cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnalinobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022" : 11 Documents clear
Pengaruh Implementasi E-Procurement dan Komitmen Organisasi Terhadap Pencegahan Fraud Pengadaan Barang/Jasa Dengan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Sebagai Variabel Moderasi Yusni Yusni
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.785 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh implementasi e-procurement, dan komitmen organisasi terhadap pencegahan fraud pengadaan barang/jasa dengan sistem pengendalian internal pemerintah sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah Kabupaten Banggai. Pengambilan sampel berdasarkan rumus slovin dengan jumlah sampel yaitu 132 orang. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku pengadaan barang/jasa di tiap tiap OPD. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi e-procurement berpengaruh terhadap pencegahan fraud, komitmen organisasi berpengaruh terhadap pencegahan fraud, sistem internal pemerintah memoderasi e-procurement dan komitmen organisasi terhadap pencegahan fraud pengadaan barang/jasa pemerintah.
Analisis Religios Value terhadap Green Purchase Attitude dan Green Purchase Intention : Studi Empiris pada Generasi Milenial Muslim Nihayatu Aslamatis Solekah
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.433 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.220

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of religious values ??on green purchase attitudes and green purchase intentions in empirical studies of the Muslim millennial generation. This study uses purposive sampling method with Muslim criteria and born between 1980-1999 with a sample of 369 respondents. The analysis test uses structural equation modeling Smart PLS. The results of this study indicate that the higher the religious value of the Muslim millennial generation, the more positive attitude they have towards environmentally friendly products (GPA). The higher the religious value of the millennial generation, they will have a stronger intention to buy green products (GPI). Likewise, Muslim millennials who have a positive attitude towards green products (GPA) will have a stronger intention to buy green products (GPI). This result is different from some previous research which stated that there is a gap between attitude and Green Purchase Intention. However, it turns out that Muslim millennials have a different behavior with their record getting more information about environmental sustainability.
Diseminasi Pengetahuan Sebagai Variabel Pemediasi Antara Akuisisi Pengetahuan Dengan Kemampuan Inovasi Rinawati Zailani; Fitri Kurniasari
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.998 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.221

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh akuisisi pengetahuan, diseminasi pengetahuan terhadap kemampuan inovasi, serta pengaruh diseminasi pengetahuan sebagai variabel mediasi di organisasi. Penelitian dilakukan dalam konteks Usaha Kecil Menengah (UKM), karena UKM merupakan unit yang sangat mudah dan lincah dalam melakukan inovasi. Kemampuan inovasi dalam UKM sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan global, digunakan untuk kemajuan dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Penelitian dilakukan dengan teknik menyebarkan kuisioner pada UKM di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menyebar 200 kuisioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan regresi hierarkhi. Analisis data diawali dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi. Berdasar hasil analisis yang dilakukan, diperoleh hasil pengaruh akuisisi pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap diseminasi pengetahuan serta akuisisi pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan inovasi. Temuan dalam penelitian ini antara lain: 1) pemilik/manajer UKM sektor kerajinan merupakan tipe kognitif inovator karena cenderung menggunakan pengetahuan implisit untuk menciptakan inovasi, 2) pemilik/manajer UKM, berperan penting dalam penyebaran pengetahuan implisit untuk menciptakan pengetahuan, 3) terdapat beberapa hambatan dalam penyebaran pengetahuan yaitu sumber informasi, penerima informasi, jenis informasi, situasi organisasi, waktu, maupun bahasa dan persepsi.
Service Justice Dimensions As Determinants Toward Satisfaction And Word Of Mouth Behavior Utiyati Utiyati; Guruh Ghifar Zalzalah; Sri Rejeki Ekasasi; Anas Hidayat
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.517 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.222

Abstract

The research objectives were to analyze the role of service justice (distributive, procedural, interactional) toward the behavior of Word of Mouth (WOM) which was influenced by the satisfaction of the students over the service conducted by Directorate of Student Affairs of a state university. The population of this study was students of a the biggest state university in Yogyakarta- Indonesia with the number of samples taken as many as 220 students. The sampling technique in this research was purposive sampling. The data analysis technique used Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that distributive justice and interactional justice had a positive effect on satisfaction, whereas procedural justice had no positive effect on satisfaction. The satisfaction variable succeeded to be a mediator variable between service justice dimension and word of mouth (WOM) behavior.
Anteseden, Peran, dan Konsekuensi Penyimpangan di Tempat Kerja Danang Sunyoto; Henry Sarnowo; M. A. Kalijaga
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.797 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.223

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-monitoring, self-control, dan self-regulation terhadap penyimpangan di tempat kerja dan prestasi kerja. Desain / Metodologi / Pendekatan – Sampel penelitian ini adalah 120 pekerja operasional perusahaan dengan berbagai tingkat jabatan dan status pekerjaan. Metode pengumpulan dan analisis data dengan kuesioner dan kuantitatif. Hasil - Pemantauan diri, pengendalian diri, dan pengaturan diri berkontribusi negatif terhadap penyimpangan di tempat kerja; pemantauan diri memiliki peran positif dan pengendalian diri, pengaturan diri tidak berperan, dan penyimpangan di tempat kerja memiliki peran negatif terhadap prestasi kerja; Penyimpangan di tempat kerja bukanlah mediator peran self-monitoring terhadap kinerja, tetapi sebagai mediator peran positif self-control dan self-regulation terhadap kinerja. Orisinalitas – Nilai-nilai agama masih perlu diteliti. Penelitian ini menawarkan penggunaan pendekatan teori sosiologi, teori psikologi, teori sosiologi sosial untuk membahas hasil penelitian.
Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Price To Book Value Dengan Return on Assets Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Non Keuangan Kelompok Indeks LQ45 di Indonesia) Citra Pebri Sukmayanti; Ferikawita M. Sembiring
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.161 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya signifikansi dari pengaruh likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas terhadap price to book value pada perusahaan non sektor keuangan yang terdaftar dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020, dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur dengan pengolahan menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa current ratio berpengaruh positif terhadap return on assets, debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return on assets, current ratio dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh terhadap return on assets, current ratio berpegaruh positif terhadap price to book value, debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap price to book value, return on assets berpegaruh positif terhadap price to book value, serta current ratio, debt to equity ratio dan return on assets secara simultan berpengaruh terhadap price to book value. Dalam penelitian ini juga menunjukan hasil bahwa return on assets dapat memediasi hubungan antara current ratio terhadap price to book value dan return on assets tidak dapat memediasi hubungan antara debt to equity ratio terhadap price to book value.
Strategi Mempertahankan Bisnis Pada Toko Kue Balok Parikesit Sisingamangaraja Dengan Pendekatan Business Model Canvas Zuhdi Syaiful Anhar; Endy Gunanto Marsasi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.667 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.225

Abstract

Toko Kue Balok Parikesit Sisingamangaraja merupakan toko kue yang menjual produk kue balok parikesit yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No 1, Kec.Mergangsan, Kota Yogyakarta. Segmen pelanggan yang disasar oleh Toko Kue Balok Parikesit Sisingamangaraja saat ini merupakan penduduk usia 18-35 tahun di sekitar kecamatan Mergangsan kota Yogyakarta terutama pada penduduk perorangan. Kondisi pandemi Covid-19 yang muncul pada awal tahun 2020 memberikan dampak penurunan penjualan hingga perubahan positioning Toko Kue Balok Parikesit Sisingamangaraja dibenak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi mempertahankan usaha dan memberikan usulan strategi bersaing pada Toko Kue Balok Parikesit Sisingamangaraja menggunakan Business Model Canvas, model bisnis ini memetakan sembilan blok yang saling berhubungan. Langkah awal dalam melakukan pemetaan sembilan blok adalah melakukan analisis pada lingkungan bisnis melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis SWOT. Hasil dari langkah ini digunakan untuk merancang usulan Business Model Canvas secara lengkap. Hasil analisis melalui Business Model Canvas diperoleh sembilan blok untuk merumuskan strategi bertahan mobile defense yang membentuk strategi fungsional melalui bauran pemasaran 4P Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Rekomendasi strategi fungsional yang diberikan melalui bauran pemasaran kepada Toko Kue Balok Parikesit Cabang Sisingamangaraja diharapkan akan mampu dalam meningkatkan penjualan dan meraih brand positioning di benak konsumen.
Prediksi Kebangkrutan Perusahaan Penerbangan Indonesia Dengan Metode Altman dan Springate Greta Paulina; Ida Ida
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.346 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.226

Abstract

Keinginan serta harapan untuk tetap bertahan dan terus menghasilkan keuntungan menjadi suatu hal yang lazim dalam kehidupan perusahaan. Harapan ini tidak terlepas dari segelintir perusahaan besar yang meski mampu bertahan bertahun-tahun, akhirnya harus berhenti beroperasional dan mati karena hutang, perencanaan yang buruk, serta catatan keuangan yang tidak sehat. Kesulitan keuangan merupakan masa di mana kondisi keuangan perusahaan memburuk. Perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan jangka panjang akan rentan terhadap kebangkrutan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar tingkat kebangkrutannya menggunakan metode Altman (Z’’ Score) dan metode Springate (S Score). Objek penelitian ini adalah empat perusahaan penerbangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Penelitian ini menemukan bahwa kedua metode tersebut menghasilkan hasil yang serupa. Hasil dari metode Altman dan Springate menunjukkan bahwa tiga perusahaan masuk dalam kategori bangkrut; mereka adalah PT Garuda Indonesia Tbk, PT Air Asia Indonesia Tbk, PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk. Namun PT Jaya Trishindo Tbk masuk dalam kategori grey area pada metode Altman dan kategori tidak bangkrut pada metode Springate.
Peran Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Malang Anis Dwiastanti; Andik Wahyudi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.18 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.227

Abstract

MSMEs have become an important pillar in the economy in Indonesia over the past few years. The rapid development of MSMEs becomes a field of study that is always interesting to research. This research aims to analyze the influence of the role of intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence in influencing the financial management of MSMEs. By taking a quantitative approach, the sample was obtained by purposive sampling from a number of MSME partners that have been woven by STIE Indocakti. A total of 52 MSME samples have been qualified and sampled in this study. The data was obtained by distributing questionnaires to MSME actors. Through multiple regression analysis, simultaneous and partial testing of research problems is carried out. The results showed a simultaneous influence between intellectual intelligence, emotional intelligence and spiritual intelligence on the financial management of MSMEs. But through partial testing found evidence of emotional intelligence has no effect on the financial management of MSMEs.
Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Integritas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Muhammad Rivandi; Muhammad Hanif Pramudia
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.768 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v5i2.228

Abstract

Integrity of financial statements is the presentation of financial statements correctly and honestly without anything being hidden. In order for information to be useful, financial statements must also be reliable, information is said to be reliable if the information is not misleading, so that users of financial statements are not wrong in making decisions.The purpose of this study was to determine the effect of institutional ownership and company size on the integrity of financial statements in property and real estate companies listed on the Indonesian stock exchange in 2018-2020.The method used in this research is quantitative. Sampling in this study using purposive sampling and obtained 55 companies. The analysis technique in this research is panel data regression.Based on the results of the study, all independent variables have a simultaneous effect on the integrity of financial statements. Partially, institutional ownership has no effect on the integrity of financial statements. While the size of the company has a positive effect on the integrity of financial statements.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 4 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 3 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 2 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022 Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022 Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022 Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022 Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021 Vol. 4 No. 4 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2021 Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021 Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021 Vol. 4 No. 1 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2020 Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020 Vol. 3 No. 3 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2020 Vol. 3 No. 2 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2020 Vol. 3 No. 1 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2019 Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019 Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019 Vol. 2 No. 2 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2019 Vol. 2 No. 1 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2018 Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018 Vol. 1 No. 3 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2018 Vol. 1 No. 2 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2018 Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017 More Issue