cover
Contact Name
Veta Lidya Delimah Pasaribu
Contact Email
Vethalidya@gmail.com
Phone
+6285880118922
Journal Mail Official
jurnalsemarak.unpam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL SeMaRaK
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26156849     EISSN : 26223686     DOI : 10.32493/smk
Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal SeMaRaK Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK" : 11 Documents clear
Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset Pada PT. Sumarecon Agung TBK Periode 2016-2022 Ahmad Ludvy; Dwi Sumaryanti
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Asset Pada PT Summarecon Agung Tbk Periode 2016 – 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan aplikasi Eviews 9 sebagai aplikasi olah data. Adapun hasil yang diperoleh yaitu Pertama, Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dimana nilai thitung lebih kecil daripada nilai ttabel (1.018946 < 2.05954) dan nilai probabilitas lebih besar dari 5% atau 0.05 dimana (0.3180 > 0.05). Kedua, Debt To Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dimana nilai thitung lebih besar daripada ttabel (2.662240 > 2.05954) dan nilai probabilitas lebih kecil dari 5% atau 0.05 (0.0134 < 0.05). Ketiga, secara simultan Current Ratio dan Debt To Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dimana nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (3.612501 > 3.39) dan nilai probabilitas lebih kecil dari 5% atau 0.05 (0.041864 < 0.05). Kata Kunci : Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA).
Pengaruh Pengetahuan Undang- Undang Harmonisasi Perpajakan (UU HPP) Dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Pajak UMKM Berbentuk Badan Usaha Di Kelurahan Kebon Sirih, Jakarta Pusat Mustajab, Muhammad Roffii; Intan Pramesti Dewi
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Undang-Undang Harmonisasi Perpajakan (UU HPP) diimplementasikan di Indonesia sebagaiupaya reformasi sistem perpajakan dengan tujuan menyederhanakan administrasi, meningkatkankepatuhan wajib pajak, dan menciptakan sistem perpajakan yang lebih adil dan kompetitif.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan tentang UU HPP dan sanksiperpajakan terhadap kepatuhan pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berbentuk badan usaha di Kelurahan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif dengan desain deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sampel penelitianterdiri dari 30 UMKM yang terdaftar secara resmi di Kelurahan Kebon Sirih, yang datanya diperoleh dari database Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah disusun dalam bentuk pernyataan dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan tentang UU HPP dan pemahaman tentang Sanksi Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat Kepatuhan Pajak UMKM.
Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) Dan Working Capital Turnover (WCTO) Terhadap Profitabilitas ( ROA) Pada PT.Ace Hardware Indonesia Tbk.Periode 2013-2022 Ahmad Agus Yasin; Rahmawati, Novita
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh Rasio Total Asset Turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO)Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. ACE Hardware Indonesia Tbkperiode 2013-2022 baik secara parsial maupunsimultan. Dalam penelitian inimetode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi yangdigunakan dalam penelitian ini seluruh laporan keuangan PT. Ace Hardware Indonesia Tbk dan Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah laporankeuanganberupa neraca, laporan laba rugi PT Keuangan PT ACE HardwareIndonesia Tbk. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah ujiasumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan ujiautokorelasi), analisis regresi linier berganda,uji hipotesis (uji parsial dan ujisimultan) dan uji analasis koefesien determinasi. Variabel yang digunakan adalahTotal Asset Turnover (X1) dan Working Capital Turnover (WCTO) (X2) Terhadap Return On Asset (Y). Hasil penelitian untuk Total Asset Turnover ,diperoleh nilaidiperoleh nilai t_(hitung ) lebih besar dari t_(tabel) yaitu sebesar 4,645> 2,364 dengansignifikansi 0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkanbahwa secara parsial Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh signifikanterhadap Return On Asset (ROA), Hasil penelitian untuk Working CapitalTurnover (WTCO) diperoleh nilai nilai t_(hitung ) lebih besar dari t_(tabel) yaitu sebesar -1,539 < 2,364 dengan signifikansi 0,199 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial Working Capital Turnover (WTCO) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Hasil uji f simultan dapat dilihat adalah diperoleh nilai t_hitung adalah sebesar50,516 lebih besardari t_Tabel sebesar 4.74 atau 50,516 > 4.74 adapun nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka hal ini dapat disimpulkan bahwa Total Asset Turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WTCO) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA).
Pengaruh Harga Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sea Food Di Market Place Tokopedia (Studi Kasus pada CV Universeafood di Kota Tangerang) Retno Wulansari; Maria Rosalia
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Digital Marketing terhadapKeputusan Pembelian Produk Seafood di Marketplace Tokopedia (Studi Kasus pada CV Universeafood di Kota Tangerang). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganmenggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 90 orang responden. Metode yang digunakan untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dengan menggunakan analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Pengujian hipotesis harga (X1) diperoleh nilai thitung 2,931 > ttabel 1,987 dan tingkat signifikan 0,004 < 0,05, dengan demikian Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, berarti secara parsial variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis Digital Marketing (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 5,610 >ttabel 1,987 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Digital Marketing terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan untuk keseluruhan variabel menunjukan nilai Fhitung sebesar 52,226 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkanFtabel sebesar 3,100. Dengan demikian Fhitung 52,226 > Ftabel 3,100 dansignifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya hipotesis yang menyatakan variabel harga dan Digital Marketing secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi pengaruh variabel Harga dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 0,543 atau 54,3%. Sedangkan sisanya 45,7% dipengaruhi oleh variabel lain, diluar penelitian ini
Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Periode 2008 – 2022 Shelby virby; Rosahadah
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk periode 2008 – 2022. Metode yang digunakanadalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sampel pada penelitian ini menggunakan laporan neraca dan laporan laba rugi pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2008 – 2022. Analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, model penelitian analisis regresi linier, koefisien determinasi, dan hipotesis dengan taraf signifikan 0,05. Data diolah dan dianalisa dengan menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Capital Adequacy Ratio (CAR) tidakberpengaruh dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA), Non Performing Loan (NPL) secara parsial terdapat pengaruh dan signifikan dengan pola pengaruh negatif terhadap Return On Assets (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA), Terdapat pengaruh dan signifikan secara simultan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap CAR Return On Assets (ROA)
Pengaruh Cash Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividend Pay Out Ratio Perwira, Magenta Surya; Ahmad Agus Yasin
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cash Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada PT Bukit Asam Tbk Periode 2007-2021. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Regresi Berganda dan koefisien determinasi dan regresi berganda. Sementara itu, uji T dan uji F digunakan untuk menguji hipotesis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Cash Ratio (CR) berpengaruh dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Secara simultan Cash Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruuh dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR).
Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Rante Kalua’ Kabupaten Tana Toraja Husada, Octaviani Yuniarti; Veta Lidya Delimah Pasaribu
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh sumber daya manusia terhadap kinerja pegawaipada instansi pemerintahan, (2) pentingnya pemberdayaan sumber daya manusia terhadap pegawai padainstansi pemerintahan, (3) upaya pemerintah dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusiapegawai pada instansi pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitiandeskriptif. Hasil penelitian menujukkan (1) sumber daya manusia yang kompeten menjadi faktorterpenting untuk menunjang segala aktivitas dalam suatu organisasi agar dapat terlaksana secaraoptimal, (2) pemberdayaan pegawai menjadi salah satu cara untuk mengembangkan dan meningkatkankualitas sumber daya manusia sesuai standar kinerja yang telah ditetapkan, (3) kegiatan pemberdayaandapat dilakukan dengan cara pelatihan dan pendidikan, (4) terdapat dua lembaga pengembangan SDMantara lain Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) atau Pusat Pengembangan SumberDaya Manusia (PPSDM). Saran yang dapat diberikan adalah pemerintah perlu meningkatkan kualitaspelayanan dan administrasi melalui pemberdayaan pegawai yang merupakan motor penggerak jalannyapemerintahan dan bersifat menyeluruh sehingga setiap pegawai dapat terlibat dalam proses kemajuanpemerintahan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Omah Laundry Depok Gojali Supiandi; Caelsiana Namba
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen Omah Laundry Depok. Metode yang digunakan adalah menggunakanpendekatan deskriptif dan kuantitaif dengan metode uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji t, uji Fdan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkankualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumenpada omah laundry depok, hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai t-hitung sebesar lebih besardari t-tabel (26,955> 1,661) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), serta nilai koefisienregresi sebesar , hal ini menunjukkan bahwa jika kualitas pelayanan dilakukan denganmaksimal maka akan mampu berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kepuasankonsumen pada omah laundry. promosi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadapkepuasan konsumen pada omah laundry, hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai t-hitung sebesar26,955 lebih besar dari t-tabel (1,661) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), serta nilaikoefisien regresi sebesar 0,887, hal ini menunjukkan bahwa jika promosi dilakukan denganmaksimal maka akan mampu berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkankepuasan konsumen pada omah laundry depok. Kualitas Pelayanan dan Promosi secarabersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen padaomah laundry depok, hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai F-hitung sebesar 20,397 lebihbesar dari F-tabel (2,704) dannilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), serta nilai R- Square0,887 yang artinya kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama dapat memberikankontribusi pengaruh terhadap Kepuasan konsumen sebesar 88,7%, hal ini menunjukkanbahwa kualitas pelayanan dan promosi dilakukan dan disinergikan dengan baik maka akanmampu berpengar
Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Zizoba Resto Dan Coffee Tigaraksa Kabupaten Tangerang Siti Mulyati; RR Renny Anggraini
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan terhadapKeputusan Pembelian konsumen pada Zizoba Resto Dan Coffee Tigaraksa Kabupaten Tangerang.Metode yang digunakan adalah metode penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Asosiatif.Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, metode pengambilan sampeldengan menggunakan teori slovin dan diperoleh 92 responden. Analisis data menggunakan ujiinstrumen, uji asumsi klasik, uji regresi, uji korelasi, uji determinasi, dan uji hipotesis. Hasilpenelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsialmaupun simultan antara pengaruh harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusanpembelian hal ini karena F hitung>F tabel (58.041 > 3.10) dan nilai signifikansi (0.000b < 0,05)atau kuat dengan 56,6% sedangkan sisanya sebesar 43,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka,hal ini berarti harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembeliankonsumen. Persamaan regresi linier berganda yang digunakan memprediksi Harga (X1), KualitasPelayanan (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) adalah Y=8.381+0.324X1+0.447X2.Pengujian hipotesis diperoleh terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultanantara Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Zizoba Resto Dan Coffee Tigaraksa Kabupaten Tangerang.
Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Equity Pada Pt Sepatu Bata Tbk Tahun 2012-2022 Saipul bahri; Anum Nuryani
JURNAL SeMaRaK Vol. 8 No. 2 (2025): JURNAL SEMARAK
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio(DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Sepatu Bata Tbk Periode 2012-2022. Sampelyang digunakan yaitu dari laporan keuangan tahunan (laporan laba rugi dan laporan posisikeuangan). Teknik analisis data mengunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan ujihipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secaraparsial Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Return On Equity dengannilai thitung sebesar 2,155 < dari ttabel 2,365 dengan nilai signifikan 0,068 > dari 0,05. Debt to EquityRatio secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Return On Equity dengannilai thitung sebesar 1,629 < dari ttabel 2,365 dengan nilai signifikan 0,147 > dari 0,05. Berdasarkanuji simultan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio tidak terdapat pengaruh yang signifikanterhadap Return On Equity dengan nilai Fhitung sebesar 2,392 < Ftabel 4,74 dengan nilai signifikasi0,162 > 0,05.

Page 1 of 2 | Total Record : 11