cover
Contact Name
Achmad Syarif
Contact Email
achmad.syarif@budiluhur.ac.id
Phone
+628158745797
Journal Mail Official
serasi@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Layanan Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Akademi Sekretari Budi Luhur Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta 12260 Telepon: 021-5853753 ext 223 Faks: 021-7371165
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sekretari & Administrasi (Serasi)
ISSN : 20850700     EISSN : 26225913     DOI : -
Jurnal Administrasi Sekretaris (SERASI) menyediakan dan memfasilitasi naskah ilmiah pendidikan tinggi. Fokus SERASI adalah untuk mengenalkan pembaca secara luas tentang berbagai tradisi intelektual ilmu sekretaris dan administrasi di Indonesia. Cakupan tersebut antara lain: 1. Administrasi dan Kesekretarisan. 2. Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. 3. Penerapan Pengembangan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. 4. Penerapan Ilmu Ekonomi dan Bisnis dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. Tujuan jurnal ini menyebarluaskan cakupan subbidang ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, teknologi informasi kantor, manajemen sumber daya kantor, administrasi / manajemen kantor, teknologi kantor otomasi, teknologi kantor, hubungan masyarakat, simulasi kantor, manajemen acara, pelayanan prima, korespondensi, komunikasi, bahasa inggris untuk tujuan khusus (english for specific purposes), dan organisasi manajemen koleksi (arsip dan rekod).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
Pengaruh Karakteristik Individu Dan Etika Profesi Sekretaris Terhadap Kinerja Sekretaris (Studi Empiris: Karyawan Sekretaris) Iis Torisa Utami
Jurnal Serasi Vol 19, No 1 (2021)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada masa pandemi covid19 hampir seluruh perusahaan atau organisasi melakukan suatu perubahan dalam budaya kerja yaitu melakukan aktivitas dengan jarak jauh atau mengurangi jumlah tatap muka dengan karyawan atau orang lain. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu dan etika profesi sekretaris terhadap kinerja sekretaris baik secara parsial maupun simultan . Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan analisis regresi linier berganda. Responden pada penelitian ini sebanyak 30 responden yang bekerja sebagai sekretaris di perusahaan. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan karakteristik individu secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja sekretaris dengan nilai thitung 2.429 dan ttabel 2.048 (Thitung > Ttabel) dengan taraf signifikansi 0.022 ≤ α 0.05, dan variabel etika profesi sekretaris secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja sekretaris dengan nilai thitung 2.840 dan ttabel 2.048 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0.008 ≤ α 0.05. Pada uji F menunjukkan bahwa karakateristik individu dan etika profesi sekretaris secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja sekretaris dengan nilai Fhitung 5.604 dan Ftabel 3.354 (Fhitung > Ftabel) dengan nilai signifikansi 0.009 ≤α = 0.05 . simpulan dari penelitian ini bahwa secara nyata variabel karakteristik dan etika profesi baik secara parsial dan simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sekretaris. saran untuk penelitian selanjutnya agar ditambahkan variabel kompetensi atau pengalaman kerja
IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA RESEPSIONIS PADA PT CITRA HEAVY INDUSTRIES Kristiana Widiawati; Nurul Eka Santoso
Jurnal Serasi Vol 19, No 1 (2021)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara rutin dan memiliki peran penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Pelayanan dibutuhkan untuk menjalankan suatu aktivitas guna menghasilkan sebuah jasa dalam suatu kegiatan perusahaan baik itu bidang jasa, konstruksi, industri atau manufaktur. Pelayanan bukan hanya diberikan untuk pihak eksternal saja melainkan pihak internal dalam sebuah perusahaan atau instansi. Oleh karena itu pelayanan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, demi tercapainya sebuah tujuan dan reputasi bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pelayanan prima Resepsionis di PT Citramas Heavy Industries. Metode yang dilakukan dengna melakukan observasi dan interview secara langsung dengan Bagian HR & GA yang bertanggng jawab langsung dengan Resepsionist. Analisa yang digunakan adalah deskriptif secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan prima yang dilakukan oleh Resepsionis di PT Citramas Heavy Industries yaitu berdasarkan tugas-tugas resepsionis diantaranya dalam menangani telepon, menangani tamu, menerima dan membalas e-mail, menangani surat masuk, menangani surat keluar, mendistribusikan dokumen serta menangani permintaan alat tulis kantor.
ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHEZ PADA IKLAN ROADTRIP SOSIALISASI CHSE KEMENPAREKRAF RI DI SCENE MENIT 28.11-33.35 Medya Apriliansyah; Mohammad Trisamanta; Mohammad Zalmi Kahardani; Trifiana Tiodora
Jurnal Serasi Vol 19, No 1 (2021)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi pandemic Covid-19 yang saat ini terjadi memberikan dampak kepada semua sektor perekonomian masyarakat dan juga industri, tidak terkecuali industry pariwisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya untuk menanggulangi keterpurukan pariwisata Indonesia dengan melakukan program Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability(CHSE) yang merupakan Hibah yang menjadi bagian dari rencana pemulihan ekonomi nasional (PEN) itu disalurkan bersamaan dengan pembiayaan program sertifikasi kebersihan dan kenyamanan, gratis untuk perhotelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan roadtrip sosialisasi CHSE Kemenparekraf RI pada scene menit 28.11-33.35.Metode Penelitan yang dipakai menggunakan metode kualitatif semiotika Roland Barthez, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitiannya adalah Iklan Roadtrip Sosialisasi CHSE Kemenparekkraf RI. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanda dan peatnda dalam iklan tersebut menciptakan representasi kehidupan masyarakat di masa pandemic Covid-19 ini dengan menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tokoh dalam iklan tersebut digambarkan sebagai sosok publik figure yang juga merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang menjalankan protokol kesehatan pada saat melakukan perjalanan wisata
ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BIDANG SEKRETARIS DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN Rizky Eka Prasetya
Jurnal Serasi Vol 19, No 1 (2021)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris praktis dapat meningkatkan kinerja dengan keterpaduan ketrampilan kerja utama lain bagi calon pekerja. Bidang sekretaris dan administrasi perkantoran memerlukan pembelajaran bahasa Inggris otentik dengan merancang susunan dan struktur pembelajaran terarah. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kebutuhan Mahasiswa dalam kebutuhan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris fokus kebutuhan sasaran dan kebutuhan belajar. Pemilihan pendekatan quantiatif deskriptif dengan rancangan angket (survey) menjadi bagian utama. Pemilihan teknik pengumpulan data mengacu kepada rancangan angket dengan jenis pengambilan data dalam satu kali (Cross-Sectional) pada kebutuhan komunitas (Community Needs). Angket diadopsi sebagai satu-satunya metode pengumpulan data. Hasil penelitian menemukan bahwa empat kemampuan sangat dibutuhkan kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris komunikatif. Tanggapan kebutuhan berbicara dan membaca paling diperlukan dengan jangkauan nilai Mean sebesar 12 – 15.5 poin. Disamping itu, kemampuan mendengarkan dan menulis memiliki jangkauan nilai mean sebesar 10-12.4 poin. Parameter tanggapan ini disebabkan karena keberagaman harapan dan pencapaian kemampuan bahasa Inggris. Menulis brosur dan korespondensi surat elektronik menjadi cakupan tertinggi pada skala Sangat Setuju dengan pemerolehan diatas 60%, sedangkan skala Setuju mencakup menulis laporan dan membaca referensi (majalah dan koran) sebesar diatas 20%. Perbandingan signifikan respon jawaban negatif untuk Tidak Setuju pemerolehan diatas 10% dengan perpaduan mendengarkan media bahasa Inggris dan berbicara terlibat dalam percakapan dan Sangat Tidak Setuju pemerolehan ditas 8% dengan elemen respon mendegarkan percakapan umum dan membaca surat kabar. Analisa kebutuhan ini ditujukan kepada perancang pembelajaran bahasa Inggris dalam bidang sekretaris dan administrasi perkantoran. Bidang bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for Specific Purposes-ESP) berorientasi pada penggunaan dan kemampuan bahasa Inggris praktis. Perancang pembelajaran bahasa Inggris ESP sebaiknya memadupadankan kemampuan teoritis dan praktis sehingga menciptakan susunan silabus atau kurikulum dengan materi terkini dan otentik keada pembelajar bahasa.
PENERAPAN PSIKOTES PADA LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN MAHASISWA DARING BERBASIS WEB Saskia Lydiani; Achmad Syarif
Jurnal Serasi Vol 19, No 1 (2021)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) bagi organisasi mahasiswa program studi Sekretari, Akademi Sekretari Budi Luhur rutin dilakukan setiap tahun menjelang pergantian kepengurusan organisasi. LDKM pada semester Gasal 2020/2021 ini harus dilakukan secara daring dikarenakan masih pandemi Covid-19. Oleh karena itu diperlukan cara agar kegiatan LDKM ini dapat berjalan efektif yaitu dengan memanfaatkan media aplikasi berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan psikotes untuk mengetahui potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh para peserta LDKM serta membuat prototipe aplikasi LDKM berbasis web yang mudah digunakan dalam pelaksanaan LDKM secara daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dimana peneliti ikut serta dalam kegiatan LDKM yang dilakukan serta menggunakan teknik pengembangan sistem Prototyping dengan tipe Evolutionary Prototype dalam pembuatan prototipe aplikasi menggunakan framework CodeIgniter. Penyusunan soal psikotes menggunakan tes kepribadian Edward Personal Preference Schedule (EPPS) dengan memperhatikan tujuh aspek seperti Achievement, Deference, Order, Exhibition, Autonomy, Affiliation, dan Dominance. Teknik pengujian aplikasi yang dilakukan menggunakan metode black-box testing. Hasil penelitian ini adalah prototipe aplikasi LDKM berbasis web dengan menerapkan soal psikotes EPPS yang dapat digunakan dalam pelaksanaan LDKM secara daring. Kata-kata Kunci: Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), psikotes, aplikasi web

Page 1 of 1 | Total Record : 5