduytelah berpindah tempat dan berpindah agama, tetapi hubungan diantara mereka tetap terjagadengan baik sebagai sesama buyut. Hubungan yang nyata tersebut dikuatkan dalam bentukhubungan dagang yang lebih khusus.ABSTRACTBaduy society, basically has been resting his life on agricultural production, beginners andhunting, petanian System in dry land (Samawa, Oma) with the type of agriculture depends onlyon the padi fields. Hunting is also done in a narrow area, just in the area of indigenous forest.Types of animals hunting, deer, langur and honey. Until now people still Applied expertise iscentered on agriculture, hunting and began to diversify crop plantations, fruits and vegetablesfor domestic purposes only. With such rapid population growth, it is not comparable to the vastagricultural land traditionally Applied, Applied economic pressure gets very large. DespiteGovernment efforts, aimed as a way out of the economic resources of all limitations are applied,but have not managed to significantly increase well-being make an impact for the majority of thecommunity are applied. Baduy society economy system since around the year 1970 was fullyacquainted with the market economy with the currency as a means of Exchange, barter Systemhas been abandoned, except for the limited purposes of familial environment in it. Although anumber of people have applied to migrate and convert, but relations between them remainawake well as fellow great-grandson. The real relationships are strengthened in the form ofmore specialized trade relations.Keywords: economic life, are applied to Community
PERANAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL GERABAH DI DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT HIDAYATUL AHYANI
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.989 KB) | DOI: 10.12345/jir.v7i2.95

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pemerintah dan kendala pengrajinindustri kecil gerabah dalam mengembangkan industri kecil gerabah di Desa BanyumulekKecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan datasekunder. Data primer diperoleh dengan cara pengamatan langsung di lapangan danmelakukan wawancara langsung yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Datasekunder diperoleh dari Dinas Perindustrian Dan Perdganagan serta instansi yang terkait.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif, maka metodeanalisa yang digunakan adalah analisa induktif yaitu analisa data yang berangkat dari gejalaatau peristiwa yang bersifat khusus kemudian mengambil kesimpulan yang bersifat umum.Hasil penelitian Peranan Pemerintah Dalam Pengembangan Industri Kecil Gerabah Di DesaBanyumulek Kecamatan Kediri kabupaten lombok barat yaitu diberikannya pelatihan,pemagangan serta modal berupa peralatan kerajinan gerabah.Kata Kunci: Peranan Pemerintah, Industri Kecil, GerabahThis study aims at identifying the government’s role and the artisans’ problrms in developingthe small-scale industry of pottery in Banyumulek Village of Kediri Subdistrict in West LombokRegency.This is a qualitative study whose primary data was obtained through direct observationand interviews while the secondary data was taken from the Office of Indutry and Trade andother relevant institutions. The data was analyzed on the basis of inductive analysis, in whichgeneralized conclusions are withdrawn from specific events. Result concludes that govermentplays its role in providing trainings, appreticeships, and equipments/tools for pottery industry.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI JAGUNG (Zea Mays L.) DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR MUHAMMAD ANWAR
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.051 KB) | DOI: 10.12345/jir.v7i2.102

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitumeneliti status sekelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran,ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Berdasarkan analisis SWOT padapembahasan strategi pengembangan usahatani jagung di Kecamatan Aikmel KabupatenLombok Timur dapat disimpulkan: (1). Strategi pengembangan usahatani jagung di KecamatanAikmel mempunyai prospek pasar yang sangat besar, kesempatan untuk berinovasi danekpansi pasar cukup terbuka karena berdasarkan analisis SWOT berada pada posisi kuadranIII yang berarti bahwa mempunyai kekuatan untuk meraih peluang yang ada. Namun demikianpara petani jagung harus fokus pada masalah internal agar dapat merebut peluang-peluangyang ada (faktor ekternal. (2). Strategi pengembangan usahatani jagung di Kecamatan Aikmeladalah memanfaatkan kebijakan perintah dengan meningkatkan fungsi dan peran kelompoktani sebagai wadah komunikasi dan pemberdayaan petani, meningkatkan kinerja PPL untukaktif membina kelompok tani dengan memanfaatkan ketersediaan lahan dan status kepemilikantanah untuk usahatani jagung sehingga memenuhi permintaan pasar, dan meningkatkankualitas sumberdaya manusia petani dengan menggalakkan program-program SLPTT sehinggatersedia tenaga terampil guna meraih peluang pasar dan mendapat manfaat dari tingginya nilaitambah usahatani jagung.Kata Kunci : Pengembangan, Usaha TaniThe methods used in this research is descriptive qualitative analysis methods, namely,researching the status of a group of humans, an object, a set of conditions, a system of thought,or a current events class. Based on the SWOT analysis on discussion of the developmentstrategies of farming corn in the Subdistrict Aikmel East Lombok Regency can be concluded: (1)development strategies of farming corn in district Aikmel has a very large market prospects,opportunity to innovate and market expansion pack is quite open because based on the SWOTanalysis is at position quadrant III the means that have the power to seize the opportunities thatexist. However corn farmers should focus on internal problems in order to seize theopportunities that exist (factors ekternal. (2) development strategies of farming corn in districtAikmel are leveraging command policy by improving the functions and role of the farmer groupsas containers of communication and empowerment of farmers, improving the performance ofPPL to actively foster farmer groups to take advantage of the availability of land and the statusof ownership of farming land to corn so it meets market demand, and improve the quality ofhuman resources of farmers by promoting SLPTT programmes so that the available skilled inorder to grab the market opportunity and benefit from the high value added of farming corn.Key Words: Development, Farmer
PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN SKILLS BERWIRAUSAHA SISWA RISKI AYU ARNILA
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.44 KB) | DOI: 10.12345/jir.v7i2.103

Abstract

The purpose of this research is to improve the student’s entrepreneurial skills by implementingexperiential learning on entrepreneurial learning. This research is an action research. Thesubject of this research was student of X grade of hotelier accommodation 2 program of SMKNegeri 7 Surakarta which is consisting of 32 students. The data of this research were collectedby using observation, interview, document analysis and questionnaire methods. They wereanalyzed by using mixed methods. The type of mixed methods analysis was convergen parallelmixed methods. The results of this research showed that the implementation of experientiallearning models on entrepreneurial learning increase the student’s entrepreneurial skills. Itcharacterized by an increasing in the average value of student’s entrepreneurial skills in SMKNegeri 7 Surakarta where the value of student’s entrepreneurial skills is 63,016 before treatmentbecome 80,018 after treatment in the first cycle anda become 81,232 in the second cycle. In thefirst cycle 87,5% student achived the value above the passing grade score. Then in the secondcycle 90,63% student achived the value above the passing grade score. Raising the student’sentrepreneurial skills also showed by various change in the student’s behavior and skills fromvarious aspects, they are conceptual skill, leadership skill, management skill, technical skill,social skill, selling skill, dan creative.Kata Kunci: Experiential Learning, Entrepreneurial Learning, Entrepreneurial Skills.
PENERAPAN METODE PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SUBKI
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.479 KB) | DOI: 10.12345/jir.v7i2.105

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :Untuk mengetahui proses dan hasil daripenerapan pembelajaran metode peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajarfisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Labuhan Haji semester Ganjil tahun pelajaran2018/2019. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam2 siklus, dimana siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Setiapsiklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Labuhan Haji tahun pelajaran2018/2019 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh skor motivasi belajarrata-rata 13,84 (baik), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 71,41, sedangkan pada siklus II, skormotivasi belajar rata-rata 16 (Baik.), dan hasil evaluasi rata-rata kelas 80,47. Hasil inimenunjukkan bahwa penerapan metode peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasilbelajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun pelajaran 2018/2019.Kata Kunci : Metode Pembelajaran Peta Konsep, Motivasi dan Hasil Belajar.ABSTRACTObjective to be achieved in this research are: To know the process and the result of theapplication of the method of learning concept map to increase motivation and outcomes studiedphysics students of Class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Labuhan Haji semester Odd years lessons2018/2019. This type of research is done is class action research conducted in 2 cycle, where thecycle 1 consists of 2 meetings, and cycle II consists of 2 meetings. Each cycle consists of theplanning phase, the implementation of the action, observation, evaluation and reflection. Thesubject of this research is the students of Class XI IPA 1 SMAN 1 Labuhan Haji 2018/2019lessons year totalling 34 people. The results of the research on cycle I retrieved the learningmotivation score an average of 13.84 (good), and the results of the evaluation of the averageclass 71.41, whereas in cycle II, learning motivation score an average of 16 (Good), and theresults of the evaluation of the class average 80.47. This result shows that the application of themethod of concept maps can increase motivation and learning outcomes learner class XI IPA 1SMA Negeri 1 Labuhan Haji lesson 2018/2019 year.Keywords: concept maps learning methods, Motivations and outcomes of learning.
WANITA DALAM PENDEKATAN FEMINISISME WIRASANDI
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.036 KB) | DOI: 10.12345/jir.v7i2.122

Abstract

Hukum feminis yang dilandasi sosiologi feminis, filsafat feminis dan sejarah feminis merupakanperluasan perhatian wanita di kemudian hari. Di akhir abad 20, gerakan feminis banyakdipandang sebagai sempalan gerakan Critical Legal Studies, yang pada intinya banyakmemberikan kritik terhadap logika hukum yang selama ini digunakan, sifat manipulatif danketergantungan hukum terhadap politik, ekonomi, peranan hukum dalam membentuk polahubungan sosial, dan pembentukan hierarki oleh ketentuan hukum secara tidak mendasar.Teori-teori feminis kerap mengabaikan posisi komtenporer wanita, dengan memusatkan padamasa-masa lalu yang bersifat historis atau masa-masa depan yang utopis. Fokus pada praxisseringkali mengenai penciptaan revolusi, reformasi egalitarian, atau utopia-utopia kultural.Sebagaian besar sosiologi didasarkan pada apa yang dikenal sebagai hubungan individudengan dunia sebagaimana adanya dan yang dipertahankan.Kata kunci : Wanita, Pendekatan FeminismeFeminist Law which is based on feminist sociology, feminist philosophy and feminist history isthe expansion of female attention at a later date. In the late 20th century, the feminist movementmuch viewed as a splinter movement of Critical Legal Studies, which in essence given a critiqueof the logic of the law that has been used, the nature of addiction and the law againstmanipulative politics, economy, the role of law in shaping patterns of social relations, and theformation of the hierarchy by law provisions are not fundamental. Feminist theories often ignoreposition komtenporer women, with a focus on the past that is historically or the utopian future.Focusing on praxis is often about the creation of the revolution, egalitarian reform, or utopiautopiaculturally. Most sociology based on what is known as the individual's relationship with theworld as it is and are maintained.Keywords: women, approach to Feminism
PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN, PEMANFATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP AKUNTABILITASKEUANGAN DESA (Studi di Kecamtan Aikmel dan Kecamtan Lenek Tahun 2018) MUHAMAD KARYADI
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.636 KB) | DOI: 10.12345/jir.v7i2.123

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis Pengaruh Sistem Pengendalian Intern,Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Kompetensi Sumberdaya Manusia TerhadapAkuntabilitas Keuangan Desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian (causal) atau sebab akibat.Populasi dalam penelitian ini semua Perangkat Desa di Kecamatan Aikmel dan KecamatanLenek yang berjumlah 216 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara ParsialSistem Pengendalian Intern Berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap AkuntabilitasKeuangan Desa dengan nilai signifikansi (0,005 < 0,05) dan t hitung > t tabel yaitu (2,910 >2,004). Pemanfaatan Teknologi Informasi Tidak Berpengaruh Terhadap Akuntabilitas KeuanganDesa karena nilai singnifikansinya (0,527 > 0,05) dan t hitung < t tabel (0,637 < 2,004). DanKompetensi Sumber Daya Manusia Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap AkuntabilitasKeuangan Desa dengan nilai singnifikansinya (0,000 < 0,05) dan t hitung < t tabel (0,4,987 >2,004). Secara simultan Sistem Pengendalian Intern, Pemanfaatan Teknologi Informasi, danKompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap AkuntabilitasKeuangan Desa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan F hitung > F tabel (87,317 > 2,77).Kata kunci : Pengendalian intern, Teknologi informasi, Sumber daya manusia dan Akuntabilitaskeuangan desaThe purpose of the research was to analyze the influence of the system of internal control,utilization of information technology, Human Resources and competencies Against the FinancialAccountability of the village. This type of research is research (causal) or cause the result. Thepopulation in this study all of the device is a village in Aikmel sub district and Subdistrict Lenektotalling 216 people. The results of this study indicate that internal control System partiallyPositive and significant Effect Against the Financial Accountability of the village with the highestsignificance (0.005 < 0.05) and t calculate > t table (2.910 > 2.004). The utilization of informationtechnology has no effect Against the Financial Accountability of the village because the value ofsingnifikansinya (0.527 > 0.05) and t calculate the t table < (0.637 < 2.004). Human resourcesand competencies a positive and significant Effect Against the Financial Accountability of thevillage with a value of singnifikansinya (0.000 < 0.05) and t count < t table (0, 4,987 > 2.004).Internal control Systems simultaneously, utilization of information technology, human resourcesand competencies of the positive and significant effect Against the Financial Accountability ofthe village with the highest significance 0.000 < 0.05 and F calculate > F table (87.317 > 2.77).Keywords: internal control, information technology, human resources and FinancialAccountability of the village
KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASAK (Studi Kasus Pada SMAN 1 Sakra Kabupaten Lombok Timur) KAROMI
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12345/jir.v7i2.125

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan fokuspenelitian ini adalah: (1) Menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan kepala manajerial kepalasekolah berbasis kearifan lokal Sasak dan (2) bagaimana bentuk-bentuk nilai kearifan local sasak.Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana keterampilan manajerial kepala sekolah berbasiskearifan lokal Sasak pada SMAN 1 Sakra kabupaten Lombok Timur, dan dijabarkan menjadibeberapa sub fokus, yaitu: (1) Bagaimana keterampilan manajerial kepala sekolah; (2) bentukbentuknilai kearifan lokal sasak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatiffenomenologi, untuk mengungkapkan secara fokus dan mendalam tentang fenomena keterampilanmanajerial kepala sekolah berbasis kearifan lokal Sasak pada SMAN 1 Sakra kabupaten LombokTimur. Penelitian ini dirancang berdasarkan pendapat Bogdan & Biklen yang menyatakan bahwastudi kasus komparatif diawali dari temuan setiap kasus dengan teknik wawancara, observasi dandokumentasi.Kata kunci: Keterampilan manajerial kepala sekolah, bentuk-bentuk nilai lokal sasakThe aim of this study to describe the matters relating to the focus of this study are: (1) Analyzingand describing the skills of the principal's managerial head based on Sasak local wisdom and (2)how local Sasak wisdom values are. The main focus of this research is how the principals'managerial skills are based on Sasak local wisdom at SMAN 1 Sakra, East Lombok district, andare translated into several sub-focus, namely: (1) What is the principal's managerial skills; (2) formsof local wisdom values of Sasak. This research was conducted with a qualitative phenomenologicalapproach, to express in depth and in depth about the phenomenon of principals' managerial skillsbased on Sasak local wisdom at SMAN 1 Sakra, East Lombok district. This study was designedbased on the opinions of Bogdan & Biklen who stated that comparative case studies were initiatedfrom the findings of each case with interview, observation and documentation techniques.Keywords: principals' managerial skills, Sasak Local wisdom, .
THE COMMUNICATIVE FUNCTION AND THE BENEFIT OF CODE SWITCHING WITHIN BILINGUAL EDUCATION PROGRAM OR MULTILINGUAL CHILDREN IN LEARNING ENGLISH ABDUL MAJID JUNAIDI
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12345/jir.v7i2.129

Abstract

Though code switching research may vary from context to context and situation to situation, thecommon factors for code switching will be threefold. That is, code switching deals withlanguages in contact. In interactive social situations code switching will be the use of more thanone language. For example the interaction during various social events involving interlocutorswho know more than one language. Gumperz (1982) while discussing the communicativefunction of code switching, claims that the speaker plays upon the connection of the we-code tocreate conversational effect. Thus code switching is seen as fulfilling the relational andreferential functions of language that amounts to effective communication and interlingua unity.As an increasing number of children enter the school, districts are faced with meeting theiracademic needs. These children enter into the classroom with varying language (mothertongue). Some schools have adopted bilingual education programs, teaching subject matter inIndonesian and English. Others believe in immersion, or placing the students in mainstreamclassrooms in which they are expected to learn the English language and subject matter taughtin English simultaneously. Still other schools hover somewhere in between, striving to find thebest way to reach these children/students. What factors can affect/force students to use codeswitching in their discourse? What are the benefits of code switching for L2 children/student?What are the communicative functions of codes switching? These questions are the debate ofbilingual education throughout the country. In this study, explore the effects of difference typesof education such as bilingual education. Specifically, this paper discuss of the role of codeswitching (the use of both Indonesia/Sasak and English within the same discourse) in bilingualsettings.Key words: Communicative function, Code switching, bilingual and multilingual.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU KUARTET DAN TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SDN 3 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 TRISNA KUSUMA WARDANI, SYAMSUL IRFAN
Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Publisher : LPPM Universitas Gunung Rinjani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12345/jir.v7i2.130

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan model pembelajaran IPA berbasispermainan kartu kuartet dan teka-teki silang pada pembelajaran IPA SD kelas V SDN 3Lembuak. Prosedur penelitian pada penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pengembangan,(3) uji lapangan dan (4) desiminasi. Selain itu, pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan kuisioner (angket) pada ahli materi, guru dan siswa kelas V SDN 3 Lembuak.Dengan kualifikasi 2 orang ahli: 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, dan 21 orang siswakelas V SDN 3 Lembuak. Pada hasil penelitian ini, diperoleh data sebagai berikut: (1) hasilvalidasi: buku model 2,91 (baik), buku guru: 2,91 (baik), buku siswa: 2,91 (baik), RPP 3,1 (baik)dan implementasi RPP 3 (baik), (2) persentase hasil belajar siswa pada uji coba tahap I dan IIdengan perbandingan kriteria yaitu: untuk kriteria cukup yang tadinya 37,5% pada uji cobatahap I menjadi lebih sedikit di tahap II dengan persentase 9,5%, sedangkan untuk kriteria baikmeningkat dari 50% menjadi 42% dan kriteria sangat baik dari 1 orang siswa pada uji cobatahap I menjadi 10 orang siswa pada uji coba tahap II. (3) hasil penilaian sikap siswa: kriteriabaik 6 orang siswa dengan skor 3-3,4 dan kriteria sangat baik 15 orang siswa dengan skor 3,5-4. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran IPA berbasispermainan kartu kuartet dan teka-teki silang ini mampu sebagai solusi dari segalapermasalahan-permasalahan yang ada di sekolah, baik itu permasalahan yang menyangkutsiswa maupun permasalahan yang ditimbulkan dari guru dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: Pengembangan model pembelajaran; Permainan Kartu Kuartet; Teka-Teki SilangThe purpose of this study is to produce a nature science learning (IPA) model based on quartetcard games and crossword puzzles in the fifth-grade elementary school science learning atSDN 3 Lembuak. The research procedures in this study were: (1) planning, (2) development, (3)field testing and (4) dissemination. Besides, data collection in this study used a questionnaire onmaterial experts, teachers and fifth-grade students at SDN 3 Lembuak. With the qualifications of2 experts: 1 media expert, one material expert, and 21 students of fifth-grade SDN 3 Lembuak.The results of this study revealed: (1) the results of validation: 2.91 model book (good),teacher's book: 2.91 (good), student book: 2.91 (good), lesson plan 3.1 ( good) and theimplementation of RPP 3 (good), (2) the percentage of student learning outcomes in the phaseI. and II trials with a comparison of criteria, namely: for sufficient criteria that was 37.5% inphase I trials to be less in phase II with a percentage of 9.5%, while for good criteria it increasedfrom 50% to 42% and the criteria were very good from 1 student in the phase I trial to 10students in the phase II trial. (3) Results of student attitudes assessment: good criteria for sixstudents with a score of 3-3.4 and very good criteria for 15 students with a score of 3.5-4. Thus,this study concludes that the nature science learning (IPA) model is based on quartet cardgames and crossword puzzles as a solution to all the problems that exist in the school, bothproblems involving students and problems that arise from the teacher in the learning process.Keywords: Development of nature science learning models; Quartet Card Games; CrossPuzzle

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 2 (2025): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 13 No. 1 (2025): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 12 No. 2 (2024): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 12 No. 1 (2024): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 11 No. 2 (2023): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 11 No. 1 (2023): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 10 No. 2 (2022): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 10 No. 1 (2022): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 9 No. 2 (2021): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 9 No. 1 (2021): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 8 No. 2 (2020): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 8 No. 1 (2020): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 2 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 6 No. 2 (2018): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 6 No. 1 (2018): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 4 No. 1 (2016): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 7 No. 1 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 5 No. 2 (2017): Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 5 No. 1 (2017): Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 3 No. 1 (2016): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani Vol. 2 No. 2 (2015): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani More Issue