Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Jurnal Tourism adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
yang mempublikasikan hasil penelitian yang berhubungan dengan tema Perjalanan Wisata, Perhotelan, Budaya, Destinasi, dan Event.
Jurnal ini akan diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan November.
Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE"
:
8 Documents
clear
TOURIST PERCEPTION OF THE AIDA MODELS IMPLEMENTATION IN THE MEDIA OF PROMOTION IN TOURISM ATTRACTION TESBATAN VILLAGE, KUPANG DISTRICT
Bagaihing, Martarida
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32511/tourism.v3i2.728
The Kupang Regency Government continues to make various efforts to increase tourism in its area. One of these efforts is providing information through media of promotion to attract tourists to visit Tesbatan Village. In this effort, it is necessary to identify tourists' perceptions of the AIDA (attention, Interst, Desire, Action) Model in the media of promotion of tourist attraction in Tesbatan Village, Kupang Regency, East Nusa Tenggara. This research is a type of qualitative research using descriptive analysis with the assessment categorization method based on the level of achievement of the respondents. Data collection using a questionnaire based on a Likert scale. The results showed that the perception of visitors about the AIDA Model in the media of promotion for tourist attraction in Tesbatan Village was based on each of the indicators, namely: (1) the element of Attention in the promotional media was categorized as poor with an average percentage of 55%, (2) the element of Interest in the promotional media it is categorized as good enough with an average percentage of 67%, (3) the element of Desire in the promotional media is categorized as good with an average percentage of 70%, (4) the element of Action in the promotional media is categorized as good with an average percentage of 68%.
PENERAPAN Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainable (CHSE) DALAM ERA NORMAL BARU PADA DESTINASI PARIWISATA KOTA KUPANG
Tandilino, Sari Bandaso
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32511/tourism.v3i1.656
Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Karena terdampak paling awal, paling beresiko tinggi kerugiannya dan paling akhir pemulihannya. Sehingga Kota Kupang yang memiliki destinasi wisata alam, budaya dan buatan sebanyak 59 DTW juga mengalami dampak penurunan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 80%. padahal kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD Kota Kupang sebesar 60% setiap tahun. Untuk itu menggairahkan kembali maka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mewajibkan semua industri pariwisata untuk menerapkan Protokol Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainable (CHSE). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan protokol CHSE di obyaek daerah tujuan wisata Kota Kupang dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan bimbingan teknis penerapan CHSE dengan membagikan kuesioner kepada 40 pengelola destinasi wisata sebagai responden dan mengolahnya menggunakan teknik analisa data kualitatif berupa penyajian dalam bentuk matriks, grafik, dan bagan. Berdasarkan hasil perhitungan Importance-Performance Analysis maka dari tingkat kesesuaian diatas diperoleh nilai kesesuaian antara penilaian kepentingan dan harapan pengelola destinasi pariwisata terhadap penerapan 148 item pelaksanaan protokol CHSE di Kota Kupang sebesar 75%. Hal ini berarti bahwa penilaian pengelola atau pemilik daya tarik wisata tersebut termasuk dalam kriteria Baik dalam penerapan Protokol Cleanliness, Healthy, Safety, & Environmental Sustainable (CHSE).
BRAND DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA CAFÉ EXCELSO KUPANG)
Flora, Veronika
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32511/tourism.v3i2.729
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan brand terhadap keputusan pembelian konsumen pada cafe Excelso Kupang. Motode penelitian yang digunakan adalah mix method desain concurrent embeded, dengan metode kuantitatif sebagai metode primer. Hasil penelitian lewat pengolahan kuesioner menunjukkan bahwa brand berpengaruh signifikan dan berkontribusi sebesar 49,8% terhadap keputusan pembelian. Secara umum PT Excelso Multi Rasa memiliki segmen pasar berpenghasilan menengah ke atas, dengan Standar Pelayanan Operasional ditetapkan seragam di seluruh outlet nya termasuk di café excelso Kupang, konsumen kebanyakan berjenis kelamin laki-laki, datang dalam grup (lebih dari satu orang), hampir semua pengunjung memiliki mobile phone dan memiliki akun media sosial, sehingga mudah untuk mengenali brand perusahaan serta produk dan pelayanan yang ditawarkan. Beberapa konsumen juga merupakan tamu dan atau peserta seminar di Hotel Amaris yang letaknya satu bangunan dengan cafe excelso ini, dan beberapa juga pernah berkunjung ke outlet café excelso yang ada di luar Kota Kupang.
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP HIGIENE DAN SANITASI KAMAR PADA HOTEL ASTON KUPANG
Zakharia, Friend
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32511/tourism.v3i2.725
This study aims to determine consumer perceptions of room hygiene and sanitation at Hotel Aston Kupang. This type of research is a quantitative descriptive study with a survey approach. The research sample is 83 consumers who stay at Hotel Aston Kupang. Data collection techniques using questionnaires, observation, literature and documentation. The validity test uses the product moment correlation formula, while the reliability test uses the Cronbach Alpha formula with the reliability coefficient values ​​0.817 and 0.926. After describing the value with a Likert scale, the data were analyzed using quantitative descriptive techniques, namely methods that describe some data logically so that conclusions can be drawn and supported by average analysis to answer the problem formulation. Based on the results of the discussion and analysis of previous data, it can be concluded that consumer perceptions of hygiene are good, while consumer perceptions of room sanitation at Aston Hotel Kupang are very good.
MOTIVASI DAN PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA GUNUNG FATULEU, DESA NUNSAEN, KECAMATAN FATULEU TENGAH, KABUPATEN KUPANG
Conterius, Agustino
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32511/tourism.v3i2.738
Penelitian yang dilaksanakan yakni mengenai motivasi dan persepsi wisatawan terhadap daya tarik wisata Gunung Fatuleu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja motivasi yang mendorong wisatawan untuk berkunjung ke daya tarik wisata Gunung Fatuleu? dan (2) bagaimanakah persepsi wisatawan terhadap daya tarik wisata Gunung Fatuleu?. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui motivasi wisatawan yang berkunjung ke daya tarik wisata Gunung Fatuleu, dan (2) untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap terhadap daya tarik wisata Gunung Fatuleu. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mendukung penelitian ini maka dikumpulkan data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 636 wisatawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Dalam menentukan jumlah sampel penelitian, penulis menggunakan rumus Slovin dengan toleransi eror sebesar 5%, dan mendapat jumlah wisatawan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 245 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata wisatawan memiliki physical or physiological motivation , social or interpersonal motivation dan fantasy motivation yang sangat tinggi dan cultural motivation yang rendah untuk berwisata pada daya tarik wisata Gunung Fatuleu. Rata-rata wisatawan juga memberikan persepsi yang sangat baik terhadap komponen 4A yang meliputi atraction, amenities, accessibility dan ancillary service yang terdapat di daya tarik wisata Gunung Fatuleu.
Persepsi Wisatawan Domestik Terhadap Kualitas Objek dan Daya Tarik Pantai Manikin di Kabupaten Kupang
Mantolas, Christina;
Rero, Laurensius Sandro
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32511/tourism.v3i2.726
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan domestik terhadap daya tarik Pantai Manikin Kabupaten Kupang. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Responden berjumlah 38 laki-laki dan 62 perempuan. Kebanyakan mereka tinggal di Kupang. Studi kuantitatif ini menggunakan survei wisatawan dan penyebaran kuisioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik skala likert yang biasa digunakan untuk mengukur perilaku, opini, dan persepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap kualitas dan daya tarik Pantai Manikin di Kabupaten Kupang tergolong buruk dilihat dari daya tarik, akomodasi, aksesibilitas, pemerintah masih kurang memperhatikan pembangunan sarana penunjang, dan masyarakat sekitar Manikin. Pantai kurang sadar dengan peluang bisnis di bidang pariwisata serta masih minimnya keterlibatan masyarakat dalam merawat, memelihara, dan membersihkan Pantai Manikin dan sekitarnya.
TOURISM ATTRACTIONS DEVELOPMENT THROUGH THE TAPPING ACTIVITIES OF LONTAR TREE IN TOURIST ATTRACTION LASIANA BEACH KUPANG CITY
Eky, Feny Susana;
Saragi, Rulli
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32511/tourism.v3i2.727
Lasiana Beach, Kupang City is one of the leading tourist attraction in Kupang city because it has a strategic location, is easy to reach and holds cultural potential that attractive and educative. However, the development of this tourist attraction has not been carried out optimally, especially on the elements of attraction which are the main elements of a tourist attraction. The purpose of this study is to develop palm tree tapping activities as an attractive and educative tourist attraction in tourist attraction Lasiana beach. The methodology used is a qualitative research method. The results showed that palm tree tapping activity as a tourist attraction in tourist attraction Lasiana beach can be packaged into a tourist attraction that fulfills three basic tourist elements, namely can be seen (something to see), can be done (something to do), and can be purchased (something to buy).
STRATEGI PENGEMBANGAN AIR TERJUN OEHALA SEBAGAI DAYA TARIK EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN, NUSA TENGGARA TIMUR
Syul Rosli Sanam
TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE Vol 3 No 2 (2020): Tourism: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE
Publisher : Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Oehala Waterfall is one of the tourism potentials which has been decided as one of the natural tourist attraction at Timor Tengah Selatan regency. The development is not able to meet the expectation which is only to supply the tourism facilities at Oehala Waterfall location. In the ecotourism context, the development should be oriented to strengthen then the local community role and involvement. However, in the development of Oehala tourist attraction, the local community has not been involved actively because of the weakness of the human resources in tourism aspect. The objective of this research are: 1) Analizing the internal environment condition and Oehala tourist attraction external; and 2) Formulating the community based tourism ecotourism development program at Oehala Waterfall tourist attraction. The result of the research shows that in successing the community based ecotourism development at Oehala tourist attraction, so the strategy and program which should be developed are the product development and the natural tourist attraction and ecotourism culture based, the development of tourism facility, the development of human resources and organization establishment, the development of promotion and marketing, and also the ecotourism development which is eco-friendly.