Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia"
:
11 Documents
clear
Underpricing Anomaly and Aftermarket Liquidity of IPOs: An Application on Indonesia Stock Exchange during The Covid 19 Period
Nuraini Desty Nurmasari;
Ninditya Nareswari;
Novita Rahayu Pratiwi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.298
Underpricing occurs when the initial public offering price is lower than the stock's closing price on the first day in the secondary market. This study investigates the influence of IPO pricing and ownership retention against underpricing levels in Initial Public Offering at the Indonesia Stock Exchange (IDX). This study also examines the impact of IPO's underpricing on the aftermarket liquidity based on 167 qualified initial public offerings listed at the Indonesia Stock Exchange during the four years from 2019 to 2022. The proxy used to measure underpricing are initial return and market-adjusted abnormal return. This research uses 167 companies as samples. The sampling technique is purposive sampling. The result shows that the IPO pricing influenced the underpricing levels. The results prove that underpricing gets higher when the IPO pricing is closer to the upper limit of the price range offer. Meanwhile, ownership retention does not affect the underpricing level. The paper also found that IPO underpricing influenced the aftermarket liquidity in two periods: 7 and 30 days after the initial public offering.
Strategi Peningkatan Kapabilitas Dinamis Perusahaan Properti
Ningky Sasanti Munir;
Rachmat Dwi Cahyono;
Mia Christy Patricia
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.299
Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi kapabilitas dinamis (DC) perusahaan yang bergerak di bidang properti, khususnya strategi peningkatan yang perlu dilakukan untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam lingkungan yang dinamis pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat terapan, dimana data diperoleh melalui wawancara direksi perusahaan, survai eksekutif level manajerial dan pengolahan data internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan tiga prioritas DC yang perlu ditingkatkan perusahaan, yaitu Innovation Capability, Alliances/Networking Capability dan Operational Capability. Ketiga DC tersebut diperlukan untuk mengantisipasi ancaman dan peluang (sensing), memanfaatkan peluang dan mengurangi risiko (seizing) dengan melakukan transformasi (reconfigruing). Setelah mengetahui kesenjangan antara DC yang saat ini dimiliki dan DC yang seharusnya dimiliki, dilakukan penyusunan strategi peningkatan DC perusahaan.
Analisis Work Life Balance Pada Karyawan Generasi Milenial di Bandung
Fiona Vebiola Lumban Gaol;
Regina Deti;
Ramayani Yusuf
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.300
Generasi milenial menjadi generasi mayoritas angkatan kerja. Generasi milenial memiliki karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya karena mereka tumbuh bersama perkembangan teknologi. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat WLB dan apa saja faktor-faktor yang terdapat pada WLB karyawan generasi milenial di Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil dari kuesioner yang disebarkan oleh penulis. Responden pada penelitian ini sebanyak 122 responden generasi milenial. Instrumen yang digunakan pada kuesioner adalah Work Life Balance scale yang dikembangkan oleh Fisher,et.al. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat WLB pada generasi milenial sudah cukup baik dengan tingkat yang dikategorikan per dimensi yaitu WIPL sebesar 64,8%, PLIW sebesar 60,7%, WEPL sebesar 77%, PLEW sebesar 80,3%.
Analisis Perbandingan Nilai Produk Yang Ditawarkan Pelaku Usaha Produk Makanan Plant-Based Dengan Voice of Customer
Cinthya Yunan
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.301
Makanan plant-based menjadi tren di masyarakat sebagai salah satu pola hidup sehat dan usaha makanan plant-based masih pada tahap berkembang di Indonesia. Hal ini menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha untuk menciptakan atau mengembangkan produk untuk dapat ditawarkan kepada masyarakat. Variabel voice of customer digunakan untuk melihat kebutuhan/ keinginan konsumen/ non-konsumen terhadap produk makanan plant- based. Tujuan dari penelitian adalah untuk membandingkan nilai yang ditawarkan dari pelaku usaha makanan plant-based dengan voice of customer yang menggambarkan harapan dari konsumen/ non-konsumen yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi atau pengembangan dalam memenuhi kebutuhan/ keinginan dari konsumen/ non-konsumen produk makanan plant-based. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatori dengan metode penelitian survei yang dilakukan dengan membagikan kuesioner digital dengan hasil 160 responden dan wawancara dengan Goodbelly Plant Based Meal Bandung, kemudian data diolah menggunakan paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan dimensi kualitas dari karakteristik produk yang di tawarkan memenuhi keinginan konsumen. Dimensi desain dari karakteristik produk, inovasi produk dan pelayanan yang di tawarkan melebihi harapan konsumen, sedangkan dimensi gaya hidup dan harga yang ditawarkan masih belum memenuhi keinginan konsumen.
Pengaruh Modal Manusia, Orientasi Pasar dan Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat
Asha Alin Fajriah;
Ditiya Himawati
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.302
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh modal manusia, orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja pemasaran UMKM di Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat. Dalam penelitian ini sampel yang diteliti adalah responden dengan kriteria warga asli dari Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang, sedang menjalankan bisnis usaha/UMKM, serta memiliki usia 21 sampai di atas 50 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling berjumlah 100 pelaku UMKM dengan menggunakan metode pengujian SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modal manusia, orientasi pasar dan inovasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat namun secara parsial modal manusia dan orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sedangkan inovasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat.
Fenomena Job Hopping Pada Generasi Milenial di Kota Bandung
Regina Deti;
Aliya Inshira Qisthi;
Ramayani Yusuf
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.303
Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi job hopping generasi milenial di Kota Bandung dan faktor yang mengurangi keinginan milenial untuk berpindah pekerjaan. Penelitian ini merupakan applied research yang dilakukan secara kualitatif dan menggunakan metode cross-sectional. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada 11 narasumber yang merupakan generasi milenial, berdomisili di Kota Bandung, dan pernah berpindah kerja lebih dari dua kali dengan masa kerja satu sampai dua tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan jika faktor perpindahan generasi milenial adalah dorongan keluarga, rekan kerja yang kurang nyaman, budaya perusahaan dan beban kerja (workload) yang kurang sesuai, work life balance yang tidak dapat dirasakan, merasa masih muda dan ingin mencoba hal baru, perusahaan lain yang memberikan gaji yang lebih besar, perusahaan lain yang memberikan tangga karir yang lebih baik, dan perusahaan lain yang memberikan kesemaptan untuk berkembang yang lebih besar. Serta faktor pengurangnya adalah gaji yang sesuai dengan usaha, rekan kerja dan lingkungan yang nyaman, tangga karir, kesempatan berkembang dan meningkatkan skill.
The Effect of Internationalization on Bank Performance in Republic of Korea
Muhammad Faruq Abdulhakim;
Chandra Utama
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.304
The goal of this paper is to discover the effect of internationalization on bank performance of 8 internationalized commercial banks from Republic of Korea (ROK). Resource-based view is applicated as theoretical framework. To reach the goal, this research used panel data regression by fixed effect model. The dependent variable of this research is ROA. Meanwhile the independent variables are number of foreign presences, TNI, and South Korea’s macroeconomic conditions. The research using secondarily data that collected from FSS of ROK and BOK. The result reveals that internationalization gives positive effect to the performance of the commercial bank in ROK.
Brand Awareness dan Celebrity Endorser dalam Memediasi Pengaruh Shopping Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online pada Marketplace Shopee
Harries Arizonia Ismail;
Suhaji Suhaji;
Nuswantoro Setyadi Pradono
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.305
Penelitian ini mengenai keputusan pembelian dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh shopping lifestyle terhadap brand awareness, pengaruh shopping lifestyle terhadap celebrity endorser, pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian, pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, pengaruh shopping lifestyle terhadap pembelian produk, pengaruh shopping lifestyle terhadap keputusan pembelian dengan brand awareness sebagai variabel mediasi dan pengaruh shopping lifestyle terhadap keputusan pembelian dengan celebrity endorser sebagai variabel mediasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling melibatkan 118 responden dari mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis jurusan Manajemen Universitas AKI yang pernah setidaknya dua kali melakukan pembelian produk pada online marketplace shopee. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dan diolah dengan program SPSS versi 22.0. Hasil pengujian menunjukkan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap celebrity endorser. Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness memediasi pengaruh shopping lifestyle terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorser memediasi pengaruh shopping lifestyle terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Goal Setting dan Self-Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan
Teddy Sutrisno;
Tutuk Ari Arsanti
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.306
This paper aims to gain an understanding of the influence of goal setting and self-efficacy on employee performance. Specifically, this research wants to examine the impact of sales targets and employee self-efficacy on employee’s sales performance. This research was conducted on profit-oriented companies, in particular, employees of the marketing department or sales people who were required to achieve sales targets as part of employee performance appraisals. Quantitative methods were used in this research. The research strategy uses a survey with multiple regression analysis. The results of this study show that goal setting and self-efficacy do not influence an employee's sales performance. Through this empirical study, we not only discover the insignificant influence of goal setting and self-efficacy on employee’s sales performance, but this result also gives explanation about why goal setting and self-efficacy are unable to explain employee’s performance in a certain context. The results of this empirical research provide new insights on how goal setting and self-efficacy works to achieve high performance.
Enterprise Risk Management dan Nilai Perusahaan: Kepemilikan Keluarga Sebagai Variabel Moderasi
Zahrin Haznina Qalby;
Puput Tri Komalasari;
Ni Luh Ayu Mahetria Pradnyaswari
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31842/jurnalinobis.v7i1.307
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Enterprise Risk Management terhadap nilai perusahaan dengan moderasi kepemilikan keluarga pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan utilisasi Process Macro v4.2 for SPSS by Andrew F. Hayes. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Osiris dan website masing-masing perusahaan sampel, yang dipilih dengan teknik purposive sampling untuk periode penelitian 2015-2019. Variabel dependen pada penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan Tobin’s Q. Variabel independen adalah Enterprise Risk Management (ERM) yang diukur dengan menggunakan indeks ERM kuantitatif. Variabel moderasi adalah kepemilikan keluarga yang diproksikan dengan nilai dummy. Penelitian ini juga menyertakan sejumlah variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan (LnTA), profitabilitas (ROA), dan leverage (DAR). Hasil pengujian pada penelitian ini ditemukan bahwa ERM tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, namun kepemilikan keluarga sebagai variabel moderasi memperkuat secara signifikan pengaruh positif ERM terhadap peningkatan nilai perusahaan. Variabel kontrol ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan, profitabilitas berpengaruh negatif signifikan, dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.