cover
Contact Name
Herson Anwar
Contact Email
herson.anwar@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281392251255
Journal Mail Official
jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Minhaj
ISSN : 2622965X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan/materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai, Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang paradigma pendidikan Islam
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam" : 4 Documents clear
Landasan Kurikulum Pendidikan Islam Posangi, Said Subhan
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam karya ilmiah ini tujuannya untuk mengkaji kurikulum berbasis Pendidikan Agama Islam. Adapun hasil dari karya ilmiah tersebut, dapat di simpulkan bahwa tujuan pendidikan islam memiliki perbedaan dengan tujuan pendidikan lain. Diantaranya, tujuan pendidikan menurut paham pragmatisme yang menitikberatkan pemanfaatan hidup manusia di dunia. Dalam kurikulum, terdapat pengelolaan komponen perencanaan yang harus diperhatikan faktornya, yaitu tujuan, konten, aktivitas belajar, sumber dan evaluasi. Dalam implementasi kurikulum terdapat 3 tahap yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Untuk itu, kurikulum bukan hanya diperlukan bagi para penyusun. Tetapi haruslah dipahami bagi pengawas pendidikan dan dijadikan dasar pertimbangan oleh pelaksana kurikulum yaitu para pengawas, guru serta pihak-pihak yang berkaitan dengan tugas-tugas pengelolaan pendidikan
Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengembangan Kurikulum Masa Pembelajaran Online Najamuddin Petta Solong
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini adalah hasil penelitian membahas tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam mengembangkan kurikulum masa pembelajaran online yang disebabkan oleh Pandemic Virus Corona di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Dari inti pembahasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang dilakukan guru dalam mengembangkan kurikulum bahasa Arab pada masa pembelajaran Online di MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena hasil penelitiannya dirangkai dalam bentuk kata-kata yang bersifat faktual. Adapun pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi dan wawancara (terstruktur) kepada guru bahasa Arab dan beberapa siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa pembelajaran Online di MAN 1 Kabupaten Gorontalo, guru tetap melakukan pengembangan kurikulum sesuai indikator pengembangan kurikulum itu sendiri yakni dengan menyusun silabus dan perangkat lainnya sesuai dengan kurikulum yang diterapkan yakni KMA 183, kemudian dari perangkat pembelajaran tersebut disusun pula rencana pembelajaran berupa materi yang sesuai dan metode ataupun media yang digunakan. Adapun media yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran Online di MAN 1 Kabupaten Gorontalo yaitu E-Learning, Aplikasi Zoom, dan WhatsApp. Namun, dengan adanya beberapa kendala berupa jaringan dan akses yang kurang memadai, masalah ekonomi siswa dan lainnya menyebabkan tujuan pembelajaran jadi kurang tercapai
Implementasi Manajemen Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pasili, Ratna; luneto, buhari; Mala, Abdurahman
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan proses pengelolaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI, serta implikasinya terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 1 Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, staf adminsitrasi, siswa dan komite madrasah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini mengunakan pendekatan manajerial, sosiologis dan psikologis dengan menggunakan analisis data kualitatif meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi manajemen pembelajaran pada kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SDN 1 Patilanggio, perlu ditingkatkan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI. Persiapan pembelajaran masih belum terlaksana dengan baik, demikian halnya dengan pelaksanaan pembelajaran masih mengalami kendala disebabkan guru rangkap jabatan sebagai guru kelas. Penyusunan kurikulum dan kalender Pendidikan guru PAI diikutkan pada kegiatan KKG baik ditingkat Gugus maupun Rayon, dampak hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik sudah pada kategori baik, sementara untuk ranah afektif masih perlu ditingkatkan karena instrument hasil belajar pada ranah afektif diterapkan pada proses pembelajaran yang belum sepenuhnya diterapkan dengan baik. Kendala implementasi manajemen pembelajaran pada kurikulum 2013 mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 1 Patilanggio, yakni pendistribusian buku, penilaian, adminsitrsi guru, sosialisasi, panduan buku guru dan peserta didik yang belum terealisasi, serta keterbatasan sumber daya guru. Adapun upaya yang dilakukan oleh SDN 1 Patilanggio untuk mengatasi kendala implementasi tersebut yaitu sebagai berikut; pendistribusian buku guru dan peserta didik dengan melibatkan cabang dinas dan satuan Pendidikan, meningkatkan kegiatan sosalisai, pelatihan, seminar dan workshop K.13
Sifat Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Pembelajaran (Studi Manajemen Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Lanjutan Umum) Rahman, Olis; Yasin, Zohra
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini termasuk pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data studi dokumen dari beberapa referensi artikel atau jurnal yang ada baik nasional maupun internasional dengan tujuan memberikan gambaran tentang fungsi manajemen dalam pengelolaan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Kegiatan manajerial tidak lepas dari pelaksanaan kegiatan di lembaga pendidikan baik di tingkat dasar, maupun di tingkat satuan pendidikan sekolah menengah. Seorang guru/pendidik adalah salah satu individu pencetus dalam perencanaan pembelajaran. Kondisi lembaga pendidikan saat ini dalam hal penerapan pembelajaran secara terstruktur oleh seorang guru/pendidik belum optimal atau belum sesuai standar pelayanan pendidikan terutama pada manajemen kelas, pengelolaan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis bagaimana konsep dasar manjemen pembelajaran dan mendeskripsikan bagaimana fungsi manajemen dalam pengelolaan pembelajaran sehingga penerapan pembelajaran secara terstruktur oleh seorang guru dapat sesuai standar dan prinsip-prinsip pengelolaan pembelajaran yang mengacu pada PP RI no. 19 th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20 yang menjelaskan bahwa ”Perencanaan proses pembelajaran memiliki silabus, perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang–kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar” Seluruh rangkaian manajemen pengelolaan pembelajaran tersebut bertujuan untuk menciptakan kondisi dimana para siswa secara aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan nalar yang dimilikinya, meningkatkan mutu pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta tujuan pembelajaran atau komptensi dapat tercapai sesuai yang direncanakan

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 2 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 3 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 4 (2021): Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Jurnal al-Minhaj Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam More Issue