cover
Contact Name
Christina Sudyasjayanti
Contact Email
christina.sudyasjayanti@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
performa@ciputra.ac.id
Editorial Address
CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
ISSN : -     EISSN : 25274635     DOI : https://doi.org/10.37715/jp
Core Subject : Science,
Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan entrepreneurship
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2016)" : 15 Documents clear
KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN SESEORANG TERHADAP LOYALITAS BELANJA PADA VITTORIASHOP Jessica Novia.J
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.134

Abstract

Hasil survei yang di ambil dari tahun 2012 awal pembukaan Vittoriashop sendiri hingga tahun 2015 menunjukkan bahwa faktor kualitas layanan dan kepercayaan sangatlah penting dalam melakukan transaksi dalam Vittoriashop yang terbilang masih baru dalam bisnis e-commerce ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kausalitas kuantitatif yaitu yang menunjukkan arah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, disamping mengukur kekuatan hubungannya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sebanyak 44 sampel. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dengan kriteria pengambilan sampel penelitian pelanggan yang pernah melakukan transaksi pembelian pada Vittoriashop dan pelanggan yang melakukan pembelian minimal 3kali. Kemudian sampel yang akan digunakan dikelola menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Uji F variabel Kualitas Layanan (X1) dan Kepercayaan (X2) terhadap variabel Loyalitas Pelanggan Vittoriashop (Y) menunjukkan bahwa nilai sig 0.000 > 0,05 yang artinya secara simultan Kepercayaan dan Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Vittoriashop.; (2) pengaruh variabel Kualitas Layanan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan Vittoriashop diuji melalui uji t yang menunjukan nilai sig pada uji t sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti Kualitas Layanan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan (3) variabel Kepercayaan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan Vittoriashop diuji melalui uji t yang menunjukan nilai sig pada uji t sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti Kepercayaan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Vittoriashop.
KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN LUSCIOUS DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Vincentius Ricky Setiawan
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.135

Abstract

Pertumbuhan ekonomi khususnya pada kota Surabaya meningkat dengan pesat dalam periode 2008 sampai dengan 2015. Pertumbuhan ini didukung dengan meningkatnya pertumbuhan industri makanan ringan yang juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Pada saat ini, masyarakat kelas menengah terus meningkat jumlahnya setiap tahunnya. Hal itu juga disertai dengan konsumsi makanan yang semakin meningkat pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen Luscious dengan adanya keterlibatan variabel kepercayaan sebagai variabel mediasi.. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 orang dengan kriteria yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian di Luscious di area kota Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan riset perpustakaan, sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data yang didapat diolah dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas yang pengaruhnya juga signifikan terhadap loyalitas konsumen Luscious. Kesimpulan dari penelitian ini digunakan untuk memperbaiki performa perusahaan terutama dalam segi kepuasan dan kepercayaan untuk dapat menciptakan tingkat loyalitas konsumen yang tinggi.
EVALUASI SALURAN KOMUNIKASI PADA PERUSAHAAN AIDEN Vincentius Renaldi Santoso; Christian B. Urbanus; Liliani Liliani
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.136

Abstract

Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui kondisi mengenai saluran komunikasi pada perusahaan AIDEN sebelum penelitian dan sesudah penelitian yang telah dilakukan belangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi saluran komunikasi pada Perusahaan AIDEN agar dapat dijadikan panduan serta digunakan kedepannya sehingga dapat menstabilkan penjualan pada Perusahaan AIDEN di setiap bulan. Subyek pada penelitian yang dipilih sebagai informan pada penelitian ini adalah rekan project, pengamat fesyen, penjual produk fesyen, pembeli serta calon pembeli, sedangkan obyek penelitiannya adalah Perusahaan AIDEN yang berlokasi di Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi terstukruktur yang didukung dengan pendokumentasian data. Wawancara semi terstuktur digunakan untuk mengetahui evaluasi saluran komunikasi yang dilakukan Perusahaan AIDEN selama ini dengan beberapa tolak ukur yang telah ditetapkan sebelumnya. Pendokumentasian ini dilakukan ketika wawancara sedang berlangsung berupa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saluran komunikasi non personal melalui pameran merupakan saluran komunikasi yang paling efektif ketika digunakan oleh Perusahaan AIDEN selama ini. Namun perlu lebih diperhatikan tentang penataan layout ketika pameran berlangsung agar lebih menarik minat konsumen untuk datang. Pada saluran komunikasi personal melalui website dan media sosial, perlu lebih banyak ditingkatkan informasi yang diberikan seperti detail produk, harga, cara pembayaran serta cara pengiriman produk ke konsumen. Juga perlu adanya pembenahan pada website dengan penambahan fitur seperti newsletter dan memperindah tampilan website agar lebih menarik. Berdasarkan hal tersebut maka diketahui bahwa saluran komunikasi non personal merupakan saluran yang paling baik digunakan bagi Perusahaan AIDEN sekarang ini. Namun perlu juga ditingkatkan kegunaan saluran komunikasi personal kedepannya.
PENGEMBANGAN BISNIS JOERAGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PRINSIP EFEKTUAL Deden Syukwansyah
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.137

Abstract

Perkembangan industri makanan dan minuman mengakibatkan persaingan pada bisnis makanan yang semakin kompetitif. Salah satunya adalah bisnis kerupuk yang juga meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Dalam hal ini Joeragan menemui hambatan dalam menjalankan bisnisnya, sehingga perlu adanya pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Joeragan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara yang lebih efektif untuk pengembangan bisnis Joeragan dengan pendekatan prinsip efektual. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature. Data yang digunakan bersumber dari data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan buku teks, jurnal, dan periodical. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam prinsip bird in hand, Joeragan terlebih dahulu memahami kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki serta siapa saja koneksi yang dikenalnya. Kemudian dalam prinsip affordable loss Joeragan harus mampu mengatasi resiko dengan memperhitungkan resiko yang masih dapat diambil. Dalam prinsip crazy quilt, Joeragan harus mampu menjalin relasi sebanyak-banyaknya guna pengembangan bisnis. Dan prinsip lemonade, Joeragan harus memandang sesuatu yang tidak terduga sebagai masukan berharga dan mampu mengubahnya menjadi peluang dalam mengembangkan bisnis. Selanjutnya, Joeragan harus aktif menciptakan masa depan daripada memprediksi masa depan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN TERHADAP PRODUK NAGET DELICY Laurensia Hanjani Putri
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.138

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian konsumen terhadap produk Naget Delicy. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang disajikan dalam penelitian ini didapatkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 80 responden dan wawancara yang dilakukan kepada lima informan yang dipilih dari hasil kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunaka teknik triangulasi. Alat analisis yang digunakan adalah faktor yang mempengaruhi minat pembelian ulang konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya tujuh faktor yang mempengaruhi minat pembelian ulang konsumen, yaitu kepuasan pelanggan, kualitas layanan, preferensi merek, kualitas produk, nilai yang dirasakan, harga, dan lingkungan fisik. Secara keseluruhan, performa perusahaan pada faktor kualitas layanan, kualitas produk, nilai yang dirasakan, dan harga sudah cukup baik, namun tidak cukup baik pada tiga faktor lainnya, yaitu faktor kepuasan pelanggan, preferensi merek, dan lingkungan fisik.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PENGETAHUAN PRODUK DAN KERAGAMAN MENU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CAPRA LATTE Sanny Hanjaya
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu terhadap keputusan pembelian produk Capra Latte. Peneliti melakukan survei awal terlebih dahulu terhadap 10 orang responden yang merupakan pelanggan produk Capra Latte untuk menentukan variabel – variabel yang akan diteliti. Survei awal tersebut menghasilkan kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu sebagai variabel bebasnya dan keputusan pembelian sebagai variabel terikatnya. Penelitian ini mengunakan populasi dari konsumen produk Capra Latte yang sudah pernah membeli lebih dari satu kali selama periode Agustus 2014 –Januari 2015, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 55 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dimana subjek yang dipilih berdasarkan ciri – ciri yang dipandang memiliki hubungan dengan kriteria tertentu berdasarkan tujuan penelitian. Sumber data yang digunakan adalah dengan melalui penyebaran kuosioner kepada responden yang memenuhi kriteria untuk mengisi kuisioner tersebut. Pertanyaan kuosioner merupakan pertanyaan tertutup dengan lima butir skala jawaban. Pada kuisioner, pengukuran variabel menggunakan skala Likert. Dengan variabel bebas kualitas produk (X1), pengetahuan produk (X2) dan keragaman menu (X3) dan variabel terikat keputusan pembelian (Y). Teknik penelitian yang digunakan analisa regresi linear berganda dengan mengunakan aplikasi SPSS 22 untuk mengelolah data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu masing-masing secara simultan dan parsial memiliki pengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh 182 PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 2, Juni 2016: 181- 190 konsumen produk Capra Latte. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 57.2% yang berarti bahwa variabel terikat dalam penelitian ini dapat dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 57.2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilakukan dalam penelitian ini.
MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. KARUNIA KREATIF MANDIRI Vincent Arnold Purnama; Liliani Liliani
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.141

Abstract

PT. Karunia Kreatif Mandiri adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang produksi furniture, yaitu pembuatan rak dari material particle board. PT. Karunia Kreatif Mandiri membutuhkan kinerja yang optimal dari para karyawannya agar pesanan konsumen dapat selesai tepat waktu. Oleh karena itu, PT Karunia Kreatif Mandiri perlu melihat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan, diantaranya faktor motivasi. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi motivasi kerja karyawan PT Karunia Kreatif Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif yang berupaya mendapatkan ilustrasi secara lengkap dari para informan mengenai permasalahan motivasi kerja mereka. Penelitian ini menggunakan data primer, yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dan data sekunder, yang dikumpulkan dari dokumentasi di PT. Karunia Kreatif Mandiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan 5 orang informan, yang terdiri dari 4 orang karyawan bagian produksi, serta 1 orang kepala bagian produksi untuk mengetahui pandangan karyawan yang sudah lama dan yang baru bekerja mengenai motivasi mereka bekerja di PT. Karunia Kreatif Mandiri. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa motivasi kerja terkait kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, dan penghargaan sudah cukup baik, sedangkan kebutuhan aktualisasi diri masih terbatas. PT. Karunia Kreatif Mandiri perlu melakukan upaya untuk meningkatkan motivasi karyawan, khususnya terkait gaji karyawan baru dan pengadaan asuransi atau jaminan kesehatan.
EKSPLORASI PREFERENSI KONSUMEN BUSINESS-TO-BUSINESS TERHADAP FLEKSIBILITAS KEMASAN, HARGA, DAN RASA DALAM PENGEMBANGAN PRODUK RENGGINANG BUMBUKU Cornellia Febri
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.142

Abstract

Bumbuku adalah perusahaan food and beverage yang memproduksi kerupuk rengginang. Kerupuk rengginang yang diproduksi dibagi menjadi dua macam rasa, yaitu asin udang dan manis jahe. Lemahnya karakteristik produk yang dimiliki Rengginang Bumbuku telah memberi masalah yang cukup serius bagi reseller individu untuk menembus pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan pendapat konsumen B2B terhadap fleksibilitas perusahaan dari sisi kemasan produk, harga produk, dan rasa produk Rengginang Bumbuku. Metode yang digunakan pada penelitan ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini terdiri dari enam orang reseller individu, yaitu tiga orang merupakan reseller individu Bumbuku dengan kriteria telah menjadi reseller Bumbuku selama satu tahun dan melakukan pembelian ulang produk Bumbuku setiap bulannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bumbuku telah mempertimbangkan dan mampu memenuhi permintaan reseller-nya terkait dengan perbaikan kemasan Rengginang Bumbuku. Bumbuku telah memberikan harga yang sama kepada reseller individu, namun dengan harga khusus (lebih murah) dibandingkan dengan harga yang ditawarkan kepada konsumen akhir. Sebagaimana hal tersebut juga terjadi di perusahaan sejenis. Bumbuku menawarkan dua varian rasa untuk produk Rengginang Bumbuku, yaitu rasa asin udang dan manis jahe. Minimnya pilihan rasa Rengginang Bumbuku yang ditawarkan kepada konsumen membuat beberapa reseller individu berharap bahwa Bumbuku dapat menambah beberapa varian rasa baru bagi Rengginang Bumbuku dalam rangka meningkatkan minat konsumen untuk membeli Rengginang Bumbuku. Implikasi manajerial bagi Bumbuku adalah menambah variasi warna, menggunakan bahan lainnya untuk kemasan seperti alumunium foil, mengganti warna dan desain kemasan, mengurangi 5% dari harga bagi reseller.
KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN EMPATI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PRINCESS COSMETIC Michelle Pusura Putri Kosasih
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.143

Abstract

Banyaknya jumlah perempuan di Indonesia dan besarnya peluang khususnya di industri kecantikan menyebabkan banyaknya kemunculan perusahaan dan pertokoan kosmetik. Princess Cosmetic adalah sebuah usaha online shop yang menjual berbagai produk kecantikan. Kualitas pelayanan yang diberikan Princess Cosmetic masih kurang baik dikarenakan banyaknya konsumen yang memberikan keluhan tentang rendahnya kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel-variabel bebas yang terdiri dari keandalan, daya tanggap dan empati terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan dari Princess Cosmetic. Sampel pada penelitian ini adalah pelanggan Princess Cosmetic khususnya untuk end user. Data yang diperoleh akan dianalisis secara kuantitatif dengan metode analisis Partial Least Square (PLS). Data yang digunakan ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari kuesioner dan laporan keuangan Princess Cosmetic dari bulan Agustus sampai November 2015 . Data sekunder penelitian ini adalah laporan keuangan Princess Cosmetic dari bulan Desember 2013 hingga Juli 2015. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keandalan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan t-statistik berjumlah 3,939. Daya tanggap berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan t-statistik berjumlah 2,474. Empati berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian dengan t-statistik di bawah 1,96 dengan jumlah 0,779.
PERANCANGAN STRUKTUR SALURAN DISTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PERUSAHAAN SLAP Antonio Nicolas; David S. Kodrat
Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jp.v1i2.144

Abstract

SLAP adalah perusahaan yang bergerak dibidang fesyen yang memproduksi tas, terutama tas dengan model selempang, tas briefcase dan sling bag. Saluran distribusi yang digunakan SLAP dalam mendistribusikan barang selama ini adalah menggunakan struktur saluran distribusi tingkat 0 dan tingkat 1, dalam pendistribusiannya dilakukan secara langsung dan melalui retailer secara konsinyasi. Penggunaan saluran distribusi yang digunakan ini dirasa belum dapat mengoptimalkan tingkat penjualan perusahaan SLAP, sehingga SLAP ingin melakukan perancangan struktur saluran distribusi dan saluran distribusi untuk bisa meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui suatu proses atau pemahaman secara mendalam dengan melakukan penelitian kepada informan yang akan diteliti. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu informan ditentukan berdasarkan kriteria yang terkait dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh pengguna tas, dengan 6 informan sebagai sampel yang terdiri dari 3 konsumen, 2 saluran distribusi dan 1 kompetitor. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan struktur saluran distribusi dan saluran distribusi pada perusahaan SLAP. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk tas selempang, tas briefcase dan tas slingbag sekarang ini termasuk pada produk orange goods, dimana produk orange goods lebih cocok menggunakan struktur saluran distribusi tingkat nol dan tingkat satu, yakni pendistribusian langsung serta pendistribusian menggunakan satu level perantara, dan saluran distribusi yang digunakan untuk mempermudah pendistribusian ialah menggunakan media offline melalui toko dan pameran untuk memberikan rasa aman dan kepercayaan lebih bagi konsumen, media online lewat website resmi, e-commerce dan sosial media, serta komunitas dan reseller

Page 1 of 2 | Total Record : 15