cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BANYAK DAN SEDIKIT MELALUI PENERAPAN METODE EDUTAINMENT PADA KELAS A1TAMAN KANAK-KANAK Al-MUKADDIMAH PONTIANAK Irma, Irma; Maulina, Iin; Yuniarti, Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.304 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i1.1590

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi metode pembelajaran yang monoton dalam mengenal konsep banyak dan sedikit yang menggunakan pola penugasan. Fokus dari penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan  mengenal konsep banyak dan sedikit melalui penerapan  metode edutainment pada siswa Taman Kanak-Kanak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal yang terdapat dalam masalah penelitian dalam meningkatkan kemampuan  mengenal konsep banyak dan sedikit melalui penerapan metode edutainment di kelas A1 Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan anak yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian melalui hasil data yang diperoleh setelah dilakukan analisis, secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Adanya perencanaan pembelajaran melalui penerapan metode edutainment meningkatkan kemampuan mengenal ukuran banyak dan sedikit, 2) Adanya langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran tentang ukuran banyak dan sedikit melalui penerapan metode edutainment meningkatkan kemampuan mengenal banyak dan sedikit 3) Terdapat peningkatan kemampuan  mengenal konsep banyak dan sedikit melalui penerapan metode edutainmentdengan cara:a) Kemampuan menunjukkan benda yang banyak dan benda yang sedikit b) Kemampuan mengukur dengan takaran benda ukuran banyak dan sedikit c) Kemampuan mengukur sendiri benda yang dikategorikan banyak dan benda yang dikategorikan sedikit.Kata Kunci: Mengenal Konsep, Metode Edutainment
PERBEDAAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 2-3 TAHUN KE POSYANDU MASYITAH DITINJAU DARI KEAKTIFAN ORANGTUA KELURAHAN DALAM BUGIS RW 008 PONTIANAK Allafa, Rizqi; Jati, Sri Nugroho; Maulina, Iin
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.642 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i1.1591

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keaktifan orangtua di Posyandu Masyitah Kelurahan Dalam Bugis RW 008 Pontianak dalam memantau tumbuh kembang anaknya tidak mencapai 50% dari target yang telah ditentukan, sehingga tidak semua orangtua datang ke posyandu setiap bulannya dalam membawa anak mereka ke posyandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan orangtua tentang tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun ditinjau dari keaktifan orangtua ke Posyandu Masyitah Kelurahan Dalam Bugis RW 008 Pontianak. Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian causal comparative studies, dan  pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua yang terdaftar di posyandu tersebut selama 2 tahun terakhir (bulan Januari tahun 2016 sampai bulan Desember tahun 2017) adalah 172 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling berjumlah 33 orang. Hasil penelitian adalah 1) Pengetahuan orangtua tentang tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun di Posyandu Masyitah Kelurahan Dalam Bugis RW 008 Pontianak adalah tergolong cukup baik. 2) Keaktifan orangtua dalam pemeriksaan tumbuh kembang anak di Posyandu Masyitah Kelurahan Dalam Bugis RW 008 Pontianak adalah sebanyak 36,36% berjumlah 12 orang tergolong aktif, sebanyak 30,30% berjumlah 10 orang tergolong cukup aktif, sebanyak 33,34% berjumlah 11 orang tergolong tidak aktif. 3) Hasil analisis data dalam uji one way anova diperoleh nilai sig hitung ≤ taraf signifikan, yaitu 0,001 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti hipotesis berbunyi terdapat perbedaan pengetahuan orangtua tentang tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun ditinjau dari keaktifan orangtua ke Posyandu Masyitah Kelurahan Dalam Bugis RW 008 Pontianak.Kata kunci: Pengetahuan, tumbuh kembang, keaktifan orangtua, posyandu.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERITERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELAS B1 TAMAN KANAK-KANAK BINA INSAN PONTIANAK Indah Mentari Wulandhani; Mawardi Mawardi; Sri Nugroho Jati
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.356 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i1.1592

Abstract

Salah satu aspek yang perlu dikembangkan sejak dini adalah perkembangan bahasa karena merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Dari pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan sebuah masalah yaitu kemampuan menyimak anak yang masih rendah, belum bisa memahami perintah dengan benar karena saat dalam pembelajaran anak masih menanyakan kembali aturan dalam kegiatan. Berkaitan dengan bahasa yang salah satunya adalah menyimak yang merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Reseptif berarti bahwa dalam menyimak pelibat harus memahami apa yang terkandung dalam bahan simakan.  Memudahkan pembelajaran diperlukan media salah satunya adalah bercerita menggunakan media gambar seri.  Gambar seri merupakan media yang dapat menarik minat anak secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan menyimak sebelum menggunakan media gambar seri untuk anak kelas B1 di Tk Bina Insan Pontianak. (2) Kemampuan menyimak sesudah menggunakan media gambar seri untuk anak kelas B1 di Tk Bina Insan Pontianak. (3) Perbedaan antara kemampuan menyimak sebelum menggunakan media gambar seri dan sesudah menggunakan media gambar seri untuk anak kelas B1 di TK Bina Insan Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 11 anak, 5 anak laki – laki dan 6 anak perempuan. Yang dilaksanakan beberapa tahap : (1) Pre-test / test awal, (2) Treatmen / perlakuan, (3) Post-Test / test terakhir. Penelitian ini terdiri dari 6 kali pertemuan, 1 kali pre-test, 4 kali perlakuan, dan 1 kali post-test. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah menggunakan media gambar seri dari hasil pre-test 7,81% menjadi nilai post-test 13,09%. Teknik analisis data menggunakan uji-t, hasil uji t yang menggunakan SPSS 22 menunjukkan terdapat pengaruh nilai ( 4.888 > 2.228 ) dengan signifikasi ( 0,05 > 0,875 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menyimak anak.Kata Kunci : Kemampuan Menyimak, Media Gambar Seri
PENERAPAN METODE TILAWATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK B TK ISLAM AL-AZHAR 21 PONTIANAK Molodi, Molodi; Yapandi, Yapandi; Somantri, Elin B
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.975 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i1.1593

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Tilawati dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di TK Islam Al-Azhar 21 Pontianak. Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas atau disingkat PTK, yang dilaksanakan dalam bebrapa tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, fokus pada penerapan metode Tilawati baik di siklus satu maupun disiklus dua, dengan pendekatan kualitatif, menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: Wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Subjek dalam penelitian 30 orang anak TK Islam Al-Azhar 21 Pontianak sedangkan guru kelas mengamati  peneliti dan anak dalam peleksanaan tindakan. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga teknik analisi data yaitu: Reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu dengan Triangulasi, member check, dan Expert opinion.Berdasarkan hasil penelitian kemampuan membaca al-Qur’an anak setelah dilaksanakan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Tilawati menunjukan peningkatan yang baik. Pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Tilawati memiliki kelebihan diantaranya anak mudah dan lancar dalam membaca al-Qur’an, bisa membaca dengan tartil menggunakan lagu rost dasar dan sangat cocok untuk pembelajaran di Taman Kanak-kanak.Kata kunci:Metode Tilawati, membaca Al Qur’an
PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASITERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELAS B1 TAMAN KANAK-KANAK ISLAM HARUNIYAH PONTIANAK TIMUR Windyastuti, Yuni; Ratnasartika, Ratnasartika; Somantri, Elin B
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.586 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i1.1589

Abstract

Pembelajaran dengan permainan modifikasi bermanfaat terhadap kemampuan motorik kasar anak, dengan mempelajari motorik kasar maka pertumbuhan dan perkembangan anak untuk masa depannya akan tercapai secara optimal dan dengan permainan modifikasi maka anak akan lebih cepat memahami dan mengerti tentang motorik kasar seperti melompat, lari dan lain sebagainya.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk memperoleh informasi yang objektif tentang Pengaruh Pembelajaran Dengan Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelas B1 Taman Kanak-kanak Islam Haruniyah Pontianak Timur.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dengan alat pengumpul data adalah lembar pengamatan peningkatan motorik kasar anak. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan secara umum bahwa terdapat pengaruh permainan modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelas eksperimen (B1) TK Islam Haruniyah Pontianak Timur. Sedangkan secara khusus dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan motorik kasar anak sebelum perlakuan dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak kelas B1 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (B1) adalah 6,63 sedangkan kelas Kontrol (B2) adalah 5,00. (2) Kemampuan motorik kasar anak setelah perlakuan dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak kelas B1 lebih baik lagi dengan diberikannya perlakuan berupa permainan modifikasi dengan nilai rata-rata kelas eksperiman (B1) adalah 8,16 sedangkan kelas kontrol (B2) adalah 6,84. (3) Pengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak adalah kelas eksperimen -9,549 < -1,729 sedangkan kelas kontrol -8,380 < -1,729. Simpulan dalam peneltian ini adalah terdapat pengaruh terhadap kelas eksperimen yang telah diberikan perlakuan yaitu permainan modifikasi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan kepala sekolah beserta guru membuat program khusus, mengatasi segala kelemahan penelitian serta mencoba cara baru dalam pembelajaran motorik kasar.Kata Kunci:Permainan, modifikasi, motorik kasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5