cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6281267058001
Journal Mail Official
pendistra.unika@gmail.com
Editorial Address
Jalan Setiabudi No. 479 F Tanjungsari Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra)
ISSN : 26848600     EISSN : 2745410X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) erbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan bidang-bidang tersebut.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No. 1 Tahun 2020" : 5 Documents clear
KEGAGALAN MERAIH CINTA DALAM CERPEN TERHENTI LANGKAHKU KARYA AJENG DWI WARDANI (SEBUAH PENGKAJIAN SASTRA) Ginting, Adelina
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.770

Abstract

Pengkajian ini bertujuan untuk memaparkan sebuah karya sastra yang berjudul Terhenti Langkahku oleh Ajeng Dwi Wardani. Cerpen ini dipublikasikan pada cerpenmu.com lolos moderasi pada 16 Juni 2020. Kajian sastra ini menggunakan metode kerangka teori semantik untuk memahami kegagalan meraih cinta. Tokoh dalam cerpen ada 3 orang yakni Aku (Aji), Zilla, dan Dhika. Aji seorang pria yang baik hati, penuh perhatian, ragu-ragu dalam mengambil keputusan, Zilla gadis yang tabah, sabar, baik hati, dan Dhika pemuda yang jahat (berselingkuh) tidak setia. Kegagalan meraih cinta akibat dari keragu-raguan dalam mengambil keputusan
PERSEPSI MAHASISWA UNIKA TERHADAP KULIAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19 Gultom, Candra Ronitua; Sitanggang, Selsa GM.
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.771

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kuliah online, untuk mengetahui bentuk-bentuk aplikasi yang digunakan dalam kuliah online dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kuliah online. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif, sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa UNIKA semester 4 FAKULTAS FKIP PRODI PGSD MEDAN. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Temuan dalam penelitian ini adalah tempat yang biasa untuk kuliah dari 60 orang mahasiswa sebanyak 53 atau 88,3 % yang menjawab di rumah, sebanyak 2 orang Mahasiswa atau 3,3% yang menjawab di kebun dan sebanyak 5 mahasiswa atau 8,3% yang menjawab di rumah keluarga atau tetangga yang bagus jaringan internetnya. Mahasiswa menggunakan alat alektronik untuk mengikuti kuliah online adalah HP dan laptop. Aplikasi yang disuka dalam kuliah online, sebanyak 56 mahasiswa atau 91,8% mahasiswa memilih aplikasi Whatsapp group, sebanyak 4 mahasiswa atau 6,5% mahasiswa memilih aplikasi zoom dan sebanyak 1 mahasiswa atau 1,6% mahasiswa memilih aplikasi email. Ketika ditanyakan kepada mahasiswa sejauhmana materi yang disampaikan melalui perkuliahan online dapat anda pahami oleh mahasiswa sebanyak 1 mahasiswa menjawab sangat dipahami, sebanyak 23 Mahasiswa menjawab dipahami, sebanyak 34 mahasiswa menjawab kadang-kadang dipahami dan sebanyak 4 mahasiswa menjadab tidak dipahami. Mahasiswa secara kesuluruhan atau 100% memilih kuliah tatap muka dibandingkan dengan kuliah online.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIMASA PENDEMI COVID 19 Silitonga, Immanuel DB.; Purba, Desri Ondira
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.772

Abstract

covid- 19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu sars-coV-2, yang dilaporkan pertama kali di wuhan tiongkok pada tanggal 31 desember 2019. Karena adanya covid-19 maka banyak Negara yang membuat kebijakan khususnya bidang pendidikan untuk belajara dirumah atau system daring (belajar online). Peserta didik  dituntut dituntut agar memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi khususnya sebagai alat pembelajaran. Tidak hanya peserta didik, para guru juga dituntut agar memiliki kemampuan dalam teknologi. Disini guru harus lebih siap  dalam membuat sebuah bahan ajar karena dengan bahan ajar ini siswa dapt terbantu dalam pembelajaran. Data yang digunakaan pada saat penelitian ini adalah sekunder karena disini adanya pengmabilan dar sebuah penelitian. Saat penelitan digunakan metode kuantitatif karena proses penelitian pada pengukuran hasil yang objektif menggunakan analisis data situs web dan artikel pendukung serta data-data dari situs blogspot yang relevan dengan penelitian ini.
UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA Purba, Nancy Angelia
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.773

Abstract

Upaya yang dimaksud disini adalah bagaimana guru mempersiapan diri dalam membelajarkan siswa mulai dari membaca cepat dan efektif, masalah yang dihadapi pembaca, beberapa pandangan yang salah terhadap membaca dan lain-lain. Bila upaya-upaya tersebut dilaksanakan dengan berorientasi pada kepentingan siswa, maka diharapkan dapat menimbulkan dan meningkatkan kemampuan membaca siswa. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, tiga diantaranya: (1) mengetahui metode dan teknik membaca efektif dan efisien, (2) membentuk kebiasaan dan mengukur kemampuan membaca sendiri, (3) meningkatkan minat baca.
PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN (THINKING DAN INTUITING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA CAHAYA MEDAN 2019/2020 Tamba, Losten; Tarigan, Berta Mariani
Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA) Vol 3 No. 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/pendistra.v3i1.774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tipe kepribadian terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia kelas XI SMA Cahaya Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini penelitian survei. Populasi  dalam penelitian berjumlah 115 orang dengan purposive sampling sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan ditemukan bahwa ada pengaruh yang positif antara tipe kepribadian dan minat terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Cahaya Medan. Implikasi penelitian ini adalah minat belajar yang besar dapat menimbulkan hasil belajar yang tinggi,  demikian sebaliknya. Hal ini mengandung implikasi bahwa tipe kepribadian dan minat belajar mempunyai peran penting untuk meningkatkan hasil belajar. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5