cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS METODE DRILL DALAM AKTIVITAS MENGGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI PONTIANAK Partriani, Desi; Jati, Sri Nugroho; Yuniarti, Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.57 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i2.2002

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi pada anak di kelas B3 di Taman Kanak-Kanak Barunawati Pontianak yaitu kemampuan motorik halus anak dikatakan masih kurang, anak masih sulit memegang pensil dengan benar dan menggerakan pensil pun masih kaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang efektivitas metode drill dalam aktivitas menggambar terhadap peningkatan motorik halus anak  di Taman Kanak-Kanak Barunawati Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental One Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar chek list. Sumber data adalah sembilan anak dengan kemampuan motorik halus masih kurang. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre-test motorik halus anak dalam kemampuan melengkungkan telapak tangan diperoleh persentase sebesar 55,56% meningkat menjadi 66,67% pada saat post-test, kemampuan menggunakan jari telunjuk dan jempol untuk memegang suatu benda memperoleh hasil persentase 22,23% meningkat menjadi 100% pada saat post-test, kemampuan membuat bentuk lengkung dengan jempol dan telunjuk dengan persentase 44,44% meningkat menjadi 77,78% pada saat post-test. Analisis data menggunakan Uji Paired T Sample Test. Nilai t hitung sebesar 10,000 dengan tingkat sig (2 tailed) = 0,000 dengan df= n-1=9-1=8, sehingga nilai t tabel = 2,30600 pada taraf signifikasi (a=0,05). Hasil t hitung ≥ t table, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK TENGGARA Agustini, Maulia Dwi; Somantri, Elin B; Diana, Diana
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.066 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i2.2003

Abstract

Penelitian ini berdasarkan tingkat kecerdasan naturalis anak yang belum optimal untuk menghubungkan benda alam dan lingkungan sekitar karena belum  mengenal, memahami serta membedakan jenis tumbuhan. Meningkatkan kecerdasan naturalis anak di Taman Kanak-Kanak Islamiyah peneliti menggunakan pembelajaran bermain peran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil peningkatan tingkat kecerdasan naturalis anak melalui bermain peran di Taman Kanak-Kanak Islamiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). Adapun  subjek penelitian dalam penelitian ini 12 orang anak dan 2 orang guru, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi, dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi anak dan guru, pedoman wawancara, buku-buku, surat, dokumen resmi, portofolio,foto. Teknik pemeriksaan keabsahan menggunakan  analisis data dan triangulasi, dan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan  pada siklus I  di lima indikator BSB  0%, sedangkan pada siklus II di lima indikator BSB meningkat menjadi 16,66%. Siklus III di lima indikator BSB meningkat menjadi 80,01% mencapai  ketetapan indikator 80%. Hal ini menunjukkan dengan bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak.
PENGARUH KEGIATAN MELUKIS DENGAN KUAS TERHADAP KEMAMPUAN DASAR SENI ANAK KELAS B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK Indriana, Indita; Somantri, Elin B; Yuniarti, Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.42 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i2.2004

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi pada anak dikelas B di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak yaitu kemampuan dasar seni anak pada kegiatan melukis dengan kuas dikatakan masih kurang, anak masih menggunakan krayon sebagai alat yang digunakan dalam kegitan melukis, membentuk  pada gambar dalam kegiatan melukis dan memberi warna kurang tepat. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kemampuan dasar seni dalam kegiatan melukis menggunakan kuas di Taman Kanak-kanak islamiyah Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-ekperimental one group pre-test post-test post-test design. Teknik pengumpulkan data menggunakan observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre-test anak sebelum menggunakan kuas untuk kegiatan melukis diperoleh persentase 33,33 % meningkat menjadi 58,33 % Pada saat post-test. kerapian dalam menggunakan kuas memperoleh persentase sebesar 16,66% meningkatan menjadi 58,33 % pada saat post-test. kebersihan melukis menggunakan kuas hasil persentase 33,33 % meningkat menjadi 75,00 % pada saat post-test. kreativitas anak dalam kegiatan melukis menggunakan kuas hasil persentase 33,33 % meningkat menjadi 66,66 % pada saat post-test. Berdasarkan hasil analisis SPSS sig sebesar 0,120 ternyata a=0,05 lebih kecil dari sig (0,05 ≥ 0,120) maka Ha diterima dan Ho ditolak.
PENERAPAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B 1 PAUD KASIH BUNDA PONTIANAK SELATAN Desi Alsari; Sutrisno Sutrisno; Yuniarti Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.246 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i2.2005

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam menyampaikan informasi secara lisan kepada orang lain. Hal ini ditunjukkan  ketika anak diminta untuk menyebutkan kembali apa saja yang sudah dijelaskan guru pada saat proses pembelajaran, mereka belum dapat menyampaikan dengan baik secara lisan maupun tulisan.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini melalui penggunaan media Pop-Up Bookdi kelompok B1 PAUD Kasih Bunda Pontianak Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B1 PAUD Kasih Bunda sebanyak 20 anak, dengan 13 anak laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan secara bertahap pada kemampuan bahasa anak usia dini melalui media Pop-Up Book di PAUD Kasih Bunda.Hasil penelitian diperoleh pada siklus II, kegiatan mengungkapkan bahasa kategori berkembang sangat baik sebanyak 88.25% atau 15 anak dari 17 anak,keaksaraan dikategorikan berkembang sangat baik sebanyak 82.35% atau 14 anak dari 17 anak, memahami bahasadikategorikan berkembang sangat baik sebanyak 82.35% atau 14 anak dari 17 anak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh dalam  penelitian membuktikan dengan melalui Pop-Up book dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B1 PAUD Kasih Bunda Pontianak Selatan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI FISHING GAME DI TK PERTIWI DINAS PERKEBUNAN PONTIANAK Ai Elis; Sutrisno Sutrisno; Iin Maulina
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (714.797 KB) | DOI: 10.29406/jepaud.v7i2.2001

Abstract

Kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Dinas Perkebunan  dalam berhitung masih sangat rendah oleh karenanya perlu dilakukan upaya lain dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak tersebut, dalam hal ini peneliti mencoba dengan kegiatan bermain Fishing Game untuk mengenalkan bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak serta minat anak dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta jenis tindakan penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang berupa kegiatan pembelajaran mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan sebelumnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik TK Pertiwi Disbun Pontianak yang berjumlah 16 orang serta guru yang berjumlah 2 orang. Data penelitian yang di peroleh yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi anak, lembar observasi guru, pedoman wawancara. kamera, portofolio, dan data-data  anak. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian dalam peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan fishing game terdapat peningkatan yang sangat signifikan dari siklus ke siklus, dapat dilihat dari perbandingan hasil rekapitulasi siklus I yaitu BSB memperoleh 9,3%, rekapitulasi siklus II memperoleh BSB 23,42% dan rekapitulasi siklus III memperoleh BSB sebanyak 90,6%. Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, bahwa kegiatan Fishing Game dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Disbun Pontianak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5