cover
Contact Name
Taufik Agung Pranowo
Contact Email
taufikagung@upy.ac.id
Phone
+6287719079467
Journal Mail Official
gcounsbkupy@upy.ac.id
Editorial Address
gcounsbkupy@upy.ac.id
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25416782     EISSN : 25806467     DOI : https://doi.org/10.31316/g.couns.v4
Core Subject : Science, Education,
Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk menyebar luaskan hasil karya ilmiah dalam bidang bimbingan dan konseling khususnya dan bidang psikologi pendidikan pada umumnya. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan Desember dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 8 Documents clear
FENOMENA KENAKALAN REMAJA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Penganiayaan yang Menyebabkan Kematian di Dusun Kayunan Kabupaten Sleman) Kartika, Ainy
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena perilaku kenakalan remaja dan mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kasus penganiayaan yang menyebabkan kematian di Dusun Kayunan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah Dusun Kayunan Desa Donoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Propinsi DIY. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: perilaku menganiaya yang mengakibatkan kematian menunjukkan bahwa para remaja belum mencapai tingkat pascakonvensional dalam perkembangan penalaran moral Kohlberg. Faktor-faktor penyebab para remaja melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan kematian adalah faktor eksternal berupa intoksikasi minuman keras, pengaruh teman sebaya, pengaruh pola asuh orangtua dan pengaruh lingkungan buruk. Sedangkan faktor internal berupa perkembangan karakteristik usia remaja, serta pengaruh perkembangan kepribadian remaja yang merupakan bentukan pada masa anak-anak yang dipengaruhi oleh lingkungannya. Kata kunci: kenakalan remaja, psikologi pendidikan Islam
EVALUASI SUPERVISI EKSTRAKURIKULER PAI SMPDI KECAMATAN KOKAP DAN PANJATANKABUPATEN KULON PROGO -, Widodo
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi supervisi ekstrakurikuler PAI SMP di Kecamatan Kokap dan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Evaluasi meliputi aspek desain, input, proses dan hasil supervisi ekstrakurikuler PAI. Jenis penelitian menggunakan metoda kualitatif dengan pendekatan diskriptif evaluatif dan data kualitatif model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Responden dalam penelitian adalah pengawas madya PAI berjumlah 2 orang dan guru Pendidikan Agama Islam berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesenjangan pada indikator desain supervisi, terdapat kesenjangan pada indikator input supervisi, terdapat kesenjangan pada indikator prosesdan hasil supervisi. Secara umum masih terjadi kesenjangan pada pelaksanaan supervisi ekstrakurikuler PAI SMP di Kecamatan Kokap dan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Maka direkomendasikan pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi ekstrakurikuler PAI hendaknya dilaksanakan sesuai dengan program supervisi agar kualitas proses kegiatan ekstrakurikuler PAI di sekolah dapatt meningkat. Kata kunci: evaluasi, supervisi ekstrakurikuler
KOMUNIKASI KELUARGA (STUDI KASUS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SUAMI ISTRI DALAM PROSES CERAI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN GAMPING) Sari, Etika
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.52

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal pada pasangan suami istri dalam proses cerai dan untuk mengetahui cara penyelesaian konflik yang dilakukan oleh pasangan suami istri dalam proses cerai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan wawancara mendalam. Objek penelitian di KUA kecamatan Gamping, sebagai subjek adalah empat pasangan suami dan istri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses komunikasi interpersonal pada pasangan suami istri ini bermula pada prasangka, bungkamnya pasangan suami istri yang tidak di diskusikan setiap masalah baik hutang-piutang maupun masalah lain, tidak adanya dialog secara terbuka dan keegoisan pasangan yang merasa paling benar dan tidak mau saling menerima pendapat setiap pasangan. Penyelesaiaan yang dilakukan pada pasangan suami istri ini menemukan jalan win-lose solution dan win-win solution. Penyelesaian konflik yang berjalan secara win-win solution apabila dilakukannya mediasi sebagai penengah masalah pasangan yang dilakukan oleh penyuluh di KUA Gamping. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Pasangan Suami Istri, Perceraian
EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TERAPI REALITA UNTUK MENGURANGI GEJALA NARCISSISTIC PERSONALITY DISORDER PADA SISWA KELAS IX SMP PIRI NGAGLIK TAHUN AJARAN 2017/2018 Mina Pahlewi, Reza
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.58

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gejala Narcissistic Personality Disorder pada siswa Kelas IX dapat dikurangi melalui layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Terapi Realitas. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IX. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 11 siswa terdiri darisiswa yang memiliki gejala Narcissistic Personality Disorder dalam kategori tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok dengan teknik terapi realita. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunangejala Narcissistic Personality Disorder pada siswa Kelas IX yang cukup signifikan setelah pemberian treatment. Keseluruhan sample mendapatkan penurunan skor dari kategori Tinggi ke kategori Rendah. Kata kunci: terapi realita, konseling kelompok, gejala narcissistic personality disorder
PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM PENCEGAHAN DAN PENYELESAIAN KONFLIK UMAT BERAGAMA DI KECAMATAN SEWON Sinangsih, Wahyu
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran penyuluh agam Islam dalam pencegahan dan penyelesaian konflik umat beragama di kecamatan Sewon. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Dukuh Saman kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini: (1) Konflik-konflik yang ada di Kecamatan Sewon ada empat konflik pemahaman NU dan Muhammadiyah, konflik tempat peribadatan di Dongkelan, konflik Gereja St Martinus di Gandok dan konflik Gereja Kristen Baptis di Saman, (2) Peran penyuluh agama Islam dalam pencegahan dan penyelesaian umat beragama dalam internal umat Islam melalui ceramah, dan dialog sedangkan eksternal umat beragama yaitu melalui ceramah, dialog antar umat beragama, sosialisasi pendirian tempat ibadah, kegiatan bersama dan pendampingan jamaah, (3) Faktor yang mendukung adalah kesadaran agama, dari eksternal pemahaman agama yang baik dan dukungan pemerintah melalui pembentukan FKUB sampai tingkat Kecamatan. Factor penghambat dari internal adalah ego golongan, pemahaman agama yang kurang dan ekonomi, dari ekternal adalah fanatic agama yang buta dan kurangnya pemetaan dakwah terutama daerah rawan. Kata kunci: peran penyuluh agama islam, konflik umat beragama
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA -, Suharni
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.59

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh disiplin belajar terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta; dan (3) Pengaruh kedisiplin belajar serta motivasi belajar terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jenis penelitian ini ex-post facto dengan populasi penelitian ini 149 Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian: (1) Disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kreativitas Belajar mahasiswa; (2) Motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa; dan (3) Disiplin belajar serta motivasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa dengan nilai Ry 1,2= 0,394 > 0,206 r-tabel serta nilai Fhitung (8,55) > Ftabel . Kata kunci: disiplin belajar, motivasi belajar, kreativitas belajar
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENYULUH AGAMA ISLAM FUNGSIONAL KABUPATEN SLEMAN Umi Azmi, Ulin
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.54

Abstract

Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dituntut untuk membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat dengan kompetensi yang dimiliki. Salah satu kompetensi yang sebaiknya dimiliki adalah keterampilan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal PAIF Kabupaten Sleman. Sampel dalam penelitian 52 penyuluh. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data, SPSS digunakan untuk menganalisa data dan diperkuat dengan wawancara mendalam. Kesimpulan penelitian adalah PAIF Kabupaten Sleman sebagian besar mempunyai konsep diri yang cukup baik (67%), dan mempunyai keterampilan komunikasi interpersonal yang cukup baik (73%). Konsep diri berpengaruh pada komunikasi interpersonal. Indikator dari konsep diri yang mempengaruhi komunikasi interpersonal adalah pengetahuan dan penilaian, indikator pengetahuan lebih dominan mempengaruhi. Pengetahuan mempengaruhi komunikasi interpersonal dan dominan mempengaruhi indikator keterbukaan sebesar 42%. Kata kunci: konsep diri, komunikasi interpersonal
PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN KARIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ARAH KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR Perianto, Eko; Setiowati, Arum
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i1.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa Modul Bimbingan Karir sebagai upaya meningkatkan pemahaman arah karir pada mahasiswa tingkat akhir serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap Modul Bimbingan Karir yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 sehingga bila dilihat dari kriteria uji maka 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Selanjutnya Skor sebelum mengikuti bimbingan karir jumlah Mean 27.69 dan skor setelah mengikuti bimbingan karir jumlah Mean 34.54. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa bimbingan karir yang dilakukan dengan menggunakan isi modul pemahaman arah karir mahasiswa tingkat akhir yang dikembangkan melalu layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan pemahaman arah karir mahasiswa tingkat akhir. Kata kunci: modul bimbingan karir, pemahaman karir, mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 01 (2026): January 2026, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (In Press) On Progress Vol. 9 No. 3 (2025): Agustus 2025. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 1 (2024): Desember 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 3 (2024): Agustus 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 2 (2024): April 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 01 (2023): Desember 2023, G Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 03: Agustus 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 02: April 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 01: Desember 2022, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 2 (2022): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 1 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No. 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling More Issue