cover
Contact Name
Dini Retnowati
Contact Email
journal_iso@umaha.ac.id
Phone
+6281231507642
Journal Mail Official
journal_iso@umaha.ac.id
Editorial Address
Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257 031-7884034, Fax. 031-7884034 e-mail: journal_iso@umaha.ac.id URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/jiso
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization
ISSN : 26228971     EISSN : 2622898X     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
JISO merupakan jurnal ilmiah yang menjadi wadah bagi para peneliti, akademisi dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di bidang rekayasa sistem dan industri diterbitkan oleh LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif (eISSN 2622-898X) (pISSN 2622-8971). Dengan fokus dan materi tentang Industrial engineering, Supply chain, manajemen kinerja, keselamatan dan kesehatan kerja, Ergonomi,
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021" : 12 Documents clear
PENENTUAN JUMLAH DAN PERIODE PEMESANAN BAHAN BAKU KRIMER UNTUK MEMINIMALKAN IVENTORY DI PT. ABC MOJOKERTO Thoni Anggriawan
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.30-37

Abstract

ABSTRAK PT. ABC merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi krimer yang awalnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan anak perusahaan PT. ABC yaitu PT. MM. Seiring berjalannya waktu produk krimer dapat menembus pasar dalam negeri maupun luar negeri. Pada kondisi saat ini,perhitungan kebutuhan material bahan baku yang dibutuhkan perusahaan belum dilakukan secara maksimal. Total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membeli bahan baku pada produk krimer sangat besar, sehingga nilai investasi perusahaan untuk pembelian bahan baku juga sangat besar. Oleh sebab itu, pengaplikasian atau penerapan metode EOQ dan POQ diharakan dapat membantu perusahaan untuk merencanakan kebutuhan material bahan baku. Sehingga produksi dapat berjalan lancar dengan biaya persediaan yang minimal. Berdasarkan dari hasil perhitungan EOQ dan POQ dapat diketahui jumlah kebutuhan material bahan baku yang optimal pada waktu dibutuhkan, serta total biaya yang akan dikeluarkan perusahaan. Dengan teknik tersebut, maka bisa dilihat bahwa metode yang paling optimal adalah metode POQ dengan frekuensi pemesanan 9 kali, interval waktu 5,53 minggu atau 39 hari, dengan sekali pesan 5.077.007 kg dan total biaya Rp 88.695.203,24. Sehingga perusahaan memperoleh penghematan sebesar Rp 145.060.746,76,- ABSTRACTPT. ABC is a manufacturing company that produces creamer which was originally made to meet the needs of a subsidiary of PT. ABC namely PT. MM. Over time, creamer products can penetrate the domestic and foreign markets. In the current condition, the calculation of the material needs of the raw materials needed by the company has not been carried out optimally. The total cost incurred by the company to purchase raw materials for creamer products is very large, so the company's investment value for purchasing raw materials is also very large. Therefore, the application or application of the EOQ and POQ methods is expected to help companies to plan their material needs for raw materials. So that production can run smoothly with minimal inventory costs. Based on the results of the EOQ and POQ calculations, it can be seen the optimal amount of raw material needs at the time needed, as well as the total costs that will be incurred by the company. With this technique, it can be seen that the most optimal method is the POQ method with an order frequency of 9 times, a time interval of 5.53 weeks or 39 days, with a single order of 5,077,007 kg and a total cost of Rp. 88,695,203.24. So that the company obtains savings of Rp. 145,060,746,76,-
MENGURANGI KELELAHAN TENAGA KERJA PRAMUNIAGA POSISI BERDIRI Gempur Santoso; Dini Retnowati; Asri Dwi Puspita
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.61-65

Abstract

                                         ABSTRAKSebagai seorang pramuniaga, tuntutan bekerja dalam kondisi berdiri selama kurang lebih 8 jam menjadi suatu keharusan. Secara teori, ketika seseorang bekerja dalam kondisi berdiri, kelelahan terbesar terjadi pada sekelompok otot erector di tulang belakang (vertebralis) dari pada di sekelompok otot kaki. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian terkait dengan kelelahan yang dialami oleh pramuniaga. Data dari penelitian ini diambil menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi lapangan yang melibatkan 21 sampel pramuniaga perempuan yang telah bekerja dalam kurun waktu 3 tahun hingga 15 tahun. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data sebanyak 71 % pramuniaga menyatakan tidak lelah dan 29 % menyatakan agak lelah. Ketika tidak ada pembeli, pramuniaga mengambil kesempatan untuk beristirahat dengan cara bersandar pada dinding sehingga terjadi relaksasi pada sekelompok otot erector di tulang belakang. Ada juga yang beristirahat dengan duduk di bangku pembeli yang kosong sehingga terjadi relaksasi di sekelompok otot kaki. Sebagai rekomendasi, untuk mengurangi kelelahan yang dirasakan oleh pramuniaga, perlu dibuatkan alat yang bisa digunakan sebagai sandaran dan duduk dengan desain yang indah yang juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan.                                          ABSTRACT As a salesperson, the demands of working in a standing condition for approximately 8 hours are a must. In theory, when a person works standing up, the greatest fatigue occurs in the erector muscle group in the spine (vertebral) rather than in the leg muscle group. Therefore, it is necessary to conduct research related to the fatigue experienced by salespeople. The data from this study were taken using questionnaires, interviews, and field observations involving 21 samples of female sales assistants who had worked for a period of 3 to 15 years. Based on the results of the analysis, 71% of the sales assistants stated that they were not tired and 29% said they were somewhat tired. When there are no buyers, the salesperson takes the opportunity to rest by leaning against the wall so that the erector muscle group in the spine relaxes. And also those who rest by sitting on an empty buyer's bench so that there is relaxation in a group of leg muscles. As a recommendation, to reduce the fatigue felt by salespeople, it is necessary to make a tool that can be used as a backrest and seat with a beautiful design that can also be used to beautify the room.
IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK EVALUASI PEMASOK KAYU PADA INDUSTRI FURNITUR Dian Eko Hari Purnomo; Yogi Akbar Sunardiansyah
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.1-7

Abstract

ABSTRAKPenilaian kinerja pemasok merupakan keputusan yang penting dalam suatu perusahaan, karena akan meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang sangat kompetitif. PT. JQK sedang melakukan pemilihan supplier yang akan memasok bahan baku kayu mahoni dengan lima pemasok, yaitu Manggala Jati, UD. Jati Mukti, Toko Kayu Jati”Mukti”, Gunung Hijau, dan Indah Sentosa. Dalam penelitian ini penilaian kinerja pemasok terbaik menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini didasarkan pada konsep perbandingan berpasangan untuk setiap hirarki yang ada pada struktur hirarki yang ada. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan ini ada 3 kriteria dan 6 sub kriteria yang mendukung setiap kriteria. Kriteria-kriteria yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja pemasok adalah waktu, kualitas, dan harga. Sub kriteria yang dapat digunakan dalam untuk penilaian kinerja pemasok adalah pengiriman tepat waktu, lead time, spesifikasi bahan baku, jumlah bahan baku, harga pembelian bahan baku, dan biaya transportasi. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode AHP, maka pemasok yang mempunyai nilai terbaik adalah pemasok “Indah Sentosa”, yang mana nilainya adalah 0,344 atau 34,420%.ABSTRACTSupplier performance evaluation is an important decision in a company, because it will increase the company's competitiveness in the face of very competitive business competition. CV. Rimba Sentosa is selecting suppliers who will supply mahogany wood raw materials with five suppliers, namely Manggala Jati, UD. Jati Mukti, "Mukti" Teak Wood Shop, Gunung Hijau, and Indah Sentosa. In this study the best supplier performance appraisal uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. This method is based on the concept of pairwise comparisons for each hierarchy that exists in the existing hierarchical structure. The criteria used in this election are 3 criteria and 6 sub criteria that support each criterion. The criteria that can be used for evaluating supplier performance are time, quality, and price. Sub criteria that can be used in assessing supplier performance are on-time delivery, lead time, raw material specifications, quantity of raw materials, purchase price of raw materials, and transportation costs. Based on calculations using the AHP method, then the supplier that has the best value is the "Indah Sentosa" supplier, which value is 0.344 or 34.420%.
IDENTIFIKASI BAHAYA TERHADAP AKTIVITAS FORKLIFT MENGGUNAKAN METODE HIRARC Yusuf Adimas Dyah Wahyu Wahyu Putra
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.38-42

Abstract

ABSTRAK Pada divisi CFS (Container freight Station) di PT. ABC, terdapat aktivitas forklift yang memiliki potensi tinggi untuk terjadinya kecelakaan yang dapat berakibat pada terhambatnya kegiatan dan dapat berimbas juga pada tingkat dwelling time. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi bahaya pada aktivitas forklift serta  penilaian risiko dan pengendalian risiko sebagai rekomendasi perusahaan dalam mengurangi potensi kecelakaan. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif dengan metode observasi pada aktivitas forklift berdasarkan intruksi kerja dan wawancara sebagai data penunjang. Hasil yang diperoleh dari identifikasi bahaya terdapat 9 aktivitas yang memiliki jenis bahaya dengan rincian 3 aktivitas memiliki level risiko High, 5 aktivitas memiliki level Medium, 1 aktivitas memiliki level low. Hasil pengendalian menunjukkan bahwa segi kontrol administrasi merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan.ABSTRACT In the CFS (Container Freight Station) division at PT. ABC, there are forklift activities that have a high potential for accidents that can result in delays in activities and can also affect the dwelling time level. Therefore, it is necessary to identify hazards in forklift activities as well as risk assessment and risk control as company recommendations in reducing the potential for accidents. This research is a quantitative descriptive study with an observation method on forklift activities based on work instructions and interviews as supporting data. The results obtained from the identification of hazards are 9 activities that have the type of hazard with details of 3 activities having a high-risk level, 5 activities having a medium level, 1 activity having a low level. The results of the control show that the aspect of administrative control is a top priority that must be considered by the company.
PERHITUNGAN TARIF SEWA GEDUNG VIDYA LOKA DENGAN METODE COST PLUS PRICING PENDEKATAN FULL COSTING Lusi Mei Cahya W; Wilhelmina Putri N
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.8-13

Abstract

The Vidya Loka building at Darma Cendika Catholic University (UKDC) has several rooms that can be rented by the general public, namely Serbaguna room (2nd floor), Seminar Timur room and Seminar Barat room (3nd floor)  starting October 2019. Determination of current rental fees is only based on price competitors around Surabaya. This study aims to provide input to managers building regarding the calculation of rental costs using the Cost Plus Pricing method with Full Costing approach that considers long term benefits. The result of calculating rental fees based on data for 3 months, December 2019 – February 2020 show there is a large difference, especially for the Seminar room. Through the calculation of Full Costing with an expected profit of 30% of operational costs, the rental rate is obtained per 6 hours as follows : Serbaguna room IDR 5,300,000, Seminar Timur room IDR 450,000 and Seminar Barat room  IDR 700,000
PENGEMBANGAN PRODUK PLASTIC PACKAGING MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA PT. TS Ferry Christian
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.43-47

Abstract

ABSTRAK PT. TS adalah perusahaan bergerak dalam bidang pembuatan film Packaging yang termasuk perusahaan besar di Indonesia. Produk buatan perusahaan yang menjadi andalan yakni BOPP, BOPP yang dikenal sebagai kertas kaca merupakan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kemasan plastik pembungkus rokok, kemasan produk makanan, dan kemasan instan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui prioritas atribut produk yang harus dikembangkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada penggunanaan plastik packaging dengan menggunakan metode QFD. Untuk mengetahui kepuasan pelanggan, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik sampel jenuh di 11 perusahaan dengan jumlah 15 responden. Ada 8 atribut dan 5 karakteristik teknikal diidentifikasi. Berdasarkan analisis QFD, didapatkan prioritas tertinggi yaitu Produk mudah di ingat oleh konsumen dengan nilai prioritas 77, Bentuk kemasan dengan nilai prioritas 69, Masa kadaluarsa produk dengan nilai prioritas 53, Kekuatan bahan dengan nilai prioritas 48, Harga jual dengan nilai prioritas 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk mudah di ingat oleh konsumen menjadi prioritas tertinggi sehingga menciptakan brand merk yang unik dan berbeda dari perusahaan lain merupakan prioritas yang dapat dikembangkan oleh perusahaan. ABSTRACTPT. TS is a company engaged in the manufacture of packaging films, which is a large company in Indonesia. The company's mainstay product is BOPP. BOPP, known as glass paper, is a material needed in the manufacture of plastic cigarette packaging, food product packaging, and instant packaging. This study aims to determine the priority of product attributes that must be developed to increase customer satisfaction in the use of plastic packaging using the QFD method. To determine customer satisfaction, the data collection method used a questionnaire with a saturated sample technique in 11 companies with a total of 15 respondents. There are 8 attributes and 5 technical characteristics identified. Based on the QFD analysis, the highest priority was obtained, namely the product is easy to remember by consumers with a priority value of 77, the form of packaging with a priority value of 69, the expiration date of the product with a priority value of 53, Strength of materials with a priority value of 48, Selling price with a priority value of 21. The results of this study showed that products that are easy to remember by consumers are the highest priority so that creating a brand that is unique and different from other companies is a priority that can be developed by the company. 
PENGARUH RETAIL MIX TERHADAP PEMILIHAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO TINARA Mochamad Mochamad Ilyas
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.14-19

Abstract

Dalam menghadapi persaingan pada bisnis retail yang semakin meningkat dilakukan evaluasi untuk menarik daya beli konsumen pada Toko Tinara. Penelitan ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh retail mix terhadap keputusan pembelian pelanggan pada Toko Tinara. Populasi didalam penelitian ini adalah pengunjung toko tinara dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Metode yang dipakai adalah metode SEM yang diolah dengan menggunakan sofware SMARTPLS 3. Hasil analisa hipotesis diketahui bahwa variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap Keputusan Konsumen adalah Variabel Promosi dengan nilai T statistik sebesar 4,977 dan variabel Pelayanan dengan nilai T statistik sebesar 4,645. Dari hasil output R-Square diketahui bahwa variabel retail mix (Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Pelayanan dan Presentasi) memiliki pengaruh sebesar 0,777 atau 77,7% terhadap Keputusan konsumen, sedangkan sisanya yaitu sebesar 22.3% dipengaruhi faktor lain.In the face of increasing competition in the retail business, an evaluation is carried out to attract consumer purchasing power at Tinara Stores. This study aims to determine how the influence of the retail mix on customer purchasing decisions at Tinara Stores. The population in this study were visitors to the Tinara shop with a sample size of 100 respondents. The method used is the SEM method which is processed using SMART-PLS 3 software. The results of the hypothesis analysis show that the variables that have the most dominant influence on consumer decisions are the Promotion Variable with a statistical T value of 4.977 and the Service variable with a statistical T value of 4.645. From the results of the R-Square output, it is known that the retail mix variable (Product, Price, Location, Promotion, Service and Presentation) has an influence of 0.777 or 77.7% on consumer decisions, while the remaining 22.3% is influenced by other factors.
ANALISA RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA DIVISI BOILER DI PT.DAP Muhammad Fathorros Setiyawan
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.48-54

Abstract

ABSTRAK PT.DAP merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi kertas serta menggunakan boiler dalam proses produksinya, Namun, belum ada penerapan manajemen K3 pada divisi boiler secara optimal. Hal ini menyebabkan terjadinya beberapa kecelakan kerja serta mengganggu kesehatan pekerja terutama pada divisi boiler. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode HIRARC kemudian hasilnya akan diterapkan pada metode lembar job safety analysis (JSA). Dari hasil penelitian diperoleh 24 sumber bahaya dan terdapat 103 kasus kecelakaan dari 27 jenis kecelakaan yang berbeda pada boiler, dimana terdapat 5 kasus kecelakaan yang tergolong kriteria risiko ekstrem antara lain kecelakaan tangan terjepit, terkena uap panas, luka bakar, pipa tersumbat, iritasi mata. Sedangkan untuk kecelakaan risiko sedang terdapat 3 kasus, kecelakaan dan untuk kategori risiko rendah terdapat 14 kasus. Untuk penerapan JSA dilakukan pada pekerjaan pemasangan v-belt, mesin crusher, valve header, aktivitas blowdown, pressure steam, pembuangan abu batubara dan inspeksi pipa steam. ABSTRACTPT. DAP is a manufacturing company that produces paper and uses boilers in its production process, however, there is no optimal implementation of K3 management in the boiler division. This caused several work accidents and disrupted the health of workers, especially in the boiler division. Data processing in this study uses the HIRARC method and the results will be applied to the Job Safety Analysis (JSA) sheet method. From the results of the study, there were 24 sources of danger and there were 103 cases of accidents from 27 different types of accidents in boilers, where there were 5 cases of accidents classified as extreme risk criteria, including pinched hands, stricken by hot steam, burns, clogged pipes, eye irritation. Meanwhile, for medium risk accidents, there are 3 cases, accidents and for the low-risk category, there are 14 cases. For the application of JSA, the work is carried out on the installation of v-belts, crusher machines, valve headers, blowdown activities, steam pressure, coal ash removal, and steam pipe inspections.  
ANALISIS PREVENTIVE MAINTENANCE MESIN EXTRUSION DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE II (RCM II) (Studi Kasus di PT. Lumina Packaging. Sidoarjo, jawa timur) M. Khoirul Rizani
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.20-29

Abstract

ABSTRAKPT. Lumina Packaging adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kemasan berbahan dasar plastik dengan alamat di Sidoarjo Jawa Timur. Saat ini, permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah tingginya frekuensi kerusakan mesin. Hal ini, menyebabkan terhambatnya proses produksi dan biaya perbaikan mesin menjadi sangat tinggi. Salah satu penyebab utamanya adalah tidak adanya manajemen perawatan mesin yang diterapkan. Salah satu metode yang digunakan terkait perawatan mesin adalah reliability centered maintenance II (RCM II) dengan menggabungkan FMEA dan RCM II Decision Worksheet. Dari hasil penelitian ini, diperoleh biaya perawatan (CM) untuk komponen Extruder sebesar Rp. 8.645.830.168. Biaya tersebut, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya perbaikan (breakdown maintenance) (CF) yang sebesar Rp. 16.855.830.17. Sehingga dengan menerapkan perawatan mesin, perusahaan dapat menghemat biaya hingga lebih dari Rp. 7.782.496,19.ABSTRACTPT. Lumina Packaging is a company engaged in the manufacture of plastic-based packaging with an address in Sidoarjo, East Java. Currently, the problem faced by the company is the high frequency of machine breakdowns. This causes delays in the production process and the cost of repairing machines becomes very high. One of the main causes is the absence of machine maintenance management that is applied. One of the methods used related to machine maintenance is reliability-centered-maintenance II (RCM II) by combining FMEA and RCM II Decision Worksheet. From the results of this study, the maintenance cost (CM) for the Extruder component was Rp. 8,645,830,168. These costs are much cheaper than the breakdown maintenance (CF) costs of Rp. 16,855.830.17. So that by applying machine maintenance, the company can save costs up to more than Rp. 7,782,496.19. 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MAHASISWA MELAKUKAN INVESTASI SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA Erma Yuliaty; Sri Hadijono; Siti Mundari
JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/jiso.v4i1.55-60

Abstract

ABSTRAKKinerja pasar modal Indonesia merupakan terbaik kedua di dunia. Namun demikian jumlah investor lokal masih kurang menggembirakan yaitu masih sekitar 0,32% dibandingkan dengan jumlah penduduk. Literasi tentang pasar modal masih menunjukkan gambaran yang memprihatinkan, padahal upaya pemerintah untuk memberikan edukasi pasar modal sudah sedemikian gencar melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pihak bursa efek dan OJK maupun pembebanan terhadap kurikulum pada perguruan tinggi. Disamping itu kampus diharapkan bekerja sama dengan perusahaan sekuritas sehingga memungkinkan para mahasiswa belajar berinvestasi dengan dana yang sangat minim, agar mahasiswa dapat praktek secara nyata dalam upaya memotivasi para mahasiswa sebagai insan yang berpendidikan tinggi untuk menjadi investor.Penelitian menggunakan sampel mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Pasar modal dan Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Hasil pemrosesan data dengan menggunakan Analisis Faktor didapat hasil bahwa mahasiswa FEB Untag Surabaya yang telah menempuh mata kuliah “Pasar Modal” dan “Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio” tidak segera mendaftar sebagai investor dikarenakan merasa “tidak mempunyai dana”, “dilarang orang tua” , dan “tidak tertarik”. Dari hasil pemrosesan lebih lanjut data terdapat gambaran bahwa mereka berpendapat bahwa berinvestasi pada surat berharga saham itu “tidak menguntungkan” dan “berivestasi di bursa efek itu rumit” dan juga “tidak mempunyai dana”. Didalam kenyataannya persepsi itu tidak benar. Untuk berinvestasi saham tidak perlu dana yang besar, padahal berinvestasi pada surat berharga saham sangat menguntungkan hal ini bisa dilihat dari perkembangan Index Harga Saham Gabungan yang terus meningkat. Dan juga berinvestasi saham tidak rumit karena bisa dilakukan dengan cara online.                                           ABSTRACT The performance of the Indonesian capital market is the second best in the world. However, the number of local investors is still less encouraging, which is still around 0.32% compared to the total population. Literacy on the capital market still shows a worrisome picture, even though the government's efforts to provide capital market education have been intense through trainings held by the stock exchange and OJK as well as the imposition of the curriculum on universities. Besides that, the campus is expected to cooperate with securities companies so as to allow students to learn to invest with very minimal funds, so that students can practice in real terms in an effort to motivate students as highly educated people to become investors. The study used a sample of students who had taken courses in Capital Markets and Investment Analysis and Portfolio Management. The results of data processing using Factor Analysis showed that FEB Untag Surabaya students who had taken the courses "Capital Market" and "Investment Analysis and Portfolio Management" did not immediately register as investors because they felt "no funds", "forbidden by parents", and "not interested". From the results of further processing of the data, there is an illustration that they think that investing in stock securities is "not profitable" and "investing in the stock exchange is complicated" and also "does not have funds". In reality that perception is not correct. To invest in stocks, you don't need large funds. even though investing in stock securities is very profitable, this can be seen from the development of the Composite Stock Price Index which continues to increase. And also investing in stocks is not complicated because it can be done online.

Page 1 of 2 | Total Record : 12