cover
Contact Name
Zainuddin Nasution
Contact Email
zainuddin.nasution@kemdikbud.go.id
Phone
+6287877488487
Journal Mail Official
zainuddin.nasution@kemdikbud.go.id
Editorial Address
Pusdatin, Kemendikbud. Jl. R.E. Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan, Telepon (021) 7418808; Faksimilie (7401727; Tromol Pos 7/CPA Ciputat 15411
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Teknodik
ISSN : 20883978     EISSN : 25794833     DOI : 10.32550
Core Subject : Science, Education,
Scope: The scope of TEKNODIK Journal is about Educational Technology (Learning), as a discipline, subject material, or profession. The process of activities includes Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). The scope of TEKNODIK Journal is not only in the form of study, research, or development, but also book review on education technology. Focus: 1. Distant and Open Learning; 2. Information and Communication Technology (ICT) for Education; 3. Learning Strategy; 4. Learning Media; 5. Innovative Learning System or Model; 6. Development of Digital Learning Content; 7. Utilization of ICT and other media for Education (Learning)
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012" : 11 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA PRESTASI BELAJAR DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI DI TIGA UIN DI PULAU JAWA U. Maman Kh
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.586 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.5

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran, indeks prestasi kumulatif, kompetensi wirausaha, persepsi tentang bakat dan minat berwirausaha serta pengaruh peubah-peubah tersebut secara langsung pada IPK; serta pengaruh tidak langsung persepsi tentang pelaksanaan pembelajaran pada kompetensi wirausaha melalui IPK. Persepsi tentang pelaksanaan pembelajaran meliputi persepsi tentang lingkungan belajar, fasilitas belajar, dan kejelasan tujuan dan kegunaan pelajaran. Penentuan besaran sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kepercayaan 95%. Penarikan sampel dilakukan secara acak dan proporsional dari masing-masing Program studi di tiga Fakultas Sains dan Teknologi (FST) di tiga UIN di Jawa.
Kreativitas Dalam Pengembangan Media Video/Televisi Pembelajaran Bambang Warsita
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.135 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.10

Abstract

Untuk menghasilkan media video/televisi pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kompetensi atau tujuan yang akan dicapai, pengembangan media video/televisi pembelajaran membutuhkan serangkaian kemampuan kreativitas, baik kemampuan berpikir kreatif maupun sikap kreatif. Pengetahuan yang harus dikuasai dalam pengembangan media video/televisi pembelajaran adalah pengetahuan tentang media televisi itu sendiri, pengetahuan tentang perancangan (analisis kebutuhan, penyusunan GBIM, teknik penulisan naskah), dan pengetahuan tentang pelaksanaan teknis produksi serta evaluasi. Oleh karena itu, perlu menumbuhkembangkan dan memberdayakan kreativitas tim pengembang media video/ televisi pembelajaran. Akhirnya dapat dihasilkan media video/televisi pembelajaran yang berkualitas secara teknis dan sesuai dengan kebutuhan sasaran/peserta didik.
EVALUASI KOMITMEN BALITBANG KEMDIKBUD TERHADAP PENGEMBANGAN PROGRAM APEC Learning Community Builders (ALcoB) Subijanto Balitbang
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.381 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.6

Abstract

Tujuan evaluasi ini dimaksudkan untuk mendapatkan data dan informasi tentang komitmennya Balitbang sebagai anggota APEC-HRD Working Group dalam menyosialisasikan dan mengembangkan TIK (ICT) selama satu dasawarsa. Metode evaluasi dilakukan dengan cara desk evaluation yaitu melakukan evaluasi terhadap dokumen sosialiasasi dan pengembangan materi pelatihan ALCoB. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: 1) selama satu dasawarsa, Baltbang masih memiliki komitmen melakukan pelatihan di bidang Information, Communication, and Technology (ICT) sebagai e-pembelajaran (e-learning) di komunitas ALCoB. Komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk pelatihan, bimbingan teknis, dan konsultasi bagi guru SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA/SMK di tingkat provinsi/kabupaten/kota secara terprogram dan bebas biaya; 2) Kendala dalam pengembangan program e-learning pada umumnya lebih disebabkan oleh faktor guru yang telah mengikuti pelatihan, tidak adanya petugas khusus tenaga TIK, kurang tersedianya infra struktur TIK, dan terbatasnya dukungan sekolah.
Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran Matematika Lilisrt Sulistyowati
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (15.469 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.11

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran wajib di seluruh jenjang pendidikan. Tujuan utama dari mata pelajaran ini adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mampu bekerjasama. Ironisnya adalah pelajaran matematika oleh sebagian besar siswa dianggap ‘sangat menakutkan’, sehingga siswa kurang motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Tulisan ini mengkaji bagaimana teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat dimanfaatkan untuk mensiasati penyampaian mata pelajaran matematika. TIK dapat digunakan sebagai media di setiap tahap proses pembelajaran, mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi bahkan dapat digunakan juga dalam menjaring umpan balik. Dengan memilih terapan TIK yang sesuai dapat membuat siswa lebih bisa menikmati pelajaran matematika, sehingga tujuan dari pelajaran matematika dapat tercapai.
Kumpulan Abstrak Redaksi Teknodik
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.591 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.2

Abstract

KUMPULAN ABSTRAK PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IKATAN ION. Studi Eksperimen di Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri Kecamatan Terara dan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat Rubiman dan Siti Raudhatul Kamali STKIP Hamzanwadi Selong Lombok Timur Universitas Negeri Mataram NTB-Fakultas MIPA (rubiman@gmail.com) (kamali_chem@yahoo.com) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK TK DODONGAN KABUPATEN GUNUNG KIDUL DENGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN Innayah Balai Pengembangan Media Radio Yogyakarta, Pustekkom-Kemdikbud (innayah_BPMR07@yahoo.com)
Pendayagunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Yuni Sugiarti
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.083 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.7

Abstract

Realitasnya Pendidikan Anak Usia Dini banyak yang dilakukan oleh masyarakat. Begitu pula gurunya banyak yang berasal dari masyarakat. Standarisasi tuntut kualifikasi akademik dan kompetensi guru PAUD menjadi tantangan. Apalagi pendidikan pada jenjang PAUD lebih fokus untuk meletakan dasar ke arah tumbuh kembang anak baik fisik maupun psikis, serta bakat dan potensi lainnya yang dimiliki anak. Peningkatan kompetensi guru PAUD secara konvensional masih terbatas, sehingga diperlukan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi baik secara online, offline maupun melalui teknologi penyiaran. Realisasi pendayagunaan TIK untuk peningkatan kompetensi guru PAUD diwujudkan dalam bentuk: dukungan kebijakan pemerintah (pusat dan daerah), dukungan infrastruktur TIK, pengembangan konten TIK yang bermutu dan menarik, serta pemanfaatan oleh guru PAUD secara optimal. Aspek pemanfaatan ini sangat penting. Oleh karena itu sasaran pengguna harus disiapkan, mulai dari tahapan penyadaran akan perlunya penggunaan TIK untuk meningkatkan kompetensi, pelatihan dan pendampingan, serta pemberian reward bagi sasaran yang menonjol dalam pemanfaatan TIK. Tahapan ini perlu dilakukan secara bertahap dan kontinyu, dengan melibatkan semua pihak terkait mulai pemerintah (pusat dan daerah), orangtua, guru, dunia usaha, LSM, dan masyarakat.
Model Dan Format Instrumen Preview Program Multimedia Pembelajaran Interaktif M Miftah
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.378 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.12

Abstract

Penyusunan instrumen preview bertujuan untuk mengevaluasi produk multimedia pembelajaran interaktif (MPI). Dalam penyusunan digunakanlah alur kerja, model, dan format penyusunan. Metode penyusunan dalam bentuk lokakarya yang melibatkan guru bidang studi, kalangan akademisi, dan ahli dibidang; evaluasi media, media pembelajaran, teknologi pembelajaran, teknologi informasi, kurikulum, serta tim analisis dari Pustekkom. Dalam tulisan ini memuat pokok-pokok penyusunan instrumen; kriteria instrumen yang baik, keuntungan dan kelemahan instrumen, prosedur penyusunan instrument preview program MPI, kisi-kisi instrumen preview program MPI, dan sampai penyusunan instrument preview MPI final. Tujuan penulisan artikel adalah bertukar pikir ( sharing idea) dengan harapan model dan format instrumen preview program multimedia pembelajaran interaktif dapat dimanfaatkan dan dijadikan referensi bagi pengembang multimedia pembelajaran interaktif untuk semua jenjang pendidikan.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IKATAN ION Rubiman dan Siti Raudhatul Kamali
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.408 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.3

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mendukung proses belajar-mengajar kimia. Pemilihan media pembelajaran berdasarkan materi yang diajarkan pada materi kimia sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian ini digunakan media pembelajaran bongkar pasang untuk mempermudah pemahaman konsep ikatan ion. Media bongkar pasang ikatan ion merupakan seperangkat alat yang terdiri dari dua jenis model yang menggambarkan ion positif dan ion negatif yang berfungsi untuk membantu penulisan rumus senyawa kimia yang terbentuk pada proses pembentukan ikatan ion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar berbantuan media bongkar pasang ikatan ion dengan yang tidak berbantuan media pembelajaran. Pada penelitian diperoleh ada perbedaan perolehan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan media pembelajaran bongkar pasang ikatan ion dengan siswa yang tidak menggunakan media bongkar pasang ikatan ion pada siswa SMU kelas X dan XI IPA.
Perkembangan Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Di Indonesia Sudirman Siahaan dan Rahmi Rivalina
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.385 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.8

Abstract

Perkembangan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) dapat dilihat dari 2 segi, yaitu (1) kelembagaan atau organisasi yang berkiprah di bidang PTJJ, dan (2) program PTJJ yang diterapkan/ diselenggarakan oleh lembaga/organisasi pendidikan. Dari segi kelembagaan/organisasi, semakin bertambah jumlah lembaga/organisasi yang berkiprah di bidang PTJJ, seperti antara lain: Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMP Terbuka), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMA Terbuka), Universitas Terbuka (UT), perguruan tinggi negeri konvensional yang sekaligus juga menyelenggarakan PTJJ ( dual modes), Jaringan Sistem Belajar Jarak Jauh Indonesia (Jaringan Sistem BJJI) atau Indonesian Distance Learning Network (IDLN), dan SEAMEO Regional Open Learning Center (SEAMOLEC). Dari segi program PTJJ yang diterapkan/diselenggarakan, PTJJ diawali dari pemanfaatan bahan belajar mandiri tercetak (modul) dengan menggunakan jasa layanan pos sampai dengan pemanfaatan kemajuan teknologi Informasi dan komunikasi (TIK), seperti pemanfaatan media siaran (radio/televisi), media rekaman (audio, CD, VCD), media proyeksi (film bingkai suara, film 16mm, powerpoint), dan media jaringan (internet). Penyelenggaraan kegiatan belajar tutorial PTJJ juga mengalami perkembangan, dimulai dari yang bersifat tatap muka sampai dengan tutorial yang menggunakan TIK. Pengelolaan PTJJ juga terus mengalami perkembangan, dimulai dari inisiatif lembaga atau organisasi yang bersifat individual sampai dengan pengelolaan yang dilakukan secara kemitraan melalui konsorsium.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK TK DODONGAN KEBUPATEN GUNUNG KIDUL DENGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN Innayah bpmr
Jurnal TEKNODIK Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012
Publisher : Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.203 KB) | DOI: 10.32550/teknodik.v0i0.4

Abstract

Pernelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor apa yang menyebabkan siswa kurang trampil dalam menulis dan (2) mengetahui kegiatan mendengarkan media audio pembelajaran PAUD dapat meningkatkan kemampuan menulis anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa Taman Kanak-Kanak PKK 37 Dodogan Gunung Kidul DIY pada bulan Juni sampai dengan Oktober 2011. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan diskusi, kajian dokumen dan tes sederhana. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisa data dengan teknik analitis kritis dan interaktif. Prinsip tindakannya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan evaluasi dan pelaksanaannya didasarkan pada siklus.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Jurnal Teknodik Vol. 29 No. 1, Juni 2025 Jurnal Teknodik Vol. 28 No. 2, Desember 2024 Jurnal Teknodik Vol. 28 No. 1, Juni 2024 Jurnal Teknodik Vol. 27 No. 2, Desember 2023 Jurnal Teknodik Vol. 27 No. 1, Juni 2023 Jurnal Teknodik Vol. 26 No. 2, Desember 2022 Jurnal Teknodik Vol. 26 No. 1, Juni 2022 Jurnal Teknodik Vol.XVI No.4 Desember 2012 Jurnal Teknodik Vol.XVI No.3 September 2012 Jurnal Teknodik Vol. 25 No. 2, Desember 2021 Jurnal Teknodik Vol. 25 No. 1, Juni 2021 Jurnal Teknodik Vol. 24 No. 2, Desember 2020 Jurnal Teknodik Vol. 24 No. 1, Juni 2020 Jurnal Teknodik Vol. 23 No. 2, Desember 2019 Jurnal Teknodik Vol. 23 No. 1, Juni 2019 Jurnal Teknodik Vol. 10 No. 18, Juni 2006 Jurnal Teknodik Vol. 09 No. 16, Juni 2005 Jurnal Teknodik Vol. 8 No. 14, Juni 2004 Jurnal Teknodik Vol. 17 No. 4, Desember 2013 Jurnal Teknodik Vol,17 No. 3, September 2013 Jurnal Teknodik Vol. 12 No. 2, Desember 2008 Jurnal Teknodik Vol. 10 No. 19, Desember 2006 Jurnal Teknodik Vol. 8 No. 15, Desember 2004 Jurnal Teknodik Vol. 22 No. 2, Desember 2018 Jurnal Teknodik Vol. 22 No. 1, Juni 2018 Jurnal Teknodik Vol. 14 No. 1, Juni 2010 Jurnal Teknodik Vol. 13 No. 1, Juni 2009 Jurnal Teknodik Vol. 12 No. 1, Juni 2008 Jurnal Teknodik Vol. 11 No. 3, Agustus 2007 Jurnal Teknodik Vol. 21 No. 2, Desember 2017 Jurnal Teknodik Vol. 20 No. 2, Desember 2016 Juni Jurnal Teknodik Vol. 20 No. 1 Juni 2016 Jurnal Teknodik Vol.19 No. 2 Agustus 2015 Jurnal Teknodik Vol.19 No. 1 April 2015 Jurnal Teknodik Vol.18 No. 3 Desember 2014 Jurnal Teknodik Vol.18 No. 2 Agustus 2014 Jurnal Teknodik Vol.18 No.1 April 2014 Jurnal Teknodik Jurnal Teknodik Vol.XVII No.2 Juni 2013 Jurnal Teknodik Vol.XVII No.1 Maret 2013 Jurnal Teknodik Vol.XVI No.2 Juni 2012 Jurnal Teknodik Vol. XV No.2 Desember 2011 Jurnal Teknodik Vol.XVI No.1 Maret 2012 Jurnal Teknodik Vol.XV No.1 Juli 2011 More Issue