cover
Contact Name
Prof. Dr. Suwarto, M.Pd
Contact Email
suwartowarto@yahoo.com
Phone
+6281329275915
Journal Mail Official
suwartowarto@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo 57521
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 2715095X     EISSN : 26865041     DOI : https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi pendidikan menjadi fokus jurnal ini. 1. Media pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Pendekatan Pembelajaran 4. Strategi Instruksional 5. Metode Intruksional 6. Teknik Pengajaran 7. Taktik Pengajaran
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 31 No 2 (2022): July" : 12 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MATERI TEKS NEWS ITEM PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 MARDI, SUMARDI
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2353

Abstract

Tujuan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dan penilaiannya dalam pembelajaran teks news item di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Gemolong  Tahun  Pelajaran  2021/2022.Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap materi teks news item di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Gemolong  Tahun  Pelajaran  2021/2022 dapat dilakukan secara Out Class dan In Class.Di dalam Out Class guru berperan sebagai provide active learning environment, facilitator of learning; dan plan follow up activities. Penerapan model pembelajaran flip classroom dalam pembelajaran teks news item pada tahap Out Class dapat dilakukan 3 langkah, yaitu (1) planning; (2) recording; dan (3) publishing. Sementara penerapan pembelajaran flipped classroom sebagai sebuah In Class peserta didik lebih aktif, baik belajar di kelas nyata maupun di kelas maya. Di dalam In Class, peran guru    hanya sebagai fasilitator, pendamping, pengamat, penilai, dan instruktur. Kegiatan In Class dalam flipped classroom dibagi menjadi tiga bagian yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan penilaian formative yang terdiri atas 2 instrumen, yaitu  tes dan inventori. Penilaian formatif bisa dilakukan dengan offline maupun online  dengan menggunakan Learning Management System (LMS) seperti Google Form, Google Classroom,  dan  Microsoft Form.Pembelajaran teks news item dengan menggunakan model flipped classroom dapat lebih efektif dan efisien. Kedua, peserta didik bisa belajar dan mengungkapkan gagasan dan keterampilanya secara bebas dan maksimal. Mereka dilayani dengan pembelajaran blended (campuran) terutama pada masa pandemi. Pada kelas maya, mereka bisa belajar kapanpun dan dimanapun mereka suka karena guru sudah mengirim materi lewat rekaman video atau powerpoint. Dalam proses pembelajaran, guru selalu memberi motivasi dan pendampingan kepada kegiatan peserta didik (pembelajaran terpusat pada siswa). Pada akhirnya paradigma belajar bahasa Inggris sulit dan membosankan dapat dihindari sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.Kata Kunci:  Pembelajaran, Flipped Classroom, Teks News ItemApplication of Flipped Classroom Learning Model to News Item Text for XII IPS 3 Grade Students at SMA 1 Negeri Gemolong in Academic Year 2021/2022Sumardi Guru SMA Negeri 1 Gemolong, E-mail: sumardigemolong@yahoo.co.idAbstrac: The aim of writing journal is to describe the application of flipped classroom learning model and the assesment in learning teaching news item text for XII IPS 3 grade students at SMA Negeri 1 Gemolong in academic year 2021/2022.The application of flipped classroom model learning can be done through Out Class and In Class. In Out class, the role of teacher as provide active learning environment, facilitator of learning, and plan follow up activities. There are three steps in application, they are (1) planning, (2) recording, and (3) publishing. In then other hand, In Class, the application of model learning of flipped classroom, the students are more active online or offline class and the role of teacher as facilitator, assistant, observer, evaluator and instructur. In Class activity of flipped classroom is divided into three sections, prelimenary, core and closing. The learning assessment of flipped classroom uses formative that consists of two instruments, they are test and inventory. Formative assessment can be done online or offline by using Learning Management System (LMS) such as Google Form, Google classroom and Microsoft Form. The application of flpped classroom model learning makes the students not only fun and chalenging but also it can be more effective and efficient. Secondly, the students can be more free to study and to express their idea and skill in learning. They are serviced by blended learning, especially in pandemic. Online class, the students can learn whenever and wherever they want because the teacher has shared video or powerpoint learning material. In learning teaching process, the teacher always gives motivation and assistant to the students (students centered learning). Finally, paradigm that learning English is so difficult and bored can be avoided that the aim of learning can be achieved maximally.    Key Words : Learning, Flipped Classroom, News Item Text
Korelasi antara Pendidikan Nonformal Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan Hasil Belajar Membaca Surah-Surah Pendek sunarto, sunarto
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2372

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ada-tidaknya korelasi antara pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Kunduran dalam membaca Surah-Surah Pendek dan menentukan kekuatan korelasi antara pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Kunduran dalam membaca Surah-Surah Pendek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Koefisien Korelasi. Obyek penelitian ini adalah peserta didik di Kelas IV SDN 1 Kunduran sebanyak tigapuluhdua anak. Variabel bebas (X) adalah pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati. Variabel terikat (Y) adalah nilai ulangan harian tentang Surah-Surah Pendek. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner dan alat evaluasi hasil belajar. Analisis data penelitian dengan Uji Korelasi Spearman rho Test (rs). Hasil penelitian ini adalah 1) Pendidikan nonformal peserta didik termasuk kategori cukup aktif (C), 2) Hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 82,8125 dan ketuntasan sebesar 90,625%, 3) Ada korelasi antara pendidikan nonformal dengan hasil belajar dalam membaca Surah-Surah Pendek, 4) Korelasi termasuk sangat tinggi atau kuat dengan rhitung atau rs sebesar 0,94, 5) Korelasi signifikan dengan rhitung atau rs sebesar 0,94 yang lebih besar daripada rtabel (df= 32-2 dengan sig 0,05) sebesar 0,296, 6) Korelasi termasuk sangat tinggi atau kuat dan signifikan.
Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini Aulia, Syifa; Meilani, Tati; Nabillah, Zachrah
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2485

Abstract

Generasi muda saat ini belum sepenuhnya mampu memenuhi komponen dari karakter ideal yang dibutuhkan dalam menopang kemajuan dan keberhasilan suatu bangsa di masa mendatang. Strawberry Generation merepresentasikan buah stroberi yang indah namun mudah rapuh dan hancur apabila dipijak. Kelahiran Strawberry Generation dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk pola asuh orang tua dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai keterampilan orang tua dalam mendidik anak-anak masa kini. Penggunaan metode fenomenologi sebagai upaya dalam menguraikan dan mengungkapkan bagaimana keterampilan orang tua dalam mendidik anak masa kini dan bagaimana perubahan perilaku yang terjadi sebagai akibat didikan tersebut terhadap perumpamaan istilah yang dihubungkan dengan generasi Z yaitu strawberry generation. Hasil dari penelitian ini, didapatkan bahwa terdapat keterampilan orang tua dalam mendidik anak yang berpotensi tumbuhnya mereka menjadi bagian dari strawberry generation, diantaranya pola asuh overprotective, pola asuh otoriter, dan pemberian apresiasi atau pujian secara berlebihan. Solusi guna meminimalisir anak menjadi Strawberry Generation diantaranya: 1) membangun mental; 2) berikan kepercayaan kepada anak untuk mengerjakan tanggung jawab yang mampu membuatnya belajar dan meng-upgrade diri, sehingga anak merasa berkontribusi dan merasa berharga; 3) melatih anak untuk mengambil keputusan; 4) selalu memahami kondisi anak.Kata-kata Kunci:  Strawberry Generation, Generasi-Z, Keterampilan Mendidik.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Iman Kepada Malaikat Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Bagi Siswa Kelas IV SDN Pucangan 02 Kartasura Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 Alfiyah, Nanik
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2529

Abstract

This study aims to improve the learning achievement of PAI subjects on faith in angels through snowball throwing lessons for fourth semester students of SD Negeri Pucangan 02, Kartasura District, Sukoharjo Regency in the 2021/2022 academic year. This research is a classroom action research. The research was conducted at SD Negeri Pucangan 02, Kartasura District, Sukoharjo Regency in the second semester of the 2021/2022 academic year for 3 (three) months. The research subjects were students of class V Semester II at SD Negeri Pucangan 02 Kartasura District, Sukoharjo Regency in the 2021/2022 academic year which consisted of 23 students. The research procedure in this action research basically refers to the research design used, namely: 1) planning; 2) implementation; 3) observation; and 4) reflection on the results of the action. This study concludes that Snowball Throwing Learning can improve student achievement in PAI subjects on faith in angels in grade IV semester II students of SD Negeri Pucangan 02, Kartasura District, Sukoharjo Regency in the 2021/2022 academic year. This is indicated by the increase in student learning outcomes from the initial condition to the end of the Cycle II action. In terms of the average value of learning outcomes, student learning achievement has increased from 68.82 in the initial condition, increased to 76.47 at the end of Cycle I learning action, and increased again to 87.65 at the end of Cycle II action. Judging from the level of mastery learning, the number of students who achieve mastery learning has increased in each cycle of actions taken, namely from 52.94% in the initial conditions to 76.47% at the end of the Cycle I action, and increased to 100% at the end of the Cycle II learning action.   Keywords: learning achievement, PAI, Snowball Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat melalui pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas IV semester II SD Negeri Pucangan 02, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2021/2022.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Pucangan 02 Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo pada semester II tahun pelajaran 2021/2022 selama 3 (tiga) bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Semester II di SD Negeri Pucangan 02 Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 23 orang siswa. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat pada siswa kelas IV semester II SD Negeri Pucangan 02, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kondisi awal hingga akhir tindakan Siklus II.Ditinjau dari nilai rata-rata hasil belajar, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari sebesar 68.82 pada kondisi awal, meningkat menjadi 76.47 pada akhir tindakan pembelajaran Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87.65 pada akhir tindakan Siklus II. Ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada setiap siklus tindakan yang dilakukan, yaitu dari 52,94% pada kondisi awal menjadi 76.47% pada akhir tindakan Siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada akhir tindakan pembelajaran Siklus II. Kata-kata Kunci:   prestasi belajar, PAI, Snowball
Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMAN 1 Leuwisadeng Nuraini, Nuraini
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2563

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, seberapa besar pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru, dan seberapa besar pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Leuwisadeng Kab. Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Data hasil penelitian yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulannya adalah kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim kerja berpengaruh positif terhadap kinerja di SMAN 1 Leuwisadeng Kab. Bogor dan kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Multikultural Toleransi Terhadap Peserta Didik di SMAN Kota Payakumbuh Andriyani, Dina; Fadriati, Fadriati
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanmkan nilai multikultural di SMAN kota Payakymbuh. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai multikultural terutama nilai toleransi. Dalam ajaran Islam pendidikan mutikultural ini tidak asing lagi, melainkan memang tertera jelas di dalam Al Qur’an dan Hadis Rasulullah Saw. Guru Pendidikan Islam hanya perlu menginternalisasikan ajaran multikultural dalam Al Qur’an dan Hadis serta mengintegrasikannya ke kehidupan siswa. Dengan adanya nilai multikultural terutama nilai toleransi pada peserta didik, maka peserta didik akan mampu berkehidupan sosial dan saling menghargai dan menghormati antar sesama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengambil objek di SMAN kota Payakumbuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengamatan atau observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yag dibutuhkan. Hasil penelitian ini adalah 1) Situasi di SMAN kota Payakumbuh memiliki keberagaman yaitu keberagaman suku, agama, budaya, dan status sosial. 2) menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dala menanamkan nilai multikultural toleransi terhadap peserta didik di SMAN kota Payakumbuh sudah cukup baik. Ini dibuktikan dengan terciptanya keharmonisan dan kerukunan antara guru dan murid serta antara sesama siswa. Nilai multikultural yaitu nilai toleransi antar siswa yaitu mereka tidak membedakan teman, menghargai pendapat dan menghormati agama temannya serta saling tolong menolong jika temannya dalam kesusahan.
Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan Ritonga, Asnil Aidah; Lubis, Yudha Wijaya; Masitha, Siti; Harahap, Chichi Paramita
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2637

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi momok yang cukup signifikan. Pemerintah khususnya Kemendikbudristek berupaya mengatasi masalah tersebut dengan terus berinovasi. Salah satu inovasi yang diluncurkan adalah Program Sekolah Penggerak. SD Negeri 104267 merupakan salah satu model satuan pendidikan yang menerapkan Program Sekolah Penggerak. Dampak dari inovasi tersebut yaitu Program Sekolah Penggerak dapat dirasakan langsung oleh semua pihak termasuk orang tua dan pemangku kepentingan. Mulai dari guru yang menjadi rajin untuk terus berinovasi menciptakan pembelajaran yang efektif, hingga peserta didik terbiasa menerapkan karakter profil pelajar pancasila. Pembiasaan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran juga dapat merubah kebiasaan primitif khususnya dalam bercakrawala. Program ini apabila diterapkan pada sekolah yang berada di desa terpencil juga dapat memberikan energi positif terhadap pembangunan desa. Hakikatnya Program Sekolah Penggerak merupakan Inovasi pendidikan yang cukup membawa perubahan besar khususnya bagi dunia Pendidikan di lingkungan SD Negeri 104267 Pegajahan.
Analisis Poster Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Afrika Patridina, Esa P.B.G.G.; Listyaputri, Dinar Rizky
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan serta proses berpikir dan pertimbangan mahasiswa dalam membuat desain poster. Penelitian kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak sebelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah yang mengikuti perkuliahan Sejarah Afrika. Instrumen penelitian berupa tugas membuat poster tematik tentang kerajaan di Afrika dan wawancara untuk mengetahui proses berpikir serta pertimbangan dan pemahaman komunikasi visual mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan subjek mengaplikasikan skema Colour Theory dan Colour Harmony walaupun subjek belum mengenal teori tersebut. Hanya dua subjek yang belum mengaplikasikan skema warna Visibilitas huruf pada poster cukup jelas walaupun terdapat delapan subjek memilih warna yang tidak sesuai dengan skema poster dan terdapat dua subjek memilih jenis huruf display yang tidak sesuai dengan hierarki teks. Pemilihan gambar cukup sesuai dengan materi karena hal tersebut menjadi pertimbangan utama dalam membuat poster. Akan tetapi, terdapat satu subjek yang memilih gambar cukup vulgar, sehingga kurang sesuai bagi pembaca pada jenjang pendidikan SD sampai SMA. Secara umum subjek tidak mempertimbangkan target pembaca. Hanya satu subjek yang mempertimbangkan target pembaca, bahkan teridentifikasi menggunakan User-Centered Design.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 3-4 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA CARDBOX Lanie, Gracia Karen Steivy; Wiayaningsih, Lanny
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2656

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkaitan dengan anak yang memiliki kemampuan kosakata terbatas, sehingga memerlukan penggunaan media untuk meningkatkan kemampuan kosakata dalam berbicara. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana hasil proses belajar dengan menggunakan media cardbox dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak usia 3-4 tahun ?Skripsi ini dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap tahapannya yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak PAUD di Desa Daudolu Nusa Tenggara Timur yang membuka 5 anak. Penelitian ini dilakukan bulan Januari – April 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media cardboxyang dilakukan dari dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan kosakata usia 3-4 tahun di sekolah PAUD Maranatha. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan pada setiap aspek penelitian. Pada siklus I dilakukan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Hasil kemampuan menjadi kosakata anak pada pra siklus 45%, meningkat pada siklus 1 50% dan meningkat pada siklus 2 90%.Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa pengetahuan kosakata anak usia 3-4 tahun dari tahap ke tahap dapat meningkat menggunakan media cardbox .                                    Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kemampuan Kosakata, Media Cardbox 
Evaluasi Penilaian Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Umum Berbasis E-Learning Widiyanto, Delfiyan; istiqomah, Annisa
JURNAL PENDIDIKAN Vol 31 No 2 (2022): July
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jp.v31i2.2670

Abstract

Penilaian hasil belajar pada mata kuliah umum yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran telah dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu objek wisata tersebut tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Terdapat berbagai macam hasil belajar dari mata kuliah umum, sehingga peneliti ingin mengetahui penyusunan perencanaan, penilaian hasil belajar mata kuliah umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran umum (MKU) di Universitas Tidar berbasis e-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah dosen MKU Universitas Tidar. Objek penelitian ini adalah evaluasi hasil belajar MKU di Universitas Tidari berbasis e-learning. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Tidar pada bulan Maret sampai September 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen telah melaksanakan hasil belajar dengan memberikan pertanyaan atau konfirmasi, membuat instrumen, memberikan umpan balik dan memberikan umpan balik kepada mahasiswa yang berprestasi tinggi. Masih ada dosen yang mengevaluasi hasil belajar, tidak menyusun rubrik penilaian, memberikan tugas, dan memberikan umpan balik dengan kinerja rendah.

Page 1 of 2 | Total Record : 12