cover
Contact Name
Willytiyo Kurniawan
Contact Email
willytiyo@diniyah.ac.id
Phone
+6282390444114
Journal Mail Official
nathiqiyyahpsikologiislam@gmail.com
Editorial Address
Prodi Psikologi Islam STAI Diniyah Pekanbaru Jalan Kh. Ahmad Dahlan No.100 Sukajadi, Pekanbaru, Riau, Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Nathiqiyyah : Jurnal Psikologi Islam
ISSN : 26147815     EISSN : 27454207     DOI : -
Nathiqiyyah Psikologi Islam STAI Diniyah and is managed directly by the Islamic Psychology Study Program, which is published twice a year in June and December. Nathiqiyyah contains articles, thought content, research results, thought results and empirical studies in the field of psychology and Islamic psychology and offers opportunities for interaction, discussion, ideas and ideas from psychologists from the fields of clinics, education, social affairs, Islamic psychology, industry and organizations. The Nathiqiyyah editor invited experts, writers and researchers to contribute to the development of Islamic psychology and psychology from the perspective of psychology studies and other related scientific studies. Nathiqiyyah aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society, with a particular interest in Cultural and Health Psychology. Nathiqiyyah covers articles related to: 1. Clinical Psychology 2. Industrial/Organizational Psychology 3. Educational Psychology 4. Developmental Psychology 5. Social Psychology 6. Islamic Psychology Nathiqiyyah accepts various research methods, both quantitative and qualitative methods. This journal also covers discussions related to the development of problems found in society.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam" : 7 Documents clear
Interpretive Paradigm in Psychology Nelly Marhayati
Nathiqiyyah Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/nathiqiyyah.v3i2.171

Abstract

The Purpose of this article is to know interpretive paradigm in Psychology. When researchers examine cultural behavior, especially the experience of individuals then to detect and describe some aspects of the implied culture, hidden rules, the meaning of rituals and worship in a cultural society, they should use interpretive paradigm. The interpretive paradigm in the field of psychology is a foundation for qualitative research methods. A qualitative approach can be used when the researcher understands the informants’ point of view more deeply, dynamically and will explore various factors simultaneously and can be used in informal situations. There are four types of qualitative research paradigms namely ethnography, case studies, phenomenology and grounded theory.
PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN TINGKAT DEPRESI ANGGOTA POLRI POLDA KEPULAUAN RIAU Fransiska_Emilia Pora
Nathiqiyyah Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/nathiqiyyah.v3i2.172

Abstract

Penyebab depresi yang dialami oleh polisi yaitu tekanan kerja tinggi, konflik dengan rekan kerja dan atasan serta masalah dalam rumah tangga. Salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan tingkat depresi polisi adalah pelatihan mindfulness. Polisi yang “mindful” mampu mengelola reaksi psikologis yang timbul dari masalah yang dihadapinya dan meningkatkan kesadaran diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan mindfulness untuk menurunkan tingkat depresi pada anggota polisi. Subjek penelitian berjumlah 16 orang, yang dikelompokkan dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Beck Depression Inventory (BDI) dan Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian menggunakan independent sample t-test ditemukan nilai t sebesar -2,746 (p < 0,05), dengan perbedaan rerata kelompok sebesar -5,875, yang artinya ada perbedaan tingkat depresi yang signifikan antara kelompok yang diberi pelatihan mindfulness dengan tidak diberi pelatihan mindfulness. Selain itu, pada hasil pengujian menggunakan paired sample t-test ditemukan bahwa nilai t sebesar 11,399 (p < 0,05), dengan perbedaan rerata kelompok sebesar 5,875, yang artinya ada penurunan tingkat depresi yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan mindfulness. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelatihan mindfulness memberikan dampak positif terhadap subjek yakni mampu menurunkan gejala-gejala depresi yang dirasakan subjek.
PERAN FLEKSIBILITAS KOGNITIF PADA PEMAAFAN MAHASISWA Imam Setyawan
Nathiqiyyah Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/nathiqiyyah.v3i2.174

Abstract

Pemaafan adalah membebaskan diri dari attachment negatif dari sumber yang telah melakukan pelanggaran terhadap seseorang. Pembebasan diri tersebut terkait dengan kemampuan untuk memindahkan informasi dan menginterpretasikan kembali atau menguraikan kembali suatu hal serta melakukan adaptasi dengan cara-cara yang baru. Fleksibilitas kognitif merupakan karakteristik kepribadian yang berkaitan dengan keberhasilan seseorang dalam mengembangkan suatu kemampuan. Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan mendapatkan gambaran peran fleksibilitas kognitif terhadap pemaafan. Penelitian dilaksanakan pada 56 orang mahasiswa, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa Skala Psikologi, yaitu Skala Pemaafan (α=0,93) dan Skala Fleksibilitas Kognitif (α=0,846). Analisis data menggunakan uji regresi, menunjukkan adanya peran positif yang signifikan dari fleksibilitas kognitif pada pemaafan (r=0,462, p= 0.00), dengan sumbangan efektif variabel fleksibilitas kognitif sebesar 21,3% (r2=0,213). Penting bagi mahasiswa yang masih berada dalam usia produktif dalam berinteraksi dan komunikasi untuk mengembangkan secara optimal fleksibilitas kognitifnya dengan kemauan mengubah pendekatan atau cara berpikir yang selalu terbuka melihat hubungan baru antar unsur yang ada di setiap fenomena yang ditemui, untuk mendukung kemampuan memaafkan, pada setiap kemungkinan luka yang muncul dari setiap interaksi intrapersonal dan interpersonal yang dilakukan. Kata kunci : pemaafan, fleksibilitas kognitif, mahasiswa
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA eva oktavia; Sholih; Arga Satrio Prabowo
Nathiqiyyah Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/nathiqiyyah.v3i2.177

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pelaksanaan bimbingankelompok dengan metode diskusi, tujuannya adalah untuk memudahkan guru Bimbingan danKonseling dalam melakksanakan bimbingan kelompok dan memberikan gambaran serta inovasidalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dan diharapkan mampumeningkatkan motivasi belajar siswa melalui kegiatan bimbingan kelompok yang menarik. Metodeyang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi modelADDIE yang di sederhanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap analisis, perancangan danpengembangan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu melakukan uji kelayakan ahliterhadap produk yang dikembangkan. Adapun teknik analisis data untuk menguji kelayakan produkpengembangan adalah dengan menggunakan kriteria kelayakan dari Arikunto. Hasil uji ahli materimenyatakan kesesuain materi memperoleh persentase sebesar 71%, mendorong keingintahuanmemperoleh persentase sebesar 62,5%, teknik penyajian, lugas, komunikatif, kesesuain dengankaidah Bahasa memperoleh persentase sebesar 75%. Sedangkan hasil uji ahli media menyatakanukuran buku memperoleh persentase sebesar 75%, desain cover buku memperoleh persentase sebesar92% dan desain isi buku memperoleh presentase sebesar 81%. Hasil uji kelayakan produkpengembangan yang telah dilakukan oleh satu dosen ahli media dan satu dosen ahli materi darikeduanya diperoleh hasil penilaian rata-rata adalah 80 %, artinya buku panduan pelaksanaanbimbingan kelompok dengan metode diskusi yang dibuat peneliti termasuk dalam kriteria “layak”
Keterkaitan Rasa Syukur dengan Health-Related Quality Of Life pada Masyarakat Ekonomi Rendah di Masa Pandemi Covid-19 Johan Satria Putra
Nathiqiyyah Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/nathiqiyyah.v3i2.179

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu permasalahan pokok yang melingkupi masyarakat dengan status ekonomi rendah, khususnya dalam masa pandemi covid-19. Rasa syukur dapat mengarahkan seseorang untuk lebih berperilaku sehat, serta mampu melakukan coping terhadap tekanan sosial ekonomi yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran syukur terhadap kualitas hidup terkait kesehatan pada masyarakat ekonomi bawah. Partisipan dari penelitian ini adalah 35 orang warga yang berpenghasilan rendah di Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Alat ukur yang digunakan berupa skala Syukur dan Indonesian EQ-5D-5L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara rasa syukur dengan kualitas hidup terkait kesehatan pada partisipan. Diharapan untuk penelitian selanjutnya yang menggunakan subjek masyarakat ekonomi rendah agar lebih mempertimbangkan pengambilan data secara langsung dibandingkan secara daring, serta mengontrol faktor demografi.
Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Qur’an terhadap Penurunan Temper-tantrum pada Anak Autis Rah Ajeng Sekaringtyas Sidhi; Tri Rejeki Andayani; Rini Setyowati Setyowati
Nathiqiyyah Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Temper-tantrum is one of the problems in the behavioral aspects of autistic children characterized by emotional outbursts that are difficult to control. One of the methods used to control is to listen to the murottals of the Qur'an because the resulting tone is able to stabilize the state of the body and mind so that one of them makes it more relaxed. This study aims to determine the effect of listening to the murottals of the Qur'an on the decrease in temper-tantrums in autistic children. The design of this experimental research uses one group pretest-posttes design. The subjects of this study were autistic students of SLB Anugrah who were selected using the purposive sampling method as many as 7 students. All subjects were an experimental group that received interventions in the form of listening to the murottals of the Qur'an for six consecutive days with intensity twice a day and the duration of each session for 14 minutes 2 seconds. Data collection was carried out using a temper-tantrum behavior questionnaire. The measurement results were analyzed using the wilcoxon signed rank test statistical test. Temper tantrum measurements resulted in an average pretest score of 41.86 and a posttest score of 38.14, indicating that the average posttest was lower than the pretest. The results of data analysis with wilcoxon signed rank test showed a significance value of 0.018 (p<0.05). There is a decrease in temper tantrums in autistic children after listening to the murottals of the Qur'an. Keywords: Murottal Al-Qur'an, Temper-tantrum Abstrak Temper-tantrum merupakan salah satu permasalahan pada aspek perilaku anak autis yang ditandai dengan ledakan emosi yang sulit dikendalikan. Salah satu metode yang digunakan untuk mengendalikan ialah mendengarkan murottal Al-Qur’an karena dari nada yang dihasilkan mampu menstabilkan keadaan tubuh dan pikiran sehingga salah satunya membuat lebih rileks. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh mendengarkan murottal Al- qur’an terhadap penurunan temper-tantrum pada anak autis. Desain penelitian eksperimen ini menggunakan one group pretest-posttes design. Subjek penelitian ini adalah siswa autis SLB Anugrah yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 7 siswa. Seluruh subjek merupakan kelompok eksperimen yang mendapatkan intervensi berupa mendengarkan murottal Al- Qur’an selama enam hari berturut-turut dengan intensitas dua kali dalam sehari dan durasi tiap sesi selama 14 menit 2 detik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner perilaku temper-tantrum. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan uji statistik wilcoxon signed rank test. Pengukuran temper tantrum menghasilkan rata-rata skor pretest 41,86 dan skor posttest 38,14 hal ini menunjukan adanya rata-rata posttest lebih rendah dari pretest. Hasil analisis data dengan wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai signifikansi 0.018 (p<0.05). Ada penurunan temper tantrum pada anak autis setelah mendengarkan murottal Al-Qur’an. Kata Kunci : Murottal Al-Qur’an, Temper-tantrum
PERMAINAN CLAY BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK Renny Rahmalia; Lailatul Izzah; Willytiyo Kurniawan
Nathiqiyyah Vol 3 No 2 (2020): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Effect of clay games in developing fine motor skills in group B children aged 5-6 years. Respondents' fine motor distribution before being given treatment there were 9 children whose fine motor development began to develop (MB). And after being given the treatment there were 5 children whose fine motor development developed very well and 15 children who developed according to expectations. The hypothesis testing uses the Paired Sample Test with a t-test value of 5.940 with a significance value of <0.000. It can be concluded that sig (2-tiled) 0.000 <0.05, there is an influence of clay games on the development of fine motor skills in children. Keywords: Clay, Games, Development, Fine Motor, Children Abstrak Pengaruh permainan clay dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B usia 5-6 tahun. Distrubusi motorik halus responden sebelum diberikannya treatment terdapat 9 orang anak yang perkembangan motorik halusnya Mulai Berkembang (MB). Dan setelah diberikanya treatment terdapat 5 orang anak yang perkembangan motorik halusnya Berkembang Sangat Baik dan 15 orang anak yang Berkembang Sesuai Harapan. Pegujian hipotesis menggunakan pengujian Paired Sample Test dengan nilai uji t sebesar 5,940 dengan nilai signifikasi sebesar < 0,000. Dapat disimpulkan bahwa sig (2-tiled) 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh permainan clay terhadap perkembangan motork halus pada anak.Keywords: Permainan Clay, Perkembangan, Motorik Halus, Anak

Page 1 of 1 | Total Record : 7