cover
Contact Name
Prof. Dr. Suwarto, M.Pd
Contact Email
suwartowarto@yahoo.com
Phone
+6281329275915
Journal Mail Official
suwartowarto@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo 57521
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 2715095X     EISSN : 26865041     DOI : https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi pendidikan menjadi fokus jurnal ini. 1. Media pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Pendekatan Pembelajaran 4. Strategi Instruksional 5. Metode Intruksional 6. Teknik Pengajaran 7. Taktik Pengajaran
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 28 No 3 (2019): November" : 14 Documents clear
Nilai Pendidikan Karakter Dalam Antologi Cerkak Aku, Dasamuka, Lan Sengkuni Karya Parpal Poerwanto: Tinjauan Semiotik Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Negeri Polokarto 01 Sularmi, .
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Struktur Cerita pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni” (2) Nilai Pendidikan Karakter pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni”, dan (3) Implementasinya nilai pendidikan karakter pada studi literatur di SDN POLOKARTO. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, sumber utama yang terdiri dari teks antologi cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni”. Sumber data adalah antologi cerpen dari buku “Aku, Dasamuka lan Sengkuni”, buku Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, silabus, rencana pelajaran, guru jawa, dan siswa. Teknik analisis data adalah pembacaan semiotik bacaan heuristik dan hermeneutika. Hasil penelitian ini adalah: (1) Analisis struktur pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni” adalah: a) menggunakan plot progresif, b) menggunakan , kaki tangan, protagonis, antagonis, dan karakter netral, c) menggunakan latar belakang tempat, waktu dan latar belakang sosial, d) menggunakan orang pertama utama, orang pertama kaki, orang ketiga terbatas, dan sudut pandang orang ketiga terbatas, e) menggunakan idiom atau gaya frase, f) menggunakan nada datar dan regangan, g) menggunakan simbol seperti landhep dhengkul, karung nglumpruk, kamsum, Dasamuka lan Sengkuni, dan nomor polisi; (2) Karakter yang termasuk dalam cerita pendek, Aku, Dasamuka, dan Sengkuni adalah: (a) religius, (b) jujur, (c) toleran, (d) bertanggung jawab, (e) ingin tahu, (f) persahabatan /komunikatif. (3) Pelaksanaan penelitian ini untuk studi literatur scool SMP: berdasarkan kurikulum KTSP Bahasa Jawa (2006), bahan yang dibangun berdasarkan pada indikator bahwa siswa dapat menjangkau mereka dengan memperhatikan kemampuan siswa yang diterima dalam budaya Jawa. Pertama, merancang rencana pelajaran untuk pembelajaran. Rencana pelajaran dibuat berdasarkan silabus. Berkenaan dengan kurikulum, surat cerita pendek leraning adalah siswa di kelas lima semester kedua berdasarkan kompetensi pemahaman teks cerita pendek. Nilai-nilai pendidikan karakter adalah: (a) religius, (b) jujur, (c) toleran, (d) bertanggung jawab, (e) rasa ingin tahu dan (f) persahabatan / komunikatif.
Penerapan Supervisi Intel Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 Bagi Guru Kelas di SD Negeri Pengkol 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Antana, Agus Sri
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.482

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan guru menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 melalui penerapan Supervisi Intel bagi guru kelas di SD Negeri Pengkol 01 semester1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan diawali bulan Juli 2019 sampai dengan bulan  November 2019. Subjek penelitian adalah  guru kelas di SD Negeri Pengkol 01yang terdiri: guru kelas1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6, dengan jumlah 6 orang guru yang terdiri dari 1 orang laki-laki dan 5 orang guru perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Tindakan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi /pengamatan. Alat pengumpulan data berupa hasil bimbingan dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan siklus I, dan siklus II dilanjutkan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Supervisi Intel mampu membantu kepala sekolah meningkatkan kreativitasdan kemampuan guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 bagi guru kelas di SD Negeri Pengkol 01semester 1 tahun  pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari hasil penelitian dan pembahasan kondisi awal sampai siklus II. Nilai kreativitas guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013, dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan dalam aspek yang diamati yaitu aspek keingintahuan dari kategori baik menjadi sangat baik, aspek ketekunan dari kategori baik menjadi sangat baik, dan aspek kerjasama dari kategori baik menjadi sangat baik.  Hasil penilaian kemampuan guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 bagi guru kelas di SD Negeri Pengkol 01 semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dari kondisi awal kesiklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP Berbasis Kurikulum 2013 pada kondisi awal 73,99 pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 79,78 berarti terjadi peningkatan sebesar 5,79.
Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti Siswa SMA Negeri 1 Gemolong Melalui Metode Call on The Next Speaker Purwanto, Agus
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.483

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kelas XI IPS 3 yang dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model atau metode Call on the Nest Speaker. Penggunaan model metode Call on the Next Speaker dilakukan untuk peningkatan prestasi dalam hasil capaian proses belajar mengajar. Metode yang digunakan Model pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam proses belajar. Caranya siswa dibuat per-kelompok seperti pada tahap pra siklus (metode diskusi), yang membedakan hanyalah aktifitasnya, siswa diberi tugas untuk membuat gambar/poster yang relevan sebagai alat peraga sesuai dengan materi yang dikaji, kemudian mempresentasikannya. Tujuan yang ingin dicapai adalah siswa lebih antusias mengikuti materi PAI. Hasil yang akan diperoleh dari siswa terjadi peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran PAI dan penggunaan metode Call on the Next Speaker berhasil diimplementasikan di siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gemolong.
Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Menyusun RPP Cooperative Learning Model Example Non Example Melalui Supervisi Akademik Bagi Guru Kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 Hartono, .
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan  kompetensi  menyusun  RPP  Cooperative Learning model  Example Non Example  melalui supervisi akademik bagi guru kelas  di SD Negeri 02 Kedungjeruk semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan diawali bulan Juli 2019 sampai dengan bulan November 2019. Tempat penelitian di SD Negeri 02 Kedungjeruk, Dinas Pendidikan dan KebudayaanKecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Subjek penelitian adalah  guru kelas 1,2, 3, 4, 5, dan 6 dengan jumlah 6 orang guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Tindakan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi/pengamatan. Alat pengumpulan data berupa hasil supervisi RPP  Cooperative Learning model  Example Non Example Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan siklus I, dan siklus II dilanjutkan refleksi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik mampu  membantu kepala sekolah meningkatkan motivasi dan kompetensi menyusun RPP  Cooperative Learning model  Example Non Example, bagi guru kelas di SD Negeri 02 Kedungjeruk semester 1 tahun pelajaran  2019/2020.
Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay(CRH) Purwanti, Endang
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.485

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas IX H semester I SMP Negeri 1 Gatak tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2018 di SMP Negeri 1 Gatak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir soal tes, dan dokumen daftar nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa, nilai rata-rata prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,6, pada siklus I sebesar 77,2 dan pada siklus II sebesar 81,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 37,5%, siklus I sebesar 71,9% dan siklus II sebesar 93,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran aktif CRHdapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IX H semester I SMP Negeri 1 Gatak tahun pelajaran 2018/ 2019
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Surono, .
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.486

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectually  Repetition (AIR) pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII HSMP Negeri 1 Bendosari semester I tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ? 85%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VII H semester I SMP Negeri 1 Bendosari tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai matematika siswa dari 71,2 meningkat menjadi 80,2? 80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 62,5% meningkat menjadi 93,75% ? 85%.
Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen Widayati, Mukti; Suwarto, S; Chotimah, Khusnul
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan motivasi membaca terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi, mengetahui ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi dan mengetahui secara bersama-sama korelasi motivasi membaca dan  menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling (area sampling) yang berjumlah 30 Siswa. Penelitian ini terdapat 3 variabel yaitu dua variabel bebas dan satu variable terikat. Variabel bebas: motivasi membaca dan menyimak bacaan. Variable terikat: ketrampilan menulis cerita fantasi. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data variabel motivasi membaca, tes objektif untuk menyimak bacaan, dan tes uraian untuk data ketrampilan menulis cerita. Tehnik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi berganda. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara motivasi membaca bacaan dan  menyimak bacaan dengan keterampilan menulis cerita fantasi dengan persamaan Y=86,302+0,009X1+0,081X2. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan: (1) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan motivasi membaca terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. (3) Ada Korelasi motivasi membaca dan  menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen. abatan / komunikatif.
Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita Dengan Kemampuan Menulis Berita di Media Blog Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Widayati, Mukti; Suwarto, S; Fajarwati, Nurul
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan menyimak berita dengan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen, (2). mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca berita dengan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen dan (3). mengetahui ada tidaknya hubungan antara menyimak berita dan membaca berita dengan menulis berita di media blog pada siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Negeri 1 Sragen dengan jumlah 420 siswa. Sampel dari penelitian berjumlah 42 siswa yang ditentukan dengan teknik acak. Teknik pengumpulan data kebiasaan menyimak berita menggunakan angket. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan telaah ahli dan analisis Aplha Cronbach. Angket kebiasaan menyimak berita yang berjumlah 30 butir, setelah uji validitas harus di drop 10 butir. Angket kebiasaan membaca berita dengan jumlah 25 butir setelah di uji validitas drop 5. Uji prasyarat menggunakan uji linieritas ganda dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi linieritas ganda dengan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian: (1). Ada hubungan positif dan signifikan dari kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen. (2). Ada hubungan positif antara kebiasaan membaca berita dengan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen. (3). Ada hubungan antara menyimak berita dan membaca berita dengan menulis berita di media blog pada siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen.
Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Materi Gaya pada Siswa Kelas V SDN Kalijoso TahunPelajaran 2018/2019 Oktaviana, .
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.489

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  pembelajaran IPA materi gaya melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media benda konkret pada siswa kelas V SDN Kalijoso. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kalijoso yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskripsi yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan berbagai model pembelajaran namun guru belum melibatkan keaktifan siswa secara penuh. Penggunaan media terbatas menggunakan media yang bersifat abstrak seperti gambar sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran serta pemahaman terhadap materi menjadi sangat kurang. Hasil belajar siswa rata-rata 54,71 dari KKM yang ditentukan adalah 75. Simpulannya pembelajaran IPA materi gaya masih kurang maksimal dan hasil belajar siswa pun rendah sehingga perlu perbaikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan media konkret.
Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia Rahayu, MH Sri
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28 No 3 (2019): November
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v28i3.490

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi membangun karakter generasi muda yang beretika Pancasila dalam kebhinnekaan dalam perspektif keutuhan Negara Kesatuan RepublikIndonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah remaja dan orang tua di desa Calen Kecamatan Jombor Kabupaten Sukoharjo, dan objeknya adalah karakter beretika pancasila, kebhinnekaan, dan NKRI. Metode pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, validitas data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan pada tanggal 10-20 Nopember 2019 ditemukan hal-hal sebagai berikut: masih banyaknya sikap, perilaku remaja yang kurang mencerminkan nilai karakter pancasila, kurangnya sikap yang menjunjung nilai karakter persatuan dan kesatuan sehingga mengancam kebhinnekaan. Hasil wawancara terhadap remaja dan orang tua yang dilakukan pada tanggal 21-25 Nopember 2019 diperoleh informasi: remaja kurang memahami makna nilai karakter beretika pancasila, orang tua kurang mendidik nilai karakter beretika pancasila secara maksimal, orang tua merasa kesulitan dalam memberikan penjelasan tentang nilai karakter beretika pancasila pada anak remajanya, orang tua merasa kurang mampu untuk memberikan contoh konkrit sikap perilaku yang mencerminkan nilai karakter yang beretika pancasila. Simpulannya berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dapat disimpulkan bahwa nilai karakter yang beretika pancasila dalam kebhinnekaan dalam persepektif NKRI bagi remaja di desa Calen Kecamatan Jombor Kabupaten Sukoharjo kurang maksimal, 

Page 1 of 2 | Total Record : 14