EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis is a journal published twice a year (January and July) by LPPM Universitas Pelita Bangsa that focused on economics, management, and Business Studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, human resources, and strategic management. This journal did not give limitations on research methods, both of quantitative and qualitative can be accepted and the data from primary, secondary, and literature review. The decision for acceptance depends on double-blind review results.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021"
:
9 Documents
clear
Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba: The Effect of Tax Planning, Deferred Tax Expenses, and Profitability on Earning Management
Wisnu Setyawan;
Siska Wulandari;
Widyaningrum Widyaningrum
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.126
Manajemen laba adalah tindakan menyimpang oleh manajemen dalam rangka memperoleh keuntungan bagi perusahaan maupun manajer. Beberapa faktor yang mendorong manajemen laba adalah perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan serta profitabilitas. Manajemen laba diproksi oleh discretionary accruals sebagai variabel dependen dan profitabilitas diproksi oleh Return On Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman di BEI tahun 2015-2019 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis regresi data panel dilakukan dengan Eviews vers.10. Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan secara parsial mempengaruhi manajemen laba, sedangkan profitabilitas secara parsial mempengaruhi manajemen laba. Profit management is a deviant act by management in order to gain profit for the company as well as the manager. Some of the factors driving profit management are tax planning and deferred tax burden and profitability. Profit management is projected by discretionary accruals as dependent variables and profitability is projected by Return On Asset (ROA). This study uses secondary data, namely data of food and beverage sub-sector manufacturing companies in IDX in 2015-2019 using purposive sampling techniques. Regression analysis of panel data is performed with Eviews vers.10. Research shows that tax planning and deferred tax expense partially affect profit management, while profitability partially affects earning management.
Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia: Factors Affecting Purchase Decisions Through Trust As Intervening Variables In Marketplace Tokopedia
Ratno Wijaya Kusuma;
Tio Ban;
Robert Yan;
Muhamad Guntur
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.184
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan bisnis online yang terus maju pesat di era modern saat ini ditandai dengan banyak munculnya pesaing-pesaing baru di dunia bisnis oline (Marketplace). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruhnya tingkat persepsi promosi, kualitas informasi, dan keragaman produk melalui kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf untuk populasi dan sample adalah pengguna aplikasi Tokopedia di kabupaten Bekasi dengan jumlah sampel 106 responden dan untuk analisisnya menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil menunjukan bahwa variabel kepercayaan dapat memediasi persepsi promosi dan kualitas informasi dengan hasil yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. This research is motivated by the rapid growth of online businesses in the modern era today is characterized by many new competitors in the business world oline (Marketplace). The purpose of this study is to find out how influential the level of perception of promotion, quality of information, and diversity of products through trust in purchasing decisions. The method used in this study is quantifiable for the population and the sample is a tokopedia application user in Bekasi district with a sample number of 106 respondents and for its analysis using the variance-based Structural Equation Modeling (SEM) method, Partial Least Square (PLS). The results show that trust variables can mediate the perception of promotion and quality of information with positive and significant results on purchasing decisions.
Peran Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Niat untuk Tinggal dengan Keterikatan Kerja sebagai Mediasi: The Role of Transformational Leadership and Job Satisfaction on Intention to Stay with Job Engagement as Mediation
Yuhaning Praborini;
Thoha Asaroni;
Mohamad Naim;
Youdho Febriano
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.185
Niat untuk tinggal di dalam perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja. Kepemimpinan yang baik dan ada nya kepuasan karyawan akan meningkatkan keinginan untuk tinggal didalam perusahaan, dan hal tersebut akan diperkuat dengan adanya keterikatan terhadap pekerjaan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja yang dimediasi oleh keterikatan kerja terhadap niat untuk tinggal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel karyawan PT. AW Indonesia di Cikarang sebanyak 55 orang. Analisis menggunakan model struktural diolah software SMARTPLS 3.0. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh tidak langsung antara variabel Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Keterikatan kerja terhadap Niat untuk Tinggal. The intention to stay in the company is influenced by several factors including transformational leadership and job satisfaction. Good leadership and employee satisfaction will increase the desire to stay in the company, and it will be strengthened by an attachment to the job. This research is to find out the effect of transformational leadership and job satisfaction mediated by work attachment to the intention to stay. The research used a quantitative approach with a sample of 55 employees of PT AW Indonesia in Cikarang. Analysis using structural models processed SMARTPLS 3.0 software. The results of this study have an indirect influence between the variables of Transformational Leadership, Job Satisfaction, Work Attachment to the Intention to Stay.
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Garuda Express Delivery (GED) Terhadap Kepuasan Pelanggan: The Effect of Price and Service Quality for Garuda Express Delivery (GED) on Customer Satisfaction
Agus Sudigdo;
Taufik Taufik
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.191
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh ekspedisi Garuda Express Delivery (GED) terhadap kepuasan PT IDS Medical Systems Indonesia (Cabang Jakarta). Objek penelitian ini adalah karyawan pada PT IDS Medical Systems Indonesia (Cabang Jakarta) yang merupakan pelanggan layanan ekspedisi GED. Penelitian berbasis metode kuantitaif, melalui survey menggunakan kuesioner. Teknik sampling berupa sensus melibatkan divisi Logistik dan SOM (Sales Order Management) sebanyak 28 karyawan. Data diolah dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan kepuasan konsumen tidak dipengaruhi oleh harga. Pada sisi lain, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. The purpose of this study was to determine the effect of price and service quality provided by the Garuda Express Delivery (GED) expedition on the satisfaction of PT IDS Medical Systems Indonesia (Jakarta Branch). The object of this research is an employee at PT IDS Medical Systems Indonesia (Jakarta Branch) which is a customer of the GED expedition service. Quantitative method-based research, through a survey using a questionnaire. The sampling technique is in the form of a census involving the Logistics and SOM (Sales Order Management) division of 28 employees. The data is processed by multiple linear regression analysis using SPSS 21. The results of this study indicate that consumer satisfaction is not influenced by price. On the other hand, service quality has a significant effect on satisfaction.
Profitabilitas Sebagai Mediasi Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Return Saham Syariah: Profitability as a Mediation of Capital Structure and Company Growth on Sharia Stock Return
Vina Marlisa;
Suminar Suminar;
Tunggu Ariana;
Deska Lafairi Rera;
Ratnasari
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.194
Pasar modal syariah memiliki peran penting pada sektor keuangan. Jakarta Islamic Index (JII) memiliki tingkatan kinerja lebih baik dibandingkan dengan indeks harga saham lainnya. Hal ini membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi pada saham-saham syariah untuk meningkatkan return. Penelitian untuk menganalisis profitabiltias (ROE) sebagai mediasi pengaruh struktur modal (DER) dan tingkat pertumbuhan perusahaan (Growth) terhadap return saham syariah. Data dari empat belas perusahaan Jakarta Islamic Index (JII) selama periode tahun 2017-2019 dengan metode purposive sampling dianalisis menggunakan model struktural. Profitabilitas memediasi struktur modal terhadap return saham dimana profitabilitas dipengaruhi secara positif oleh struktur modal dan mempengaruhi return saham secara negatif. Profitabilitas tidak sebagai pemediasi karena pertumbuhan aset tidak mempengaruhi laba perusahaan. The syariah capital market has an important role in the financial sector. The Jakarta Islamic Index (JII) which has a better level of performance compared to other stock price indexes. This opens up opportunities for investors to invest in Islamic stocks to increase returns. Research to analyze profitability (ROE) as mediation of the influence of capital structure (DER) and the growth rate of companies (Growth) on the return of Sharia stocks. The research data was obtained from fourteen companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII) during the period 2017-2019 with the purposive sampling method analyzed using a structural model. Profitability mediates capital structure on stock returns where profitability is positively influenced by capital structure and negatively affects stock returns. Profitability is not a mediator because asset growth does not affect the company's profit.
Pengaruh Pelatihan, Lingkungan, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Mandom Indonesia Tbk: The Influence of Job Training, Work Environment, and Job Satisfaction on The Performance of Employees of PT. Mandom Indonesia Tbk
Yuli Triastuti;
Dina Wulandari;
Susilowati Budiningsih;
Koentari Koentari
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.196
Penelitian ini ditujukan guna menguji pengaruh pelatihan, lingkungan, kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mandom Indonesia Tbk. Sampel penelitian ini mencakup 90 karyawan PT Mandom Indonesia Tbk. Hasil analisis regresi linier berganda menemukan bahwa variable pelatihan dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Namun demikian, kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan kerja dan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang sama besarnya terhadap kinerja karyawan. Kebijakan perusahaan pada peningkatan pelatihan dan penciptaan lingkungan kerja yang baik secara berkelanjutan perlu dilakukan dalam rangka mempertahankan kualitas dan meningkatkan kinerja karyawan. This study is intended to examine the effect of training, work environment, job satisfaction on employee performance at PT Mandom Indonesia Tbk. The sample of this research includes 90 employees of PT Mandom Indonesia Tbk. The analysis found that the variables of job training and work environment had a positive effect on employee performance. However, job satisfaction has no significant effect on employee performance. This study shows that job training and work environment have the same effect on employee performance. Company policies on improving training and creating a good work environment on an ongoing basis need to be carried out in order to maintain quality and improve employee performance.
Kualitas Antarmuka Terhadap Minat Beli: Dimediasi Kepercayaan Konsumen pada Aplikasi Belanja Online: Interface Quality on Purchase Intention: Mediated by Consumer Trust in Online Shopping Applications
Tukino Tukino;
Preatmi Nurastuti;
Nani Hartati;
Nining Yuningsih;
Muhamad Sudharsono
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.203
Penelitian menguji model pengaruh kualitas antarmuka terhadap minat beli konsumen dengan variabel mediasi kepercayaan konsumen kepada penjual di aplikasi belanja online Shopee.com. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel konsumen Shopee.com sebanyak 152 orang. Analisis menggunakan model struktural diolah software SMARTPLS 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas antarmuka tidak berpengaruh terhadap minat beli, kualitas antarmuka berpengaruh terhadap kepercayaan, dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat beli. Kepercayaan memediasi kualitas antarmuka terhadap minat beli konsumen pada aplikasi belanja online Shopee.com, sehingga tanpa kepercayaan maka tidak akan ada minat beli pada konsumen belanja online. The study aims to examine the model of the influence of interface quality on consumer buying interest with the mediating variable of consumer trust in sellers in the Shopee.com online shopping application. The study uses a quantitative approach with a sample of 152 Shopee.com consumers. Analysis using a structural model processed by SMARTPLS 3.0 software. The results of this study prove that the quality of the interface has no effect on buying interest, the quality of the interface has an effect on trust, and trust has an effect on buying interest. Trust mediates the effect of interface quality on consumer buying interest in the Shopee.com online shopping application, so without trust there will be no buying interest in online shopping consumers.
Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dimediasi Kepuasan dan Loyalitas Kerja Karyawan: The Influence of Organizational Culture on Employee Performance Mediated by Job Satisfaction and Job Loyalty
Sardika Qorfianalda;
Anna Wulandari
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.211
Penelitian ini menguji model pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja dengan variabel mediasi kepuasan kerja dan loyalitas kerja di PT. Padang Golf Cikarang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel karyawan PT. Padang Golf Cikarang sebanyak 40 orang. Analisis menggunakan model struktural diolah software SMARTPLS 3.0. Budaya organsiasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kepuasan berpengaruh terhadap kinerja, budaya organsiasi berpengaruh terhadap loyalitas kerja, tetapi loyalitas tidak berpengaruh terhadap kinerja. Kepuasan kerja memediasi budaya organisasi terhadap kinerja, tetapi loyalitas kerja tidak memediasi budaya organisasi terhadap kinerja. This study aims to examine the model of the influence of organizational culture on performance with the mediating variables of job satisfaction and job loyalty at PT. Cikarang Golf Course. The study used a quantitative approach with a sample of employees of PT. Cikarang Golf Course as many as 40 people. Analysis using a structural model processed by SMARTPLS 3.0 software. The results of this study that organizational culture affects job satisfaction, job satisfaction affects performance, organizational culture affects work loyalty, but work loyalty has no effect on performance. Job satisfaction mediates the effect of organizational culture on performance, but job loyalty does not mediate the influence of organizational culture on performance.
Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Etos Kerja serta Implikasinya terhadap Kinerja: The Effect of Education and Training on Work Ethic and Its Implications for Performance
Novtri Mariatie;
Siti Hasanah
EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 02 (2021): Ekomabis Edisi Juli 2021
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37366/ekomabis.v2i02.220
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap etos kerja serta implikasinya terhadap kinerja karyawan. Objek penelitian adalah karyawan yang berada di Kabupaten Bekasi. Sampel penelitian sebanyak 100 karyawan sebagai responden yang mengisi kuesioner. Analisis menggunakan model perbandingan struktural (SEM) dengan program perangkat lunak Smart PLS. Hasilnya menunjukan bahwa pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap etos kerja, serta etos kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Dengan pendidikan dan pelatihan yang optimal maka akan meningkatkan etos kerja sehingga kinerja karyawan pun semakin meningkat. This study aims to determine the effect of education and training on work ethic and its implications for employee performance. The object of research is employees who are in Bekasi Regency. The research sample was 100 employees as respondents who filled out the questionnaire. The analysis uses a structural comparison model (SEM) with the Smart PLS software program. The results show that education and training affect work ethic, and work ethic affects employee performance. With optimal education and training, it will improve work ethic so that employee performance will increase.