cover
Contact Name
Nyoman Pasek Nugraha
Contact Email
paseknugraha@gmail.com
Phone
+6281999131789
Journal Mail Official
paseknugraha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha
ISSN : 26141876     EISSN : 26141884     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18616
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran teknik. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan teknik mesin bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 3 kali setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2017)" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN PENGGERAK SOLAR PANEL DUA SUMBU UNTUK MENINGKATKAN DAYA PADA SOLAR PANEL TIPE POLIKRISTAL Wendryanto, Wendryanto; Widayana, Gede; Sutaya, I Wayan
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20293

Abstract

ABSTRAK     Prototipe ini didesain agar panel surya mampu senantiasa tegak lurus dengan matahari dengan menggunakan Arduino Nano 3.0 Atmega 328 CH340G sebagai control otomatis, serta komponen lain seperti sensor cahaya (LDR) dan motor DC. Prinsip kerja dari mikrokontroler ini dalam penggerak panel surya 2 sumbu ini yaitu output dari sensor LDR diolah oleh mikrokontroler Arduino Nano 3.0 Atmega 328 CH340G dengan menggunakan bahasa pemrograman. Apabila sensor LDR tidak tegak lurus terhadap matahari, maka akan memiliki nilai tahanan yang berbeda. Jika terjadi perbedaan maka mikrokontroler akan merespon dan menggerakkan motor agar medapat nilai resistansi yang sama. Dari hasil pengujian dengan membandingkan panel surya yang statis, dengan pengerak 1 sumbu dan dengan penggerak 2 sumbu, didapat bahwa panel surya yang dilengkapi dengan penggerak 2 sumbu memiliki daya serap energi matahari yang lebih optimal. Hal ini dibuktikan dengan pengukuran tegangan listrik yang dihasilkan panel surya lebih besar apabila dibandingkan dengan panel surya yang statis maupun yang dengan penggerak 1 sumbu. Dari data yang didapat, terjadi peningkatan tegangan mulai pukul 09.00 dan tegangan maksimal yang didapat terjadi pada pukul 12.00, setelah itu terjadi penurunan tegangan yang dihasilkan. Kata-kata kunci : Arduino Nano 3.0 Atmega 328ch340g, Motor DC, Penggerak Panel Surya 2 Sumbu.ABSTRACTThis prototype is design for has be able to track the position of the sun with using an Arduino Nano 3.0 Atmega 328 CH340G for automatic control, with another component as well as LDR censor, and DC motor. The principle of this microcontroller in solar tracker dual axis is output of LDR censor processed by microcontroller Arduino Nano 3.0 ATmega 328 CH340G with assembly. If the LDR cencor not perpendicular with sun light, so cencor LDR have a deiferification the value of resistance. If that happens, so microcontroller will respond and move the DC motor to get the same value of resistance. Of the test result of compare static solar energy, solar tracker with one axis, and solar tracker with dual axis, be obtained that solar tracking with dual axis have a power to exploit of the sun light is more optimally. This can be proved with measuring of electrical voltage greater than static solar energy as well solar tracker with one axis. From the obtained of data, the increase of electrical voltage start from at 09.00 am and maksimum electrical voltage can be reach from 12.00 am, after that happen decline of electrical voltage. Key Words: Arduino Nano ATmega 328 CH340G, DC Motor, Solar Tracker Dual Axis,
Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit Rahman, Mohammad Debi; Wigraha, Nyoman Arya; Widayana, Gede
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20283

Abstract

ABSTRAKModifikasi katup bertujuan agar pemasukan campuran bahan bakar dan udara lebih banyak masuk ke ruang bakar sehingga mendapatkan efisiensi volumetrik yang ideal untuk meningkatkan performa mesin kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan ukuran katup standar dan  modifikasi terhadap torsi dan daya pada sepeda motor honda supra fit. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan parameter uji Dynotest. Dari hasil penelitian pengujian torsi yang telah dilakukan dimana pada kondisi katup standar menghasilkan torsi tertinggi pada 5500 RPM sebesar 4,35 N.m, sedangkan daya tertinggi diperoleh pada 7000 RPM sebesar 3,76 Hp. modifikasi menghasilkan torsi tertinggi pada 7500 RPM sebesar 5,24 N.m, sedangkan daya tertinggi diperoleh pada 8000 RPM sebesar 5,73 Hp. Dengan analisa paired sample t-test yaitu membandingkan torsi dan daya pada katup standar dan modifikasi dari hasil yang telah didapatkan dimana hasil yang lebih baik diperoleh pada modifikasiKata kunci : Honda supra fit, katup standar, modifikasi, daya, torsiABSTRACTThe valve modification aims at bringing fuel and air mixture in bigger amount into combustion chamber, so as to achieve the ideal volumetric efficiency to improve engine performance. This study aimed at determining the size to the ratio of standard valves and modification to the torque and power on the Honda Supra Fit motorcycle. In this research the researcher used experimental method by using Dynotest parameter. From the research results, the torque testing has been done where the standard valve condition producing the highest torque at 5500 RPM amounted to 4.35 N.m, while the highest power is obtained at 7000 RPM amounted to 3.76 Hp. The modification produced the highest torque at 7500 RPM of 5.24 N.m, while the highest power was obtained 8000 RPM amounted to 5.73 Hp. The data were analysed through t-test sample paired analysis which was comparing the torque and power on the standard and modified from the results of student were obtained where the better results is demonstrated in modified machine.Keywords: Honda Supra Fit, standard valve, modivied, torque, power
PENGARUH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEMONTRASI BERBANTU TRAINER KELISTRIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA Putra, A. A. Pt. Ananta; Dantes, Kadek Rihendra; Nugraha, I Nyoman Pasek
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20252

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran demostrasi berbasis trainer kelistrikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain one-shot case study. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen mendapatkan perlakuan pembelajaran metode demonstrasi berbasis trainer kelistrikan. Setelah perlakuan siswa diberikan tes hasil belajar yang telah teruji validitas isi, validitas butir, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitasnya. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes objektif, selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran demonstrasi berbasis trainer kelistrikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengisian di kelas XI TKR 2 SMK Negeri 3 Singaraja. Hal ini ditunjukkan hasil uji  5. dk = n -1 = 31 dan taraf signifikan 5% didapat  2,04. Jadi, thitung lebih besar dari ttabel yakni 5 > 2,04. Berarti  ditolak dah  diterima ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran demonstrasi berbasis trainer kelistrikan terhadap hasil belajar sistem pengisian siswa kelas XI TKR2 SMK Negeri 3 Singaraja. Kata Kunci : Hasil belajar, Metode demostrasi, One-shot case study, Trainer kelistrikan AbstrackThis study aims to determine the effect of the application of learning methods based on electrical trainer demonstration of student learning outcomes class XI TKR in SMK Negeri 3 Singaraja academic year 2016/2017. This research is a pre-experiment research with one-shot case study design. Determination of the sample in this study using random sampling technique. The sample of this research as much as 32 people class XI TKR 2 as experimental class to get treatment of demonstration method based on electrical trainer. After the treatment the students are given test results that have been tested the validity of the validity of the content, the validity of the grain, the level of difficulty, differentiation and reliability. Student learning result data was collected using objective test, then collected data was analyzed using t-test. The result of the research shows that there is a significant influence of experimental methods based on electrical trainer on student learning outcomes in the subjects of filling system in class XI TKR 2 SMK Negeri 3 Singaraja. It shows the result of tcount = 5 = dk = n -1 = 31 and 5% significant level is obtained ttable = 2.04. Thus, tcount is greater than the ttable ie 5> 2.04. Means H0 rejected dah H1 accepted this means there is a significant influence of learning methods based on electrical trainer demonstration of student learning outcomes system class XI TKR2 SMK Negeri 3 Singaraja.Keywords: Learning outcomes, Demonstration methods, One-shot case study, Electrical trainer
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI TSM DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA Baskara, Rizal; Dantes, Kadek Rihendra; Nugraha, I Nyoman Pasek
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20289

Abstract

Abstrak    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar sistem pengapian kelas XI TSM di SMK Negeri 3 Singaraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan desain One-shoot Case Study. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 29 orang kelas XI TSM 1 sebagai kelas eksperimen. Setelah pemberian perlakuan berupa penerapan model pembelajaran inquiry, siswa diberikan tes berupa tes objektif yang sebelumnya sudah dilakukan uji validas isi, validitas butir, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas tes. Setelah didapatkan data, kemudian dilakukan analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar sistem pengapian kelas XI TSM 1 di SMK Negeri 3 Singaraja. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t dengan thitung =26,84, dk= n-1 =28, dan taraf signifikan 5% didapat ttabel=2,048. Dengan demikian thitung lebih besar daripada ttabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima dan berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar sistem pengapian kelas XI TSM di SMK Negeri 3 Singaraja. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar, One-shoot Case study. Abstract       This study aimed to know the effect of applying inquiry learning model in learning of ignition system at the eleventh grade students TSM 1 class of SMKN 3 Singaraja.This study used method of One-shoot Case Study design. This study used purposive sampling technique. The sample of this study was twenty nine students of XI TSM 1 class as experiment class. After giving treatment inquiry learning model, the students are given objective test which has been tested content validity, grain validity, difficulty of a level, differentiation and reliability. After getting the data, the data are done analyzing by using one-party t test. The results showed that there was influence of inquiry learning model in learning of ignition system at the eleventh grade students TSM 1 class of SMKN 3 Singaraja. This result was showed by t-test of one party, such as t-arithmetic = 28,84, dk = n-1 = 28, and 5% of significant level which is gotten in t-table = 2,048. T-count was bigger than t-table, therefore Ho was rejected and H1 accepted. It means that there is a significant influence of inquiry learning model in learning of ignition system at the eleventh grade students TSM 1 class of SMKN 3 Singaraja. Keywords: Inquiry Learning Model, Learning Outcomes, One-shoot Case Study.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR CHASIS SISWA KELAS XI TKR II DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Putra, I G Ngurah Kusuma; Nugraha, I Nyoman Pasek; Dantes, Kadek Rihendra
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20278

Abstract

Abstrak            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelejaran kooperatif tipe Example Non Example terhadap hasil belajar chasis siswa kelas XI TKR II di SMK Negeri 3 Singaraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan desain One-shoot Case Study. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel acak. Sampel pada penelitian ini sebanyak 34 orang kelas XI TKR II sebagai kelas eksperimen. Setelah pemberian perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example, siswa diberikan tes berupa tes objektif yang sebelumnya sudah dilakukan uji validas isi, validitas butir, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas. Setelah didapatkan data, kemudian dilakukan analisis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example terhadap hasil belajar chasis siswa kelas XI TKR II di SMK Negeri 3 Singaraja. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t dengan t-hitung =37,96, dk= n-1 =34, dan taraf signifikan 5% didapat t tabel=2,0345. Dengan demikian t-hitung lebih besar dari pada t-tabel, maka  ditolak dan  diterima dan berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example terhadap hasil belajar chasis siswa kelas XI TKR II di SMK Negeri 3 Singaraja. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif TipeExample Non Example, Hasil Belajar, One-shoot Case study. Abstract    This research was conducted to find out the influence cooperative learning model Example Non Example type of class student chasis learning XI TKR II in SMK Negeri 3 Singaraja. The method is used in this this research by design One-shoot Case Study. The sample selection in this study used class random sampling technique. The samples in this study were 34 students of class XI TKR II as experimental class. After implementing  cooperative learning model Example Non Example, students are given objective test that have previously been tested for observation, objective test, validity item, level of difficulty, different capacity and reliability. After obtaining the data then analayzed using t-test. The result of the research shows that there is influence cooperative learning model Example Non Example type of class student chasis learning XI TKR II in SMK Negeri 3 Singaraja. This is indicated by the t-test and t-count = 37.96, dk = n-1 = 34, and 5 % significant level obtained t table = 2.0345. thus t-count is greater than t-table, then  is rejected and  accepted and it means there is a significant influence cooperative learning model Example Non Example type of class student  chasis learning grade XI TKR II in SMK Negeri 3 Singaraja. Keywords: Cooperative Learning Model Example Non Example, Learning Outcomes, One-shoot Case Study.
ANALISA TEGANGAN STATIK PADA PENGEMBANGAN DESAIN COVER CVT PADA RANCANGAN KENDARAAN ELECTRIC VEHICLES GANESHA 1.0 GENERASI 1 BERBANTUANSOFTWARE ANSYS 14.5 Krisnayadi, Made Hari; Dantes, Kadek Rihendra; Nugraha, I Nyoman Pasek
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20271

Abstract

AbstrakCover CVT merupakan komponen yang memiliki peran penting dari sepeda motor metic karena memiliki fungsi melindungi komponen-komponen CVT dari benturan, kotoran, air ataupun benda-benda yang dapat merusak komponen-komponen CVT. Maka dari itu, dilakukan analisis tegangan static pada desain cover CVT pada rancangan kendaran electric vehicles ganesha 1.0 generasi 1 yang menggunakan cover CVT Yamaha nuvo sebagai bahan pengembangan desain cover CVT dengan menggunakan software ansys 14.5 dengan perbandingan pembebanan  maksimal sebesar 75kg dan pembebanan awal sebesar 5kg. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui distribusi tegangan dan daerah kritis yang terjadi pada cover CVT. Setelah dilakukan pengujian didapatkan tegangan von mises maksimum cover standart dengan beban 75 kg sebesar 34751 N/m2 dan tegangan minimum sebesar 0,014258 N/m2,untuk beban 5 kg sebesar 2316.7 N/m2 dan tegangan minimum sebesar 0,00095116 N/m2. Untuk cover CVT modifikasi dengan beban 75 kg sebesar 21171N/m2 dan tegangan minimum sebesar 0,0011148 N/m2,untuk beban 5 kg sebesar 1411.4  N/m2 dan tegangan minimum sebesar 0,00074396 N/m2. Kata Kunci:, Analisis Tegangan Statik, , Tegangan Von Mises, Faktor Keamanan.                                                             Abstract                   Cover CVT is a component that has an important role of metic motorcycle because it has the function of protecting CVT components from impact, dirt, water or objects that can damage CVT components. Therefore, a static voltage analysis of the CVT cover design on the 1.0 generation of the vehicle's electric vehicle ganesha design using CVT Yamaha nuvo cover is used as the material for the CVT cover design development using ansys 14.5 software with a maximum load ratio of 75kg and an initial loading of 5kg. The purpose of this research is to know the distribution of stress and critical area that happened on CVT cover. After the test, the maximum von mises stress standard cover with 75 kg load is 34751 N / m2 and the minimum voltage is 0.014258 N / m2, for 5 kg load is 2316.7 N / m2 and the minimum voltage is 0.00095116 N / m2. For cover CVT modification with 75 kg load of 21171N / m2 and minimum voltage of 0,0011148 N / m2, for 5 kg load of 1411.4 N / m2 and minimum voltage of 0.00074396 N / m2. Keywords :, Static Voltage Analysis,, Von Mises Voltage, Security Factor
PENGARUH VARIASI KEDALAMAN POTONG DAN KECEPATAN PUTAR MESIN BUBUT TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA HASIL PEMBUBUTAN RATA PADA BAHAN BAJA ST 37 Sutrisna, Kadek; Nugraha, I Nyoman Pasek; Dantes, Kadek Rihendra
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20248

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kedalaman potong dan kecepatan putar mesin bubut terhadap kekasaran permukaan benda kerja hasil pembubutan rata pada bahan baja ST  37. Penelitian ini merupakan penelitian metode eksperimen dengan variabel terikat yaitu kekasaran permukaan, dan variabel bebas yaitu  kedalaman potong dan kecepatan putar.Dari  hasil uji analisis statistik varian dua jalur dimana kedalaman potong menunjukan bahwa nilai F hitung sebesar 26,860 lebih besar dari F tabel = 4,11 (Fh > Ft). Ini berarti bahwa   diterima  yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kekasaran permukaan bahan baja st 37 antara kedalaman potong 0,4 mm dibandingkan dengan kedalaman potong  0,8 mm. Pada  kecepatan putar diproleh nilai  F hitung sebesar 4,565 lebih besar dari F tabel 4,11 (Fh > Ft). Ini berarti bahwa  diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kekasaran permukaan bahan baja st 37 antara kecepatan putar 330 rpm dibandingkan dengan kecepatan putar 490 rpm,  dan hasil uji analisis varian dua jalur antara kedalaman potong dengan kecepatan putar  menunjukan nilai F hitung sebesar 73.229 lebih besar dari F tabel 4.11 (Fh > Ft). Ini berarti bahwa   diterima yang menyatakan terdapat interaksi yang signifikan kekasaran permukaan bahan baja st 37 antara  kedalaman potong 0,4 mm dan kedalaman potong 0,8 mm dibandingkan dengan kecepatan putar 330 RPM dan kecepatan putar 490 rpm. Bedasarkan dari hasil yang telah didapat bahwa kedalaman potong 0,4 mm dengan kecepatan 490 rpm mengasilkan hasil pembubutan yang lebih halus dibandingkan dengan kedalaman potong 0,8 mm dengan kecepatan 330 rpm, kedalaman potong 0,4 mm dengan kecepatan 330 rpm, dan kedalaman potong 0,8 mm dengan kecepatan 490 rpm.                                                                                                                         Kata kunci :pengaruh kedalaman potong, pengaruh kecepatan putar, kekasaran permukaan. ABSTRACTThe aims of this study is  to determine the effect of variation of depth cutting and lathe speed rotation on roughness surface of the flat scaling work-piece on steel materials ST 37. This is an experimental method research with the dependent variable that is roughness surface, and the independent variables are depth cutting and rotational speed.From the test results of statistical analysis of two-lane variants where the depth of cut shows that the value of F arithmetic of 26.860 is greater than F table = 4.11 (Fh> Ft). This means that  is accepted which states that there is a significant difference in roughness surface steel materials st 37 between depths cutting of 0.4 mm compared to a depth cutting of 0.8 mm. At the rotational speed, the result F calculated value of 4.565 bigger than F table 4.11 (Fh> Ft). This means that is accepted which states that there is a significant difference in roughness surface material steel ST 37 between rotational speed 330 rpm compared to 490 rpm rotational speed, and the result of the analysis of the two-lane variance between cutting depth and rotational speed shows F calculated value of 73,229 more Large of F table 4.11 (Fh> Ft). This means that  is accepted which states there is significant interaction of surface roughness of st 37 steel material between 0.4 mm cutting depth and 0.8 mm cutting depth compared with rotational speed 330 RPM and 490 rpm rotational speedBased on the results, it can be said that 0.4 mm depth cutting at a speed of 490 rpm yielded a finer grinding result compared to 0.8 mm cutting depth at 330 rpm, 0.4 mm cutting depth at 330 rpm, and cutting depth 0.8 mm with a speed of 490 rpm Keywords: the effect of depth cutting, the effect of speed rotation, roughness surface.
PERBANDINGAN PENGGUNAAN KOIL STANDAR DAN KOIL RACING KTC TERHADAP DAYA MESIN DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO TAHUN 2006 Suarnata, Pande P.; Dantes, Kadek Rihendra; Wigraha, Nyoman Arya
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol 5, No 3 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjtm.v5i3.20265

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan dari penggunaan koil standar dan koil racing ktc terhadap daya mesin dan konsumsi bahan bakar yang diterapkan  pada motor Yamaha Mio dengan variasi rpm yang berbeda. Penelitian ini dilakukan di SMK N 3 Singaraja. Dalam pengujian ini alat ukur yang digunakan adalah dynotest untuk memperoleh data daya dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pengujian dari penggunaan koil standar dan koil racing ktc. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan tabel, grafik serta aplikasi SPSS 16.0 untuk mengolah data tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Hasil pengujian daya dan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan koil standar mendapatkan daya maksimal sebesar 8.87 PS pada 8000 Rpm sedangkan daya minimum sebesar 1.18 PS pada 3000 Rpm. Pengujian dengan daya dan konsumsi bahan bakar menggunakan koil standar mendapatkan SFC maksimal sebesar 18.84 kg/j pada 8000 Rpm, sedangkan SFC minimum 0.08 kg/j pada 3000 Rpm. Hasil pengujian daya dan konsumsi motor yang menggunakan koil racing ktc didapatkan daya maksimal sebesar 9.10 PS pada 8000 rpm, dan daya minimal sebesar 1.45 PS pada 3000 rpm. Sedangkan konsumsi bahan bakar maksimal sebesar 19.25 kg/j pada 8000 rpm dan konsumsi bahan bakar minimal 0.17 kg/j pada 3000 rpm. Kata Kunci: Koil Standar, Koil Racing Ktc, Daya, Konsumsi Bahan Bakar AbstractThis study was conducted to determine the comparison of the use of standard coils and ktc racing coils on engine power and fuel consumption applied to Yamaha Mio motors with different variations of rpm. This research was conducted at SMK N 3 Singaraja. In this test the measuring instrument used is the dynotest to obtain power data and fuel consumption resulting from testing of the use of standard coils and ktc racing coils. This study is an experimental research using tables, graphs and applications SPSS 16.0 to process the data. Data collection techniques used in this research is the technique of observation and documentation. The results of power testing and fuel consumption by using a standard coil to get a maximum power of 8.87 PS at 8000 Rpm while the minimum power of 1.18 PS at 3000 Rpm. Testing with power and fuel consumption using standard coils get a maximum SFC of 18.84 kg / j at 8000 Rpm, while minimum SFC is 0.08 kg / j at 3000 Rpm. Test results of power and motor consumption using ktc racing coil obtained maximum power of 9.10 PS at 8000 rpm, and minimum power of 1.45 PS at 3000 rpm. While the maximum fuel consumption of 19.25 kg / j at 8000 rpm and fuel consumption of at least 0.17 kg / j at 3000 rpm. Keywords:Standard Coil, Ktc Racing Coil, Power, Fuel Consumption.

Page 1 of 1 | Total Record : 8