cover
Contact Name
Rahma
Contact Email
jemas.umuslim@gmail.com
Phone
+6281328777702
Journal Mail Official
jemas.umuslim@gmail.com
Editorial Address
Universitas Almuslim (Kampus Timur) Jl. Almuslim Matanggumpangdua, Bireuen-Aceh
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 2720927X     EISSN : 27214451     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, biologi, fisika dan kimia yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. JEMAS terbit setahun 2 (dua) kali yaitu bulan Maret dan September. Setiap artikel yang disubmit harus mengikuti template yang disediakan, dan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik sesuai EYD atau bahasa Inggris serta harus sesuai dengan Focus & Scope jurnal. Editor akan melakukan Screaning Plagiarisme sebelum menugaskan reviewer untuk melakukan proses review. Jika artikel Anda dinyatakan diterima maka akan masuk ke tahap editing, layout, dan finalisasi artikel
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): Maret| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |" : 5 Documents clear
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA X SMA PADA KONSEP HUKUM NEWTON MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS ULAR TANGGA Zakiatun Nufus
JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 1 No. 1 (2020): Maret| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |
Publisher : Program studi Pendidikan Fiska

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa X SMA pada konsep hukum Newton sesudah menerapkan model kooperatif tipe TGT berbasis ular tangga dengan model kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian eksperimen murni dengan subjek penelitian 25 orang siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA dengan sampel siswa kelas X PM SMA Negeri 1 Peusangan, yaitu kelas X PM 1 dan kelas X PM 2 yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah RPP, tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Statistik yang digunakan dalam pengolahan data adalah statistik uji-t. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel = 2.98 > 2.06, maka (Ho) ditolak, dan (Ha) diterima pada taraf signifikan α = 0,05 dengan uji dua pihak (1-1/2). Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X PM 1 sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe TGT berbasis ular tangga ( 50,35 dan 81,74) dan siswa kelas X PM 2 sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe TGT ( 48,36 dan 78,62). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kedua model pembelajaran tersebut sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 MAKMUR Rasnawati Rasnawati
JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 1 No. 1 (2020): Maret| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |
Publisher : Program studi Pendidikan Fiska

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dengan metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan sistem persamaan dua variabel (SPLDV) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan Penelitian tindakan kelas (PTK). Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Makmur yang berjumlah 35 siswa. 5 siswa diambil dengan kriteria berkemampuan rendah dan dijadikan subjek wawancara. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dengan demikian pelaksanaan pembelaaran dengan metode penemuan terbimbing dapat memberikan hasil yang baik dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Hal ini terlihat dari segi hasil maupun dari segi proses yang terjadi pada diri siswa itu sendiri.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NISAM Isnawar Isnawar
JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 1 No. 1 (2020): Maret| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |
Publisher : Program studi Pendidikan Fiska

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Teams Games Tournament dalam pembelajaran konsep tekanan dan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep tekanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian terdiri dari tempat,waktu penelitian dan siklus PTK, yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Teams Games Tournament pada konsep tekanan dilakukan observasi terhadap keaktifan siswa, kemampuan guru dan tanggapan siswa dari angket. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa dan guru mencapai katagori baik dan sangat baik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nisam, khususnya konsep tekanan, dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) mengalami peningkatan dari siklus pertama 47% pada siklus kedua ketuntasan 88%. 3) Aktivitas guru dan aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nisam mengalami peningkatan untuk siklus pertama 73 % dan 40 % sedangkan untuk siklus kedua sebesar 88 % dan 65%. Siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model Teams Games Tournament. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament pada konsep tekanan di kelas VIII SMP Negeri 4 Nisam dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep tekanan dan tanggapan siswa sangat baik.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA KONSEP PEMUAIAN DI SMA NEGERI 3 BIREUEN KELAS X Sharfina Sharfina; Afdhal Sufahmi
JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 1 No. 1 (2020): Maret| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |
Publisher : Program studi Pendidikan Fiska

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran sains khususnya fisika, peserta didik diharapkan memiliki keterampilan dan mampu mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Pengaplikasian tersebut belum dapat dipenuhi apabila kemampuan dasarnya belum terbentuk. Kemampuan dasar yang disebut sebagai kemampuan proses adalah kemampuan yang bersifat umum dan berorientasi kepada ilmu pengetahuan yang lebih tinggi, serta mampu diaplikasikan pada pekerjaan yang lebih luas. Suatu keterampilan khususnya dalam belajar sains, dapat diperoleh peserta didik dengan memberikan sejumlah pengalaman kepada peserta didik dan membimbing mereka untuk menggunakan pengetahuan sains, sehingga dengan belajar sains diharapkan peserta didik memiliki keterampilan berpikir kreatif dan bertindak berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Bireuen . Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Bireuen kecamatan Kota Juang kabupaten Bireuen. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu peserta didik kelas X2 dan X4 SMA Negeri 3 Bireuen yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 3 Bireuen pada materi pemuaian.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA Novianti Novianti; Siti Khaulah
JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 1 No. 1 (2020): Maret| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |
Publisher : Program studi Pendidikan Fiska

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan khususnya konsep matematika, disebabkan oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa sehingga menjadi suatu masalah dalam pembelajaran matematika.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Kuala dengan menerapkan strategi pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 23 orang. Sampel dipilih dengan cara acak. Data dianalisis dengan t-tes. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh t-hitung > t-tabel (2,26 > 1,68), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran NHT lebih baik dari pada yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional Serta terjadi peningkatan kemmapuan berfikir kritis siswa dengan pembelajaran Numbered Heads Together. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Kuala.

Page 1 of 1 | Total Record : 5