cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017" : 12 Documents clear
CIRI KALIMAT PADA BERITA UTAMA SURAT KABAR : ANALISIS KRITIS TERHADAP HARIAN TERBITAN DAERAH Khotimah, Khusnul
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang aspek ketegasan kalimat pada berita utama pada surat kabar Radar Tegal edisi 14-16 November 2016.Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana penggunaan aspek ketegasan kalimat. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk ketegasan kalimat pada wacana berita utama. Metode penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dengan sumber data berita utama surat kabar. Dari berita utama yang diambil diperoleh data yang diidentifikasi sebagai kata atau kalimat yang mengandung ketegasan ada 27 kata. Hasil analisis yang dilakukan diperoleh aspek ketegasan dengan ciri meletakkan kata yang ditonjolkan di depan kalimat memperoleh presentase 85,2 %, ciri ketegasan dengan menggunakan urutan kaya yang bertahap memperoleh persentase 0 %, ciri ketegasan dengan menggunakan pengulangan kata (repetisi)memperoleh persentase 3,7 %, ciri ketegasan dengan menggunakan pertentangan memperoleh persentase 0 %, dan ciri ketegasan dengan menggunakan partikel memperoleh presentase 11,1 %.
KETIDAKHEMATAN KATA DALAM “KARANGAN” KARYA MAHASISWA DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA Anwar, Syamsul
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi wujud ketidakhematan kata dalam karangan mahasiswa semester dan mendeskripsi implikasi ketidakhematan kata untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian karangan mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Data penelitian teks dalam karangan. Objek penelitian ketidakhematan kata. Hasil penelitian ditemukan wujud ketidakhematan kata dalam karangan. Wujud ketidakhematan pengulangan subjek ialah bagi, serangan, terbukti, dia, pergi, dapat, sekarang, para, sekali, sangat, datang, banyak , bersama, relakan, apapun, kaum, terlalu, dari, supaya , ada, PAI, ngapak, daerah, bahasa Brebesan. Wujud ketidakhematan hiponim ialah hari dan Minggu, kendaraan dan sepeda motor, warna dan merah. Wujud ketidakhematan penggunaan kata depan. Penggunaan kata depan daripada yang salah fungsi. Saran agar penelitian yang berkaitan dengan kata, kalimat, paragraf ditindaklanjuti lagi.
UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN GULING BELAKANG SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIDANG MIRING -, Thoif
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran guling belakang melalui media bidang miring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sayung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran bidang miring dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi guling belakang mata pelajaran Penjaskes. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I hingga siklus II yaitu hasil belajar guling belakang pra siklus diketahui bahwa hanya ada 25,71 % siswa yang mencapai KKM (75), pada siklus I ada peningkatan menjadi 60% dan pada siklus II mencapai 89% yang mendapatkan nilai mencukupi mencapai 35 %, nilai rata-rata siswa dari prasiklus siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya mencapai 52 %, siklus I meningkat menjadi 76 % dan pada siklus II mencapai 82%.
ANALISA KECENDERUNGAN KARAKTER BERDASARKAN KEYWORD DALAM SHORT MESSAGE SERVICE BERBASIS PROTOTYPE ANDROID SOFTWARE APPLICATION Amalia, Ulfa; Widodo, Tri
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menganalisa karakteristik individu berdasarkan keyword yang dapat digunakan dalam berbalas pesan dengan mengembangkan aplikasi android yang bertujuan untuk menghasilkan analisa kecenderungan karakter seseorang dengan menggunakan parameter penggunaan SMS. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan, observasi, dan angket. Subjek penelitian yaitu satu kelompok belajar mahasiswa Psikologi UTY berjumlah 40 orang. Pengujian sample dilakukan dengan dua tahap, pertama dilakukan dengan pemberian kuisioner kepada partisipan untuk mengetahui kategorisasi tipologi kepribadian. Tahapan kedua dengan analisa menggunakan aplikasi berbasis android yang dipasang dalam smartphone peneliti, kemudian diuji dengan regresi linier berganda dan uji beda dengan t-test untuk mengetahui perbedaan hasil identifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisa kecenderungan karakter dapat diungkap berdasarkan keyword SMS berbasis aplikasi android dengan akurasi 90%.
VIDEO DAN SIMULASI TUTORIAL MICROSOFT EXCEL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Dewi, Nur Afifah; Harlanu, Muhammad; Suryanto, Agus
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi pendidik harus berperan kreatif dan inovatif agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara benar dan tepat. Masalah yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan yaitu, tingkat keaktifan siswa dinilai kurang apresiatif dan berminat dalam mengikuti materi teori Microsoft Excel. Untuk itu perlu adanya pembaharuan strategi dan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi, minat dan hasil belajar dengan penerapan video dan simulasi tutorial materi ajar Microsoft Excel menggunakan strategi ARCS pada siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah quasi esperimental design dengan nonequivalent control group pretest-posttest design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest-posttest, lembar angket dan observasi. Hasil penelitian diperoleh t-test hasil belajar thitung=5,88 dan ttabel=1,67, yaitu hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kontrol. Analisis uji gain menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen=0,611 (sedang). Analisis persentase motivasi belajar kelas eksperimen 95% (sangat baik). Analisis persentase minat belajar kelas eksperimen 85% (sangat baik). Jadi video dan simulasi tutorial materi ajar Microsoft Excel menggunakan strategi ARCS ini dapat diterapkan di SMK untuk meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar siswa.
BENTUK KESALAHAN TATA TULIS KALIMAT PERCAKAPAN DALAM JEJARING MEDIA SOSIAL Riyanto, Agus
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan jejaring sosial dalam kehidupan sehari-hari berpengaruh terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam bentuk tulis maupun lisan. Kesalahan penulisan yang ditemukan dalam penggunaan komunikasi di jejaring sosial adalah 1) penulisan huruf kapital dalam kalimat, 2) penggunaan singkatan yang tidak sesuai dengan aturan, 3) penulisan kata yang tidak beraturan dan tidak dapat dirumuskan, dan 4) penggunaan campur kode dalam kalimat. Bahasa yang muncul dalam jejaring sosial tersebut merupakan bentuk ekspresi diri, bentuk kesantunan, bentuk penyembunyian dan kejenakaan, serta bentuk pencitraan diri
PENERAPAN PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING Arif B S, Muhammad; Wirjosoehardjo, Sukoco Kasidjan; Sudibyo, Hanung
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Urgensi dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru bimbingan dan konseling terhadap panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling serta untuk mengetahui hasil penerapan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling. Perumusan masalah dijabarkan menjadi: (a) Bagaimana tingkat pemahaman guru bimbingan dan konseling terhadap panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling di MGBK SMP Kota Tegal?, (b) Bagaimana hasil penerapan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling di MGBK SMP Kota Tegal?. Jenis metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi angket, observasi dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase yaitu dengan cara skor yang diperoleh dibagi dengan skor total dikalikan 100%. Hasil penelitian menggunakan pengumpul data angket diperoleh persentase sebesar 93,80 % yang berarti guru BK memahami panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa guru BK memahami dan mampu menerapkan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling dalam tugasnya memberikan pelayanan kepada peserta didik.
TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA JENJANG SMP MENGGUNAKAN TEORI FRY Sari, Vita Ika
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya buku teks yang digunakan di sekolah sebagai sarana penunjang proses pembelajaran membuat guru dan praktisi pendidik lengah dalam memperhatikan sisi kelayakan buku tersebut. Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa kesulitan dalam memahami materi yang disajikan di buku teks tersebut. Melihat hal ini maka masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah tingkat keterbacaan buku teks bahasa Indonesia khususnya SMP Kelas VII Terbitan Erlangga Edisi 2013 dengan menggunakan Teori Fry. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dipilih untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks bahasa Indonesia khususnya SMP Kelas VII Terbitan Erlangga Edisi 2013 dengan menggunakan Teori Fry. Hasil dari analisis buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Terbitan Erlangga Edisi 2013 menggunakan Teori Fry terdapat dua atau sebesar 50% wacana yang masuk dalam kategori sesuai dengan level yang di tentukan dan dua atau sebesar 50% masuk dalam kategori terlalu sulit. Maka dapat disimpulkan untuk buku teks tersebut masuk dalam kategori BAIK secara tingkat keterbacaan dan pemahaman dengan menggunakan Teori Fry.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI SELEKSI PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER Rahman, Antony Anwari; Suryanto, Agus
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya belum memiliki sistem informasi seleksi penerima beasiswa yang terkomputerisasi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dibangun sebuah sistem menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Perangkat dibuat dengan framework Microsoft Visual Studio 2013. Uji kelayakan dilakukan dengan pengujian 1 dan 2. Hasil penelitian dari pengujian 1 sebesar 96,56%, dan pengujian 2 sebesar 90,33%, termasuk dalam kategori sangat layak. Pada penelitian ditemukan bahwa sistem menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier menghasilkan akurasi yang tinggi. Sistem dengan akurasi tinggi dan efisien bermanfaat dalam menentukan calon penerima beasiswa. Manfaat lainnya berupa pengembangan ilmu pengetahuan tentang implementasi data mining yaitu algoritma Naive Bayes Classifier.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGELOLAAN USAHA BOGA -, Priyanti; Khumaedi, Muhammad; R, M. Burhan
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli 2017
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pengelolaan usaha boga yang  valid, efektif, layak dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D), dengan langkah-langkah penelitian mengacu pada Thiagarajan.  Studi pendahuluan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukan tindak lanjut terhadap pembelajaran pengelolaan usaha boga untuk meningkatkan kompetensi wirausaha siswa. Tahap pengembangan model pembelajaran pengelolaan usaha boga meliputi desain produk pada perangkat pembelajaran dan strategi model pembelajaran. Model yang dikembangkan diberi nama PPUB dengan uji coba terbatas menggunakan strategi pembelajaran problem based learning. Hasil validasi model menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dengan rerata 3,41 yang artinya model ini memiliki tingkat kevalidan yang baik. Terbukti efektif dari adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,371% kreteria “sedang”. Terbukti layak dari respon guru dengan rata-rata 3,25 kriteria “layak”. Terbukti praktis dari respon siswa dengan rata-rata 3,4 kreteria “praktis”. Dengan demikian model ini dapat meningkatkan kompetensi wirausaha siswa jasa boga. Saran agar hasil penelitian perlu disosialisasikan kepada guru SMK Jasa Boga agar dapat diterapkan dalam pembelajaran pengelolaan usaha boga

Page 1 of 2 | Total Record : 12