cover
Contact Name
Ahmad Zainul Fanani
Contact Email
a.zainul.fanani@dsn.dinus.ac.id
Phone
+6281325006278
Journal Mail Official
editorial.abdimasku@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nakula I No 5-11 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 26153696     EISSN : 26203235     DOI : -
Jurnal ABDIMASKU adalah jurnal multidisiplin yang diterbitkan oleh LPPM, Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang berfokus pada hasil-hasil karya pengabdian masyarakat. Pengiriman artikel tidak dipungut biaya, kemudian artikel yang diterima akan diterbitkan secara online dan dapat diakses secara gratis. Topik dari jurnal adalah hasil-hasil pengabdian masyarakat di bidang-bidang sebagai berikut : Teknologi informasi, ilmu komputer, budaya, bahasa, ekonomi dan bisnis, teknik, kesehatan, desain komunikasi visual, ilmu komunikasi, hukum, pariwisata dan bidang-bidang yang lain.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020" : 22 Documents clear
PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA ULAR TANGGA BAGI SISWA SD ANTONIUS 2 SEMARANG Priyastuti, Maria Theresia; Resanti, Mike; Yoga, Guido Shyantica
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.106

Abstract

AbstrakBahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Namun siswa mengalami kesulitan berkomunikasi karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini didukung pula dengan pembelajaran di sekolah yang lebih banyak menggunakan buku teks daripada menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih menarik sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan di SD Antonius 2 Semarang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih siswa sekolah dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kosakata dengan penggunaan media ular tangga.. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Dengan penggunaan media ular tangga, siswa SD Antonius 2 Semarang semakin terlatih berbicara bahasa Inggris dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan mereka. Kata kunci : kosakata, bahasa Inggris, media, ular tangga  AbstractEnglish is one of the subjects that must be mastered by the Elementary School students. But students have difficulty communicating due to lack of mastery of the English vocabularies. This is also supported by learning in schools that uses more textbooks rather than using other learning methods that are more interesting so that this community service activity needs to be done at Antonius 2 Semarang Elementary School. The purpose of this community service activity is to train the Elementary School students to communicate in English to develop vocabulary knowledge and skills with the use of snake ladder media. The method of implementing activities is done through training of conducting classroom action research, which includes the stages of planning, implementation, evaluation and reflection. With the use of snake ladder media, the Elementary School students of Antonius 2 Semarang are increasingly trained to speak English and master many English vocabularies around their environment. Keywords:AbstrakBahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Namun siswa mengalami kesulitan berkomunikasi karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini didukung pula dengan pembelajaran di sekolah yang lebih banyak menggunakan buku teks daripada menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih menarik sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan di SD Antonius 2 Semarang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih siswa sekolah dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kosakata dengan penggunaan media ular tangga.. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Dengan penggunaan media ular tangga, siswa SD Antonius 2 Semarang semakin terlatih berbicara bahasa Inggris dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan mereka.    AbstractEnglish is one of the subjects that must be mastered by the Elementary School students. But students have difficulty communicating due to lack of mastery of the English vocabularies. This is also supported by learning in schools that uses more textbooks rather than using other learning methods that are more interesting so that this community service activity needs to be done at Antonius 2 Semarang Elementary School. The purpose of this community service activity is to train the Elementary School students to communicate in English to develop vocabulary knowledge and skills with the use of snake ladder media. The method of implementing activities is done through training of conducting classroom action research, which includes the stages of planning, implementation, evaluation and reflection. With the use of snake ladder media, the Elementary School students of Antonius 2 Semarang are increasingly trained to speak English and master many English vocabularies around their environment.   
PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA ULAR TANGGA BAGI SISWA SD ANTONIUS 2 SEMARANG Priyastuti, Maria Theresia; Resanti, Mike; Yoga, Guido Shyantica
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.106

Abstract

AbstrakBahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Namun siswa mengalami kesulitan berkomunikasi karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini didukung pula dengan pembelajaran di sekolah yang lebih banyak menggunakan buku teks daripada menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih menarik sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan di SD Antonius 2 Semarang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih siswa sekolah dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kosakata dengan penggunaan media ular tangga.. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Dengan penggunaan media ular tangga, siswa SD Antonius 2 Semarang semakin terlatih berbicara bahasa Inggris dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan mereka. Kata kunci : kosakata, bahasa Inggris, media, ular tangga  AbstractEnglish is one of the subjects that must be mastered by the Elementary School students. But students have difficulty communicating due to lack of mastery of the English vocabularies. This is also supported by learning in schools that uses more textbooks rather than using other learning methods that are more interesting so that this community service activity needs to be done at Antonius 2 Semarang Elementary School. The purpose of this community service activity is to train the Elementary School students to communicate in English to develop vocabulary knowledge and skills with the use of snake ladder media. The method of implementing activities is done through training of conducting classroom action research, which includes the stages of planning, implementation, evaluation and reflection. With the use of snake ladder media, the Elementary School students of Antonius 2 Semarang are increasingly trained to speak English and master many English vocabularies around their environment. Keywords:AbstrakBahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Namun siswa mengalami kesulitan berkomunikasi karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini didukung pula dengan pembelajaran di sekolah yang lebih banyak menggunakan buku teks daripada menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih menarik sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan di SD Antonius 2 Semarang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih siswa sekolah dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kosakata dengan penggunaan media ular tangga.. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Dengan penggunaan media ular tangga, siswa SD Antonius 2 Semarang semakin terlatih berbicara bahasa Inggris dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan mereka.    AbstractEnglish is one of the subjects that must be mastered by the Elementary School students. But students have difficulty communicating due to lack of mastery of the English vocabularies. This is also supported by learning in schools that uses more textbooks rather than using other learning methods that are more interesting so that this community service activity needs to be done at Antonius 2 Semarang Elementary School. The purpose of this community service activity is to train the Elementary School students to communicate in English to develop vocabulary knowledge and skills with the use of snake ladder media. The method of implementing activities is done through training of conducting classroom action research, which includes the stages of planning, implementation, evaluation and reflection. With the use of snake ladder media, the Elementary School students of Antonius 2 Semarang are increasingly trained to speak English and master many English vocabularies around their environment.   
Pelatihan Berpikir Praktis Melalui Permainan Komputer untuk Siswa SD ISBA 2 Semarang Sendi Novianto; Acun Kardianawati; Umi Rosyidah; Hanny Haryanto
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.82

Abstract

Bermain adalah salah satu kegiatan anak yang tidak dapat dihindari. Kegiatan tersebut adalah kebutuhan utama yang wajib dipenuhi untuk menunjang masa depan mereka. Dari permainan yang dimainkan oleh anak-anak, biasanya merupakan cerminan dari sikap mereka dimasa depan. Dengan adanya perkembangan didunia komputer, permainan menjadi salah satu favorit anak-anak. Untuk dapat memberikan masukan yang positif guna membangun pikiran kritis dalam memecahkan permasalahan, kita dapat memberikan dan mengarahkan anak-anak untuk memainkan game yang bisa membentuk pola tersebut. Code.org adalah salah satu lembaga non profit yang membuat game untuk melatih anak-anak belajar coding pemrograman melalui permainan komputer. Terbukti anak-anak yang memainkan game ini, menjadikan mereka lebih semangat dalam memecahkan permasalahan yang ada.
Pelatihan Berpikir Praktis Melalui Permainan Komputer untuk Siswa SD ISBA 2 Semarang Novianto, Sendi; Kardianawati, Acun; Rosyidah, Umi; Haryanto, Hanny
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.82

Abstract

Bermain adalah salah satu kegiatan anak yang tidak dapat dihindari. Kegiatan tersebut adalah kebutuhan utama yang wajib dipenuhi untuk menunjang masa depan mereka. Dari permainan yang dimainkan oleh anak-anak, biasanya merupakan cerminan dari sikap mereka dimasa depan. Dengan adanya perkembangan didunia komputer, permainan menjadi salah satu favorit anak-anak. Untuk dapat memberikan masukan yang positif guna membangun pikiran kritis dalam memecahkan permasalahan, kita dapat memberikan dan mengarahkan anak-anak untuk memainkan game yang bisa membentuk pola tersebut. Code.org adalah salah satu lembaga non profit yang membuat game untuk melatih anak-anak belajar coding pemrograman melalui permainan komputer. Terbukti anak-anak yang memainkan game ini, menjadikan mereka lebih semangat dalam memecahkan permasalahan yang ada.
Pendampingan Pengembangan Sistem Pengelolaan Bank Sampah Resik Becik Bagi Warga Krobokan Tita Talitha; Pramudi Arsiwi; Rieska Ariyati Estiningtyas
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.93

Abstract

Tingkat kepadatan penduduk yang cenderung tinggi sejalan dengan volume sampah yang terus meningkat di Kota Semarang. Hal ini perlu disiasati dengan melakukan pengelolaan sampah yang baik, salah satunya dengan menerapkan sistem Bank Sampah. Pengelolaan bank sampah yang baik, tentunya harus didukung pula dengan sistem yang terkomputerisasi, dengan tujuan memudahkan dalam manajemen administrasi pengelolaan data terkait Bank Sampah agar menjadi lebih efektif dan efisien. Namun sayangnya, sampai saat ini sistem pengelolaan Bank Sampah dan administrasinya masih dilakukan secara manual, sehingga kurang mengakomodir anggota Bank Sampah yang semakin bertambah. Pengabdian ini telah dilakukan dengan baik melalui pengembangan sistem pengelolaan Bank Sampah Resik Becik yang terkomputerisasi bagi Warga Kelurahan Krobokan. Selanjutnya, dilakukan pendampingan mengenai tata cara pemanfaatan sistem Bank Sampah terkomputerisasi untuk pengelolaan data yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, dijelaskan pula mengenai apa saja keuntungan yang didapatkan dengan penerapan sistem tersebut. Program Pendampingan yang dilaksanakan di Bank Sampah Resik Becik Kelurahan Krobokan juga mendapatkan umpan balik yang positif dari pihak Pengelola Bank Sampah. Mitra dan peserta pendampingan juga terlihat sangat antusias dengan kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan dari awal hingga pendampingan akhir, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta selama kegiatan pengabdian berlangsung.
Pendampingan Pengembangan Sistem Pengelolaan Bank Sampah Resik Becik Bagi Warga Krobokan Talitha, Tita; Arsiwi, Pramudi; Estiningtyas, Rieska Ariyati
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.93

Abstract

Tingkat kepadatan penduduk yang cenderung tinggi sejalan dengan volume sampah yang terus meningkat di Kota Semarang. Hal ini perlu disiasati dengan melakukan pengelolaan sampah yang baik, salah satunya dengan menerapkan sistem Bank Sampah. Pengelolaan bank sampah yang baik, tentunya harus didukung pula dengan sistem yang terkomputerisasi, dengan tujuan memudahkan dalam manajemen administrasi pengelolaan data terkait Bank Sampah agar menjadi lebih efektif dan efisien. Namun sayangnya, sampai saat ini sistem pengelolaan Bank Sampah dan administrasinya masih dilakukan secara manual, sehingga kurang mengakomodir anggota Bank Sampah yang semakin bertambah. Pengabdian ini telah dilakukan dengan baik melalui pengembangan sistem pengelolaan Bank Sampah Resik Becik yang terkomputerisasi bagi Warga Kelurahan Krobokan. Selanjutnya, dilakukan pendampingan mengenai tata cara pemanfaatan sistem Bank Sampah terkomputerisasi untuk pengelolaan data yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, dijelaskan pula mengenai apa saja keuntungan yang didapatkan dengan penerapan sistem tersebut. Program Pendampingan yang dilaksanakan di Bank Sampah Resik Becik Kelurahan Krobokan juga mendapatkan umpan balik yang positif dari pihak Pengelola Bank Sampah. Mitra dan peserta pendampingan juga terlihat sangat antusias dengan kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan dari awal hingga pendampingan akhir, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta selama kegiatan pengabdian berlangsung.
Pengenalan dan Pendampingan Berpikir Komputasi bagi Siswa SD Islam Al Azhar 25 Semarang Nisa'ul Hafidhoh; Egia Rosi Subhiyakto; Yani Parti Astuti
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.107

Abstract

AbstrakMetode pembelajaran pada saat ini akan ditekankan pada siswa agar bisa menyelesaikan masalah. Salah satu  metode pembelajaran yang digunakan adalah problem solving di mana siswa ditekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Untuk itu perlu diterapkan pengenalan tentang berpikir komputasi secara umum, sampai dengan penjelasan dalam menyelesaikan soal. Dengan metode ini,  siswa-siswi akan berusaha menyelesaikan masalah yang diberikas dan akan didampingi oleh guru. Metode ini ditawarkan pada SD Islam Al Azhar 25 Semarang. Pendampingan yang dilakukan mengenai bagaimana langkah-langkah menerapkan berpikir komputasi untuk pemecahan suatu soal atau masalah. Diskusi umum tentang problem solving melalui berpikir komputasi bagi siswa siswi dan guru pendamping SD Islam Al Azhar 25 Semarang.  
Pengenalan dan Pendampingan Berpikir Komputasi bagi Siswa SD Islam Al Azhar 25 Semarang Hafidhoh, Nisa'ul; Subhiyakto, Egia Rosi; Astuti, Yani Parti
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.107

Abstract

AbstrakMetode pembelajaran pada saat ini akan ditekankan pada siswa agar bisa menyelesaikan masalah. Salah satu  metode pembelajaran yang digunakan adalah problem solving di mana siswa ditekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Untuk itu perlu diterapkan pengenalan tentang berpikir komputasi secara umum, sampai dengan penjelasan dalam menyelesaikan soal. Dengan metode ini,  siswa-siswi akan berusaha menyelesaikan masalah yang diberikas dan akan didampingi oleh guru. Metode ini ditawarkan pada SD Islam Al Azhar 25 Semarang. Pendampingan yang dilakukan mengenai bagaimana langkah-langkah menerapkan berpikir komputasi untuk pemecahan suatu soal atau masalah. Diskusi umum tentang problem solving melalui berpikir komputasi bagi siswa siswi dan guru pendamping SD Islam Al Azhar 25 Semarang.  
Pelatihan Pembuatan Produk Ekonomi Kreatif Kriya Tekstil dengan Teknik Shibori kepada Ibu-ibu Dawis Cempaka Amalia Amalia; Dwi Nurul Izzhati; Dita Ayu Mayasari
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.88

Abstract

Pengembangan ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar perekonomian nasional yang potensial. Salah satu produk unggulan pada subsektor ekonomi kreatif di Indonesia adalah kriya, khususnya kriya tekstil. Produk kreatif kriya tekstil yang saat ini sedang diminati masyarakat, serta memiliki nilai jual dan estetika tinggi adalah teknik celup ikat Shibori. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah Ibu-ibu Kelompok Dawis Cempaka. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan dalam membuat produk kreatif, serta meningkatkan motivasi warga untuk berproduksi dan berwirausaha. Keberhasilan pelatihan ditandai dengan: a. peningkatan pengetahuan yaitu mampu menjawab benar soal (94%); b. kepuasan terhadap kegiatan pelatihan (97%); dan c. minat membuka usaha (92%).Creative economy is one of the potential pillars of the national economy. While the one of the leading products in the subsector of creative economy in Indonesia is craft, especially textile craft. The creative textile products that are currently in demand, along has high selling and aesthetic value is Shibori tie dyeing technique. The target of community service activity is the women of Dawis Cempaka in Semarang. The purpose is to increase knowledge and skills in making creative products, as well as increase the motivation of citizens to produce it and be entrepreneurs. The success of the workshop is marked by: a. increasing knowledge that is able to answer the correct questions (94%); b. satisfaction with the workshop (97%); and c. interest to start up business (92%).
Pelatihan Pembuatan Produk Ekonomi Kreatif Kriya Tekstil dengan Teknik Shibori kepada Ibu-ibu Dawis Cempaka Amalia, Amalia; Izzhati, Dwi Nurul; Mayasari, Dita Ayu
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 2 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v3i2.88

Abstract

Pengembangan ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar perekonomian nasional yang potensial. Salah satu produk unggulan pada subsektor ekonomi kreatif di Indonesia adalah kriya, khususnya kriya tekstil. Produk kreatif kriya tekstil yang saat ini sedang diminati masyarakat, serta memiliki nilai jual dan estetika tinggi adalah teknik celup ikat Shibori. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah Ibu-ibu Kelompok Dawis Cempaka. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan dalam membuat produk kreatif, serta meningkatkan motivasi warga untuk berproduksi dan berwirausaha. Keberhasilan pelatihan ditandai dengan: a. peningkatan pengetahuan yaitu mampu menjawab benar soal (94%); b. kepuasan terhadap kegiatan pelatihan (97%); dan c. minat membuka usaha (92%).Creative economy is one of the potential pillars of the national economy. While the one of the leading products in the subsector of creative economy in Indonesia is craft, especially textile craft. The creative textile products that are currently in demand, along has high selling and aesthetic value is Shibori tie dyeing technique. The target of community service activity is the women of Dawis Cempaka in Semarang. The purpose is to increase knowledge and skills in making creative products, as well as increase the motivation of citizens to produce it and be entrepreneurs. The success of the workshop is marked by: a. increasing knowledge that is able to answer the correct questions (94%); b. satisfaction with the workshop (97%); and c. interest to start up business (92%).

Page 1 of 3 | Total Record : 22