cover
Contact Name
Muhammad Fauzi, S.H.I., M.Ed
Contact Email
jurnal.feb.uniss.kendal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.feb.uniss.kendal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sukarno Hatta KM 03 Patebon Kendal Jawa Tengah
Location
Kab. kendal,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26852446     DOI : -
Core Subject : Economy,
JEB: Jurnal Ekonomika dan Bisnis (Journal of Economics and Business) is an National Journal published by Faculty of Economics and Business Selamat Sri University (UNISS) in collaboration with The BPS Statistics Indonesia (MoU). JEB: Jurnal Ekonomika dan Bisnis (Journal of Economics and Business) is aimed at being a medium for research results dissemination and scientific paper exchanges on the Indonesian Economics and Business activities among academics, practitioners, regulators, and public. JEB: Jurnal Ekonomika and Business (Journal of Economics and Business) is issued two times annually, i.e., in April, and November.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS" : 8 Documents clear
PENGARUH ATRIBUT TOKO RITEL ALFAMART JALAN PANTURA KENDAL PASCA OPERASIONAL JALAN TOL BARU BATANG SEMARANG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Ahmad Dwi Nurdiyanto; Zanuarisna Slamet Nur Ubaidillah
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol6.Jeb2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel atribut toko dengan keputusan pembelian di toko retail alfamart jalan Pantura kendal. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanatori yaitu untuk menjelaskan pengaruh atau hubungan yang terjadi antara variabel-variabel atribut toko minimarket alfamart dengan keputusan pembelian. Penelitian ini terdiri dari 5 variabel independen, yaitu lokasi, pelayanan, harga, produk di toko, dan suasana toko serta satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Berdasarkan metode penelitian purposive sampling, sample penelitian ini berjumlah 20. Data yang digunakan adalah data primer dengan membagikan kuisioner ke 100 responden dan data sekunder dengan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan antara variabel lokasi, pelayanan, harga, produk di toko dan suasana toko terhadap keputusan pembelian dan di ukur dari uji t ( parsial ) lebih besar dari t tabel, uji F (simultan) lebih besar dari F tabel, dan hasil uji Uji R Square (R2 ) di mini market alfamart jalan pantura kendal.
PENGARUH KARAKTER NASABAH, JANGKA WAKTU PEMINJAMAN DAN KEMAMPUAN MENGELOLA KREDIT TERHADAP KREDIT MACET DI KSP AROFAH KOTA KENDAL Suprihono Setyawan; Bellya Yuliarti
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol6.Jeb2.11

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang terjadinya peningkatan kejadian kredit macet pada Koperasi Simpan Pinjam Arofah di Kota Kendal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kredit macet pada nasabah dari KSP Arofah Kota Kendal. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian eksploratori dengan pendekatan analisis kuantitatif. Variabel penelitian terdiri atas variabel terikat yaitu kredit macet dan variabel bebas yang meliputi karakter nasabah, jangka waktu kredit dan kemampuan mengelola kredit. Teknik analisis yang dipergunakan untuk mendeskripsikan pengaruh dari variabel-variabel bebas terhadap variabel kredit macet adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian membuktikan bahwa secara simultan ketiga variabel bebas berpengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap kredit macet. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa kredit macet dipengaruhi secara parsial oleh karakter nasabah, jangka waktu kredit dan kemampuan mengelola kredit. Pengaruh ketiga variabel bersifat negatif, yang berarti semakin baik karakter nasabah, semakin lama jangka waktu kredit serta semakin baik kemampuan mengelola kredit akan menyebabkan tingkat kredit macet menjadi semakin rendah.
ANALISIS KEPUTUSAN KEUANGAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Ageng Prasetyo; Urnika Iffatun Nisa
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol6.Jeb2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan keuangan dan strukur kepemilikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015–2017 sebanyak 20 perusahaan dalam waktu observasi 2015-2017. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan hipotesis diuji dengan t test, F test dan R². Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel keputusan keuangan indikasi pertama yang diukur dengan rasio keputusan pendanaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dilihat dari t hitung sebesar -5,460 < t tabel 2,01410 dengan sig. lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan keputusan keuangan indikasi kedua yang diukur dengan rasio keputusan investasi berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dilihat dari t hitung sebesar 15,986 > t tabel 2,01410 dengan sig. lebih kecil dari 0,05 yaitu 00,00. Variabel struktur kepemilikan yang diukur dengan rasio kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dilihat dari nilai t hitung sebesar -0,252 < t tabel 2,01410 dengan nilai sig. lebih besar dari 0,05 yaitu 0,802. Secara simultan variabel keputusan keuangan dan struktur kepemilikan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dilihat dari nilai F hitung sebesar 101,466 > F tabel 2,81 dengan sig. lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00.
PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DAN KINERJA PEGAWAI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KENDAL Muhammad Fauzi; Khoerul Anam
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol6.Jeb2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam rangka meningkatkan Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis jalur (analisis path). Hasil penelitian ini adalah Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja pegawai, nilai signifikansi pelatihan sebesar 0,031 < 0,05. Pengembangan SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja pegawai, nilai signifikansi Pengembangan SDM sebesar 0,007 < 0,05. Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, nilai signifikansi sebesar 0,024 < 0,05. Pengembangan SDM tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, nilai signifikansi sebesar 0,403 > 0,05. Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai, Dengan nilai signifikansi motivasi kerja sebesar 0,038 < 0,05.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Mochamad Purnomo; Eriyani Ardhiyah
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol6.Jeb2.14

Abstract

Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan kualiatas kehidupan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Lucky Textile Semarang II. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 42 responden karyawan PT. Lucky Textile Semarang II (bagian finishing), teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja karyawan. Variabel independen pada penelitian ini adalah lingkungan kerja dan kualitas kehidupan kerja. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi berganda menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan hasil perhitungan t hitung (3,085) lebih besar dari t tabel (2,02269) dengan signifikansi (0,043 < 0,05) dan kualitas kehidupan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan hasil perhitungan t hitung (2,091) lebih besar dari t tabel (2,02269) dengan signifikansi (0,043 < 0,05). Lingkungan Kerja dan Kualitas Kehidupan Kerja secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan dengan hasil perhitungan F hitung (6,029) lebih besar dari F tabel (3,24) dengan signifikansi (0,005 < 0,05). Lingkungan Kerja dan Kualitas Kehidupan Kerja memiliki pengaruh terhadap Kinerja Karyawan sebesar 23,6% dan sisanya sebesar 76,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBUKUAN PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) Nurkholik .; Mila Lailatul Amalia
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol6.Jeb2.15

Abstract

Laporan keuangan yang berkualitas berguna sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi bagi pihak yang berkepentingan. Banyak faktor yang mengakibatkan kegagalan dalam UMKM, salah satunya adalah rendahnya kualitas laporan keuangan yang dibuat oleh UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh jenjang pendidikan, skala usaha, lama usaha, presepsi pemilik terhadap pembukuan, dan pemberian informasi dan sosialisasi tentang pembukuan terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM di Kabupaten Kendal . Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penentuan sampel pada penelitian ini berdasarkan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditetapkan, terdapat 93 UMKM yang terpilih untuk menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari para responden melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan Software SPSS 17.0 For windows. Hasil penelitian ini memberikan penjelasan bahwa variabel jenjang pendidikan berpengaruh negatif tidak signifikan, skala usaha dan lama usaha berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan presepsi pemilik terhadap pembukuan dan pemberian informasi dan sosialisasi tentang pembukuan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.
Cover, Tim Redaksi, Mitra Bestari, Penerbit, Kata Pengantar dan Daftar Isi Cover Kata Pengantar Daftar Isi
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal Ekonomika dan Bisnis
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LINGKUNGAN KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA JATISARI KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG Devi Dwi Kurniawan; Kharisma Nawang Sigit
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol6.Jeb2.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Desa Jatisari; (2) besarnya pengaruh lingkungan kerjapegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Balai Desa Jatisari; (3) besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan lingkungan kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Balai Desa Jatisairi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mempunyai kepentingan di Kantor Balai Desa Jatisari dan diambil sampel sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan publik terhadap kepuasan masyarakat. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan lingkungan kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8