cover
Contact Name
Usmaedi
Contact Email
usmaedikentlee@gmail.com
Phone
+6287773140507
Journal Mail Official
usmaedikentlee@gmail.com
Editorial Address
STKIP Setia Budhi Rangkasbitung Jl. Budi utomo no. 22 L komplek pendidikan
Location
Kab. lebak,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
ISSN : 25809466     EISSN : 26214997     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah dasar.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR Suherman Suherman; Anggi Rahmani; Alpiani Alpiani
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan media ini dilakukan karena semakin majunya era digital pada masa sekarang. Agar Pendidikan tak lepas dengan perkembangan zaman, dibuatlah media berbasis video animasi ini. Berdasarkan hasil observasi, siswa kurang memiliki minat belajar pada pelajaran IPA. Padahal minat belajar memiliki pengaruh penting terhadap proses belajar dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan serta kelayakan video animasi untuk pembelajaran di kelas V dan mendeskripsikan minat belajar siswa pada pembelajaran berbasis video animasi pokok bahasan panas dan perpindahannya di kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari: Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 4 ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli pembelajaran IPA. Sasaran uji coba produk Siswa kelas V dengan menggunakan sampel yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi panas dan perpindahannya di Kelas V memenuhi kriteria sangat baik/valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 92%, ahli materi 81%, ahli pelajaran 87%, dan ahli bahasa 83%. Skor pretest untuk pengukuran minat belajar siswa mencapai 453 atau 45,3% dan skor posttest mencapai 815 atau 81,5%. Dengan memperoleh hasil penilaian uji N-gain menghasilkan jumlah peningkatan sebesar 0,66, dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi tergolong dalam kategori sedang.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS HUBUNGAN ANTARA BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MENGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 GUNUNGGEDE KECAMATAN PANGGARANGAN Yadi Heryadi; Dine Trio Ratnasari; Bai Sanjaya
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan menggunakan metode picture and picture dalam meningkatkan minat belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Gununggede Kecamatan Panggarangan.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut. perencanaan, tindakan obervasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data tentang hasil belajar diperoleh melalui nilai ulangan harian dan prestasi belajar IPA siswa di siklus 1, dan disiklus 2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat, motivasi, dan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model picture and picture. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan skor pada siklus 1 dengan skor rata-rata sebesar 66,25 menjadi 88,50 pada siklus 2. Hal ini menunjukan model picture and picture mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cara perkembangbiakan tumbuhan di SD Negeri 3 Gununggede Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak. Dengan menggunakan model picture and picture pada pembelajaran IPA, terbukti hasil belajar siswa dan motivasi siswa meningkat secara signifikan. Disarankan kepada guru-guru untuk mengembangkan metodologi pengajaran yang paling tepat sesuai dengan materi yang diajarkan.
PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR Dine Trio Ratnasari; Nandang Faturohman; Mita Rizki Mulyati
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa masalah yang ada di sekolah, yang pertama kurang minatnya literasi membaca siswa dengan buku bacaan yang ada. Sehingga menurunnya tingkat literasi membaca siswa khususnya siswa kelas III SD yang di mana kelas transisi yang seharusnya rajin membaca buku agar membacanya lancar dan menambah kosa kata bahasa, maka dari itu penulis ingin membuat buku yang kecil, simpel dan mudah di bawa kemana saja, dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan litearasi membaca serta menambah pengetahuan baru untuk siswa sekolah dasar, agar mudah di bawa kemana saja oleh siswa, serta mudah mencari dan memahami materi yang sudah di jelaskan oleh guru. Dikembangkan dengan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE adalah singkatan dari (Analysis Design Development Implementation Evaliasi) dengan tahapan proses pengembangan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasasi (implementation) dan terakhir Evaluasi (Evalutation). Maka dibuatlah buku saku dengan tampilan yang menarik agar siswa tertarik untuk membacanya dan dibuat dengan ukuran yang kecil
PENERAPAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KESULITAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 MAUARA CIUJUNG BARAT Habib Cahyono; Dine Trio Ratnasari; Siti Rumyati
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan yaitu : kesulitan anak membaca pada siswa kelas IV SD khusunya pada materi kegemaranku B. Indonesia tidak mampu memahami simbol bunyi, kesulitan membedakan huruf, tidak lancar dalam membaca, kurangnya memori visual dan banyak kesalahan ketika membaca. Tujuan dari peneliti yaitu untuk meningkatkan siswa agar membaca dengan baik dan benar dengan menggunakan metode fernald. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Análisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengumpula data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 37,3 dengan persentase belajar klasikal 14%. Dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 61,3, dengan persentase 80%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode fernald dapat meningktkan kesulitan membaca pada anak.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEKAYAAN BANGSA INDONESIA DI KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT Iman Sampurna; Dine Trio Ratnasari; Nyuyerdha Nyuyerdha
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tentang kekayaan bangsa Indonesia pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Pada siklus I rata-rata prestasi belajar diperoleh 70,69 dengan presentase ketuntasan 55,17% (tidak tuntas). Siklus II meningkat rata-rata menjadi 85,17 dengan presentase ketuntasan 89,66% (tuntas). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Times Games Tornament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR Tjut Afrida; Dine Trio Ratnasari; Cucu Juliawati
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahn yang ditemukan yaitu kurangnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya materi tata surya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tata surya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas VI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang di ambil yaitu data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Penelitian ini dilakukan secara tatapmuka di SDN 1 Cijoro Pasir, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Model yang diterapkan adalah model kooperatif tipe jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang terdiri dari 17 siswa. Hasil penelitian aktivitas siswa dan guru pada siklus I presentase aktivitas guru 71% dan siswa 69%. Pada siklus II aktivitas guru dan siswa dengan presentase aktivitas guru 98% dan siswa 98% dengan indikator keberhasilan 80%. sedangkan Hasil belajar penelitian siklus I diperoleh tuntas individu 13 orang dan dan tidak tuntas individu 4 orang dengan presentase 76%. Hasil belajar siklus II seluruh siswa dinyatakan tuntas yaitu 100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata surya tentang planet kelas VI SDN 1 Cijoro Pasir
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 3 JATI MULYA Dede Kurnia Adiputra; Nandang Faturohman; Anastasia Dwi Rianti
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran IPA (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet (3) Apakah proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini saya menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui penerapan metode Demonstrasi pada mata pembelajaran IPA materi gaya magnet. Penelitian ini di laksanakan di SDN 3 Jati Mulya Rangkasbitung, subjek penelitian ini adalah siswa-siswi jelas V dengan jumlah siswa- siswi 16 orang. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sebelum menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi hasil belajar siswa sebelum mencapai KKM yang telah ditentukan dilihat dari nilai rata-rata siswa pada saat siklus I sebesar (55,56 %) dari 16 orang siswa dengan ketuntasan klasikal siswa sebanyak 6 oeang. (2) setelah menggunakan metode Demonstrasi hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus II hasil belajar siswa mencapai rata-rata (78,43%) dengan ketuntasan klasikal siswa sebanyak 14 orang. (3) Proses penerapan metode demonstrasi pada materi Gaya Magnet di kelas V SDN 3 Jati Mulya Rangkasbitung berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang telah direncanakan. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana dengan menggunakan metode demonstrasi pembelajaran IPA dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar karena siswa-siswi terlihat lebih bersemangat, aktif dan percaya diri selama berlangsungnya pembelajaran
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT Anggi Rahmani; Yadi Heryadi; Lailatus Sa'adah
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meghasilkan bahan ajar komik matematika dengan lebih kreatif serta inovatif dalam penggunaannya, sehingga bahan ajar komik ini akan menjadi suatu trobosan terbaru khususnya pada mata pelajaran matematika. Dengan menggunakan bahan ajar komik matematika ini diharapkan peserta didik mampu memahami materi dengan mudah dan dapat memotivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar pembelajaran berupa komik matematika, (2) mengetahui kelayakan media komik, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar berupa komik matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Four-D) adalah singkatan dari 4 (empat) tahap proses pengembangan, yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan) dan Dessimination (penyebaran). Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN 3 Cijoro Lebak. Data penelitian ini diperoleh dengan angket validasi bahan ajar komik, test dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi termasuk dalam kategori “sangat layak”, dengan persentase rata-rata 83%. Penilaian ahli bahasa pada media komik matematika dalam kategori “sangat layak” dengan persentase 93%, dan penilaian ahli media pada media komik matematika termasuk kategori “sangat layak” dengan persentase 88%. Pada uji coba skala besar di SDN 3 Cijoro Lebak dengan peserta didik 31 peserta didik memperoleh persentase rata-rata 91,94% dengan keterangan “sangat layak” untuk digunakan dan dijadikan media pembelajaran.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Deby Fauzi Asidiqi; Dede Kurnia Adiputra; Siti Saumi
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku dikelas IV. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan media pembelajaran Pop-up Book di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitataif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai siswa pada siklus I yaitu 62,8% lalu mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 80,0%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop-up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran tematik muatan IPS dikelas IV
PENGGUNAAN MEDIA EDUKATIF LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI ALAT PANCA INDRA DI KELAS IV SDN II HAURGAJRUG Yuyun Yuningsih; Habib Cahyono; Dede Surbanah
Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Publisher : STKIP Setiabudhi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya materi alat panca indra. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar alat panca indra dengan menggunakan media pembelajaran edukatif lingkaran pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 69,83% dengan persentase belajar klasikal 70% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80% dengan persentase 100%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media edukatif lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA

Page 1 of 1 | Total Record : 10